Lompat ke konten

Cara Mendapatkan Kredit Tanpa Agunan Mandiri Plus Tipsnya

Cara Mendapatkan Kredit Tanpa Agunan Mandiri

Salah satu bank terbaik yang digunakan oleh banyak masyarakat Indonesia adalah Bank Mandiri. Kredibilitasnya yang baik membuat kepercayaan nasabah meningkat sehingga dengan pesat maju dan berkembang.

Selain bisa menjadi tempat yang aman untuk menyimpan kekayaan Anda dalam berbagai bentuk, bisa tabungan, deposito dan lain-lain, Mandiri juga menyediakan kredit. Hebatnya, kredit yang diajukan ke bank Mandiri dapat dilakukan tanpa jaminan atau agunan.

Sama halnya dengan syarat di bank lainnya, Mandiri juga mengharuskan orang yang hendak meminjam terlebih dahulu membuka rekening Mandiri. Kemudian baru mengajukan proses pinjaman. Jangan khawatir sebab proses yang dilalui bisa dibilang mudah.

Nah, bagaimana sih cara mendapatkan kredit tanpa agunan mandiri dan tips supaya proses pengajuannya menjadi lancar. Simak artikel berikut ini sampai akhir!

Mengenal Kredit Tanpa Agunan Mandiri

Sebelum berbicara mengenai cara mendapatkan kredit Mandiri tanpa agunan, alangkah baiknya terlebih dahulu Anda mengenal apa itu KTA Mandiri. KTA Mandiri merupakan kredit atau pinjaman yang diberikan untuk perorangan untuk meminjam sejumlah uang tanpa mengajukan jaminan apa pun.

Kredit ini diberikan untuk keperluan rumah tangga atau keluarga saja, jadi bukan untuk keperluan bisnis. Cicilan yang harus Anda bayarkan tetap dan juga ringan. Oleh karena itu, membuat KTA Mandiri ini banyak digunakan sebagai alternatif saat membutuhkan dana cepat.

Jangan khawatir sebab tenor atau jangka waktu peminjamannya bisa disesuaikan dengan kebutuhan dan kemampuan Anda. Komunikasi dua belah pihak atas tenor pinjaman ini bisa dilakukan agar tercapai kesepakatan.

Suku Bunga 

Suku bunga yang diberikan saat Anda hendak mengajukan KTA Mandiri adalah sebagai berikut:

  • Suku bunga 0,59% untuk tenor 24 bulan.
  • Suku bunga 0,60% untuk tenor 36 bulan.
  • Suku bunga 0,62% untuk tenor 48 bulan.
  • Suku bunga 0,72% untuk tenor 72 bulan.
  • Suku bunga 0,72% untuk tenor 84 bulan.
  • Suku bunga 0,72% untuk tenor 96 bulan.
  • Suku bunga 0,72% untuk tenor 108 bulan.
  • Suku bunga 0,72% untuk tenor 120 bulan.
  • Suku bunga 0,81% untuk tenor 180 bulan.

Salah satu keuntungan KTA Mandiri ini adalah suku bunga yang rendah dengan tenor pinjaman yang bisa disesuaikan. Jadi Anda tidak perlu khawatir terjerat bunga yang besar sehingga banyak mengalami kerugian.

Simulasi Pinjaman

Simulasi pinjaman KTA Mandiri bisa Anda temukan pada website resmi Mandiri yang menyediakan Kalkulator KSM. Pada website ini, Anda akan diminta untuk menuliskan jenis nasabah, gaji bersih, dan angsuran lainnya. Setelah dihitung, akan muncul simulasi angsuran yang harus Anda bayar lengkap dengan tenor pinjaman beserta limit kredit.

Misalnya, Anda memilih jenis payroll sebagai jenis nasabah, kemudian masukkan pendapatan sebesar Rp 4.000.000 tanpa angsuran, maka kemudian yang muncul adalah sederet simulasi anggaran mulai tenor pinjaman 12 bulan. Misalnya pada tenor 12 bulan, maksimal pinjaman Anda sebesar Rp 12.887.459,63 dengan angsuran sebesar Rp 1200.000.

Sedangkan untuk tenor pinjaman 60 bulan, limit pinjaman adalah Rp 44.356.78,62 dengan jumlah angsuran yang sama dengan ketika tenornya 12 bulan. Jadi Anda bisa memperkirakan dengan penghasilan yang Anda punya berapa limit pinjaman, angsuran dan tenornya.

Keunggulan Kredit Tanpa Agunan Mandiri 

Beberapa keuntungan menggunakan kredit tanpa agunan dari bank Mandiri adalah sebagai berikut:

  1. Suku bunga yang kompetitif. Suku bunga yang dikenakan dari KTA ini sangat kompetitif, sebab disesuaikan dengan jangka waktu pinjaman yang diajukan. 
  2. Proses pengajuannya cepat. Bagi Anda yang membutuhkan dana cepat, maka KTA ini bisa menjadi solusinya. Jika dokumen dan syarat dipenuhi, proses pencairan bisa dilakukan mulai 1 x 24 jam hingga 14 hari kerja.
  3. Limit kredit yang besar. Meski diperuntukan untuk perorangan, namun Anda jangan khawatir, sebab limitnya cukup besar untuk memenuhi kebutuhan Anda. jumlah pinjaman minimal adalah Rp 5.000.000 dengan limit sebesar Rp 200.000.000.
  4. Jangka waktu atau tenor yang bisa disesuaikan dengan kebutuhan Anda. Ada banyak sekali pilihan tenor yang bisa disesuaikan dengan kemampuan Anda. Mulai 12 bulan hingga 180 bulan, Anda tinggal pilih.
  5. Angsuran yang tidak berubah. Jumlah angsuran yang harus dibayarkan tidak akan berubah dari awal pembayaran hingga lunas.

Syarat Dokumen Pengajuan Kredit Tanpa Agunan Mandiri

Untuk mengajukan kredit tanpa agunan Mandiri berikut syarat dokumen yang harus dipenuhi:

  1. Fotokopi Kartu Tanda Penduduk (KTP)/KITAS
  2. Bukti penghasilan atau slip gaji bisa SPT atau SKP.
  3. Fotokopi Kartu Keluarga (KK)
  4. Menyiapkan nomor pokok wajib pajak.

Sedangkan untuk persyaratan perseorangan yang mengajukan adalah sebagai berikut:

  1. Memiliki pendapatan minimal Rp 3.000.000 per bulan.
  2. Minimal umurnya adalah 21 tahun dan maksimalnya 55 tahun.
  3. Wajib mempunyai kartu kredit dan limit kreditnya minimal 5 juta rupiah.

Jika sudah memenuhi syarat di atas baik secara dokumen maupun syarat perseorangan, maka Anda bisa melakukan proses pengajuan dengan mendatangi langsung cabang bank Mandiri terdekat, Anda akan diarahkan prosesnya oleh teller atau customer service yang bertugas. Setelah diverifikasi, proses pencairan selama 1 hingga 14 hari.

Atau Anda juga bisa melakukan pengajuan pinjaman melalui aplikasi besutan bank Mandiri yang sudah bisa didownload di ponsel yaitu aplikasi Livin’ Mandiri. Aplikasi ini bisa digunakan untuk melakukan pengajuan pinjaman dengan lebih mudah. 

Tips Agar Proses Pengajuan Kredit Tanpa Agunan Mandiri Jadi Lancar

Beberapa tips supaya pengajuan kredit tanpa agunan Anda disetujui oleh pihak bank adalah sebagai berikut.

1. Pastikan Riwayat Kredit Anda Lancar

Biasanya sebelum memvalidasi pengajuan kredit, bank akan mengecek riwayat kredit Anda. Apakah Anda Termasuk orang yang rajin membayar cicilan, atau tidak lancar. Hal tersebut akan mempengaruhi proses pencairan.

Jadi jika sebelumnya Anda melakukan kredit namun banyak macetnya, pihak bank akan berpikir ulang untuk memberikan kredit pada Anda. Jadi pastikan riwayat kredit Anda baik untuk bisa mendapatkan KTA Mandiri.

2. Penuhi Semua Syarat

Agar memperoleh pencairan dengan cepat, maka pastikan semua syarat yang tertulis di atas sudah terpenuhi. Mulai dari persyaratan perorangan dari minimal penghasilan bulanan, dan rentan umur. Juga memenuhi syarat dokumen yang hendak diajukan.

Sebab jika ada yang belum lengkap, bank akan meminta Anda untuk melengkapinya terlebih dahulu. Jadi waktu yang dihabiskan akan semakin lama. Juga bisa gagal apabila syarat seperti penghasilan bulanan tidak terpenuhi atau umur terlalu muda atau tua yang tidak sesuai dengan persyaratan.

3. Meminjam Sesuai Kemampuan Bayar

Adanya platform simulasi kredit, Anda bisa memperkirakan kemampuan bayar. Sebisa mungkin, ajukan pinjaman kredit sesuai dengan yang sudah diperkirakan pada simulasi tersebut agar proses cepat dilakukan.

Nah, berikut cara memperoleh kredit tanpa agunan Mandiri beserta penjelasan dan tips untuk memperolehnya. Selamat mencoba!

nv-author-image

Clean Qurrota Ayun

Clean Qurrota A'yun adalah mahasiswa Ekonomi di UPN Veteran Yogyakarta yang senang menulis topik-topik seputar literasi finansial.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.