Lompat ke konten
Daftar Isi

Cara Mengajukan Pinjaman di Maybank dan Syarat Lengkapnya

Mengajukan pinjaman di Maybank

Anda mungkin pernah mendengar nama bank swasta satu ini, ya Maybank. Bank ini merupakan salah satu bank terbesar di Indonesia. Bank yang sudah berdiri sejak tahun 1959 ini adalah bagian dari Grup Malayan Banking Berhad, dimana grup satu ini merupakan salah satu dari sekian banyak penyedia layanan keuangan terbesar di ASEAN. 

Sama halnya dengan bank lainnya, Maybank menyediakan pinjaman untuk digunakan oleh masyarakat seluas-luasnya. Bagaimana cara mengajukan kreditnya? Simak cara mengajukan pinjaman di Maybank dan syarat lengkapnya berikut ini!

Sekilas tentang Pinjaman di Maybank 

Pinjaman di Maybank merupakan salah satu solusi bagi Anda yang sedang membutuhkan dana besar untuk berbagai keperluan. Prosesnya mudah dengan persyaratan yang mudah pula dipenuhi, membuat pinjaman di Maybank sangat digemari oleh masyarakat. 

Tidak perlu khawatir, karena Anda bisa memperoleh pinjaman tanpa menyertakan agunan atau barang yang harus dijaminkan. Sebab Maybank memiliki salah satu jenis pinjaman yaitu Kredit Tanpa Agunan (KTA). Supaya Anda lebih memahami kredit dari Maybank ini ada baiknya Anda baca artikel ini sampai akhir. 

Jenis-jenis Pinjaman di Maybank 

Maybank sebagai bank swasta yang berkomitmen untuk melayani masyarakat Indonesia memiliki beberapa jenis pinjaman yang bisa diajukan. Berikut jenis-jenis pinjaman di Maybank:

1. Maybank Kredit Tanpa Agunan (KTA) Reguler 

Jenis pinjaman yang pertama adalah seperti yang sudah dijelaskan sebelumnya, ya Kredit Tanpa Agunan (KTA) regular. Dengan jenis ini, Anda bisa memperoleh dana tanpa menjaminkan barang dan dana tersebut bisa digunakan untuk kebutuhan konsumtif seperti dana pernikahan, dana liburan dan lain sebagainya.

Keunggulan dari Maybank KTA adalah plafon kredit yang cukup besar yaitu Rp150.000.000 dengan tenor hingga 3 tahun. Meski demikian, cicilan yang harus dibayarkan tidak akan memberatkan nasabah, jadi Anda tidak perlu khawatir. 

Tak hanya itu saja, proses pencairan Maybank KTA hanya 7 hari saja, tidak perlu menunggu waktu hingga berbulan-bulan. Dana akan segera masuk ke rekening Maybank Anda apabila seluruh persyaratan lengkap dan sudah ditandatanganinya perjanjian kredit. 

2. Maybank KTA Roll

Jenis yang kedua ini hampir sama dengan yang pertama, bedanya Maybank KTA Roll diperuntukan untuk para karyawan atau pekerja yang sistem penggajiannya menggunakan Maybank. Masih sama, jenis ini tidak membutuhkan agunan atau barang yang dijaminkan.

Keunggulan jenis ini apabila dibandingkan dengan jenis sebelumya adalah plafon pinjaman hingga Rp 250.000.000 lebih besar dari yang regular. Selain itu tenor pinjaman lebih panjang hingga 60 bulan. Proses pencairannya juga bisa kilat hanya dalam waktu 3 hari kerja saja. 

Anda juga tidak perlu khawatir dengan suku bunga, karena suku bunganya bersaing mulai dari 0,79% hingga 1,19% tergantung pada jumlah pinjaman yang diajukan. Cicilan tetap ringan dan tidak akan memberatkan nasabah. 

3. Kredit Kepemilikan Rumah (KPR)

Jika Anda mengimpikan untuk membei rumah impian, kini bisa segera mewujudkannya. Maybank menyediakan Kredit Pemilikan Rumah (KPR) dengan fixed rate hingga 5 tahun. Sehingga bunga yang ditanggung lebih ringan.

Maybank juga menyediakan KPR bebas bunga bagi Anda yang memiliki nominal tabungan tertentu. Selain itu, tersedia juga layanan KPR take over jika Anda ingin memindahkan KPR dari bank lain ke Maybank.  

4. Pinjaman Multiguna 

Pinjaman yang satu ini merupakan jenis kredit dari Maybank yang bisa digunakan untuk memenuhi kebutuhan dan keinginan serta mimpi-mimpi Anda. jangan khawatir, sebab tenor pinjaman multiguna ini hingga 20 tahun lamanya. Pinjaman yang bisa didapatkan hingga Rp 250.000.000 dengan berbagai skema yang mudah. 

5. Pembiayaan Properti IB

Jenis pinjaman selanjutnya cocok bagi Anda yang sedang menghindari riba, pembiayaan properti IB menyediakan pinjaman dengan prinsip syariah telah disetujui dengan akad Musyarakah Mutanaqisah (MMq). Anda juga bisa menggunakan layanan pembiayaan properti IB take over masih sama dengan akad MMq. 

6. Kredit Pemilikan Mobil dan Motor 

Terakhir, pinjaman yang diberikan adalah pinjaman untuk memiliki kendaraan impian, entah itu motor ataupun mobil. Jangka waktu bisa diatur mulai 6 bulan hingga 7 tahun lamanya. Prosesnya cepat hanya 1 hari kerja saja, dan Maybank sudah memiliki banyak mitra untuk kerjasama. 

Syarat Mengajukan Pinjaman di Maybank 

Setelah mengetahui sekilas tentang pinjaman di Maybank dan jenis-jenis pinjamannya, Anda mungkin mulai tertarik untuk mengajukan pinjaman di Maybank. Berikut syarat-syarat yang harus dipersiapkan sebelum mengajukan kredit:

Syarat Calon Kreditur:

  1. Merupakan Warga Negara Indonesia (WNI).
  2. Pemohon telah menginjak usia 21 tahun saat pengajuan kredit dan berusia maksimal 55 tahun saat pinjaman berakhir. 
  3. Memiliki penghasilan tetap minimal 4 juta rupiah/bulan.
  4. Telah bekerja selama 1 tahun untuk karyawan dan 2 tahun untuk pengusaha dan profesional.
  5. Telah mengisi formulir dan melengkapi berkas yang dibutuhkan. 

Sementara itu, untuk persyaratan dokumen bisa dibedakan berdasarkan calon nasabah. Dibagi menjadi 3 yaitu karyawan, pemegang kartu kredit dan wiraswasta/profesional. 

Syarat dokumen untuk karyawan:

  1. Telah mengisi formulir aplikasi 
  2. Membawa fotokopi Kartu Tanda Penduduk (KTP)
  3. Membawa slip gaji terakhir selama 2 bulan sejak tanggal pengajuan (dalam bentuk eSlip)
  4. Membawa fotokopi Nomor Pokok Wajib Pajak (NPWP) (wajib untuk pinjaman di atas 50 juta)

Syarat dokumen untuk pemegang kartu kredit:

  1.  Telah mengisi formulir aplikasi 
  2. Membawa fotokopi Kartu Tanda Penduduk (KTP)
  3. Membawa fotokopi kartu kredit bagian depan dengan minimal keanggotaan 2 tahun dan pagu kredit minimal Rp 5000.000
  4. Membawa fotokopi Nomor Pokok Wajib Pajak (NPWP) (wajib untuk pinjaman di atas 50 juta)

Syarat dokumen untuk wiraswasta atau profesional:

  1. Telah mengisi formulir aplikasi 
  2. Membawa fotokopi Kartu Tanda Penduduk (KTP)
  3. Membawa fotokopi TDP/SIUP/SITU/ izin praktek 
  4. Membawa fotokopi rekening koran selama 3 bulan belakangan 
  5. Membawa fotokopi Nomor Pokok Wajib Pajak (NPWP) (wajib untuk pinjaman di atas 50 juta)

Cara Mengajukan Pinjaman di Maybank 

Setelah yakin Anda memenuhi seluruh persyaratan pemohon untuk mengajukan pinjaman, Anda bisa segera melakukan proses kredit lho. Berikut cara mengajukan pinjaman di Maybank, mudah dan praktis.

  1. Persiapkan semua dokumen yang dibutuhkan sesuai dengan profesi Anda dan sesuai jenis pinjaman yang hendak diajukan.
  2. Datangi cabang Maybank terdekat dengan tempat tinggal Anda.
  3. Setelah sampai, beri tahu petugas atau satpam mengenai keinginan Anda untuk mengajukan kredit.
  4. Anda akan diarahkan untuk mengambil nomor antrian sambil mengisi formulir, pastikan mengisi formulir dengan baik dan benar. 
  5. Setelah nomor antrian Anda dipanggil, Anda bisa segera mendatangi customer service dengan membawa formulir yang sudah terisi dan dokumen pendukung.
  6. Petugas akan menjelaskan terlebih dahulu skema pinjaman, tenor, plafon dan lain sebagainya sejelas-jelasnya. 
  7. Anda bisa kembali setelah memasukkan permohonan pinjaman, bank akan melakukan seleksi apakah Anda layak menerima pinjaman dan telah memenuhi syarat. Jadi pastikan syarat terpenuhi supaya pinjaman bisa disetujui

Nah, berikut di atas merupakan cara mengajukan pinjaman di Maybank serta seluruh persyaratan lengkapnya. Anda memang bisa mengakses pinjaman seluas-luasnya, namun tetaplah bijak dalam menggunakannya. Pertimbangkan secara matang segala sesuatu yang hendak Anda lakukan.

Clean Qurrota Ayun

Clean Qurrota Ayun

Clean Qurrota A'yun adalah mahasiswa Ekonomi di UPN Veteran Yogyakarta yang senang menulis topik-topik seputar literasi finansial.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *