Lompat ke konten
Daftar Isi
ForexIMF leaderboard banner ads.

Cara Mengaktifkan PayLater Gojek dan Cara Menggunakannya 

Gopaylater

Jika Anda merupakan seorang karyawan yang digaji satu bulan sekali, tentu akan kesulitan apabila di tengah bulan kehabisan uang namun perlu ada barang yang harus dibeli. Salah satu solusi dari permasalahan ini adalah mencari pinjaman. Kemajuan zaman yang begitu canggih, membawa kita ke zaman di mana pinjaman kini bisa dilakukan secara online

Anda bisa membeli barang apa saja yang Anda mau menggunakan fitur paylater di aplikasi marketplace yang menyediakannya. Tinggal pesan, kemudian pembayaran dibayarkan nanti dan barang akan diantarkan ke alamat  tujuan. Salah Satu perusahaan yang menyediakan sistem paylater adalah Gojek. 

Anda pasti sudah pernah mendengar aplikasi yang satu ini bukan? Ya Gojek memang sudah digunakan mayoritas masyarakat Indonesia, terkhusus anak muda.  Selain karena aplikasinya yang praktis, Gojek menyediakan banyak fitur yang memudahkan kehidupan. Nah, bagaimana sih cara mengaktifkan dan menggunakannya. Simak artikel berikut ini sampai akhir!

Apa itu Paylater Gojek ?

Paylater merupakan salah satu metode pembayaran yang memungkinkan penggunanya membeli suatu barang dan membayarkan nanti di tanggal jatuh tempo. Sistem ini tidak mengharuskan nasabahnya memiliki kartu kredit. Tidak perlu khawatir karena bisa mengatur sendiri tanggal jatuh temponya sesuai yang diinginkan. 

Perusahaan Gojek sebagai salah satu penyedia layanan transportasi sekaligus pembayaran digital menginisiasi pembayaran dengan metode paylater. Fitur yang satu ini disebut dengan GoPayLater. Perusahaan Gojek sendiri bekerja sama dengan Findaya menyediakan fitur ini yang sudah diawasi oleh Otoritas Jasa Keuangan (OJK) sehingga dijamin keamanannya. 

Keunggulan dari GoPayLater adalah mudah digunakan, Anda bahkan hanya membutuhkan Kartu Tanda Penduduk (KTP) dan selfie saat mendaftar. Setelah pendaftaran berhasil fitur tersebut bisa digunakan untuk memperoleh layanan terbaiknya. 

Anda juga tidak perlu khawatir jika boros berlebihan, sebab di GoPayLater terdapat fitur untuk mengatur limit pinjaman sendiri, sehingga pihak Gojek akan memberitahu jika Anda sudah mendekati batasan yang dibuat sendiri. Tidak perlu khawatir juga soal biaya tambahan, karena perusahaan Gojek akan selalu transparan pada biaya yang memang dibutuhkan, sehingga tidak ada kecurangan dalam tambahan biaya. Tentunya murah, mudah dan terpercaya. 

Sebagai catatan, produk GoPayLater ini merupakan pinjaman online, sehingga  jumlah limit pinjaman tidak bisa dicairkan menjadi uang tunai. Namun tidak perlu risau, sebab dengan Gojek semua kebutuhan Anda bisa terpenuhi dari segala aspek. 

Cara Mengaktifkan PayLater Gojek

Seperti yang sudah disebutkan sebelumnya, cara aktifkan PayLater Gojek sangat mudah. Hanya perlu disiapkan Kartu Tanda Penduduk (KTP) dan pastikan sudah memiliki akun di Gojek. Nah, supaya lebih jelas berikut langkah yang harus ditempuh untuk mengaktifkan PayLater Gojek.

  1. Buka aplikasi Gojek yang sudah di-download di ponsel pintar Anda. pastikan sudah ada akun, dan tersedia jaringan internet yang memadai. 
  2. Pada halaman beranda, temukan simbol GoPayLater dan klik.
  3. Anda akan diarahkan ke halaman GoPaylater. Anda akan diminta menuliskan nomor HP atau email kemudian menerima kode OTP untuk membuktikan itu benar Anda. 
  4. Jika berhasil, halaman akan berpindah pada pengenalan GoPayLater. Klik lanjut T & C. 
  5. Pada halaman Syarat dan Ketentuan, baca baik-baik apa yang menjadi hal-hal yang harus dipatuhi. Gulir ke bawah hingga Anda membaca semua syarat dan ketentuannya. Klik ‘Setujui Syarat dan Ketentuan’.
  6. Anda akan diminta mengunggah foto KTP dan berfoto selfie dengan KTP. Dengan catatan, foto harus jelas, dan sesuai dengan kolom yang disediakan.
  7. Data diri dan KTP akan diproses.
  8. Terakhir, Anda akan diminta untuk menandatangani secara digital pengajuan aktivasi layanan GoPayLater Anda. Kemudian aktivasi Anda diverifikasi. 

Untuk limit pinjaman cukup beragam, Anda bisa menggunakan Rp 500.000 hingga Rp 25.000.000. Setiap kali Anda menggunakan dan membayarnya secara tertib maka limit akan bisa semakin besar. Banyak sekali kegunaan dari GoPayLater ini, bahkan bisa dikatakan semua kebutuhan Anda bisa dipenuhi mulai dari GoTix, GoTagihan, GoFood, GoRide, GoSend, BlueBird, GoPulsa dan Gojek Subscription

Sehingga dari mulai kebutuhan rumah tangga, paket internet, listrik, token, hingga mengantarkan Anda kemana saja kini bisa dilakukan meski di akhir bulan dan gaji belum masuk. Jadi bisa tenang!

Perlu diketahui, bahwa proses verifikasi supaya akun disetujui paling lama selama 1 x 24 jam saja. Waktu tersebut digunakan untuk mengecek apakah data yang dimasukkan benar dan mengecek apakah akun Anda layak diberikan limit paylater

Sebelum mengajukan aktivasi layanan GoPayLater, pastikan bahwa akun Anda merupakan akun aktif. Artinya sering digunakan dan terdapat riwayat transaksi disana. Selain itu, gunakan nama asli yang menunjukkan bahwa Anda memang manusia dan bukan mesin.

Beberapa kasus calon debitur mengeluhkan bahwa GoPaylater tidak muncul, mungkin hal tersebut karena akun Anda tidak aktif. Jadi pastikan sebelum mengaktifkan GoPayLater akun Anda memang sudah aktif sebelumnya. 

Sebab jika Anda aktif melakukan transaksi maka pasti ikon akan muncul, sebab fitur ini diperuntukkan bagi seluruh pengguna GoPayLater kapan dan di mana saja. Praktis dan mudah untuk seluruh masyarakat Indonesia!

Cara Menggunakan PayLater Gojek

Anda telah mengetahui cara mendaftar GoPayLater, kini saatnya cara memakainya. Sama halnya dengan mendaftar, menggunakannya juga cukup mudah. Berikut cara menggunakan PayLater Gojek.

  1. Buka layanan yang hendak Anda gunakan, bisa Go Food/GoRide/GoPulsa dan lain sebagainya. 
  2. Pilih apa yang hendak dibeli, misal barang pastikan hingga Anda benar-benar sampai ke proses hendak membeli, atau misal pulsa masukkan nomor dan pilih nominal.
  3. Hingga sampai ke metode pembayaran, saat itu Anda harus pilih metode GoPayLater. 
  4. Biasanya akan diminta memasukkan kode pin, masukkan dengan benar supaya transaksi bisa dilakukan. 
  5. Transaksi berhasil, kini layanan bisa Anda rasakan. 

Ingat, Anda menggunakan layanan ini tetap membayar. Jadi sebisa mungkin tetap bijak dalam penggunaannya. Jika hendak membayar tagihan, Anda bisa membuka halaman GoPayLater kemudian melihat limit saldo, jumlah tagihan dan riwayat pesanan. Biasanya GoPayLater jatuh tempo pada akhir bulan di tengah malam. Jadi Anda bisa mempersiapkannya jauh-jauh hari. 

Jika Anda terlambat membayar tagihan, maka Anda akan diberi waktu selama 5 hari sebelum dikenakan denda. Selain itu, dendanya juga tidak terlalu besar, setiap harinya hanya Rp 2000 saja. Tetapi sebisa mungkin membayarnya tepat waktu jika tidak ingin suatu saat limit menurun. 

Nah, berikut di atas merupakan penjelasan Gojek PayLater, cara mengaktifkannya dan cara menggunakannya. Dengan kemudahan teknologi yang ditawarkan, diharapkan masyarakat tetap bisa mengatur keuangan supaya tidak terbawa pada kebiasaan hidup konsumtif. Jadi kemudahan teknologi memang harus dimanfaatkan sebaik mungkin, tidak menjerumuskan pada dampak negatif dan bahaya pinjaman online.

Selain itu, Anda harus bisa mengetahui limit pinjaman Anda sehingga menghindari mengambil pinjaman yang terlalu banyak dan melakukan gagal bayar. Sebab hal tersebut hanya akan merugikan diri Anda sendiri. Jadi sebisa mungkin hindari penggunaan pinjaman online supaya Anda tidak harus memikirkan cara kabur dari pinjaman online ilegal. Selamat mencoba!

nv-author-image

Clean Qurrota Ayun

Clean Qurrota A'yun adalah mahasiswa Ekonomi di UPN Veteran Yogyakarta yang senang menulis topik-topik seputar literasi finansial.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *