Lompat ke konten
Daftar Isi

Cara Pinjam Uang di Shopee dengan SPinjam

Meminjam di SPinjam

Shopee adalah perusahaan marketplace yang bermarkas di Singapura dan memiliki jaringan luas di Asia Tenggara, salah satunya Indonesia. Tidak hanya melebarkan sayap secara geografis, Shopee juga merambah berbagai produk finansial lain di luar pasar jual beli, salah satunya pinjaman online.

Ada tiga produk finansial yang dikembangkan Shopee melalui sistemnya, yaitu ShopeePay, ShopeePaylater, dan Shopee Pinjam.

Apa perbedaan dari tiga istilah ini? ShopeePay merujuk pada dompet digital yang dimiliki Shopee untuk melakukan pembayaran di marketplace, sedangkan ShopeePaylater adalah fasilitas “ambil barang dulu, bayar belakangan” untuk memudahkan transaksi pengguna.

Nah, produk finansial milik Shopee yang sejenis pinjaman online adalah Shopee Pinjam, atau yang biasa disingkat dengan SPinjam.

Untuk lebih jelas mengenai SPinjam, silakan disimak ulasan kami berikut ini.

Apa Itu SPinjam?

SPinjam (Shopee Pinjam) merupakan fasilitas pinjaman online yang diberikan oleh Shopee. Berbeda dari layanan Shopee Paylater di mana pengguna “berutang barang” di marketplace, SPinjam menyediakan layanan pinjaman tunai dan pinjaman akan langsung ditransfer ke rekening pengguna.

Uniknya, tidak semua pengguna Shopee memiliki kesempatan mengajukan pinjaman di SPinjam. Menurut Shopee sendiri, hanya pengguna “terpilih” yang dapat memanfaatkan fasilitas ini. Bagaimana kriteria pengguna terpilih tersebut, atau apa yang harus dilakukan agar akun kita memiliki fitur SPinjam, sayangnya tidak dibocorkan oleh Shopee.

Jika ingin mengecek apakah akun Anda bisa mengajukan SPinjam atau tidak, bisa diakses melalui tab menu Saya (yang biasanya berisi daftar pesanan, produk yang disukai, dan sebagainya). Jika ada tombol SPinjam, berarti Anda termasuk pengguna terpilih.

Selain SPinjam untuk pengguna umum, Shopee juga meluncurkan SPinjam untuk Penjual yang khusus diberikan kepada seller terpilih Shopee. Tujuannya adalah membantu pedagang Shopee menjalankan usaha dan dapat meningkatkan penjualannya. SPinjam untuk penjual lebih tinggi dari segi limit dan lebih rendah dari segi bunga.

Layanan pinjaman tunai SPinjam ini digawangi oleh PT Lentera Dana Nusantara sebagai operator platform. PT Lentera Dana Nusantara sendiri merupakan perusahaan keuangan yang terdaftar di dan diawasi oleh Otoritas Jasa Keuangan (OJK), sehingga Anda tidak perlu khawatir kalau-kalau SPinjam adalah penipuan.

Limit dan Bunga SPinjam

Shopee mengklaim SPinjam menawarkan pengajuan yang mudah dan bunga yang rendah.

Limit SPinjam berkisar antara Rp 200.000 hingga Rp 15.000.000. Besaran limit yang diberikan kepada masing-masing pengguna berbeda-beda. SPinjam memberlakukan biaya admin 1-3% dari nominal pinjaman.

Pengguna tidak dapat menaikkan limit pengajuannya secara manual, melainkan sudah diatur oleh sistem. Namun jika Anda sering menggunakan SPinjam dan menunjukkan performa yang baik dalam cicilan dan pelunasan, bisa jadi limit akun Anda akan dinaikkan.

Shopee memberikan pilihan tenor 2, 3, 6, atau 12 bulan untuk melunasi pinjaman. Bunga minimal adalah 1,95% per bulan, dan besaran bunga ditentukan oleh jumlah pinjaman serta tenor cicilan. Jika pembayaran melampaui jatuh tempo, akan dikenai denda 5% tiap bulan dari total tagihan.

Cara Mengaktifkan SPinjam

Sebelum dapat meminjam uang, Anda harus mengaktifkan fitur SPinjam terlebih dahulu. Ikuti langkah-langkah berikut untuk mengaktifkan SPinjam:

  1. Buka aplikasi Shopee. Jika belum terpasang di ponsel Anda, silakan unduh di Playstore atau App Store dan install.
  2. Buka tab menu “Saya”.
  3. Klik “SPinjam” yang berada di bawah barisan “Dompet Saya”.
  4. Klik “Aktifkan Sekarang”.
  5. Masukkan kode OTP yang dikirim ke nomor ponsel Anda yang terafiliasi ke Shopee, lalu klik “Lanjut”.
  6. Jika Anda sudah terdaftar di Shopee Paylater, pastikan nama Anda yang tercantum di aplikasi sudah sesuai dengan KTP.
  7. Jika Anda bukan pengguna Shopee Paylater, siapkan KTP Anda dan ambil gambar menggunakan kamera belakang yang terhubung langsung ke aplikasi.
  8. Masukkan informasi tambahan yang diminta, termasuk nomor kontak darurat.
  9. Jika semua data sudah benar, klik “Konfirmasi”.
  10. Tekan “Mulai Verifikasi Wajah” untuk verifikasi final. Verifikasi ini menggunakan kamera depan, pastikan wajah Anda menghadap kamera dan kondisi pencahayaan ruangan baik.
  11. Jika verifikasi wajah berhasil, Anda tinggal menunggu proses aktivasi dari Shopee. Anda akan mendapat notifikasi jika SPinjam Anda telah aktif.

Kadang proses verifikasi wajah mengalami kendala, misalnya wajah tidak terdeteksi dan memunculkan notifikasi error di aplikasi. Untuk mengatasi hal ini, lakukan hal-hal berikut:

  1. Perbarui layanan Google Play, lalu coba kembali dalam 2x percobaan.
  2. Jika belum berhasil, tunggu 10 menit sambil pastikan jaringan internet Anda bagus, lalu lakukan verifikasi wajah kembali.
  3. Jika masih gagal, coba restart smartphone Anda dan cobalah verifikasi wajah sampai berhasil.

Cara Pinjam Uang di Shopee dengan SPinjam

Setelah SPinjam terverifikasi, Anda bisa mulai mengajukan pinjaman melalui aplikasi Shopee. Syarat pengajuan pinjaman adalah Anda tidak boleh memiliki keterlambatan pembayaran tagihan apapun yang dikeluarkan oleh Shopee, yaitu SPayLater, SPinjam, SPinjam untuk Penjual, dan/atau Dana Cepat.

Karenanya, jika masih ada tunggakan PayLater, sebaiknya lunasi Shopee PayLater terlebih dahulu sebelum mengajukan pinjaman.

Cara pinjam uang di SPinjam adalah sebagai berikut:

  1. Buka aplikasi Shopee, lalu masuk ke tab menu “Saya”.
  2. Klik “SPinjam”, di laman akan terlihat limit dana yang bisa Anda ajukan.
  3. Pilih opsi “Ajukan”.
  4. Masukkan nominal dana yang ingin Anda pinjam. Jumlah dana tidak boleh melebihi limit yang tertera.
  5. Pilih durasi peminjaman: 2 bulan, 3 bulan, 6 bulan, atau 12 bulan.
  6. Isi data rekening dengan memasukkan nomor rekening, nama bank, dan nama pemilik rekening.
  7. Pada bagian bawah, akan terlihat ringkasan pengajuan Anda: jumlah yang diajukan, potongan biaya admin (1-3% dari total pinjaman), dana bersih yang masuk ke rekening (setelah dikurangi admin fee), dan nominal cicilan yang harus Anda bayar per bulan.
  8. Jika sudah sesuai, klik “Ajukan Sekarang”.

Jika pengajuan Anda disetujui, akan ada pemberitahuan bahwa pinjaman Anda telah diproses dan dana akan segera disalurkan ke rekening.

Estimasi waktu dana masuk ke rekening berbeda-beda untuk tiap bank. Pengguna BCA, BRI, BNI, dan Mandiri akan diproses pencairan pinjamannya dalam 1-3 hari, sedangkan untuk bank lain maksimal 7-8 hari kerja.

Cara Membayar Tagihan SPinjam

Setelah berhasil meminjam dana di SPinjam, kewajiban Anda tiap bulan adalah membayar cicilan. Berikut cara membayar tagihan SPinjam:

  1. Buka aplikasi Shopee, menuju tab menu “Saya”, pilih “SPinjam”.
  2. Terlihat jumlah pembayaran yang harus Anda setorkan dan jatuh tempo.
  3. Klik “Bayar”.
  4. Pilih metode pembayaran Anda, bisa melalui ShopeePay, ATM (dengan Virtual Account), Indomaret, Alfamart, maupun Mitra Shopee.
  5. Klik “Bayar”.

Anda dapat melunasi seluruh tagihan meskipun belum jatuh tempo. Setelah tagihan bulan ini lunas, di halaman utama SPinjam akan langsung keluar tagihan untuk bulan berikutnya.

Demikian ulasan kami mengenai SPinjam, semoga bermanfaat.

nv-author-image

Pratomo Eryanto

Pratomo Eryanto memiliki motto "Investasi tidak harus membosankan". Sebagai penggiat dunia pasar saham, Pratomo memiliki misi meningkatkan literasi finansial masyarakat Indonesia.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *