Cash Flow Pada Investasi dan Bisnis

Apa itu Cash Flow

Cash flow atau laporan arus kas sesungguhnya adalah bagian penting dari sebuah bisnis atau investasi. Cash flow berguna dalam usaha untuk mengetahui tiap pemasukan dan pengeluaran dari sebuah bisnis. Menyusun cash flow pun tak kalah pentingnya agar langkah yang diambil bisa menghasilkan keuntungan sebagaimana diharapkan.

Pengertian Cash Flow

Cash flow adalah laporan menampilkan data relevan mengenai aliran kas masuk ataupun arus kas keluar dari sebuah bisnis, usaha atau investasi. Dari laporan arus kas tersebut akan diketahui arus kas yang diperoleh dari berbagai sumber. Misalnya dari aktivitas operasional, kegiatan investasi, termasuk juga aktivitas pembiayaan perusahaan.

Maksud pembuatan laporan itu adalah untuk mengecek secara nyata berapa penerimaan dan penerimaan kas perusahaan. Sehingga akan lebih praktis ketika ingin melihat potensi pencapaian kas untuk waktu yang akan datang.

Pengaruh cash flow terhadap investasi adalah laporan arus kas bisa digunakan oleh investor dan pebisnis untuk mengambil keputusan mengenai investasi. Keluar masuknya dana yang sehat akan memungkinkan pelaku usaha untuk bermanuver bebas dalam berinvestasi. Selain itu, cash flow yang baik akan terefleksi pada laporan keuangan sehingga mempengaruhi harga saham.

Metode Menyusun Cash Flow

Pembuatan laporan arus kas dapat diselesaikan menggunakan 2 metode yaitu langsung dan tak langsung. Baik langsung maupun tak langsung memiliki keunggulan dan kekurangannya sendiri-sendiri. Tentunya, perusahaan atau pengguna dapat memilihnya sesuai dengan kondisi dan situasi.

1. Cash flow Metode Tidak Langsung

Laporan arus kas yang dibuat dengan metode ini biasanya terkait 3 aspek yaitu arus kegiatan usaha, kas dari investasi, ataupun kas dari pembiayaan.

Prosedur membuat laporan cash flow dengan metode tidak langsung adalah sebagai berikut:

  • Menyiapkan Laporan Laba Rugi. Mula-mula sediakan dahulu berbagai data yang diperlukan. Termasuk laporan laba rugi untuk periode berjalan. Menggunakan data itu maka kelihatan status perusahaan, untung atau rugi.
  • Menyiapkan Laporan Neraca. Tahap berikutnya yaitu menyediakan laporan neraca untuk periode yang sedang berjalan dan juga yang sebelumnya. Itu berguna untuk membuat perbandingan dan mendapatkan informasi kegiatan keuangan perusahaan pada tahun berjalan.
  • Menyelaraskan laba bersih yang ditampilkan dalam Laporan Laba/Rugi. Di laporan laba rugi bisa diperoleh informasi kondisi keuangan perusahaan, bisa rugi atau sebaliknya mendapatkan keuntungan. Berkat diadakannya penyesuaian laba/rugi maka selanjutnya akan diperoleh arus kas dari kegiatan operasional. Kas yang berasal dari aktivitas operasional tersebut merupakan bagian dari laporan arus kas yang menerapkan metode tak langsung.
  • Membuat perbaikan efek yang ditimbulkan transaksi bukan kas. Jika telah diperoleh angka arus kas dari kegiatan operasional, untuk itu berikutnya yaitu menghitung arus kas investasi dan pembiayaan. Langkahnya yaitu membuat koreksi atas pengaruh transaksi bukan kas. Contohnya penangguhan pembayaran kas untuk operasi sebelum dan berikutnya. Informasi tersebut dapat dicermati dari neraca sebelum dan ketika periode berjalan.
  • Menyusun laporan arus kas. Ada format yang harus diikuti dalam menyusun laporan arus kas metode tak langsung. Agar tak salah, sebaiknya mempelajari dulu formatnya dengan mencarinya di internet.

2. Cash flow Metode Langsung

Selain menerapkan metode tak langsung, membuat laporan cash flow investasi pun bisa menggunakan metode langsung. Yang membedakan adalah sumber datanya. Untuk metode langsung ini memanfaatkan sumber data yang diambil dari buku kas bank serta buku kas kecil.

Untuk langkah-langkah membuat laporan cash flow menggunakan metode langsung:

  • Menyelesaikan pengecekan silang. Diperlukan sejumlah data dalam menjalankan tahap pengecekan silang. Bisa dimulai dari buku kas bank, rekening koran, bonggol check, ataupun buku kas kecil. Pengecekan silang itu pun lebih populer dengan sebutan rekonsiliasi. Apabila tahap rekonsiliasi bank dan patty cash rampung, berarti tahap pertama telah sukses dilewati.
  • Menyelesaikan eliminasi silang. Eliminasi silang yaitu seluruh transaksi silang yang terkait buku kas.
  • Membuat pengelompokan segala macam pemasukan dan pengeluaran di laporan Arus Kas. Proses ini biasanya membutuhkan waktu yang tak sebentar. Hanya saja bila saja langkah ini dikerjakan tiap hari (membukukan tiap terjadi pemasukan dan pengeluaran) tentu akan makin cepat. Jadi yang dikategorikan arus kas operasi transaksi yaitu segala macam item yang berhubungan dengan aktivitas utama perusahaan (tertera di laporan rugi laba). Sedangkan arus kas investasi adalah segala transaksi yang terkait penjualan serta pembelian aktiva tetap. Di luar itu termasuk pula penerimaan kas dari piutang, dan beberapa lainnya. Sementara arus kas pembiayaan adalah transaksi yang terkait kewajiban maupun modal yang dikuasai perusahaan.
  • Menyusun laporan Arus Kas. Apabila telah menyelesaikan langkah sebelumnya, tentu laporan arus kas dapat segera dibuat. Itu karena seluruh informasi sudah berhasil diperoleh.

Menyusun laporan arus kas merupakan keharusan untuk para pelaku bisnis  utamanya bila dalam bisnis itu ada investor atau pemilik eksternal. Langkah pertama adalah Anda harus bisa menginterpretasi laporan keuangan.

Berkat tersedianya laporan cash flow, maka para stakeholder dapat mudah memonitor kemajuan bisnis atau investasi yang sudah diberikan dana. Kemudian bagi manajemen, dengan adanya laporan cash flow pun dapat sebagai sumber informasi dalam mengevaluasi bisnis atau investasi.

Agar mudah dalam menyusun dan dan mengelola cash flow secara baik, pengguna dapat memanfaatkan aplikasi akuntansi dengan berbagai fitur laporan keuangan di dalamnya. Kebanyakan pelaku bisnis dan investasi masih bergantung pada pembukuan gratis melalui program Excel. Meskipun mereka memerlukan aplikasi atau perangkat lunak lain yang dapat lebih menunjang produktivitas. Sebab dapat mempercepat pekerjaan tanpa tahap input data manual. Program keuangan pun dapat menghemat tempat sekaligus memberikan waktu luang kepada para pelaku bisnis.

Hanya saja, tak banyak pelaku bisnis yang tahu jika tersedia sejumlah aplikasi akuntansi berbasis desktop yang saat ini telah juga menghadirkan versi aplikasi keuangan multifungsi gratis, layaknya program Excel. Salah satu aplikasi keuangan gratis itu adalah “Akuntansi UKM”. Itu merupakan sistem aplikasi keuangan mudah yang bisa diunduh gratis dari Google Play. Akuntansi UKM sesuai bila digunakan oleh para pelaku Usaha Kecil dan Menengah, sekaligus juga mereka yang ingin mengelola keuangan sehari-hari.

Akuntansi UKM bisa dimanfaatkan secara gratis, bebas iklan, bebas batasan jumlah transaksi yang dapat dicatat, bebas batasan banyaknya entitas usaha yang dipunyai, bebas batasan periode mengecek laporan keuangan, termasuk pula bisa dijalankan secara offline. Di perangkat lunak catatan keuangan tersebut ditawarkan fitur akuntansi yang akan memudahkan pengguna dalam mengelola keuangan perusahaan.

Cara Menghitung Cash flow dalam Investasi

Tersedia dua cara apabila investor ingin menghitung cash flow.

Rumus pertama adalah Kas Masuk Bersih = Earning after tax (EAT) + Penyusutan.

Rumus tersebut diterapkan jika usaha atau investasi didanai dari modal sendiri dengan tidak diikutkan hutang dari pihak lain. Penyusutan dimasukkan pula sebab penyusutan tak dikategorikan pengeluaran tunai kemudian penyusutan pun bisa muncul ketika aktiva tetap dibeli.

Rumus kedua adalah Kas Masuk Bersih = Earning after tax (EAT) + Penyusutan + Bunga (1-tax).

Rumus ini digunakan jika usaha atau investasi dijalankan itu didanai menggunakan uang dari hutang ke pihak lain.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *