Lompat ke konten
Daftar Isi
ForexIMF leaderboard banner ads.

10 Challenge Menabung yang Menantang untuk Dicoba

Challenge Menabung

Menabung atau menyisihkan sebagian uang pada sebagian orang merupakan hal yang agak sulit dilakukan. Entah itu karena kurangnya motivasi, atau mungkin memang belum memiliki tujuan khusus sehingga ketika ada uang dihabiskan begitu saja. Jika Anda termasuk salah satu orang sulit menabung, bacaan ini bisa jadi sangat membantu nantinya.

Berikut ini adalah sepuluh challenge menabung yang menantang untuk dicoba. Simak macam tantangannya melalui poin-poin di bawah ini!

1. 30 Days Saving Challenge

Challenge menabung pertama yaitu 30 Days Saving Challenge. Sesuai namanya, tantangan ini mengharuskan Anda supaya dapat menabung berapapun nominalnya selama 30 hari atau sebulan penuh. Kedengarannya, tantangan ini sedikit memberatkan, tapi kalau belum dicoba apakah benar-benar terasa membebani?

Tantangan menabung 30 Days Saving Challenge bisa dilakukan dengan berapapun nominalnya dan tidak selalu pasti setiap harinya, yang penting ada uang disisihkan setiap hari selama sebulan. Misalnya hari ini sebesar 5 ribu, kemudian hari selanjutnya 10 ribu, 25 ribu, dan lain sebagainya sesuai kemampuan pribadi. Meskipun jumlahnya tidak konsisten, paling tidak dapat membantu Anda melakukan penghematan serta mendapatkan tabungan ratusan ribu hingga jutaan rupiah.

2. Tantangan Menabung Setahun (52 Weeks Saving Challenge)

Tantangan menabung setahun penuh atau 52 Weeks Saving Challenge juga wajib dicoba apabila Anda termasuk kesusahan dalam menyisihkan uang. Sebab prosesnya memakan waktu 52 minggu, maka tentukan terlebih dahulu target jumlah uang yang hendak dicapai, misalnya ingin mengumpulkan sebesar 10 juta dalam waktu setahun, maka setiap minggunya Anda harus menabung sekitar 200 ribu rupiah.

Tantangan menabung setahun ini cocok bagi Anda jika mempunyai target tertentu, misalnya hendak membeli sepeda motor baru, pergi liburan, dan lainnya. Targetnya dapat disesuaikan lagi dengan kemampuan finansial pribadi, tidak harus 10 juta. Contoh lainnya Anda memasang tujuan 5 juta untuk dikumpulkan, maka setiap minggu cukup menyisihkan 100 ribu rupiah saja.

3. Challenge Makan di Rumah Saja

Apakah Anda termasuk sering makan di luar karena malas memasak atau mungkin susah memasak? Jika jawabannya iya, maka ayo menjawab challenge menabung sebulan satu ini! Sebut saja tantangannya adalah makan di rumah saja selama sebulan penuh.

Sebagian orang mungkin kesusahan mengontrol pengeluaran bulanannya karena sering jajan atau membeli makanan di luar. Namun alasan tersebut juga bisa jadi karena membeli makan di luar lebih praktis. Apabila di tempat tinggal Anda tersedia dapur dan peralatan memasak, cobalah mengikuti tantangan menabung ini.

Meskipun Anda kesusahan memasak, banyak resep sederhana di internet yang patut dicoba dipraktikkan. Ketika kesusahan mengatur waktu pun begitu, buatlah jadwal rutinitas sehari-hari lalu selipkan kapan waktu harus memasak makanan untuk makan pagi, siang, maupun malam. Awalnya memang terasa susah karena belum terbiasa, namun lambat laun dapat membentuk pribadi jadi lebih disiplin sekaligus mampu mengatur waktu serta pengeluaran dengan baik.

Coba lihat setelah sebulan, berapa banyak jumlah uang yang bisa dihemat dibandingkan ketika sering jajan/makan di luar. Cukup menghemat pengeluaran, bukan?

4. Tantangan Potong Gaji 5% Per Bulan

Kesusahan menabung karena memenuhi target penyisihan uang harian sulit dilakukan? Cobalah menerima tantangan menabung dengan cara potong gaji sebesar 5% setiap bulannya lalu lakukan ini selama 3 bulan, 6 bulan, atau bahkan satu tahun. Pemotongan gaji ini efektif membantu mengumpulkan sejumlah uang.

Misalnya mempunyai gaji 2 juta, maka jika mengikuti challenge ini akan dipotong 5%. Jadi total uang yang bisa ditabung sebesar 100 ribu rupiah setiap bulannya. Langsung berikan potongan tersebut ketika baru pertama kali menerima gaji, kemudian pengelolaan pendapatannya dapat disesuaikan dengan sisa dana yang ada.

Tips menabung melalui tantangan potong gaji per bulan ini terutama sangat cocok apabila Anda mempunyai banyak pengeluaran hingga susah menyisihkannya, terutama jika gaji termasuk kecil. Potongan sebesar 5% mungkin kedengarannya sedikit, tetapi jika nantinya ada sisa uang di akhir bulan, Anda juga boleh memasukkannya sebagai tambahan tabungan.

5. Tantangan Membuang Kebiasaan Buruk

Kebiasaan buruk yang tidak pernah diperbaiki memang cukup mengganggu, khususnya membuat jadi susah menabung. Selain itu, biasanya juga sangat sulit dihilangkan. Beberapa contoh kebiasaan buruk yang memboroskan, antara lain merokok, pergi ke klub malam, mabuk-mabukan, memberi barang tidak perlu, serta lain sebagainya.

Tantangan menabung ini akan membantu menghilangkan kebiasaan buruk tersebut sekaligus membantu mengumpulkan uang. Contohnya dalam sehari Anda bisa menghabiskan 1-2 bungkus rokok seharga 20 ribu rupiah. Cara bermain tantangan ini yaitu setiap kali ada keinginan merokok sebaiknya langsung tabungkan saja jatah uang tersebut.

Jumlah uang rokok saat melakukan kebiasaan tersebut memang terlihat sepele. Tetapi coba kumpulkan setidaknya selama satu bulan penuh, berapa jumlahnya? Jatah uang rokok sehari 20 ribu kemudian dikalikan 30 hari, sebanyak 600 ribu yang bisa dihemat.

6. Hari Tanpa Ada Pengeluaran

Challenge menabung yang menantang lainnya dan patut dicoba yaitu terapkan hari tanpa adanya pengeluaran sama sekali. Anda bisa menetapkannya sesuai keinginan berdasarkan kapan biasanya waktu paling boros, contohnya pada saat akhir pekan. Tantangan ini cukup fleksibel, cukup terapkan 1-2 hari saja tanpa mengeluarkan uang sama sekali lalu lihat hasilnya.

Pertama-tama, ingat berapa banyak uang biasa dihabiskan saat akhir pekan (contoh: 350 ribu). Kemudian cobalah melakukan hal lain yang bermanfaat dan tidak mengeluarkan dana sepeserpun ketika hari tantangan tersebut. Apabila berhasil melakukannya, cobalah challenge menabung lainnya demi semakin menghemat pengeluaran tak perlu.

7. Tantangan Dapur

Challenge menabung lainnya yaitu tantangan dapur. Challenge ini mengharuskan Anda untuk menggunakan seluruh isi/bahan di kulkas dan dapur sampai habis terlebih dahulu baru kemudian membelinya jika memang sudah kehabisan stok. 

Mungkin biasanya Anda cukup sering menyisakan makanan karena suatu lain hal kemudian dengan mudahnya mengisi dapur kembali dan membuang sisa yang sebenarnya masih layak konsumsi. Adanya tantangan seperti ini sangat membantu mengontrol pengeluaran, mengurangi food waste, sekaligus mengasah kreativitas, sebab diharuskan berpikir untuk memanfaatkan sisa bahan di dapur sebaik mungkin.

Tantangan menabung ini akan sangat seru jika dipadukan bersama tantangan masak di rumah saja karena saling berkaitan. Sehingga, membuat seseorang mampu berpikir kreatif dalam memanfaatkan sisa bahan di dapur, meminimalisir kebiasaan mubazir, sekaligus membantu menghemat pengeluaran serta menabung lebih banyak.

8. Challenge Menabung Setiap Recehan

Challenge menabung setiap uang recehan kurang lebih mirip dengan 30 Days Saving Challenge. Bedanya, tantangan ini mengharuskan Anda menyisihkan sisa kembalian setiap kali selesai melakukan transaksi dan tidak harus setiap hari tetapi coba lakukan hal ini minimal 3 bulan. Jumlahnya lebih kecil karena dalam bentuk uang receh atau lembaran 1-2 ribuan.

Uang receh sisa kembalian memang terlihat sangat sepele, tetapi jika dikumpulkan terus menerus hasilnya pun cukup banyak. Ketika sudah terkumpul, dapat ditukarkan ke minimarket, swalayan, maupun bank.

9. Sinking Fund

Sinking fund cocok diterapkan apabila Anda sedang mempunyai target untuk membeli sesuatu dalam jumlah nominal tertentu. Nantinya, target tersebut dibagi ke harian, mingguan, atau mungkin bulanan sesuai target tujuan.

Misalnya Anda hendak membeli HP terbagus seharga 5 juta rupiah, sedangkan alokasi gaji saat ini adalah 2 juta rupiah. Tentukan targetnya dalam satu tahun dapat mencapai nominal 5 juta, berarti jika dibagi per bulannya harus menyisihkan sebesar 420 ribu rupiah.

10. Menabung 15 Ribu Sehari

Tantangan menabung harian dengan dipatok nominalnya dapat dicoba sebagai challenge menyenangkan. Coba lakukan penyisihan dana sebesar 15 ribu sehari secara konsisten dalam satu bulan penuh, ada sebanyak 450 ribu rupiah dapat dikumpulkan selama sebulan.

Mana dari kesepuluh challenge menabung tersebut yang menantang untuk dicoba? Supaya lebih efektif lagi, bisa membuat rekening baru khusus tabungan tanpa biaya admin bulanan, sehingga tidak akan mudah mengutak-atiknya serta saldonya tidak berkurang.

nv-author-image

Zahrah Firyal Salma

Zahrah Firyal Salma adalah seorang yang memiliki minat pada informasi edukasi tentang finansial, maupun memberikan informasi penting lainnya seputar produk keuangan.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *