Lompat ke konten
Daftar Isi
ForexIMF leaderboard banner ads.

7 Ciri Aplikasi Investasi Saham Bagus dan Terpercaya

Ciri Aplikasi Investasi Saham Bagus dan Terpercaya

Dulu, investasi saham hanya bisa dilakukan dengan menyetorkan balot jual beli saham ke kantor Bursa Efek Indonesia (BEI) atau perusahaan sekuritas terdekat. Kini seiring dengan perkembangan teknologi, investor bisa membeli instrumen investasi yang satu ini dengan menggunakan aplikasi.

Bagi investor, keuntungan investasi saham menggunakan aplikasi adalah bisa investasi kapanpun dan dimanapun. Selain itu, biasanya aplikasi investasi saham yang bagus juga dilengkapi dengan fitur edukasi dan berita, sehingga trading jadi semakin praktis dan mudah. 

Bagi perusahaan sekuritas, keuntungan menerbitkan aplikasi investasi adalah untuk menggaet investor muda yang saat ini banyak berkembang di Pasar Modal Indonesia. Hal ini menguntungkan, sebab sumber keuntungan perusahaan ini berasal dari biaya transaksi investor, jadi semakin banyak investor yang bergabung, maka semakin besar pula potensi keuntungan yang akan diperoleh perusahaan. 

Maka dari itu, tidak heran apabila saat ini banyak perusahaan sekuritas maupun perusahaan teknologi yang menerbitkan aplikasi investasi khusus saham. Lantas, bagaimana cara memilih aplikasi investasi saham yang bagus? Berikut ini tipsnya:

1. Terdaftar di OJK

Ciri aplikasi investasi saham yang bagus pertama adalah aplikasi tersebut diterbitkan oleh perusahaan sekuritas yang sudah terdaftar di OJK. Hal ini mengingat bahwasanya saat ini banyak aplikasi trading scam yang memanfaatkan hype investasi di kalangan anak muda. 

Untuk memastikan hal ini, yang perlu Anda lakukan pertama adalah melihat website perusahaan tersebut dan mencari lambang dan nomor lisensi dari OJK. Apabila sudah ketemu, silahkan cocokkan nomor tersebut di laman resmi lembaga regulator keuangan tersebut.

Sebagai contoh, salah satu aplikasi investasi saham terpercaya yaitu Alpha Investasi menyematkan logo OJK di websitenya, dan benar terverifikasi ada di daftar data perusahaan efek di website OJK atas nama PT Paramitra Alfa Sekuritas.

Ini penting sebab, banyak website atau aplikasi yang mengaku memiliki lisensi dari OJK, namun nyatanya tidak atau lisensi tersebut sudah expired. Jika sebuah aplikasi dan perusahaan sekuritas sudah terdaftar di OJK, itu artinya lembaga tersebut wajib untuk mematuhi hukum dan perundang-undangan perdagangan saham yang berlaku di negeri ini. 

2. Fitur Lengkap

Dalam berinvestasi saham, investor tidak hanya sekedar membeli instrumen yang satu ini lalu ditinggal pergi. Seorang investor dan trader pasti membutuhkan berbagai fitur untuk menganalisis pasar instrumen tersebut dan menentukan apakah akan menjual aset yang mereka miliki atau tidak.

Oleh sebab itu, sebuah aplikasi investasi saham yang bagus harus memiliki fitur yang lengkap. Fitur tersebut seperti price chart dengan berbagai model grafik, indikator-indikator teknis yang lengkap (khususnya yang populer), data-data keuangan perusahaan, menu watchlist dan portfolio, menu bandar detector, fitur screening, stock alert dan kalau perlu fitur edukasi dan berita. 

Kalau bisa, Anda juga sebaiknya memilih platform investasi saham yang bisa diakses melalui aplikasi di handphone, melalui desktop dan website. Sebab, terkadang layar handphone terlalu kecil untuk digunakan dalam menganalisis data pergerakan harga saham. Tidak masalah jika sebuah aplikasi hanya menyediakan saham dan tidak instrumen lainnya. Asalkan fitur-fitur tersebut sudah lengkap, Anda sudah siap investasi.

3. User Interface Rapi

Salah satu tantangan dalam membuat aplikasi investasi dengan fitur yang lengkap adalah bagaimana mendesain user interface (UI) aplikasi tersebut supaya tidak terkesan padat dan numpuk. Pasalnya, user interface (UI) yang terkesan numpuk justru akan menyusahkan pengguna untuk membaca dan menganalisis kondisi pasar. 

Belum lagi jika aplikasi tersebut memiliki masalah teknis lainnya seperti sering ngehang, aplikasi keluar sendiri, banyak bug bertebaran dan lain sebagainya. Hal ini tentu akan menyulitkan pengguna, mengingat pergerakan harga saham sangat cepat sehingga investor dan trader dituntut untuk presisi dalam menentukan target jual dan target beli. 

Contoh tampilan interface aplikasi yang baik dari Alpha Investasi.

4. Keamanan Data Terjamin

Saat membuat akun dan rekening saham di sebuah aplikasi investasi, Anda harus memasukkan data-data penting, seperti tanggal lahir dan alamat KTP Anda, dan bahkan foto KTP atau KK. Keamanan data-data tersebut harus dijaga, sebab kalau tidak data-data penting tersebut dapat digunakan pihak yang tidak bertanggung jawab untuk melakukan hal-hal kriminal.

Aplikasi investasi saham yang bagus dari sekuritas terpercaya biasanya terus memperbaiki kualitas keamanan aplikasinya. Entah itu dengan menggunakan mekanisme Know Your Customer (KYC), terus memperbaiki kualitas firewall-nya supaya tidak mudah diretas, dan tentu saja terus menyediakan berbagai pembaharuan yang dibutuhkan untuk menjaga keamanan data.

5. Menawarkan Berbagai Macam Metode Pembayaran

Aplikasi yang menawarkan berbagai macam metode pembayaran tentu akan memudahkan investor dalam bertransaksi dibandingkan dengan aplikasi yang hanya menawarkan 1 macam pembayaran. 

Hal ini mengingat bahwasanya saat ini ada banyak metode pembayaran yang bisa dimiliki oleh investor, mulai dari menggunakan aplikasi mobile banking, menggunakan dompet digital hingga menggunakan virtual account. Semakin banyak metode yang ditawarkan, maka semakin mudah pula investor untuk berinvestasi. 

6. Memiliki Layanan Customer Service Yang Bagus

Tidak hanya dari segi teknis aplikasi, sebuah aplikasi investasi saham yang bagus juga harus dilengkapi dengan layanan customer service yang bagus pula. Sebab, tidak jarang investor perlu bertanya mengenai beberapa hal yang tidak ada di buku panduan aplikasi. 

Layanan customer service yang bagus ini seperti, tata bahasa buku panduan aplikasi yang mudah dipahami, layanan helpdesk yang lengkap, hingga layanan customer service 24 jam. Beberapa aplikasi investasi bahkan menyediakan layanan customer service berbahasa Inggris untuk melayani investor mancanegara dan menyediakan forum komunitas sebagai wadah diskusi untuk menjawab pertanyaan investor yang tidak puas dengan jawaban dari pihak aplikasi.

7. Proses Pembuatan Akun Mudah

Ciri aplikasi investasi saham berkualitas selanjutnya adalah proses pembuatan akun atau rekening saham di aplikasi tersebut mudah dan murah. Dalam proses ini, Anda akan diminta mengisi data diri dan mengunggah berbagai dokumen penting. 

Selain menjaga keamanannya, aplikasi investasi yang bagus juga memudahkan investor dalam melakukan proses ini seperti menjaga saat proses terjadi aplikasi tidak ngehang, sehingga investor harus registrasi lagi atau investor perlu menunggu lama sampai aplikasi siap digunakan. Tentu calon investor potensial akan merasa tidak nyaman kalau pada saat pembuatan rekening saja aplikasi sudah bermasalah. 

Memilih aplikasi investasi saham yang baik adalah langkah pertama untuk mendapatkan keuntungan investasi dari instrumen ini. Sebab, aplikasi digunakan untuk menganalisis dan melakukan transaksi jual beli. Oleh sebab itu, Anda tidak bisa sembarangan dalam memilihnya.

Selain poin pertama, Anda bisa melihat kualitas aplikasi tersebut dari berbagai sumber, mulai dari review di Google Playstore dan AppStore, melalui konten-konten YouTube atau melalui review di Investbro. Meskipun setiap pengguna sebuah aplikasi pasti memiliki pengalaman yang berbeda, namun adanya review seperti ini tentu akan memudahkan untuk memilih aplikasi investasi saham terbaik.

nv-author-image

Melvern Pradana

Melvern Pradana adalah seorang investor yang aktif menanam modal di pasar saham, cryptocurrency, P2P lending, dan reksa dana. Idolanya adalah Warren Buffett dan Peter Thiel.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *