Lompat ke konten

11 Aplikasi Trading Saham Terbaik (2022)

App untuk trader saham

Salah satu keputusan krusial yang harus ditentukan oleh seorang trader adalah menggunakan aplikasi trading saham apa. Aplikasi yang buruk dapat mengakibatkan aktivitas trading menjadi terganggu, yang ujungnya akan membawa kerugian karena strategi jual beli saham tidak terlaksana.

Berikut daftar aplikasi trading saham terbaik dari segi fitur, biaya transaksi, kemudahan pemakaian, dan reliabilitas.

1. Ajaib

logo app Ajaib

Ajaib merupakan aplikasi trading saham online yang sudah terdaftar di OJK. Perusahaan ini telah mencatat lebih dari 1 juta pengguna. Aplikasi ajaib (tersedia di Android dan iOS) banyak direkomendasikan oleh para trader karena memiliki beberapa keunggulan dibandingkan platform saham sejenis.

Beberapa kelebihan Ajaib yang membuatnya menjadi aplikasi trading saham terbaik di antaranya adalah tampilan yang mudah digunakan, serta memiliki banyak pilihan produk investasi.

Fee transaksi saham di aplikasi Ajaib juga cukup murah:

Nilai TransaksiFee BeliFee Jual
< Rp 150 jutaBeli 0,15%Jual 0,25%
Rp 150 juta – Rp 1,5 miliarBeli 0,14%Jual 0,24%
> Rp 1,5 miliarBeli 0,13%Jual 0,23%

Untuk membantu aktivitas trader saham, aplikasi Ajaib juga memiliki fitur “Ajaib Alert” yang merupakan fitur pemberitahuan waktu yang tepat untuk beli atau jual saham. Fitur ini dapat membantu para trader untuk memaksimalkan keuntungan dan meminimalisir kerugian.

Ajaib merupakan salah satu sekuritas yang paling bagus, karena memiliki fitur yang mudah digunakan pemula serta biaya transaksi yang rendah.

2. Stockbit

login aplikasi stockbit

Stockbit merupakan aplikasi saham yang menawarkan banyak pilihan fitur seperti stream (diskusi saham), virtual trading (demo trading dengan uang virtual 100 juta), prediction (set target harga) dan masih banyak lagi. Fitur virtual trading bisa membantu Anda menjadi trader saham yang lebih baik agar bisa belajar melalui simulasi trading terlebih dahulu tanpa rugi kehilangan uang.

Stockbit juga membantu para trader untuk mendapatkan keuntungan mudah melalui trading. Melalui Stockbit Anda bisa memonitor saham dengan platform charting, analisa saham dengan data lengkap, dan mengetahui informasi harga saham yang sedang mudah atau mahal.

Seperti yang telah kami bahas di review Stockbit, biaya transaksinya adalah sebesar 0,10% untuk beli dan 0,20% untuk jual.

Trader pemula sebaiknya menginstall Stockbit karena tampilannya yang sederhana, tersedianya fitur virtual trading, serta integrasinya dengan aplikasi lain.

3. IPOT

IPOT

Indo Premier Online Technology (IPOT) merupakan aplikasi trading saham terpercaya yang sudah berdiri lebih dari 18 tahun. Hingga saat ini IPOT masih jadi aplikasi favorit bagi sebagian trader saham di Indonesia. Untuk membuka rekening saham di aplikasi milik Indo Premier Sekuritas ini, lakukan pendaftaran online melalui aplikasi IPOT.

Jika Anda ingin dibantu untuk trading saham, IPOT punya fitur robot trading yang lengkap. Jadi, Anda bisa membuat instruksi order beli dan jual saham dengan harga yang diinginkan. Ketika terjadi transaksi matched atau deal di pasar saham, saham Anda secara otomatis terjual atau terbeli.

4. Mirae HOTS

login ke Mirae HOTS

Mirae HOTS merupakan aplikasi saham yang cocok untuk pemula karena memiliki tampilan sederhana namun canggih. Biaya transaksi di Mirae juga rendah hanya 0,15% untuk fee beli dan 0,25% untuk fee jual.

Pihak Mirae Sekuritas menyediakan aplikasi HOTS (aplikasi trading PC) dan Neo Hots (aplikasi trading mobile) yang dapat membantu Anda menjalankan transaksi trading dengan mudah dan aman.

Kelebihan dari Mirae Asset adalah adanya multi chart yang akan menunjukkan sinyal jual beli. Kelebihan lainnya adalah tidak adanya biaya admin bulanan.

Selain itu, Mirae Asset juga memberikan beberapa pilihan bank administrator RDN (Rekening Dana Nasabah) seperti BCA, Bank Mandiri, CIMB Niaga, dan Bank Permata.

5. MOST

logo MOST

Mandiri MOST merupakan aplikasi trading milik Mandiri Sekuritas yang merupakan anak perusahaan PT Bank Mandiri (Persero) Tbk. Di MOST, Anda bisa melakukan trading saham, obligasi, dan reksa dana dalam satu aplikasi.

Mandiri MOST juga menyediakan fitur MOST Syariah yang banyak diminati umat islam karena bisa transaksi saham tanpa khawatir melanggar prinsip syariah.

Kelebihan aplikasi Mandiri MOST adalah tersedia di berbagai platform sehingga bisa diakses menggunakan PC maupun smartphone. Most juga menghadirkan fitur daily trading ideas secara gratis dari pakar investasi. Sehingga cocok bagi Anda yang masih baru dalam dunia trading saham.

6. RTI Investor dari RTI Business

logo RTI Business

RTI Business merupakan aplikasi trading saham yang menyajikan informasi paling lengkap mengenai emiten yang melantai di bursa. Anda bisa memaksimalkan informasi di RTI Business seperti laporan keuangan, pemilik saham utama, berita saham terbaru, performa saham 5 tahun ke belakang dan masih banyak lagi.

RTI Business juga menyediakan perhitungan Return on Investment (ROI), sehingga Anda bisa mengetahui jumlah estimasi manfaat yang Anda terima dari jumlah investasi. Tujuannya adalah agar investasi Anda lebih aman. Dengan fitur yang lengkap, RTI Business merupakan salah satu aplikasi analisis teknikal saham terbaik saat ini.

RTI Investor adalah salah satu produk RTI Business yang bisa Anda gunakan untuk transaksi jual beli saham. RTI Business juga menyediakan virtual trading untuk latihan bagi para trader pemula. Dengan fitur yang lengkap, Anda bisa semakin mudah menganalisis saham dan mendapatkan cuan.

7. BIONS

menu BIONS

Aplikasi BIONS (BNI Sekuritas Innovative Online Trading System) merupakan platform trading saham online di smartphone milik BNI Sekuritas, anak perusahaan PT Bank Negara Indonesia. Aplikasi BIONS bisa Anda gunakan untuk transaksi saham, reksa dana, EBA ritel dan Obligasi secara mudah, hanya dalam 1 aplikasi mobile. Anda bahkan bisa memilih antara software eSmart dan Bions.

BIONS adalah aplikasi saham yang cocok untuk trader profesional karena fiturnya sangat lengkap. BIONS tidak kami rekomendasikan untuk trader pemula karena memiliki user interface yang sedikit membingungkan.

Tersedia juga fitur untuk trading dengan margin jika Anda tertarik mengambil risiko lebih tinggi.

Bagi Anda nasabah BNI, Anda akan lebih mudah top up RDN, karena bisa setor deposit melalui mobile banking, internet banking dan sms banking. Minimal setoran awal di BNI Sekuritas adalah Rp 1 juta. Fee layanan jual saham di aplikasi ini hanya 0,27% dan 0,17% untuk fee pembelian saham.

8. MNC Trade

MotionTrade

MNC Trade merupakan aplikasi trading dari MNC Sekuritas yang sudah beroperasi sejak 1989, jadi Anda tidak perlu meragukan layanan dan fasilitas dari MNC Trade. Anda bisa mengaksesnya melalui perangkat lunak MotionTrade.

Selain melayani transaksi pasar modal secara umum, MNC Trade juga menyediakan platform untuk trading online syariah. Kedua jenis layanan ini sama-sama memiliki keunggulan dan direkomendasikan untuk menunjang aktivitas trading Anda.

Selain itu, Anda juga bisa membuka rekening dengan banyak pilihan kepemilikan seperti untuk perseorangan, untuk institusi, akta ikrar wakaf, gadai saham dan tabungan saham.

Biaya transaksi di MNC Sekuritas adalah 0,18% untuk beli dan 0,28% untuk jual.

9. BEST BCA

login web BEST Mobile

BEST Mobile adalah aplikasi trading saham dari BCA Sekuritas. Aplikasi ini bisa Anda gunakan sebagai aplikasi trading, khususnya bagi nasabah BCA. Pasalnya syarat rekening efek di BCA menggunakan KTP, NPWP, dan FC halaman depan buku tabungan.

BEST memiliki kelebihan seperti fitur stock game yang akan membantu Anda mengasah kemampuan analisa teknikal saham. Kemudian, ada smart signal yaitu fitur yang akan membantu Anda mengetahui tren pergerakan saham. Selanjutnya, ada juga fitur Quick order yang memungkinkan Anda transaksi dalam waktu 3 detik saja.

10. POEMS

login POEMS

POEMS (Philip Online Electronic Mart System) adalah aplikasi trading online yang dimiliki oleh Philip Sekuritas. Aplikasi ini sudah dikembangkan sejak tahun 1996 yang pada saat itu diakui sebagai salah satu aplikasi terbaik di Asia Tenggara. Aplikasi POEMS tersedia dalam versi web dan aplikasi mobile Android dan iOS.

Philip Sekuritas melalui POEMS menawarkan berbagai kelebihan seperti keamanan dalam transaksi, karena semua transaksi akan di enkripsi SSL. Program ini juga yang diberlakukan pada layanan internet banking di setiap lembaga keuangan bank.

Aplikasi saham dari POEMS memiliki fee transaksi beli sebesar 0,20% dan fee jual sebesar 0,30%. Tersedia juga POEMS Mobile untuk pengguna smartphone.

11. CIMB iTrade

CGS CIMB

CIMB iTrade adalah aplikasi untuk trading saham dan pengelolaan portofolio investasi. Jika Anda mendaftar di CIMB iTrade, Anda juga akan mendapat semacam sinyal berupa informasi dunia saham terbaru dari CIMB Group.

CIMB Grup sendiri merupakan jasa keuangan terbesar kedua di Malaysia, jadi Anda tidak perlu meragukan produk atau layanan keuangan dari CIMB.

Untuk bisa trading dengan CIMB iTrade Anda harus mendaftar terlebih dahulu dan menyetorkan deposit minimal Rp 1 juta. Biaya transaksi beli sebesar 0,18% dan fee jual adalah 0,28%.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.