Selain produk berupa makanan, minuman, teknologi, dsb, masyarakat tentunya membutuhkan perusahaan yang membuka layanan jasa untuk tingkatkan produktivitas. Tujuannya tentu agar kinerja dan aktivitas sehari-hari lebih efisien dengan adanya bantuan dari layanan jasa ini.
Walaupun memang perusahaan jasa tidak memiliki produk berwujud, perannya pun cukup besar karena menawarkan pengalaman dan produk berbeda kepada pelanggan. Indonesia sendiri pun memiliki sejumlah perusahaan jasa yang membantu tingkatkan produktivitas dan perekonomian negara.
Penasaran apa saja contoh perusahaan jasa di Indonesia? Mari simak artikel di bawah ini dan manakah produk jasa yang pernah Anda rasakan manfaatnya?
Apa Itu Perusahaan Jasa?
Perusahaan jasa adalah jenis bisnis yang berfokus pada pemberian layanan berupa tindakan/kegiatan yang memberi keuntungan bagi kedua belah pihak (konsumen dan pebisnis). Dengan kata lain, tidak ada produk berwujud yang diperjualbelikan dalam jenis usaha yang satu ini.
Tujuan dari operasional perusahaan jasa adalah untuk memenuhi kebutuhan konsumen yang belum pernah atau tidak bisa didapatkan dalam kegiatan sehari-hari. Adapun bidang perusahaan jasa itu sendiri sangatlah bervariasi, yaitu:
- Jasa layanan kesehatan
- Jasa layanan keuangan
- Jasa layanan investasi
- Jasa layanan kebersihan
- Jasa layanan perjalanan (travel)
- Jasa layanan desain
- Jasa layanan pendidikan
- Jasa layanan konseling
- Dan masih banyak lagi
Bahkan, dengan semakin berkembangnya teknologi, variasi jenis jasa layanan semakin kreatif. Belakangan ini ada bisnis yang fokus dalam menjual jasa curahan hati (curhat), jasa titip produk (jastip), dan sebagainya.
10 Contoh Perusahaan Jasa di Indonesia
Berikut ada 10 contoh perusahaan jasa di Indonesia yang masih beroperasi hingga sekarang. Sudah pernah menggunakan jasa layanan salah satu perusahaan di bawah ini?
1. PT GoTo Gojek Tokopedia Tbk (Gojek)
Nama Gojek pasti sudah tidak asing lagi ditelinga masyarakat Indonesia. Yup! PT GoTo Gojek Tokopedia Tbk merupakan salah satu contoh perusahaan jasa di Indonesia atau lebih tepatnya perusahaan penyedia jasa transportasi ojek online.
Sebelum bergabung dengan Tokopedia, produk utama dari perusahaan ini adalah layanan ojek online. Dengan adanya aplikasi ojek online, masyarakat di Indonesia tidak perlu ribet saat ingin memesan ojek atau mengantar barang, sementara tukang ojek tidak perlu menunggu penumpang. Hal ini membuktikan bahwa meskipun produknya relatif tidak terlihat, namun produk yang dijual oleh GoTo terbukti memberi nilai tambah (value added) ke masyarakat.
2. PT Tri Adi Bersama (Anteraja)
Contoh perusahaan jasa di Indonesia berikutnya bergerak di bidang logistik yaitu PT Tri Adi Bersama. Perusahaan ini merupakan anak usaha dari PT Adi Sarana Armada. Produk dari perusahaan ini adalah jasa layanan antar-kirim barang yang dikenal dengan Anteraja.
Di pasar modal, perusahaan ini memiliki kode ASSA yang bisa Anda cari. Anteraja dibangun oleh Theodore Permadi Rachmat pada tahun 2019.
Kemudian, hingga tahun ini, perkembangan Anteraja semakin masif dengan volum pengiriman barang yang terus meningkat. Ditambah lagi perusahaan ini bekerja sama dengan banyak UMKM dari berbagai skala (kecil hingga besar) dan platform e-commerce.
Kemudahan dan keefisienan yang ditawarkan oleh Anteraja menjadikan perusahaan ini menjadi layanan logistik pilihan yang banyak disukai oleh konsumen. Salah satunya adalah layanan jemput barang sehingga pelanggan tidak perlu langsung datang ke kantor untuk mengirimkan barang. Sungguh efisien, bukan?
Adapun produk yang dimiliki oleh Anteraja, antara lain Anteraja Next Day, Anteraja Same Day, dan Anteraja Reguler.
3. PT Takjub Teknologi Indonesia (Ajaib Reksa Dana)
Perusahaan jasa juga ternyata bergerak di bidang investasi dan salah satu contohnya adalah PT Takjub Teknologi Indonesia. Perusahaan ini menghadirkan aplikasi layanan investasi yang cukup terkenal dengan jumlah pengguna yang banyak yaitu Ajaib Reksa Dana.
Aplikasi Ajaib Reksa Dana ini dibentuk pada tahun 2019 dan sudah terdaftar di OJK (Otoritas Jasa Keuangan). Ajaib Reksa Dana ini sendiri merupakan bagian dari Ajaib Sekuritas yang sudah berdiri sejak tahun 1989.
Layanan jasa dalam aplikasi Ajaib Reksa Dana ini adalah untuk memberikan pelayanan dan informasi investasi yang aman dan terpercaya bagi masyarakat. Tujuannya adalah untuk meningkatkan kesadaran investasi masyarakat dan memberi kemudahan investasi bagi para pemula.
Tidak hanya itu saja, Ajaib Reksa Dana juga memberikan layanan konsultasi gratis bersama ahli di bidang keuangan (financial expert). Sudahkah Anda mencoba aplikasi Ajaib Reksa Dana ini?
4. PT Media Dokter Investama (Halodoc)
Indonesia juga memiliki perusahaan jasa yang bergerak di bidang medis dan kesehatan yaitu PT Media Dokter Investama. Berbeda dengan layanan medis pada umumnya, perusahaan yang satu ini menerapkan konsep telemedicine dengan membuat aplikasi bernama Halodoc.
Halodoc didirikan oleh Jonathan Sudharta dan Doddy Lukito pada tahun 2016. Aplikasi ini diciptakan untuk menciptakan iklim medis yang modern dengan memberikan layanan konsultasi kesehatan online (telemedicine).
Aplikasi ini memungkinkan penggunanya untuk berkonsultasi bersama dokter terpercaya hanya lewat smartphone. Tentunya aplikasi ini akan sangat membantu untuk kasus penyakit ringan atau umum sehingga tidak mengharuskan Anda untuk pergi ke rumah sakit yang mungkin jaraknya jauh atau terkendala transportasi.
Anda pun bisa menebus obat yang diresepkan oleh dokter setelah konsultasi di apotek terdekat. Hal ini bisa dilakukan lantaran resep yang diberikan berasal dari dokter kredibel dan terpercaya.
5. PT Ruang Raya Indonesia (Ruangguru)
Contoh perusahaan jasa di Indonesia berikutnya ini bergerak di bidang pendidikan yaitu PT Ruang Raya Indonesia. Perusahaan ini memiliki produk aplikasi Ruangguru yang dibangun oleh
Belva Devara dan Iman Usman.
Ruangguru merupakan layanan pendidikan yang ingin memberikan akses informasi luas tanpa batas berbasis internet dan teknologi. Sejak tahun 2014, Ruangguru terus melakukan inovasi dengan membangun video pembelajaran berbasis kurikulum sekolah, interaksi dua arah antara guru dan pengguna, hingga berbagai latihan soal dari ratusan bidang pelajaran.
6. PT Temas Tbk
Indonesia merupakan salah satu negara kepulauan terluas di dunia, oleh sebab itu tidak heran jika perlu layanan transportasi laut untuk menghubungkan pulau-pulau di negeri ini. PT Temas Tbk adalah perusahaan jasa transportasi laut dalam maupun luar negeri.
PT Temas Tbk melayani berbagai kebutuhan terkait transportasi barang dan penumpang lewat jalur laut, mulai dari penyewaan kapal, hingga menjadi agen bisnis jual beli kapal laut. Saat ini, PT Temas Tbk sudah memiliki jaringan di 60 pelabuhan dan mengoperasikan 50 kapal.
7. PT Telkom Indonesia Tbk (TLKM)
PT Telkom Indonesia Tbk adalah salah satu perusahaan penyedia jasa telekomunikasi terbesar di Indonesia. Tidak hanya menyediakan jasa telekomunikasi untuk konsumen individu, seperti menyediakan Telkomsel atau Indihome, perusahaan ini juga melayani masalah komunikasi konsumen institusi, mulai dari menyediakan jaringan internet, hingga menyediakan fasilitas data center.
8. PT Blue Bird Tbk (Blue Bird)
Sebelum adanya ojek online, taksi merupakan armada transportasi yang banyak digunakan oleh masyarakat Indonesia, khususnya yang tinggal di perkotaan. PT Blue Bird Tbk adalah salah satu perusahaan taksi terkemuka di negeri ini.
Didirikan pada tahun 1972, kini Blue Bird tidak hanya mengoperasikan taksi, tetapi juga memiliki lini bisnis di bidang taksi premium, sewa kendaraan bermotor (termasuk kendaraan mewah) dan berbagai lini bisnis lainnya.
9. PT Bank Rakyat Indonesia Tbk (BRI)
Perusahaan jasa lain yang tidak kalah terkenal adalah PT Bank Rakyat Indonesia Tbk atau Bank BRI. Perusahaan Bank BUMN yang sudah ada sejak jauh sebelum Indonesia merdeka ini bergerak di bidang pelayanan jasa keuangan, khususnya perbankan.
Sederhananya, tugas BRI sebagai bank adalah menyalurkan dana dari masyarakat yang memiliki kelebihan dana kepada masyarakat yang membutuhkan dana. Keuntungan bank ini diperoleh dari selisih antara suku bunga pinjaman dan suku bunga tabungan.
Dengan adanya bank, masyarakat bisa lebih mudah mencari pinjaman permodalan yang legal, terhindar dari praktek rentenir, dan tidak perlu pusing lagi untuk menyimpan uang. Saat ini BRI tidak hanya bergerak di bidang perbankan, melainkan juga layanan jasa keuangan lainnya, seperti membuka jasa jual beli saham (dengan mengakuisisi Danareksa), hingga mendirikan perusahaan venture capital (BRI Venture).
10. PT Siloam International Hospitals Tbk (Rumah Sakit Siloam)
Tidak hanya transportasi, pendidikan dan keuangan, sebuah perusahaan juga bisa bergerak di bidang jasa pelayanan kesehatan. Adanya perusahaan penyedia jasa layanan kesehatan ini menjadi alternatif bagi masyarakat yang ingin mendapatkan fasilitas dan layanan kesehatan yang tidak tersedia di fasilitas kesehatan umum, seperti RSUD atau Puskesmas.
PT Siloam International Hospitals Tbk adalah perusahaan jasa layanan kesehatan yang memiliki jaringan fasilitas dan rumah sakit terbesar di Indonesia. Tercatat perusahaan yang merupakan bagian dari Lippo Group ini memiliki 40 rumah sakit dan 30 klinik yang tersebar di seluruh Indonesia.
Karakteristik Perusahaan Jasa
Setelah memahami pengertian perusahaan jasa serta berbagai contoh bisnisnya yang ada di Indonesia, bisa ditarik kesimpulan bahwa perusahaan jasa memiliki karakteristik seperti di bawah ini:
1. Tidak memiliki produk berbentuk fisik (tidak berwujud)
Karakteristik perusahaan jasa yang utama adalah bisnis ini tidak memiliki produk berwujud. Dengan kata lain, Anda akan mengeluarkan uang untuk mendapatkan imbalan berupa bantuan, kenyamanan, dan pengalaman lainnya.
2. Mengutamakan pendekatan bersifat empati dan simpati
Berbeda dengan perusahaan dagang, perusahaan jasa berfokus dalam memberikan kepuasan melalui pemasaran yang berempati dan bersimpati. Sederhananya, pebisnis di bidang jasa ingin menjawab kebutuhan pelanggan yang belum bisa ditemukan di tempat lain.
Misalnya, Anda ingin membangun bisnis jasa di bidang layanan transportasi. Bentuk empati dan simpati yang bisa dipertimbangkan adalah memposisikan bisnis dari sudut pandang konsumen.
Apa yang membuat konsumen kesulitan dalam mengakses suatu tempat? Kendaraan apa yang paling dipilih konsumen untuk lebih cepat sampai di tujuan? Dan sebagainya.
Itulah 10 contoh perusahaan jasa di Indonesia yang masih beroperasi hingga sekarang. Rasakan manfaat layanan yang diberikan dengan menggunakan jasa perusahaan tersebut untuk tingkatkan produktivitas Anda.