Lompat ke konten
Daftar Isi
ForexIMF leaderboard banner ads.

Review Ajaib Sekuritas: Cara Daftar, Kelebihan, dan Kekurangan

Review Ajaib Sekuritas

Platform investasi yang mampu mewadahi semangat anak-anak muda belum terlalu banyak, apalagi untuk mereka yang masih awam soal saham dan pasar modal. Salah satu dari sedikit aplikasi investasi yang menawarkan kemudahan untuk anak muda adalah Ajaib Sekuritas.

Umumnya platform-platform investasi yang digawangi oleh sekuritas-sekuritas besar memiliki aplikasi yang solid dengan fitur yang kaya. Namun hal ini seimbang dengan syarat-syarat yang harus dipenuhi seperti deposit yang besar, fee transaksi yang kurang kompetitif, dan sebagainya. Sebagai salah satu broker saham paling populer di Indonesia, Aplikasi Ajaib berusaha membuktikan bahwa investasi dapat dilakukan dengan mudah dan nyaman tanpa perlu merepotkan calon investor.

Jika Anda tertarik untuk bergabung dengan platform investasi Ajaib, berikut kami berikan review aplikasi Ajaib Sekuritas berdasarkan pengalaman pemakaian selama setahun.

Tentang Ajaib

Ajaib Group merupakan pendatang baru dalam dunia aplikasi trading dan investasi. Perusahaan ini baru berdiri pada 2018 dan menaungi dua perusahaan investasi, yakni Ajaib Sekuritas (PT Ajaib Sekuritas Asia) dan Ajaib Reksa Dana (PT Takjub Teknologi Indonesia Ajaib Reksa Dana). Sekalipun demikian, sebenarnya Ajaib Sekuritas sendiri telah berdiri sejak 1989. Pada 2020, Ajaib Group mengakuisisi Primasia Sekuritas, sehingga perusahaan ini bergabung di bawah nama Ajaib Sekuritas.

Ajaib Sekuritas bukan penipu karena telah memegang izin dari Otoritas Jasa Keuangan (OJK) dengan nomor KEP-171/PM/1992, sedangkan izin untuk Ajaib Reksa Dana bernomor KEP-17/PM.21/2018. Jadi, aplikasi Ajaib terjamin aman untuk investor.

Jumlah investor saham yang bergabung dengan Ajaib mencapai 1,03 juta entitas per September 2021. Angka ini hampir mencapai separuh jumlah total investor saham Indonesia dengan 2,7 juta entitas. Pada Oktober 2021, Ajaib Group resmi menjadi unicorn ke-7 di Indonesia setelah menggalang dana Seri B senilai USD 153 juta (sekitar Rp 2,2 triliun).

Aplikasi mobile Ajaib dapat diunduh di Google Playstore untuk Android dan App Store untuk iOS. Tersedia juga versi web yang bisa diakses lewat komputer/laptop.

Cara Daftar Ajaib Sekuritas

Membuka rekening saham di Ajaib Sekuritas termasuk paling mudah dibanding broker-broker lain. Pendaftaran di Ajaib Investasi sepenuhnya online, tidak ada dokumen apa pun yang perlu dicetak dan dikirimkan ke kantor fisik. Yang Anda perlukan hanya menginstall aplikasi Ajaib di perangkat Anda.

Berikut langkah-langkah mendaftar di platform trading Ajaib Sekuritas:

  • Buka aplikasi Ajaib, Anda akan langsung diarahkan ke laman pendaftaran.
  • Lakukan pendaftaran dengan mengisi nomor telepon, email, dan password.
  • Cek inbox email, klik tautan yang dikirim oleh Ajaib untuk mengkonfirmasi pendaftaran.
  • Login menggunakan email dan password Anda.
  • Klik tombol ‘Buka Akun Saham’ yang letaknya di kiri atas.
  • Pilih jenis investasi yang Anda inginkan: Saham atau Reksa Dana.
  • Anda akan diarahkan untuk mengisi formulir pendaftaran. Total ada 6 halaman formulir yang harus Anda isi. Formulir ini hanya membutuhkan 2 berkas gambar, yakni scan KTP dan foto diri Anda.
  • Setelah semua beres, klik Buka Akun.
  • Ajaib akan memproses selama 1×24 jam untuk memverifikasi pendaftaran Anda. Setelah disetujui, Anda akan mendapat konfirmasi melalui email.
  • Rekening Dana Nasabah (RDN) untuk transaksi di Ajaib akan diterbitkan oleh Bank Permata.
  • Selesai, Anda dapat mulai memperdagangkan saham di Ajaib.

Menurut pengalaman kami, pendaftaran di Ajaib hanya memakan waktu satu hari saja hingga akun berhasil diaktivasi. Ini jauh lebih singkat dibandingkan sekuritas lain yang bisa memakan waktu hingga 3 minggu.

Sekuritas lain umumnya akan meminta Anda melakukan deposit awal sebelum mulai melakukan aktivitas trading di platformnya, jumlahnya bervariasi antara ratusan ribu hingga puluhan juta. Di platform Ajaib, investor tidak dikenai kewajiban melakukan deposit awal sama sekali. Anda bisa langsung mulai transaksi saham setelah rekening saham Anda diverifikasi.

Biaya Investasi di Ajaib Sekuritas

Nominal terkecil untuk investasi di Ajaib Sekuritas adalah Rp 10.000 untuk Reksa Dana. Jumlah ini tergolong kecil dibanding perusahaan-perusahaan penyedia jual beli reksa dana lainnya. Sedangkan jumlah minimal untuk investasi saham adalah 1 lot atau 100 lembar saham, sama seperti kebanyakan sekuritas lain.

Beli reksa dana di Ajaib
Tidak hanya beli saham, Anda juga bisa beli reksa dana di Ajaib.

Sama seperti Bibit, transaksi reksa dana di Ajaib tidak dikenakan fee apa pun alias 100% gratis. Sedangkan fee untuk transaksi saham dibedakan berdasarkan transaksi hariannya, yaitu:

  • Investor dengan nilai transaksi harian kurang dari Rp 150 juta, dikenai fee 0,10%, baik jual maupun beli.
  • Investor dengan nilai transaksi harian antara Rp 150 juta sampai Rp 1,5 miliar, dikenai fee 0,09%, baik jual maupun beli.
  • Investor dengan nilai transaksi harian di atas Rp 1,5 miliar, dikenai fee 0,08%, baik jual maupun beli.

Fee di atas belum termasuk biaya levy (BEI, KPEI, KSEI) sebesar 0,043%, PPN biaya broker sebesar 10%, dan PPh final untuk transaksi jual 0,1%. Fee Ajaib merupakan yang termurah se-Indonesia, bahkan lebih murah dibandingkan Mirae Sekuritas dan IPOT (Indopremier).

Fitur Ajaib Sekuritas

Kesan pertama yang muncul dari aplikasi trading Ajaib Sekuritas adalah citra fresh, dinamis, dan bersih. Aplikasinya sangat mudah dipahami bahkan oleh investor awam sekalipun. Ajaib terlihat ingin mengutamakan pengalaman pengguna ketimbang memenuhi aplikasi dengan grafik dan angka, yang meskipun penting, namun kadang membingungkan bagi investor pemula.

Kelengkapan fitur merupakan faktor yang menjadikan Ajaib sebagai salah satu sekuritas terbaik se-Indonesia. Tidak ada broker lain yang menawarkan banyak utilitas di aplikasinya tanpa mengorbankan kemudahan pemakaian.

Ini adalah fitur-fitur unggulan yang disiapkan aplikasi Ajaib Sekuritas untuk penggunanya:

Informasi emiten lengkap

Ajaib Sekuritas menyediakan informasi emiten yang terdaftar di Bursa Efek Indonesia (BEI) secara lengkap. Mulai dari profil perusahaan, laporan keuangan, sampai competitive ranking yang menunjukkan di mana posisi emiten dibanding perusahaan lain dalam bidang sejenis.

Berikut contoh halaman informasi saham di aplikasinya:

Saham yang sedang trending
Bisa melihat saham apa yang sedang trending.

Terdapat pula informasi fundamental dan informasi grafik harga, bahkan Anda dapat melihat antrean order permintaan dan penawaran.

Komunitas

Ajaib Sekuritas mendukung interaksi antar investor dengan mewadahinya dalam forum resmi. Forum ini sekilas mirip media sosial sederhana, di mana pengguna dapat memposting konten (pertanyaan, opini, informasi, dan sebagainya), lalu pengguna lain dapat berinteraksi dengan menyukai, membagikan, atau berkomentar langsung.

Selain forum antar pengguna, Ajaib Sekuritas juga menyediakan fasilitas penasihat keuangan. Anda dapat berkonsultasi dengan ahli keuangan Ajaib secara gratis. Fasilitas ini berada di menu Pusat Bantuan.

Berita

Berbagai informasi terbaru di bidang ekonomi, bisnis, dan keuangan, dikumpulkan di sini dari kanal-kanal berita resmi dan terpercaya. Anda dapat membacanya sebagai pembantu pengambilan keputusan Anda sebelum melakukan transaksi jual atau beli.

Kumpulan berita terbaru mengenai pasar saham.
Berita terbaru di pasar saham.

Selain berita-berita dari portal, ada juga fitur Belajar yang berisi artikel-artikel dari Ajaib untuk menambah pengetahuan di bidang pasar modal dan finansial. Artikel-artikel ini disajikan oleh tim Ajaib Sekuritas berdasarkan riset-riset yang mereka lakukan.

Auto Order

Auto Order adalah fitur yang sangat menguntungkan bagi investor yang tidak memiliki cukup waktu untuk terus menerus memonitor pergerakan saham. Fitur Auto Order yang disediakan Ajaib akan membantu investor menentukan mana saham yang sebaiknya dijual atau dibeli, tanpa harus stand by menunggu jam bursa buka.

Auto order di aplikasi Ajaib

Auto Order dibagi menjadi dua, yaitu Auto Order Jual dan Auto Order Beli. Ajaib memfasilitasi kedua hal ini.

Auto Order Jual meliputi Profit Taking (menjual saham jika harga saham rata-rata sudah lebih tinggi dibanding saat pembelian) dan Stop Loss (meminimalisir kerugian dengan menjual saham yang harganya diprediksi terus mengalami penurunan).

Sedangkan Auto Order Beli meliputi Buy on Strength (pembelian saham saat harga saham diprediksi akan terus mengalami kenaikan) dan Buy on Weakness (pembelian saham saat harganya jatuh dan dianggap murah, dengan harapan harga saham ini akan naik kembali di masa depan).

Chart

Sebagaimana platform sekuritas lain, Ajaib juga menyediakan chart untuk memudahkan pengguna memantau pergerakan saham-saham. Chart akan sangat membantu dalam analisa teknikal guna memetakan sentimen pasar.

Chart IHSG di app
Contoh chart

Referral dengan bonus saham dan reksa dana gratis

Jika Anda mengajak keluarga atau teman untuk bergabung di Ajaib Sekuritas dengan kode dari akun, Anda berkesempatan memenangkan bonus saham dan reksa dana gratis. Caranya, bagikan kode referral dari akun Anda ke orang-orang sekitar. Dari setiap klik pada kode referral tersebut Anda akan mendapatkan satu koin, yang nantinya koin ini dapat diikutkan permainan Karpet Ajaib untuk mendapat bonus.

Selain referral, terdapat fitur Misi yang merupakan permainan undian dari Ajaib. Ada 3 pemenang beruntung tiap bulan yang masing-masing mendapat bonus reksa dana sebesar Rp 500.000.

Real-time update

Fitur real-time update ini bernama Ajaib Alert yang akan memberi Anda notifikasi pada 3 informasi penting: notifikasi jual/beli, berita naik/turun saham yang signifikan, dan aksi korporasi. Anda dapat menyetelnya sesuai dengan saham yang ingin Anda pantau informasinya.

Analisa fundamental dan teknikal seimbang

Ajaib Sekuritas menyuguhkan informasi lengkap seputar emiten yang sangat membantu dalam analisa fundamental. Sebaliknya, platform ini juga tidak melupakan analisa teknikal dengan menyediakan chart real time serta sinyal indikator untuk buy/sell.

Kamus Besar Bahasa Investasi

Bagi investor pemula, istilah-istilah dalam investasi kadang memusingkan. Ajaib menjembatani hal ini dengan menyediakan Kamus Besar Bahasa Investasi, berisi daftar istilah berikut pengertiannya yang kerap disebut-sebut dalam pasar modal.

Cara Transaksi Saham di Ajaib Sekuritas

Sebelum belanja saham, jangan lupa mengisi rekening saham Anda dengan dana agar dapat melakukan transaksi. Tidak ada jumlah minimal untuk top-up, namun sebaiknya Anda isi dengan jumlah yang cukup untuk membeli minimal 1 lot saham.

Berikut langkah-langkah untuk membeli saham di Ajaib Sekuritas:

  • Di Beranda, ketuk ‘Pilih Saham’ atau ‘Cari’ untuk menemukan saham yang ingin Anda beli.
  • Pilih saham yang akan Anda beli.
  • Akan muncul informasi seputar saham tersebut. Jika yakin akan membeli, klik ‘Beli’.
  • Masukkan harga (dalam Rp) dan jumlah saham (dalam lot).
  • Akan muncul konfirmasi order. Jika sudah benar, klik ‘Beli’.
  • Klik ‘OK’ untuk menutup laman order.
  • Untuk melihat status order Anda, masuk ke menu ‘Transaksi’ lalu pilih ‘Saham’.
  • Jika saham tadi berhasil dibeli, status Anda akan tertulis ‘Matched’.
Order book
Order book untuk jual beli saham.

Menurut tes yang kami lakukan, melakukan transaksi di aplikasi Ajaib sangat mudah karena mereka memiliki UX yang sangat baik. Bahkan menurut kami aplikasi Ajaib jauh lebih mudah digunakan dibandingkan MOST dari Mansek (Mandiri Sekuritas).

Kelebihan Ajaib Sekuritas

Berdasarkan pengalaman menggunakan aplikasinya selama lebih dari setahun, berikut ini adalah kelebihan aplikasi Ajaib Sekuritas yang menjadikannya salah satu platform investasi paling digemari:

  1. Tampilan UI bersih, informatif, dan user friendly, sehingga mudah digunakan oleh pemula.
  2. Meskipun tidak selalu update, namun analisis-analisisnya cukup lengkap dan bermanfaat.
  3. Biaya fee broker relatif rendah dibanding mayoritas sekuritas lain.
  4. Diversifikasi portofolio yang dimungkinkan dengan pilihan saham dan reksa dana dalam satu aplikasi.
  5. Proses pendaftaran mudah, murah, dan cepat.
  6. Keamanan data investor sangat diperhatikan.
  7. Bisa memebeli reksa dana di dalam satu aplikasi.

Kekurangan Ajaib Sekuritas

Selain banyak kelebihan yang ditawarkan, ada aspek-aspek yang perlu dibenahi Ajaib Sekuritas agar semakin baik lagi, di antaranya:

  1. Terdapat market delay 10-15 menit, tidak signifikan namun cukup mengganggu.
  2. Aplikasi Ajaib kadang error dan lag saat jam bursa sedang ramai. Selain itu juga banyak ditemukan bug aplikasi.
  3. Customer Service kurang cepat tanggap, dan hanya menanggapi saat jam operasional.
  4. Metode pembayaran reksa dana masih sangat terbatas. Dalam hal ini, Ajaib masih kalah dibandingkan Bibit.

Demikian review platform trading saham Ajaib Sekuritas, semoga bermanfaat.

nv-author-image

Melvern Pradana

Melvern Pradana adalah seorang investor yang aktif menanam modal di pasar saham, cryptocurrency, P2P lending, dan reksa dana. Idolanya adalah Warren Buffett dan Peter Thiel.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *