Lompat ke konten

10 Daftar Saham yang Rajin Bagi Dividen [2024]

Daftar Saham yang Rajin Bagi Dividen

Anda ingin mendapatkan pendapatan pasif? Saham adalah jawabannya! Sebab, keuntungan saham tidak hanya dari capital gain, tetapi juga dari dividen. Dividen adalah sebagian keuntungan bisnis perusahaan yang dibagikan kepada investor saham perusahaan tersebut. 

Oleh karena itu, tidak semua perusahaan akan membagikan dividen. Hanya perusahaan yang mendapatkan keuntungan dan telah disetujui dalam Rapat Umum Pemegang Saham (RUPS) lah yang bisa membagikan sebagian keuntungan ini. 

Untuk memudahkan investor mencari saham yang sering membagikan keuntungan saham ini, Bursa Efek Indonesia (BEI) telah menerbitkan indeks IDX High Dividen, yang berisi 20 saham yang rajin membagikan dividen tunai dalam 3 tahun terakhir dengan yield yang relatif tinggi. Berikut ini 10 daftar saham yang rajin bagi dividen menurut indeks ini edisi evaluasi Februari 2024- Februari 2025:

1. Bank Mandiri (Persero) Tbk

Saham yang rajin membagikan dividen yang pertama adalah Bank Mandiri (BMRI). Salah satu bank milik negara ini dalam 5 tahun terakhir secara konsisten terus membagikan keuntungannya kepada investor pada bulan Februari dan atau Maret. 

Terakhir, bank pelat merah ini membagikan 60% dari total labanya pada tahun 2023 dalam bentuk dividen pada 20 Maret 2024. Total laba yang dibagikan adalah sebesar 33 triliun rupiah dengan 17 triliun diberikan kepada negara selaku pemilik saham pengendali dan 16 triliun sisanya dibagikan kepada investor lainnya dengan nilai keuntungan per saham sebesar Rp353,9 per lembar. 

2. Bank Rakyat Indonesia (Persero) Tbk

Tidak kalah dengan Bank Mandiri, Bank BRI juga menjadi emiten yang sering membagikan keuntungannya kepada investor. Bahkan dalam kuartal pertama tahun 2024 ini saja BBRI sudah membagikan dividen sebanyak 2 kali yaitu dividen interim sebesar Rp84 per saham pada Januari 2024 dan dividen final sebesar Rp235 per lembar pada Maret 2024 lalu. 

Seluruh dividen ini berasal dari keuntungan bisnis bank ini pada tahun 2023 sebesar Rp48,1 triliun rupiah. Sebanyak 25,7 triliun dari keuntungan tersebut akan dibagikan ke kas negara dan 15 triliun sisanya dibagikan kepada investor publik. 

3. Bank Central Asia Tbk

Daftar saham yang rajin membagikan dividen yang selanjutnya adalah saham Bank Central Asia (BCA). Pada periode tahun 2024 ini, Bank BCA diperkirakan membagikan 68% atau sebesar 33,28 triliun rupiah dari laba tahunannya sebagai dividen. Dari total tersebut, setiap saham akan menerima dividen sebesar Rp270. Nilai ini sudah termasuk dividen interim yang telah dibagikan pada Desember 2023 lalu sebesar 42,5 rupiah, sehingga pada bulan Maret 2024 ini, investor akan menerima sisanya yaitu sebesar Rp227,5 per lembar. 

Bank BCA memang acap kali membagikan keuntungan saham ini sebanyak 2 kali dalam satu tahun. Sejak tahun 2022, dividen ini kerap dibagikan di bulan Maret dan Desember. Namun tetap saja ya, besaran dan frekuensi dividen yang diberikan tetap ditentukan dalam Rapat Umum Pemegang Saham (RUPS). 

4. Telkom Indonesia (Persero) Tbk

Tidak hanya emiten perbankan, emiten teknologi informasi dan komunikasi juga sering membagikan dividen. Termasuk diantaranya adalah PT Telkom Indonesia (Persero) Tbk. Terakhir, perusahaan pelat merah ini membagikan keuntungan sebesar Rp167,6 per lembar saham pada Juni 2023. Ini artinya, jika Anda memiliki 1 lot saham perusahaan ini, Anda akan mendapatkan keuntungan tambahan sebesar Rp16.760. 

Perusahaan ini diberitakan tidak pernah absen membagikan dividen setiap tahunnya sejak tahun 2013. Bahkan pada tahun 2021 dan 2020, TLKM membagikan dividen sebanyak 2 kali dalam 1 tahun, yaitu pada pertengahan tahun dan akhir tahun. 

Dengan asumsi bahwa perusahaan ini akan kembali memberikan dividen dengan nilai dividend payout ratio yang sama dengan tahun lalu (80% dari laba), maka diperkirakan TLKM akan membagikan dividen sebesar Rp198 per lembar. Ingat, nilai ini hanya perkiraan. Hasil sebenarnya akan diumumkan oleh perusahaan ini setelah RUPST pada 4 Mei 2024 nanti.

5. Astra International Tbk 

Perusahaan blue chip lain yang kerap memberikan dividen adalah PT Astra International Tbk. Sepanjang tahun 2023 lalu, emiten yang satu ini tercatat membagikan dividen dengan nilai yang cukup fantastis yaitu sebesar Rp650 per lembar yang dibagi ke dalam 2 periode pembagian yaitu Rp552 per lembar di bulan Mei dan Rp98 di bulan Oktober. 

Menurut pemberitaan dari Kontan,  secara garis besar kinerja keuangan perusahaan ini pada tahun 2023 mengalami peningkatan. Namun jumlah dividen final yang diusulkan adalah sebesar Rp421 per lembar. Keputusan mengenai besar kecilnya nilai dividen ini akan tetap bergantung pada hasil Rapat Umum Pemegang Saham. 

6.  Bank Negara Indonesia (Persero) Tbk

Perusahaan ke-6 yang cukup rajin dalam membagikan dividen adalah Bank Negara Indonesia (BBNI). Tercatat sejak tahun 2013, Bank BNI tidak pernah absen membagikan dividen sekali setahun dengan nilai yang bervariasi dari Rp44 per lembar hingga Rp392 per lembar. Terakhir, salah satu bank pelat merah ini membagikan dividen sebesar Rp280,5 per lembar yang diambil dari 50% laba bersihnya pada tahun 2023 lalu. 

7. Indofood Sukses Makmur Tbk

Perusahaan lain yang tidak pernah absen dalam membagikan dividen sejak tahun 2013 adalah PT Indofood Sukses Makmur Tbk (INDF). Terakhir, perusahaan ini membagikan dividen sebesar Rp257 per lembar saham pada Juli 2023 lalu. Berbeda dengan dividen saham-saham diatas yang umumnya dibagikan pada bulan-bulan tertentu, dividen saham dengan kode INDF ini bisa diberikan pada kuartal ke-3 tahun entah itu Juni, Juli atau bahkan September. 

8. Bukit Asam Tbk

Salah satu emiten yang cukup konsisten membagikan saham jumbo adalah Bukit Saham Tbk (PTBA). Pada tahun 2023 lalu misalnya, perusahaan ini membagikan dividen hingga Rp1.094 per lembar atau Rp109.400 per lot. Jumlah ini bisa terwujud karena emiten ini membagikan seluruh labanya untuk investor. Diperkirakan jumlah dividen yang dibagikan saham dengan kode PTBA ini pada tahun 2024 akan lebih kecil. Hal ini karena adanya penurunan pendapatan maupun laba perusahaan. 

9. Adaro Energy Indonesia Tbk.

Sama seperti PTBA, nominal dividen yang akan diberikan oleh PT Adaro Energy Indonesia Tbk tahun ini juga diperkirakan akan menurun akibat penurunan kinerja perusahaan. CNBC memperkirakan bahwa dengan dividend payout ratio 50%, diperkirakan dividen yang akan dibagikan kepada investor dari emiten ini adalah sebesar Rp195 per lembar. Padahal pada tahun 2023 lalu, Adaro membagikan dividen hingga 3 kali dengan nilai 251.28, 240,78,.199.98  atau sekitar Rp690 per lembar. 

10. United Tractors Tbk

Tak ubahnya dengan perusahaan tambang lain, dividen yang dibagikan oleh UNTR pada tahun 2024 juga diperkirakan akan menurun. Dalam 5 tahun terakhir, perusahaan ini membagikan dividen 2 kali dalam setahun dengan rekor dividen sebesar Rp6185 pada pertengahan tahun 2023 lalu. Tingginya nilai imbal hasil UNTR ini tidak lepas dari tingginya harga pasaran batubara di dunia.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *