Lompat ke konten
Daftar Isi
ForexIMF leaderboard banner ads.

E-Wallet: Pengertian, Kelebihan, Kekurangan

E-Wallet Kegunaan Kekurangan Kelebihan

Selain menabung melalui rekening, saat ini Anda juga bisa menyimpan sejumlah uang pada E-Wallet atau dompet digital. Dompet digital kini sudah mulai banyak penggunanya di kalangan masyarakat Indonesia. Tentunya karena penggunaannya yang mudah dan kepraktisan sehingga bisa digunakan kapanpun dan dimanapun.

Nah, bagi Anda yang penasaran dengan apa itu E-Wallet , jenisnya, kegunaan, contoh hingga kekurangan dan kelebihannya. Yuk simak artikel berikut ini hingga akhir!

Pengertian E-Wallet

E-Wallet adalah layanan yang menyediakan penyimpanan data serta instrumen pembayaran lainnya dalam bentuk elektronik. Dengan membawa e-wallet, Anda bisa melakukan transaksi apa saja, dimana saja dan kapan saja.

Sebenarnya konsep E-Wallet ini sama halnya dengan dompet fisik biasa, dimana Anda menyimpan uang dan melakukan transaksi dengan mudah. Bedanya semua dilakukan tanpa menggunakan uang fisik.

Meskipun sering dianggap sama, e-wallet berbeda dengan e-money baik dari segi fungsi dan kegunaan.

Dengan teknologi yang canggih ini, Anda akan lebih praktis. Sehingga tidak perlu membawa dompet fisik, semua pembayaran mulai dari berbelanja, tiket pesawat, tiket kereta hingga membayar bioskop bisa dilakukan hanya dengan gadget dalam genggaman.

Kegunaan E-Wallet

Setelah mengetahui pengertian E-Wallet, selanjutnya adalah mengetahui kegunaan dari E-Wallet. Apa saja sebenarnya kegunaannya? Yuk siak penjelasan berikut ini.

  • Sebagai tempat menyimpan harta Anda. E-Wallet difungsikan sebagai tepat untuk menyimpan uang Anda, sama seperti halnya dompet fisik, E-Wallet juga demikian.
  • Sarana transaksi. E-Wallet juga bisa digunakan sebagai sarana transaksi Anda, mulai dari pembelian, transfer ke bank, belanja online di aplikasi belanja terbaik hingga membayar tagihan. Biasanya E-Wallet sudah dilengkapi dengan fitur-fitur di atas.
  • Pengganti kartu ATM. Daripada repot-repot menggesekkan kartu, dengan E-Wallet Anda bisa lebih praktis, bahkan Anda bisa membayar hanya dengan menscan QR.

Contoh E-Wallet

Hingga saat ini sudah banyak app e-wallet yang ada di Indonesia. Berikut beberapa contohnya.

1. DANA

Merupakan salah satu pelopor E-Wallet di Indonesia, DANA sudah banyak digunakan oleh masyarakat Indonesia. Mulai dirilis pada tahun 2018, DANA merupakan hasil kerjasama perusahaan EMTEK group dengan ANT Financial. 

Selain mudah digunakan sehingga disukai oleh semua kalangan, DANA dapat terintegrasi dengan beberapa aplikasi e-commerce sehingga lebih memudahkan Anda untuk berbelanja secara online.  DANA menjadi salah satu dompet digital teratas yang digunakan masyarakat Indonesia.

2. Shopeepay

E-Wallet berikutnya merupakan salah satu rilis dari e-commerce yang juga sudah terkenal di Indonesia yaitu Shopee. Dengan membentuk dompet digital, Shopee berniat memudahkan konsumennya untuk melakukan pembayaran ketika berbelanja secara online.

Namun, Shopeepay tidak hanya bisa digunakan untuk transaksi dalam aplikasi saja. Shopeepay bisa digunakan untuk melakukan pembayaran lain seperti membayar makanan di restoran, bayar tiket bioskop hingga membeli tiket transportasi.

3. iSaku

Contoh dari E-Wallet adalah iSaku. Merupakan uang elektronik yang sudah berada di bawah izin Bank Indonesia. Hampir sama dengan jenis lainnya, iSaku dapat digunakan untuk melakukan transaksi pembayaran kapanpun dan dimanapun. 

Dengan dompet digital satu ini, Anda bahkan bisa melakukan transaksi di mana saja, bahkan sudah terhubung dengan merchant seperti supermarket dengan berbagai brand yaitu Indomaret, Alfamart dan lain-lain.

4. OVO

Contoh lainnya dari E-Wallet adalah OVO. Menjadi salah satu dompet digital yang terbanyak digunakan oleh masyarakat Indonesia. Banyak fitur yang ditawarkan oleh jenis yang satu ini, mulai dari melakukan transfer, membeli pulsa, membayar tagihan bahkan berinvestasi.

Karena konsepnya sama dengan dompet fisik, maka OVO dapat digunakan untuk melakukan pembayaran bahkan secara offline, seperti membayar langsung di toko, membeli barang dan lain-lain. 

5. Gopay

Jika Shopeepay merupakan rintisan dari salah satu e-commerce, maka Gopay muncul dari aplikasi Gojek yang merupakan aplikasi transportasi yang marak digunakan. Sejak bergabung dengan Tokopedia, transaksi dengan Gopay menjadi lebih mudah.

Dengan Gopay transaksi apapun menjadi lebih mudah. Apalagi banyak potongan dan diskon menarik sehingga menguntungkan untuk konsumen. Memang salah satu kelebihan E-Wallet adalah kepraktisannya.

6. Jenius

Terakhir, adalah E-Wallet besutan bank BTPN. Jenius dari BTPN merupakan salah satu dompet digital yang banyak digunakan masyarakat Indonesia. Jenius biasanya banyak digunakan oleh kalangan anak muda, karena minim biaya transaksinya dan biaya administrasinya.

Sama persis dengan jenis lainnya, Jenius juga bisa digunakan untuk transaksi baik secara offline maupun online. Bisa juga digunakan untuk melakukan berbagai pembayaran kapanpun dan dimanapun.

Kelebihan E-Wallet

Munculnya E-Wallet ternyata memberikan berbagai kemudahan untuk memperlancar aktivitas manusia. Berikut kelebihan E-Wallet.

1. Lebih praktis, cepat dan efisien

Tentu saja daripada Anda repot-repot membawa dompet dan uang cash kemana-mana, akan lebih praktis, cepat dalam transaksi dan efisien menggunakan dompet digital yang sudah terintegrasi dalam aplikasi yang terpasang di ponsel Anda. Anda tidak perlu repot-repot karena semuanya sudah ada dalam genggaman Anda.

2. Terhindar dari kejahatan

Menggunakan dompet digital membuat Anda terhindar dari kejahatan seperti pencurian uang, penjambretan dompet dan lain sebagaianya. Karena Anda tidak memegang uang dalam bentuk fisik, sehingga sulit orang untuk mencurinya.

3. Tidak akan menemukan uang palsu

Adanya uang palsu yang sering meresahkan masyarakat membuat cemas. Karena bisa jadi uang yang Anda punya merupakan uang palsu. Oleh karena itu, dengan menggunakan dompet digital Anda tidak akan menemukan uang palsu dalam melakukan transaksi dimanapun.

4. Ada banyak promo menarik tersedia

Selain berbagai kemudahan yang ditawarkan, biasanya E-Wallet menawarkan berbagai diskon menarik mulai dari potongan harga, cashback, hingga berbagai voucher cuma-Cuma jika Anda melakukan transaksi dengannya. Hal ini bisa mendatangkan keuntungan untuk Anda.

Kekurangan E-Wallet

Sebagaimana segala sesuatu memiliki kelebihan, pasti juga memiliki kekurangan. Sama halnya dengan E-Wallet pasti memiliki celah kekurangan. Berikut kekurangan E-Wallet.

1. Terdapat biaya transaksi

Beberapa E-Wallet yang umum digunakan di Indonesia masih membebankan biaya transaksi saat digunakan. Sehingga setiap transaksi yang Anda lakukan, biasanya bertambahkan sekian persen untuk biaya transaksi. Yang jika dihitung dilakukan berkali-kali, biaya transaksi ini cukup banyak.

2. Sejumlah uang yang ada didalamnya tidak dapat dicairkan

Setelah memasukkan saldo ke E-Wallet, maka uang tersebut tidak dapat lagi dicairkan menjadi uang fisik. Sehingga akan sulit jika suatu saat Anda membutuhkan uang fisik, namun semua saldo Anda berada di dompet elektronik.

3. Lebih konsumtif

Ketika mengeluarkan uang secara fisik, Anda mungkin akan merasa pengeluaran Anda lebih banyak. Padahal transaksi dengan dompet digital pun, Anda juga mengeluarkan uang. Namun biasanya rasa kehilangannya itu lebih tidak terasa saat menggunakan E-Wallet.

Nah, berikut di atas pengertian, contoh, kegunaan dan kelebihan kekurangan dari E-Wallet. Pengelolaan pengeluaran tergantung pada diri Anda, bagaimana Anda mengelola dan bagaimana Anda mengatur strategi.

nv-author-image

Clean Qurrota Ayun

Clean Qurrota A'yun adalah mahasiswa Ekonomi di UPN Veteran Yogyakarta yang senang menulis topik-topik seputar literasi finansial.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *