Lompat ke konten

Cara Investasi Dollar Bagi Pemula

Investasi Dollar, Apakah Menguntungkan?

Dollar (USD) kokoh menjadi alat transaksi internasional yang banyak digunakan karena kedigdayaan Amerika Serikat. Investasi valuta asing tidak hanya bisa dilakukan oleh kalangan tertentu saja, pemula juga bisa belakukannya. Agar wawasan Anda semakin luas, simak informasi lengkap seputar investasi valas yang satu ini.

Pengertian Investasi Dollar

Investasi dollar adalah investasi mata uang asing dalam bentuk US Dollar (USD) di bank yang menyediakan tabungan mata uang asing. Secara umum, tabungan dollar disediakan oleh perbankan untuk memudahkan siapa pun yang sering melakukan transaksi internasional.

Investasi dollar lebih menarik dibanding mata uang asing lain karena memiliki nilai yang cenderung stabil. Selain itu, mata uang dollar paling banyak disediakan oleh berbagai bank dan layanan keuangan sehingga sangat mudah untuk ditabung.

Cara Investasi Dollar Bagi Pemula

Tidak harus ahli, pemula pun bisa berinvestasi di mata uang dollar. Berikut caranya:

1. Mengerti Tentang Kurs

Nilai tukar rupiah dan dollar sangat penting diketahui sebelum berinvestasi. Sehingga Anda paham kapan harus membeli USD dan kapan harus menjualnya. Pemahaman ini juga menyangkut siklus kenaikan dari harga dollar, bila perlu luangkan waktu membaca pergerakan kurs dan perbanyak membaca buku investasi.

Semakin luas wawasan Anda tentang investasi ini, maka akan semakin nyaman berinvestasi kapanpun dan sebanyak apapun.

2. Transaksi di Waktu yang Tepat

Lakukan transaksi di saat yang benar-benar tepat. Tips untuk pemula, belilah dollar ketika harganya lemah dari kondisi normal. Kemudian jual dollar yang Anda punya, ketika harga kurs jualnya meningkat supaya keuntungan yang didapat menjadi lebih maksimal.

3. Pilih Bank Terbaik

Jangan asal memilih tempat untuk investasi uang dollar. Pilihlah bank yang sudah kompeten dan menyediakan tabungan dollar atau valuta asing terbaik.

Di Indonesia saat ini sudah tersedia sejumlah bank yang memenuhi kriteria terbaik tersebut, baik dari segi jenis tabungan, hingga kemudahan yang akan didapatkan nasabah.

4. Pasang Target Penyimpanan

Jangan terlalu lama menyimpan valas Anda di bank, sesuai saran sejumlah ahli investasi untuk pemula dikatakan bahwa jangka waktu terbaik menyimpan dollar adalah satu tahun. Dimana selama jangka waktu tersebut Anda jangan otak atik dollar dan menukarnya terlebih dahulu. Sehingga bisa terlihat berapa keuntungan yang bisa didapatkan.

Siapa yang Cocok Berinvestasi Dollar?

Berikut jenis orang yang cocok investasi di mata uang dollar:

1. Orang yang Akan Bepergian ke Luar Negeri

Ketika Anda ingin melakukan perjalanan ke luar negeri, salah satu yang perlu dipersiapkan adalah dana untuk bertransaksi. Menabung dollar sebagai investasi bisa jadi pilihan, sehingga dapat dijadikan bekal untuk dibawa saat berangkat.

Memulai investasi bisa dilakukan jauh hari sebelum berangkat, sehingga saat keberangkatan jumlah tabungan sudah mencukupi bahkan bisa saja lebih dari yang dibutuhkan.

2. Orang dengan Bisnis Internasional

Punya bisnis skala internasional, perlu tabungan dengan menggunakan valuta asing berupa dollar. Hal ini karena dollar masih mendominasi sebagai mata uang dunia. Karenanya, untuk memudahkan transaksi internasional dengan klien, USD dapat digunakan tanpa harus dibebani banyak biaya tambahan.

Dengan menggunakan investasi dollar, Anda juga bisa memiliki dana simpanan untuk jangka panjang yang bisa dipakai untuk berbagai kebutuhan bisnis.

3. Milenial yang Punya Target Untuk Masa Depan

Siapa bilang anak milenial saat ini tidak punya kesempatan berinvestasi dollar? Ketika memiliki uang yang cukup untuk berinvestasi, maka tidak ada salahnya untuk menyisihkannya untuk investasi dollar.

Apalagi jika memiliki target masa depan untuk sekolah di luar negeri, meskipun masih pemula, dengan tabungan uang dollar tersebut bisa menjadi bekal saat mewujudkan mimpi.

Keuntungan Investasi Dollar

Ada empat nilai plus ketika Anda memutuskan untuk investasi mata uang asing yang satu ini. Berikut beberapa keuntungannya:

1. Beli barang luar negeri dengan harga murah

Jika Anda memiliki tabungan dollar untuk investasi, maka bisa dimanfaatkan untuk belanja produk luar negeri di Indonesia. Harganya akan lebih murah jika dibandingkan belanja langsung di negara asal produk tersebut.

Baik itu produk fashion, otomotif, atau yang lain. Apalagi untuk Anda yang memang suka belanja produk luar untuk kebutuhan pribadi atau bisnis.

2. Untung dari selisih kurs jual dan beli

Anda bisa mendapatkan keuntungan dari selisih nilai kurs saat membeli dollar dan menjualnya. Sama halnya ketika Anda melakukan investasi emas, dimana keuntungan didapat dari selisih nilai jual dan nilai beli.

Banyak faktor yang akan mempengaruhinya, jika Anda jeli maka keuntungan dari selisih ini bisa sangat tinggi ketika nilai jual lebih tinggi dari nilai beli. Bahkan, Anda bisa berinvestasi dengan modal kecil dan tetap mendapatkan keuntungan dari bunganya.

3. Keuntungan dari bunga bank

Ketika Anda menabung uang dollar di bank atau lembaga keuangan lainnya, akan ada bunga yang akan dikalkulasikan secara berkala baik itu bulanan maupun tahunan. Anda bisa memanfaatkan bunga tersebut untuk berbagai kebutuhan, sama halnya dengan bunga bank saat menabung dalam mata uang rupiah.

4. Cegah dampak inflasi

Di Indonesia, inflasi rentan terjadi akibat berbagai faktor. Ketika Anda memiliki investasi dollar maka dampak dari inflasi bisa diminimalisir, karena harga USD tidak akan berpengaruh besar terhadap harga rupiah. Ini menjadi salah satu jawaban dari pertanyaan apakah investasi dollar menguntungkan atau tidak.

Mata uang dari negeri Paman Sam ini, tergolong stabil dibanding mata uang asing selain Amerika Serikat. Jadi banyak dipilih untuk investasi jangka panjang dan tabungan untuk kondisi darurat.

Kerugian Investasi Dollar

Selain nilai plus di atas, investasi dollar juga memiliki kerugian yang perlu jadi perhatian. Tiga diantaranya adalah:

1. Rusak fisik berimbas besar

Jika Anda tidak menyimpan dollar dengan benar, maka kerusakan fisik yang terjadi pada uang tersebut akan berimbas pada turunnya nilai tukar. Alhasil, Anda tidak akan mendapatkan keuntungan seperti yang dibayangkan.

Kerusakan yang biasanya terjadi adalah robek, berlubang, terlipat dalam waktu lama. Ini biasanya terjadi ketika Anda investasi sendiri tanpa menyimpannya di bank atau lembaga keuangan lainnya.

2. Kurs memengaruhi keuntungan

Sama halnya dengan keuntungan, ketika kurs nilai beli lebih tinggi ketimbang nilai jual maka keuntungan valuta asing Anda akan sangat sedikit bahkan Anda bisa rugi. Makanya, harus benar-benar memilih waktu yang tepat jika ingin menjual dollar.

3. Bunga bank rendah

Dibandingkan menabung dengan rupiah, bunga bank ketika Anda berinvestasi lewat tabungan dollar tergolong rendah.

Kesimpulan

Semoga semua pertanyaan Anda seputar investasi dollar, apakah menguntungkan sudah bisa terjawab. Sejatinya, valuta asing ini bisa menjadi investasi jangka panjang yang bagus selama Anda paham apa yang akan dilakukan dan bagaimana mengelola valuta asing dollar menjadi sebuah aset penting. Mau mencoba investasi sekarang?

nv-author-image

Pratomo Eryanto

Pratomo Eryanto memiliki motto "Investasi tidak harus membosankan". Sebagai penggiat dunia pasar saham, Pratomo memiliki misi meningkatkan literasi finansial masyarakat Indonesia.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.