7 Investasi Modal Kecil dengan Untung Besar, Cocok Untuk Pemula

Investasi Dengan Uang Sedikit

Pada kondisi ekonomi di 2021 yang rentan mengalami kemerosotan, berinvestasi disebut sebagai salah satu cara untuk mengakali finansial agar tetap aman untuk jangka panjang dibanding menyimpan di bank. Kebanyakan calon investor, tentunya ingin mencari investasi modal kecil tapi mampu memberi keuntungan yang besar bukan?

Pengertian Investasi Modal Kecil

Investasi modal kecil adalah investasi yang bisa dilakukan dengan modal yang sangat minim, biasanya di bawah 1 juta rupiah. Karena tidak memerlukan dana yang banyak membuatnya cocok untuk pemula mulai dari pelajar, mahasiswa, hingga ibu rumah tangga dan bisa mencetak profit harian yang menjanjikan tanpa perlu uang yang banyak.

Banyak jenis investasi terpercaya dengan potensi hasil besar yang bisa dipilih, tapi harus paham terlebih dahulu macam-macam tersebut. Termasuk trik seperti apa yang perlu dijalankan, supaya instrumen investasi yang dipilih mampu menguntungkan dengan memberikan output positif pada investor.

7 Jenis Investasi Modal Kecil Untung Besar

Tujuh instrumen investasi berikut ini bisa dijadikan pilihan buat Anda yang punya modal kecil tapi menginginkan keuntungan besar dari sebuah investasi. Coba kenali dan pelajari, lalu pilih yang cocok dengan kondisi dan kemampuan Anda.

1. Emas

Dari dulu sampai sekarang, emas masih menjadi instrumen investasi yang menjanjikan keuntungan bagi pemula dengan modal kecil. Dulu investasi emas dilakukan dengan membeli emas perhiasan atau batangan, kemudian disimpan dan dijual ketika harga emas sudah naik drastis atau dijual ketika Anda membutuhkan uang.

Sekarang, sudah banyak jenis emas yang bisa dijadikan instrumen investasi. Ukuran dan beratnya juga bervariasi, sehingga pembelian bisa disesuaikan dengan modal yang tersedia. Anda bisa juga memanfaatkan lembaga terpercaya untuk melakukan investasi ini.

2. Reksa Dana (Mutual Fund)

Merupakan instrumen baru di dunia investasi yang sedang populer, siapa saja bisa berinvestasi reksa dana bahkan anak sekolah sekalipun. Reksa dana adalah investasi menguntungkan dengan modal kecil sebab modal awal yang dibutuhkan sangat bervariasi dan bisa dipilih dan return yang atraktif.

aplikasi reksa dana dengan minimal pembelian Rp. 10.000 saja
Salah satu aplikasi penjual reksa dana online dengan minimal pembelian Rp. 10.000.

Adapun sistem kerja reksa dana adalah Anda memberikan modal ke pihak ketiga yang mengelola reksa dana sesuai waktu investasi yang ditentukan.

Kemudian manajer investasi akan mengelola modal Anda untuk mendanai proyek atau diputar untuk aset lainnya. Sehingga, ketika jatuh tempo waktu investasi Anda akan mendapatkan keuntungan sesuai kondisi perputaran modal tersebut.

Semakin jeli manajer investasi mengelola modal Anda, maka kesempatan untuk mendapatkan cuan lebih banyak sangat terbuka lebar. Makanya, inti dari jenis ini terletak pada kepiawaian Anda mencari manajer investasi yang tepat.

3. Saham

Investasi saham online dengan modal kecil sangat mudah dilakukan karena setoran minimum yang ditetapkan aplikasi sekuritas cenderung turun dari tahun ke tahun. Anda hanya perlu mempersiapkan modal kecil untuk membeli saham dari emiten dengan portofolio yang bagus.

Lihat secara berkala pergerakan jual beli saham emiten tersebut. Ketika harga saham naik maka Anda bisa menjual saham milik Anda untuk mendapatkan untung.

Tapi, untuk melakukan investasi saham harus memiliki strategi yang tepat. Kapan harus beli saham, kapan harus menjual, dan kapan harus mempertahankan saham yang dimiliki. Hal tersebut berkaitan dengan pergerakan bursa saham yang sangat dinamis setiap harinya. Tetap bersabar bila harga sedang jatuh dalam bear market karena saham termasuk dalam investasi jangka panjang.

Jenis ini cocok untuk pemula yang ingin berinvestasi jangka pendek, maupun profesional yang mau investasi saham jangka panjang.

4. Peer to Peer Lending

Bisnis investasi online dengan modal kecil ini banyak peminatnya karena dianggap mampu memberikan untung besar dalam waktu singkat. Caranya dengan bergabung melalui pihak ketiga yang menjadi media penghubung Anda sebagai investor dengan pihak yang membutuhkan dana.

platform peer-to-peer lending dengan modal kecil sebesar Rp. 100.000.
Salah satu platform peer-to-peer lending dengan modal kecil sebesar Rp. 100.000 saja.

Sesuai kesepakatan, modal Anda akan diberikan kepada pihak yang membutuhkan dana dan wajib dikembalikannya sesuai tenggat tertentu. Tapi, jika tak pintar memilih pihak yang akan didanai maka kerugian besar juga siap menanti. Bahkan banyak pinjaman dengan tenor di bawah 3 bulan sehingga menarik dijadikan sebagai investasi dengan jangka pendek.

5. Aset Kripto

Salah satu aset kriptokurensi yang sedang naik daun adalah bitcoin atau disebut uang virtual. Harganya akan terus meningkat setiap saat, bahkan beberapa waktu lalu satu bitcoin sudah mencapai Rp. 900 ribuan dan pernah mencapai angka tertinggi Rp. 500 juta untuk satu koin.

Untuk pemula, Anda bisa menggunakan aplikasi kripto yang sudah terpercaya. Kemudian beli pecahan bitcoin terkecil yang harganya cukup murah yaitu puluhan ribu saja. Mirip dengan saham, pergerakan nilai jualnya harus dipantau sehingga saat harga melambung tinggi maka Anda bisa menjualnya dan dapat untung.

6. Properti

Ada yang bilang kalau investasi di bidang properti itu butuh modal besar, tapi sebenarnya Anda bisa memilih jenis properti yang disesuaikan dengan modal yang tersedia. Apalagi saat ini sudah ada aset properti yang disediakan dengan sistem kredit, namun sudah bisa dimanfaatkan sebagai milik sendiri.

Artinya, selama proses pelunasannya Anda bisa memanfaatkan aset tersebut untuk menghasilkan uang. Misalnya tanah, rumah, apartemen, dan lain sebagainya.

7. Equity Crowdfunding

Equity crowdfunding adalah jenis investasi dimana Anda akan berinvestasi pada proyek atau bisnis pihak lain. Sistemnya, dana diberikan dengan meneliti terlebih dahulu kemungkinan proyek tersebut berjalan lancar atau tidak.

Kemudian, setelah proyek selesai dana modal Anda akan dikembalikan berikut keuntungan yang dibagi sesuai persentase modal. Semakin sukses proyek tersebut maka kemungkinan untung besar juga siap menanti, begitu juga sebaliknya.

Trik Memilih Instrumen Investasi Modal Kecil

Ternyata banyak instrumen investasi yang bisa dipilih, bisa-bisa Anda dibuat bingung memilihnya. Tapi, dengan lima trik berikut maka Anda akan mendapatkan jenis investasi modal kecil terbaik.

Berapa Modal yang Tersedia

Pastikan terlebih dahulu berapa modal yang Anda miliki. Dengan mengetahui jumlah dana yang tersedia di bank, Anda bisa melakukan formulasi pembagian pembelian aset.

Gunakan Modal Dingin

Pastikan juga bahwa modal tersebut merupakan uang simpanan yang memang tidak akan digunakan untuk jangka waktu tertentu. Bukan dana untuk kebutuhan harian Anda.

Pelajari Seluk Beluk Instrumen Investasi

Anda wajib mempelajari semua seluk beluk investasi pilihan, sehingga tidak terjebak dalam keputusan yang salah dan merugikan di kemudian hari. Misalnya, Anda pilih saham maka perlu mempelajari semua hal tentang saham. Bila perlu, diskusi dengan profesional di bidang tersebut.

Untuk Apa Investasi dilakukan

Anda juga harus tahu apa tujuan investasi dilakukan, apakah hanya untuk mendapat keuntungan jangka pendek atau jangka panjang. Sehingga bisa ditentukan mana jenis investasi yang cocok.

Kalkulasi Pendapatan dan Target Investasi

Anda perlu membuat analisa target investasi, sehingga bisa terukur modal yang digelontorkan dan kemungkinan untung yang bisa didapatkan nanti.

Plus Minus Investasi Modal Kecil

Bagaimana dengan plus minus dari investasi dengan modal kecil? Tentunya ada dan Anda juga perlu mengetahuinya sebelum berinvestasi.

Nilai Plus

1. Minim Rugi

Kerugian yang akan didapat tentunya lebih kecil, sebab modal yang digelontorkan juga kecil.

2. Perputaran Modal Relatif Cepat

Dari pengalaman sejumlah investor, ketika modal kecil dipakai untuk investasi maka perputarannya juga akan cepat. Tapi, memang akan berbeda waktunya sesuai jenis investasi yang dipilih.

3. Bisa Dilakukan Siapa Saja

Investasi ini bisa dilakukan oleh siapa saja dengan modal berapa saja, jadi tak ada salahnya buat kaum milenial yang ingin mulai mencoba investasi.

Nilai Minus

1. Instrumen Terbatas

Tidak semua instrumen investasi bisa dimanfaatkan untuk Anda yang punya modal kecil. Makanya, harus ekstra keras menentukan besaran modal dan jenis investasinya.

2. Keuntungan Terbatas

Jika Anda ingin mendapatkan untung cepat, tentunya jumlah keuntungan akan terbatas sesuai dengan modal yang digunakan. Tapi, untuk investasi seperti saham dan kripto bisa saja keuntungan menjadi berlipat ganda mengikuti pergerakan di bursa saham.

Apakah Anda sudah siap untuk melakukan investasi modal kecil untung besar? Jangan tunda jika memang ingin mendapatkan keuntungan dengan segera. Asalkan, sudah paham seluk beluk instrumen tersebut dan siap dengan konsekuensi yang akan dihadapi selama berinvestasi.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *