Jenis-Jenis Asuransi Yang Tersedia di Indonesia

Macam-macam Asuransi

Kebutuhan asuransi dan coverage yang beragam memang semakin berkembang. Mengingat banyak sekali hal yang bisa diasuransikan dan dijaminkan. Dari alasan tersebut, maka jangan kaget dengan beragam jenis asuransi yang tersedia di Indonesia. Totalnya bisa mencapai lebih dari 20 macam.

Jenis-Jenis Asuransi

Berikut 8 macam asuransi yang beredar di pasaran:

1. Asuransi Kesehatan

Seakan sudah jamak di masyarakat, asuransi kesehatan ini memiliki coverage sesuai dengan namanya. Contohnya yang paling terkenal adalah program BPJS kesehatan.

Produk asuransi didesain khusus untuk memberikan bantuan untuk menangani berbagai masalah kesehatan pada pihak tertanggung. Cakupan biaya sendiri diutamakan untuk mengcover kebutuhan biaya proses perawatan.

Biaya tersebut bisa mencakup kebutuhan obat obatan, operasi, hingga rawat inap. Beberapa jenis penyebab kesakitan atau proteksi yang ditanggung biasanya adalah karena sakit, terjadi cedera, cacat, hingga kematian karena kecelakaan. Coverage asuransi ini sendiri bergantung dengan besaran polis dan perjanjian yang telah disepakati. 

2. Asuransi Jiwa

Salah satu pilihan yang memberi keuntungan finansial adalah asuransi jiwa. Sering kali asuransi ini dikaitkan dengan penggantian finansial bagi tertanggung atas kematiannya. Sistem yang digunakan untuk jenis ini sendiri beragam, termasuk klaim dana dari perusahaan asuransi kepada tertanggung atau pada pihak lain.

Menariknya asuransi ini juga bisa dibeli demi memberikan keuntungan pada pihak ketiga. Dalam artian lain, seseorang dapat mengasuransikan dirinya sendiri dan memberikan keuntungan finansial pada orang lain. Seperti orang tua kepada anaknya. Jenis asuransi yang tersedia di Indonesia ini bisa cukup menguntungkan meski harus diikuti dengan proses klaim panjang. 

3. Asuransi Pendidikan

Salah satu asuransi yang kian populer adalah kebutuhan pendidikan. Jenis ini menjadi favorit pemegang polis karena memiliki fungsi jaminan kehidupan yang lebih baik untuk aset pendidikan anak di masa depan. Tidak hanya itu, biaya premi yang beragam juga menjadi daya tarik sendiri. Sehingga asuransi ini bisa juga dianggap sebagai tabungan anak.

Bahkan, jika dipahami lebih jauh maka asuransi pendidikan ini memiliki faktor penting untuk masa depan si kecil. Apalagi mengingat bahwa biaya pendidikan kian hari semakin meningkat. Yang mana diikuti dengan melemahnya mata uang Indonesia. Karena itu, asuransi pendidikan jadi solusi ideal bagi orang tua pintar di masa modern saat ini.

4. Asuransi Umum

Meski memiliki sifat jangka pendek, namun asuransi umum kerap menjadi proteksi risiko kerugian tidak terduga. Umumnya, asuransi ini pun digunakan sebagai jaminan keamanan, kerugian, hingga kehilangan akan tanggung jawab hukum pada pihak ketiga. Karenanya, jenis asuransi ini terbagi menjadi dua klasifikasi utama.

Yang pertama adalah jaminan sosial, yang terkadang dilakukan dengan paksa. Meski sifatnya cukup keras, tapi pertanggung jawaban dari jaminan sosial tidaklah main-main. Pasalnya cakupan coverage adalah asuransi jaminan hari tua oleh setiap penduduk atau pihak tertanggung. Sekali lagi, asuransi umum hanya berjangka pendek sekitar satu tahun saja.

Setelah jaminan sosial, asuransi umum juga memiliki klasifikasi asuransi sukarela. Seperti namanya, maka premi yang diberikan dapat dilakukan tanpa adanya unsur paksaan. Dalam cara kerjanya, asuransi sukarela terbagi menjadi dua yakni komersial dan pemerintah. Keduanya memiliki fungsi dan juga pelaku yang berbeda.

Seperti pada asuransi komersial yang memiliki fungsi khusus memberi proteksi pada pihak tertentu dari risiko adanya hal tak terduga. Seperti contohnya adalah kecelakaan dalam objek wisata. Karena itulah jenis asuransi ini sering ditemukan dalam tiket lokasi wisata. Sedangkan asuransi government hanya akan dilaksanakan oleh pihak pemerintah.

5. Asuransi Bisnis

Produk yang satu ini justru memberikan perlindungan hampir secara menyeluruh pada suatu bisnis. Dalam artian lain, segala sesuatu yang merugikan seperti kehilangan, kerusakan, hingga kerugian besar pun akan masuk dalam coverage premi jaminan bisnis. Penggantian finansial dari jenis asuransi ini pun tak main main.

Suatu bisnis yang terdampak bencana alam seperti kebakaran, ledakan, petir, banjir, dan kerugian lainnya akan mendapat ganti rugi sesuai premi yang disetujui. Jika dipikirkan dengan lebih baik, maka asuransi atau jaminan bisnis ini dapat menjadi penyokong suatu perusahaan baru atau startup.

Apalagi jika Anda mempertimbangkan segala cakupan jaminan yang diberikan. Belum lagi dengan deretan manfaat lainnya yang bisa didapatkan. Seperti adanya perlindungan karyawan, asuransi jiwa menyeluruh, perlindungan bisnis dan investasi, hingga suatu paket asuransi kesehatan bagi seluruh karyawan.  

6. Asuransi Kendaraan

Semakin meningkatnya kebutuhan kendaraan pribadi, menjadi acuan melonjaknya permintaan asuransi kendaraan. Proteksi mobil dan pengendara adalah jenis asuransi kendaraan yang semakin digandrungi.

Hal tersebut tak terlepas dari proteksi menyeluruh yang bisa dibeli. Seperti proteksi yang berfokus pada penggantian finansial terhadap pihak yang terdampak karena ulah tertanggung. Premi asuransi tersebut mencakup bantuan finansial untuk menanggung cedera atau kerusakan pada kendaraan pihak terdampak.

Tidak hanya itu, jenis asuransi ini pun mencakup ganti rugi atau pembayaran kerugian karena kerusakan bahkan kehilangan kendaraan bermotor pihak yang tertanggung. Jika dipahami dengan lebih baik, maka bisa dikatakan pihak tertanggung bisa mendapatkan banyak untung. Mengingat biaya perbaikan kerusakan mobil tidaklah sedikit.

Jika Anda merasa bahwa kendaraan yang Anda miliki berpotensi mengalami hal yang tidak diduga, mungkin Anda memerlukan asuransi mobil.

7. Asuransi Properti Dan Kepemilikan Rumah

Sama halnya dengan asuransi kendaraan yang berkaitan dengan aset pribadi, maka jenis perlindungan ini pun wajib dipertimbangkan. Rumah dan properti bisa menjadi aset tak terhitung harganya di masa depan. Apalagi untuk Anda yang ingin menggunakan aset sebagai investasi masa depan, karena itu proteksi ini akan sangat membantu.

Premi dan perlindungan ini sendiri cukup beragam. Salah satu yang paling bermanfaat adalah jaminan perlindungan dan keringanan akan kerusakan karena dampak musibah alam dan kebakaran. Yang mana dapat mencakup perlindungan kerugian karena adanya kerusakan atau kehilangan barang tertentu milik pihak tertanggung. 

8. Asuransi Perjalanan

Asuransi perjalanan sifatnya menyerupai asuransi umum. Hal tersebut karena jangka waktunya yang lebih pendek, yaitu saat tertanggung melakukan perjalanan. Yakni mulai dari berangkat hingga kembali pulang. Meski singkat, namun manfaat yang diberikan cukup beragam. Bahkan bisa menjadi nilai keuntungan baik untuk kebutuhan travel di dalam atau luar negeri.

Jenis asuransi ini akan sangat berguna untuk Anda yang kerap bepergian. Pasalnya, risiko terjadinya hal tak terduga bisa saja muncul selama perjalanan. Karena itu manfaat yang diberikan antara lain dan tak terbatas pada proteksi dan ganti biaya kecelakaan, perawatan, evakuasi medis, pengobatan darurat, dan kehilangan barang.

Apakah penting untuk menggunakan setiap macam? Tentu saja tidak. Setiap asuransi didesain khusus untuk tujuan dan kegunaan yang berbeda. karenanya, Anda bisa memilih sesuai kebutuhan perlindungan. Pasalnya setiap asuransi memiliki tanggungan dan jumlah biaya yang tidak sedikit. 

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *