Kartu Kredit Terbaik di 2021: Produk, Keunggulan, dan Suku Bunga

Pilihan kartu kredit terbaik

Sebagai alat pembayaran modern, kartu kredit (CC) bukan lagi menjadi gaya hidup, melainkan sebuah kebutuhan. Pada transaksi-transaksi tertentu, terutama yang berkaitan dengan digital seperti e-commerce, keberadaan kartu kredit amat membantu dan memudahkan. Saat Anda mengajukan KPR rumah pun, salah satu yang dinilai adalah apik tidaknya credit scoring Anda.

Kartu kredit di Indonesia mencapai puncaknya pada 2019 dengan 17,5 juta kartu beredar di masyarakat dari 25 penerbit (23 bank dan 2 perusahaan keuangan). Pandemi sedikit mengurangi penggunaan CC, namun jatuhnya angka tidak signifikan. Sampai tujuh bulan pertama tahun 2021 ini, sebanyak 16,8 juta kartu kredit masih digunakan secara aktif, mencatatkan 157,01 juta kali transaksi dengan nilai total Rp 133,52 triliun.

Sepanjang sejarah, ada dua jaringan penyedia credit card terbaik yang digunakan oleh penerbit kartu di Indonesia, yakni Visa dan Mastercard.

Kartu kredit UOB
Contoh kartu kredit VISA yang kami tes.

Untuk memudahkan Anda dalam memilih, berikut rekomendasi kartu kredit terbaik untuk Anda.

1. Kartu Kredit BCA

Bank Central Asia (BCA) adalah bank yang ternama di Indonesia berkat kuatnya brand yang telah terbangun puluhan tahun, jaringan ATM yang sangat luas, dan service yang amat memuaskan. Dari penilaian kami, kartu kredit terbaik di Indonesia adalah produk BCA.

Untuk memiliki kartu kredit BCA, Anda perlu terdaftar sebagai nasabah terlebih dahulu. BCA terkenal tidak sembarangan dalam menerbitkan CC, artinya mereka akan menyeleksi secara ketat nasabah yang mengajukan penerbitan kartu. Namun jangan khawatir, jika Anda memiliki penilaian bagus, kartu kredit akan terbit dengan lancar.

Keuntungan yang Anda dapatkan dari kartu kredit BCA adalah suku bunga per bulan yang lebih rendah dibandingkan bank-bank lain. Tidak hanya itu, BCA pun kerap menawarkan program cicilan 0% untuk transaksi di e-commerce, sehingga kartu kredit Anda bisa menggantikan paylater.

BCA juga menawarkan kemudahan dengan pengajuan CC yang dapat dilakukan secara online. Jika Anda sebelumnya adalah pemegang kartu kredit BCA, Anda pun dapat menambah kartu secara daring.

Sayangnya, limit kartu kredit BCA tergolong kecil, terutama pada skema BCA Everyday Card. Namun jika credit scoring Anda baik dan lancar, tentunya Anda berkesempatan untuk mengajukan penambahan limit.

Produk Kartu Kredit BCA

BCA menawarkan tiga jenis kartu yakni BCA Card, Visa dan Mastercard, dengan fitur seperti di bawah ini.

  • BCA Everyday Card. Sesuai dengan namanya, BCA Everyday Card diperuntukkan bagi penggunaan sehari-hari. Adanya reward BCA yang lebih besar sepanjang tahun serta iuran tahunan Rp 0 pada tahun pertama, membuat fitur ini sangat menggiurkan bagi nasabah.
  • BCA Smartcash. Ini adalah kartu kredit travel untuk keperluan bisnis yang membutuhkan suntikan dana tunai. Suku bunganya dihitung per hari, tidak membutuhkan kolateral, serta memiliki pembayaran minimum sebesar 10% tiap bulan. Batas penggunaan BCA Smartcash adalah hingga Rp 100 juta per bulan.
  • BCA Indomaret. Kartu kredit ini diterbitkan BCA bekerjasama dengan jaringan waralaba terbesar di Indonesia, Indomaret. Fitur ini memungkinkan pengguna mendapat fasilits cicilan bunga ringan dengan gratis iuran tahunan pada satu tahun pertama.

Suku Bunga dan Iuran Tahunan BCA

Suku bunga kartu kredit BCA relatif kecil. Suku bunga untuk transaksi penarikan tunai dan transaksi belanja adalah 2,25% tiap bulan. Sedangkan iuran tahunannya juga tidak memberatkan, yakni Rp125.000 untuk Classic dan Rp450.000 untuk Platinum.

2. Kartu Kredit Bank BNI

Kartu kredit paling menguntungkan adalah Bank BNI karena menawarkan kerja sama paling lengkap dengan berbagai perusahaan. BNI memiliki 24 jenis kartu kredit, mulai dari kartu reguler, co-brand, affinity, corporate, hingga business card.

Persyaratan pengajuan kartu kredit BNI cukup mudah. Anda harus berusia 21-65 tahun sebagai pemegang kartu utama, dan berusia 17-65 tahun jika Anda pemegang kartu tambahan. Pendapatan minimal untuk dapat mengajukan adalah Rp 36 juta per tahun. Berkas yang disiapkan adalah KTP, slip gaji, dan NPWP.

Karena memiliki banyak pilihan produk dan proses yang mudah, CC BNI adalah salah satu kartu kredit terbaik saat ini.

Produk Kartu Kredit BNI

Berikut rekomendasi kartu kredit BNI yang dapat Anda pilih.

  • BNI VISA Infinite. Ini adalah kartu kredit paling laris dari BNI. Memiliki layanan 24 jam dan customer center di seluruh dunia, Anda juga bisa mendapatkan priority pass pada ratusan lounge di airport seluruh dunia. Anda cukup memiliki penghasilan minimal Rp 36 juta per tahun untuk mendapatkan CC ini.
  • Garuda BNI Card. Kartu travel ini merupakan kerjasama BNI dengan Garuda Indonesia. Keuntungan pemegang kartu ini adalah double miles untuk setiap transaksi yang dilakukan, ditambah bonus Garuda miles dan diskon 5% setiap Anda menukarkan award mileage menjadi tiket gratis sepanjang tahun. Juga, ada gratis Executive Lounge di bandara-bandara yang bekerjasama dengan BNI.
  • BNI Telkomsel Card. Kartu hasil kerjasama co-branding BNI dengan Telkomsel ini menawarkan Paket HaloKick Spesial BNI Cobrand Telkomsel dengan kuota data hingga 200 GB tiap bulan. Jika Anda menggunakan kartu ini untuk membayar tagihan Telkomsel, Anda akan mendapat bonus extra 3x reward point dan bonus LinkAja sampai Rp750.000.
  • BNI Pertamina Card. Kartu kredit ini adalah hasil kerja sama antara BNI dan Pertamina yang memiliki dua pilihan, yaitu Gold dan Platinum. Keuntungannya adalah Anda bisa mendapatkan cashback di seluruh pom bensin milik Pertamina di Indonesia. Selain itu, terdapat promosi berupa diskon di berbagai gerai serta akses airport lounge yang luas.
  • BNI Bike To Work. Merupakan hasil kerja sama BNI dengan PT. Bekerja Bersepeda Indonesia, ini merupakan kartu kredit untuk komunitas yang menawarkan bebas biaya pada tahun pertama. Keuntungannya adalah terdapat diskon dan poin yang bisa Anda kumpulkan dengan menggunakan CC ini.

Suku Bunga dan Iuran Tahunan BNI

Untuk transaksi penarikan tunai dan transaksi belanja, suku bunga yang dikenakan adalah 2,25% tiap bulan. Iuran tahunannya sebesar Rp240.000 untuk kartu Gold dan Rp600.000 untuk Platinum.

3. Kartu Kredit Bank Mandiri

Sebagai salah satu bank dengan jaringan terluas di Indonesia, Bank Mandiri menerbitkan hingga 18 jenis kartu kredit yang peruntukannya mulai dari kebutuhan sehari-hari, travel, otomotif, hingga golf.

Dari riset yang kami lakukan, produk CC Bank Mandiri adalah kartu kredit yang paling banyak promo. Contohnya, kerja samanya dengan Traveloka memanjakan pengguna yang mencari promo.

Pengajuan CC Mandiri bisa melalui online, namun sementara hanya tersedia pada format smartphone/ponsel pada aplikasi Chrome dan Safari, belum bisa melalui PC/laptop.

Produk Kartu Kredit Bank Mandiri

Untuk Anda yang ingin memiliki kartu kredit Bank Mandiri, berikut beberapa produk yang dapat Anda pertimbangkan.

  • Mandiri Signature. Kartu ini sangat sesuai bagi Anda yang kerap melakukan perjalanan. Anda akan mendapatkan fasilitas 3x fiestapoin yang dapat ditukarkan di lebih dari 10 ribu merchant. Anda juga bisa menukarkan fiestapoin menjadi flight award melalui mileage maskapai kesayangan Anda.
  • Mandiri Traveloka. Bagi Anda yang gemar bepergian ke luar kota, Anda bisa mendapatkan diskon harian dan mingguan di Traveloka jika Anda menggunakan kartu kredit ini. Limit yang ditetapkan sangat tinggi, yaitu sebesar Rp 1 miliar. Syaratnya mudah, cukup lengkapi dokumen seperti KTP, NPWP, dan SPPT PPh 21.
  • Mandiri Co-brand Pertamina. Pemilik kartu hasil kerjasama Bank Mandiri dengan Pertamina ini akan mendapat double fiestapoin untuk setiap kelipatan transaksi BBM sebesar Rp 20 ribu di SPBU Pertamina seluruh Indonesia. Anda juga tidak akan dikenai biaya tambahan (surcharge) saat melakukan transaksi di SPBU. Selain itu, ada asuransi sampai Rp 1 miliar serta fasilitas derek dan asistensi kendaraan darurat 24 jam.

Suku Bunga dan Iuran Tahunan Bank Mandiri

Suku bunga untuk kartu kredit Mandiri adalah 2,245% per bulan untuk transaksi penarikan tunai dan transaksi belanja. Adapun iuran tahunannya sebesar Rp300.000 untuk Gold dan Rp500.000 untuk Platinum.

4. Kartu Kredit Bank Mega

Bekerjasama dengan perusahaan hypermart raksasa PT Carrefour Indonesia, CC Bank Mega lebih terkenal dengan nama kartu kredit Carrefour atau Carrefour Mega Card.

Kartu kredit ini menawarkan seabrek keuntungan jika Anda menggunakannya sebagai alat pembayaran pada store-store Carrefour seluruh Indonesia, merchant-merchant di bawah PT Corp yang merupakan induk perusahaan Carrefour, maupun merchant-merchant lain yang bekerjasama dengan Bank Mega.

Ini keunggulan kartu kredit Bank Mega yang dapat Anda nikmati.

  • Diskon sampai 10% di seluruh Carrefour dan Transmart Carrefour Indonesia

Diskon ini berlaku untuk semua produk dan produk promosi, kecuali susu bayi di bawah 1 tahun, telur curah, rokok, dan produk gawai.

  • Diskon sampai 50% di berbagai restoan, kedai kopi, dan es krim.
  • Diskon 10% atau cicilan 0% untuk tenor 6 bulan di berbagai brand fashion internasional.

Suku Bunga dan Iuran Tahunan Bank Mega

Suku bunga untuk penarikan tunai dan transaksi belanja adalah 2,25% per bulan. Iuran tahunan untuk kartu Gold adalah Rp400.000, sedangkan untuk Platinum Rp750.000.

5. Kartu Kredit Citibank

Citibank adalah salah satu pionir dalam penerbitan kartu kredit di Indonesia. Saat bank lain belum banyak bergelut di bidang ini, Citibank telah memiliki produk kartu kredit. Pengalaman puluhan tahun berbanding lurus dengan layanan mereka yang tidak mengecewakan.

Transaksi credit card Citibank gampang dimonitor karena tersambung dengan aplikasi mobile banking Citibank Online. Sayangnya, limit kartu kredit CitiBank tidak terlalu besar, dan kurang sering memberikan gratis iuran tahunan. Namun, ada banyak keuntungan menarik lain yang bisa Anda peroleh melalui kartu kredit dari bank ini.

Produk Kartu Kredit Citibank

Ada beberapa jenis kartu kredit Citibank yang ditawarkan, antara lain.

  • Kartu Citi Rewards. Dengan hanya belanja Rp3000 di kategori dining, shopping, dan international spending, Anda bisa mendapatkan Rewards Points untuk transaksi hingga tiga kali. Citi Rewards dapat Anda tukarkan di merchant yang bisa menghemat belanja Anda hingga 15%. Uniknya, Citi Rewards tak kenal kadaluwarsa.
  • Kartu Citi Simplicity+. Ini adalah produk kartu kredit paling sederhana dari Citibank. Dengan peraturan yang tidak rumit, Anda bisa langsung menikmati produk dengan iuran tahunan rendah. Selain itu, tidak ada denda keterlambatan dan tidak dikenakan denda jika melewati limit yang ditetapkan.
  • Kartu Citi Prestige. Produk ini menyediakan bonus gratis menginap pada malam ke-4 sebanyak 5 kali per tahun. Menggunakan Citi Mobile App, Anda bisa mendapatkan bonus lain seperti mendapatkan dana segar, menyicil pembayaran, dan keamanan transaksi yang baik.

Suku Bunga dan Iuran Tahunan CitiBank

Suku bunga 2,25% tiap bulan dikenakan untuk transaksi penarikan tunai dan transaksi belanja. Iuran tahunan adalah Rp225.000 untuk Classic dan Rp750.000 untuk Platinum.

Kartu kredit yang dikeluarkan Citibank
Kartu kredit Citibank yang kami coba

6. Kartu Kredit HSBC

Salah satu kartu kredit paling bagus datang dari HSBC. Sebagai bank berskala global, HSBC dapat digunakan di berbagai negara tanpa perlu khawatir mengalami penolakan di luar negeri.

Jika Anda ingin mengajukan penerbitan kartu kredit ini, pastikan Anda berusia minimal 21 tahun, memiliki penghasilan Rp 240 juta per tahun, dan menyetor berkas wajib seperti KTP, slip gaji dan NPWP.

Produk Kartu Kredit HSBC

Beberapa jenis kartu kredit terbaik yang dikeluarkan HSBC adalah:

  • HSBC Visa Signature. Cocok untuk yang bepergian, kartu kredit ini menawarkan bonus 2x untuk transaksi di luar negeri, penukaran mileage di berbagai akomodasi, dan batas penggunaan sebesar Rp 1 miliar.
  • HSBC Platinum Cashback. Kartu ini memberikan cashback sampai 3% di semua restoran, online dan supermarket yang bekerjasama dengan HSBC.
  • HSBC Visa Platinum. Ada bonus 2x Point Rewards untuk masing-masing transaksi di restoran, fashion, dan transaksi yang dilakukan di luar negeri. Ada perlindungan untuk belanja internasional sampai Rp 100 juta.

Suku Bunga dan Iuran Tahunan HSBC

Suku bunga HSBC terbilang kecil, 1,75% per bulan untuk transaksi penarikan tunai dan pembelanjaan. Jika Anda menggunakan kartu Gold, iuran tahunannya adalah Rp300.000. Untuk kartu Platinum sebesar Rp750.000.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *