Lompat ke konten

Kelebihan dan Kekurangan Bank BCA

Kelebihan dan Kekurangan Bank BCA

Salah satu bank terbaik untuk menabung adalah BCA (Bank Central Asia). Selain terjamin keamanannya selama bertransaksi dan menyimpan uang, Anda juga mendapatkan banyak keuntungan apabila menjadi nasabah BCA.

Meskipun memiliki beberapa kelebihan, bank BCA juga memiliki beberapa kekurangan. Akan tetapi, adanya kekurangan bukan berarti tidak pantas dijadikan sebagai tempat menyimpan uang maupun melakukan transaksi. Tak perlu khawatir, sebab Anda dapat menyesuaikan layanan atau produk keuangannya dengan kebutuhan masing-masing.

Simak bahasan berikut ini mengenai kelebihan dan kekurangan bank BCA yang perlu diketahui.

Mengenal Bank BCA

BCA merupakan bank swasta dengan aset terbesar di Indonesia dan juga merupakan yang terbaik dari segi aset, kualitas, banyaknya kantor cabang dan ATM, maupun pelayanannya. Banyak nasabah merasa sangat puas melakukan transaksi di BCA karena tersedia berbagai pilihan produk keuangan sesuai dengan kebutuhan, serta mengutamakan kualitas pelayanan kepada nasabahnya. Maka dari itu, tak perlu diragukan lagi karena adanya kelebihan tersebut.

Bank Central Asia (BCA) didirikan pada pada 21 Februari tahun 1957 oleh Sudono Salim dan merupakan bagian penting dari perusahaan bernama Salim Group. Namun, kini pemilik bank swasta ini salah satu perusahaan rokok terbesar dan populer di Indonesia, PT Djarum. Seiring perkembangan zaman dari tahun ke tahun, akhirnya BCA mampu mengembangkan layanan dan fasilitasnya guna memenuhi kebutuhan masyarakat di Indonesia perihal transaksi keuangan, baik badan usaha maupun perorangan.

Bank BCA memiliki visi dan misi dalam mengembangkan perekonomian di Indonesia supaya menjadi semakin baik, sehingga mampu membangun pusat pelayanan keuangan sekaligus mengatasi berbagai permasalahan finansial secara lebih baik, dengan cara mengetahui kebutuhan nasabah serta memberikan pelayanan yang terbaik kepada mereka. Hal itulah alasan mengapa BCA berusaha menyediakan berbagai kebutuhan masyarakat bukan hanya untuk menabung saja, tetapi menyediakan layanan pembayaran tagihan, pendidikan, kesehatan, maupun produk finansial lainnya.

Produk Bank BCA

Setelah mengetahui sejarah singkat dan visi misi bank BCA, Anda pun perlu mengetahui berbagai macam produk keuangan yang dimiliki bank swasta terbaik sekaligus populer di Indonesia ini. Berikut ini produk BCA yang perlu diketahui.

1. Tahapan BCA

Tahapan atau Tabungan Hari Depan BCA adalah salah satu produk yang dimiliki oleh bank swasta terbaik ini. Banyak nasabah memilih tabungan jenis ini karena dinilai lebih praktis, sebab sudah termasuk paspor yang dapat digunakan sebagai kartu debit dan bertransaksi di ATM atau pengambilan tunai.

Adanya tabungan jenis Tahapan BCA ini juga mempermudah nasabah dalam melakukan berbagai transaksi. Macam transaksi tersebut, antara lain pembayaran berbagai tagihan seperti listrik, kartu kredit, telepon pascabayar, pulsa, dan lain sebagainya. Setoran awalnya Rp500.000, sedangkan setoran selanjutnya hanya Rp50.000 saja.

2. Tahapan Xpresi

Jika menghendaki tabungan dengan setoran awal tidak terlalu besar, Tahapan Xpresi jawabannya. Setoran minimum dan selanjutnya hanya Rp50.000 saja. Uniknya lagi, Anda bisa memilih berbagai macam desain gambar pada kartu  ATM sebanyak 50 pilihan.

Bunga pada Tahapan Xpresi memang cenderung kecil, yakni nol persen jika jumlah tabungannya kurang dari 1 juta. Akan tetapi, jika jumlahnya lebih dari 1 juta maka suku bunganya sebesar 0,10%. Meskipun begitu, biaya administrasi bulanannya sangat ringan, yakni Rp7.500 saja.

3. Tahapan Gold

Tabungan jenis Tahapan Gold sangat cocok apabila digunakan oleh Anda yang memiliki suatu bisnis karena mampu membantu perihal perencanaan finansial maupun memberikan kemudahan lainnya dalam menjalankan usaha. Tak hanya itu, dengan Tahapan Gold, transaksi dapat dilakukan selama 24 jam tanpa henti.

Setoran awal Tahapan Gold bisa dibilang sangat terjangkau. Sebab setoran minimal awalnya Rp10.000, sedangkan selanjutnya setiap bulannya minimal Rp50.000 saja.

4. Tahapan Berjangka

Tabungan BCA jenis Tahapan Berjangka punya banyak peminat, sebab dapat digunakan sebagai simpanan untuk investasi masa depan. Tahapan Berjangka dikhususkan pada individu untuk memberikan setoran secara rutin pada jangka waktu tertentu yang telah disepakati.

Dibandingkan dengan tabungan BCA lainnya, bunga dari Tahapan Berjangka termasuk lebih tinggi dan cukup menguntungkan nasabah. Besaran bunganya 1,6-2,6 persen tergantung berapa lama jatuh tempo dan jumlah nominal saldo di dalam tabungannya.

5. TabunganKu BCA

Produk TabunganKu BCA termasuk tabungan dengan setoran paling terjangkau, yaitu minimal Rp20.000 dan setoran tiap bulan minimalnya hanya Rp10.000 saja. Limit penarikan tunai hariannya mencapai 7 juta rupiah dan maksimal jumlah transfer dalam sehari adalah 15 juta rupiah.

Meskipun setorannya cenderung terjangkau, produk TabunganKu dari BCA ini pun memiliki kekurangan. Kekurangan dari produk finansial BCA ini yaitu tidak adanya fitur internet banking.

6. Tapres BCA

Tapres BCA merupakan produk finansial yang memiliki kemudahan perihal suku bunga dan kepraktisannya. Sebab Tapres BCA tidak mendapatkan buku tabungan, melainkan diganti dengan rekening koran agar laporan keuangannya lebih bersifat pribadi.

7. Simpanan Pelajar

Simpanan Pelajar, sesuai dengan namanya berarti tabungan yang dikhususkan kepada para pelajar mulai PAUD/TK, SD, SMP, hingga SMA dan usia maksimalnya 17 tahun namun belum ada KTP. Kelebihan dari tabungan jenis ini, yaitu setoran awalnya hanya 5 ribu rupiah saja dan tidak dikenakan biaya administrasi sama sekali.

8. Tabungan BCA LAKU

Tabungan BCA LAKU termasuk memudahkan para nasabahnya perihal menabung karena tidak dikenakan biaya administrasi setiap bulannya, bahkan transaksinya pun Anda tak perlu melulu datang ke bank. Batas transaksi dan tarik tunai Tabungan BCA LAKU dibatasi 5 juta rupiah per bulannya dengan saldo maksimal 20 juta rupiah.

9. Tabungan BCA Dollar

Apabila senang bertransaksi sekaligus berinvestasi dengan mata uang asing, Tabungan BCA Dollar cocok bagi Anda. Sebab melalui BCA Dollar dapat mengkonversikan mata uang asing menjadi rupiah yang mampu memberikan sejumlah keuntungan. Besar suku bunganya mulai 0-0,30 persen setahun, tergantung berapa banyak jumlah saldo di dalam tabungannya.

10. Deposito

Produk deposito dari BCA memberikan fitur menabung dengan jangka waktu tertentu sesuai dengan kesepakatan, mulai dari jangka waktu 1 bulan hingga 1 tahun. Menariknya, di deposito BCA ini Anda dapat memilih sembilan jenis mata uang.

Kelebihan Bank BCA

Bank BCA tentu memiliki beberapa kelebihan sehingga membuatnya diakui oleh masyarakat Indonesia, berikut ini rinciannya keunggulan BCA dibandingkan bank lainnya.

1. Kenyamanan dan keamanan transaksi

Sistem keamanan BCA termasuk terbaik dan berlapis, bahkan sudah bekerja sama dengan OJK (Otoritas Jasa Keuangan) dan LPS (Lembaga Penjamin Simpanan). Hal inilah merupakan penjelasan mengapa Anda tak perlu khawatir jika melakukan bermacam-macam transaksi melalui BCA.

Banyak fitur dan layanan dapat dinikmati di BCA. Tak hanya itu, pelayanannya pun selalu diusahakan sebaik mungkin supaya dapat memberikan kenyamanan nasabah untuk bertransaksi melalui BCA.

2. Praktis, mudah digunakan, banyak pilihan produk

BCA menyediakan berbagai produk keuangan sesuai dengan kebutuhan masyarakat. Sehingga, mereka dapat memilih jenis tabungan atau produk berdasarkan kebutuhan masing-masing.

Tak hanya itu saja, adanya layanan digital berguna untuk mempermudah nasabah melakukan transaksi online. Tampilannya pun tidak membingungkan, jadi praktis dan mudah digunakan.

3. Ada keuntungan dari suku bunga

Menabung di BCA mampu menguntungkan, baik individu maupun perusahaan. Hal ini karena adanya suku bunga dengan besaran tertentu mampu memberikan tambahan keuntungan jika semakin banyak jumlah uang yang ditabung.

4. Punya kesempatan menang undian berhadiah

BCA seringkali mengadakan berbagai event menarik sekaligus berhadiah. Maka dari itu, setiap nasabah memiliki kesempatan menang undian berhadiah.

Kekurangan Bank BCA

Walaupun terdapat banyak keunggulan BCA dibandingkan bank lainnya, ternyata BCA pun juga memiliki kekurangan tersendiri. Berikut beberapa di antaranya.

1. Suku bunga kecil

Dibandingkan dengan bank lainnya, suku bunga BCA  termasuk kecil. Jika dirata-rata, jumlahnya bahkan hanya pada kisaran satu hingga dua persen, jadi mungkin bagi sebagian orang jadi kurang memberikan keuntungan.

2. Biaya administrasi jika transfer beda bank

Seperti kebanyakan bank lainnya, setiap transfer ke bank lain pasti dikenakan biaya administrasi, baik melalui mesin ATM, internet banking, maupun mobile banking. Biaya administrasi jika transfer beda bank yakni Rp6.500.

Apakah Bank BCA Layak Dipilih Sebagai Tempat Menabung?

Bank Central Asia (BCA) meskipun mempunyai beberapa kekurangan, tentunya juga memiliki lebih banyak keunggulan BCA dibandingkan bank lainnya. Jadi, Bank BCA sangat layak dipilih sebagai tempat menabung.

BCA tetap layak dipilih sebagai tempat Anda menyimpan duit karena banyaknya keunggulan baik dari segi layanan, fitur, keamanan, dan kenyamanan. Maka dari itu, tak perlu khawatir menabung sekaligus bertransaksi melalui BCA.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.