Lompat ke konten
Daftar Isi

Kenapa Shopee PayLater Tidak Bisa Beli Pulsa? Ini Penyebabnya

Kenapa Shopee PayLater Tidak Bisa Beli Pulsa

Membeli pulsa di Shopee melalui metode pembayaran PayLater kerap kali dilakukan oleh sebagian orang karena butuh cepat tapi tak ada pegangan saldo yang cukup di rekening maupun e-wallet. Meskipun begitu, tak jarang ada kegagalan transaksi pembelian pulsa melalui Shopee PayLater akibat adanya penyebab tertentu.

Alasan kenapa Shopee PayLater tidak bisa beli pulsa pasti ada penyebabnya, sehingga harus diketahui pula solusinya. Selain itu, jika sudah terlanjur melakukan pembayaran pulsa namun ada kesalahan, sebaiknya Anda pun perlu tahu bagaimana cara refund Shopee setelah terjadi transaksi yang tidak sengaja tersebut.

Berikut ini alasan kenapa Shopee PayLater tidak bisa beli pulsa, cek dahulu apa penyebabnya!

Penyebab Beli Pulsa Pakai Shopee Tidak Masuk

Kegagalan transaksi pembelian pulsa pakai PayLater pasti ada penyebabnya. Berikut ini adalah alasan kenapa Shopee PayLater tidak bisa beli pulsa.

1. Nomor HP tujuan yang dimasukkan salah

Terjadinya kegagalan transaksi pembelian pulsa, salah satu penyebabnya yaitu kesalahan pada pengisian nomor HP tujuan. Akibatnya, tidak ada saldo pulsa yang masuk karena bisa saja gagal diproses, atau bahkan malah nyasar ke nomor lain.

Terkadang ada orang yang kurang teliti saat mengisikan nomor HP tujuan pada kolom, apalagi jika ia tidak hafal atau mungkin sedang mengisikan pulsa untuk nomor orang lain. Meskipun terkesannya sepele, namun hal kecil seperti ini memang sebaiknya diperhatikan dan diteliti kembali supaya tidak memusingkan diri sendiri.

2. PIN ShopeePay tidak sesuai

Kesalahan lainnya yang merupakan alasan kenapa Shopee PayLater tidak bisa beli pulsa yaitu akibat Anda salah ketika memasukkan PIN ShopeePay. Kesalahan memasukkan PIN menyebabkan transaksi jadi gagal dan pulsa tidak terkirim ke nomor tujuan.

Kesalahan memasukkan PIN ShopeePay secara terus-menerus membuat akun Anda diblokir. Sehingga apabila hendak mengaktifkannya kembali, maka perlu melakukan beberapa prosedur verifikasi agar akun pulih. Sebaiknya hal ini dihindari sebisa mungkin agar tidak menghambat proses transaksi nantinya.

3. Limit Shopee PayLater tidak mencukupi

Penyebab transaksi beli pulsa tidak dapat diproses memakai metode pembayaran Shopee PayLater, bisa jadi karena limitnya tidak mencukupi untuk membayar nominal pulsa yang Anda beli. Biasanya ditandai dengan pilihan metode pembayaran tersebut tidak dapat dipilih. Pastikan Anda selalu mengecek limitnya terlebih dahulu sebelum melakukan pembelian.

Anda bisa menaikkan limit Shopee PayLater jika dirasa batas kredit yang diberikan masih kurang.

4. Sedang terdapat gangguan dari aplikasi Shopee

Aplikasi Shopee tak jarang mengalami gangguan server yang berakibat tidak bisa diaksesnya layanan di dalamnya, termasuk games, membayar belanjaan, melakukan food order, maupun beli pulsa. Gangguan server tersebut seringkali dikeluhkan oleh para penggunanya, pasalnya tidak hanya 1-2 jam saja, bisa jadi lebih dari waktu tersebut.

Adanya gangguan tersebut biasanya menyebabkan pembelian pulsa melalui metode Shopee PayLater jadi terhambat, salah satunya pulsa tidak masuk. Tetapi bisa juga ketika transaksinya tak kunjung berhasil dengan status Masih Diproses.

5. File cache aplikasi Shopee sudah menumpuk

Alasan kenapa Shopee PayLater tidak bisa beli pulsa dapat pula disebabkan oleh file cache aplikasi yang sudah menumpuk terlalu banyak. Aplikasi e-commerce ini rata-rata memakan memori mulai puluhan hingga ratusan mega byte.

Tumpukan file cache di aplikasi belanja online tersebut jika tidak rutin dibersihkan dapat menyebabkan lemot, HP panas, dan lain sebagainya. Bahkan lebih parahnya juga menghambat proses transaksi untuk beli pulsa. Faktor lainnya, aplikasi Shopee Anda belum dilakukan update terbaru atau mungkin belum mengaktifkan Shopee PayLater sebagai metode pembayarannya.

6. Gangguan operator nomor tujuan

Penyebab lainnya bisa juga karena adanya gangguan operator pada nomor tujuan, sehingga pulsa tidak bisa masuk. Jika sedang mengalami hal ini, hal lain yang bisa dilakukan hanya bersabar dan menunggu saldo masuk. Anda juga bisa menghubungi operator seluler terkait untuk mengatasi permasalahannya.

Cara Mengatasi Pulsa Tidak Masuk Saat Beli di Shopee

Mengetahui penyebab pulsa tidak masuk saat menggunakan metode pembayaran dengan PayLater di Shopee, pasti ada solusi untuk mengatasinya. Mungkin ada beberapa hal sepele yang tanpa sadar diabaikan, padahal juga merupakan faktor gagalnya pembelian pulsa di Shopee. Pastikan Anda telah mengikuti cara beli pulsa pakai Shopee PayLater dengan baik.

Berikut ini cara mengatasi pulsa tidak masuk saat beli di Shopee. Mungkin salah satunya tak sengaja Anda lakukan.

1. Cek kembali nomor HP sebelum membeli pulsa

Cara mengatasi pulsa tidak masuk saat beli di Shopee, yang pertama adalah mengecek kembali nomor HP tujuan sebelum melanjutkan ke pembayaran. Hal ini seringkali diabaikan secara sadar maupun tidak sadar, apalagi jika nomor tujuannya tidak hafal atau bukan merupakan milik pribadi.

Kesalahan tersebut menyebabkan pulsa tidak masuk, atau bisa jadi justru sampai ke nomor orang lain sebagai tujuannya. Oleh karena itu, pastikan Anda melakukan pengecekan kembali pada nomor tujuan pengisian pulsa, beserta jumlah nominal yang hendak diisikan.

2.Coba ganti PIN ShopeePay

Gagalnya pembelian pulsa di Shopee memang bisa disebabkan oleh kesalahan dalam melakukan input PIN ShopeePay. Akibatnya tidak bisa melanjutkan ke proses pembayaran, bahkan sampai terblokir akibat kesalahan memasukkan PIN secara berulang kali.

Maka dari itu, ketika Anda sudah melakukan kesalahan memasukkan PIN sebanyak satu dua kali, sebaiknya jangan dilanjutkan memaksa memasukkan angka yang sama lagi agar tidak terblokir. Langsung masuk saja ke menu ShopeePay untuk mengubah PIN ShopeePay, supaya dikirimkan kode OTP dan permintaan pembaharuan password melalui email atau SMS. Jika melalui SMS, usahakan nomor Anda aktif.

Namun, jika sudah terlanjur terblokir memang cukup merepotkan, sehingga Anda harus mengaktifkan kembali untuk melanjutkan proses transaksi. Anda perlu menghubungi Customer Service untuk meminta bantuan pengaktifan kembali akun ShopeePay tersebut.

Mengaktifkan kembali akun yang terlanjur terblokir akibat selalu salah memasukkan PIN, nantinya akan diminta melakukan beberapa validasi seperti nama ibu kandung, Nomor RT sesuai tertera pada KTP, username akun Shopee yang terblokir, melakukan screenshot mengenai kendala, serta alasan pengaktifan akun kembali. Prosesnya membutuhkan waktu setidaknya tiga hari kerja, jadi sebaiknya bersabar dan usahakan tidak mengulangi kesalahan serupa.

3. Lunasi tagihan Shopee PayLater sebelumnya

Limit pada PayLater merupakan salah satu penyebab Anda tidak bisa beli pulsa di Shopee, bisa jadi karena masih adanya tagihan yang belum dibayarkan sebelumnya. Guna menaikkan limit tersebut, sebaiknya segera lunasi terlebih dahulu tagihan PayLater yang masih belum dibayarkan.

4. Bersihkan cache aplikasi Shopee

Penumpukan cache pada aplikasi Shopee seringkali menyebabkan gangguan mulai dari lemot saat membuka aplikasi, bahkan sampai terjadi kegagalan transaksi. Anda perlu rutin membersihkan cachenya melalui pengaturan HP supaya kinerjanya lebih maksimal.

5. Menunggu proses perbaikan aplikasi oleh pihak Shopee

Gangguan server Shopee memang membuat jengkel karena semua transaksi tidak dapat dilakukan, khususnya beli pulsa. Apalagi prosesnya cukup lama, bisa memakan waktu berjam-jam bahkan hampir seharian. Jika Anda sedang mengalami kondisi demikian, sebaiknya bersabar dan menunggu proses perbaikan oleh pihak Shopee. 

6. Hubungi customer service resmi

Sedang mengalami kejadian pulsa tidak masuk tetapi tidak mengetahui penyebab pastinya? Anda bisa menghubungi pihak Customer Service dari Shopee untuk menemukan solusi dari permasalahan tersebut. Layanannya tersedia 24 jam, cobalah hubungi mereka melalui help@support.shopee.com atau melalui panggilan ke 1500702.

Cara Refund Shopee Saat Beli Pulsa Gagal

Cara refund Shopee saat beli pulsa gagal sebenarnya sangat mudah dilakukan. Simak langkah-langkahnya di bawah ini.

  • Masuk ke riwayat pembelian pulsa pada bagian Pesanan. Bisa juga masuk ke menu Pulsa, Tagihan, & Hiburan lalu klik Pesanan pada pojok kanan atas. Pada tahap ini, pastikan Anda memang sudah melakukan pembelian.
  • Pilih tab menu Belum Bayar lalu Semua Kategori.
  • Klik tagihan pulsa yang belum terbayarkan, setelah itu pilih Batalkan.
  • Pembelian secara otomatis dibatalkan.

Itulah cara refund Shopee jika gagal saat beli pulsa. Cara serupa juga dapat diterapkan apabila status pembelian masih dalam proses. Proses pengembalian dananya kurang lebih memakan waktu minimal satu hari kerja sejak pembatalan.

nv-author-image

Zahrah Firyal Salma

Zahrah Firyal Salma adalah seorang yang memiliki minat pada informasi edukasi tentang finansial, maupun memberikan informasi penting lainnya seputar produk keuangan.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *