Lompat ke konten

Menjaga Keamanan Data Transaksi Crypto dengan SSL

keamanan crypto

Investasi sekarang ini tidak lagi sekadar menjadi tren, tetapi sudah menjadi kebutuhan. Semakin banyak pilihan investasi yang ada dengan berbagai tawaran kemudahan dan keuntungannya. Investasi cryptocurrency termasuk salah satu yang sedang naik daun beberapa tahun terakhir.

Banyak anak muda mulai menggemari investasi berupa trading cryptocurrency. Hanya saja, masih banyak kelemahan dari investasi ini, salah satunya masalah keamanan data saat melakukan transaksi.

Investasi trading cryptocurrency dilakukan 100% secara online, sehingga umumnya tempat yang disediakan berupa website atau aplikasi. Maraknya kebocoran data membuat banyak pengguna menjadi ragu saat akan mulai melakukan trading cryptocurrency.

Jika Anda memiliki rencana melakukan investasi crypto melalui website trading cryptocurrency, ada salah satu komponen yang harus Anda perhatikan untuk memastikan keamanan data dalam website terjamin, yakni SSL.

Memasang Secure Socket Layer (SSL) bisa menjadi salah satu solusi tepat untuk melindungi data pengunjung website. SSL berfungsi memberikan enkripsi data melalui HTTPS, sehingga memastikan transaksi data di website terlindungi.

Keuntungan Menggunakan SSL

Secara lebih rinci, terdapat 4 keuntungan bagi website Anda saat menggunakan SSL. Berikut 4 keuntungan tersebut:

1. Jalur Transaksi Data Terlindungi

Keuntungan utama menggunakan SSL adalah data pengguna website akan terlindungi. SSL akan memproteksi jalur transaksi data antara konsumen yang mengakses website dengan server.

Tak jarang pelanggan memberikan informasi yang bersifat sensitif ketika melakukan aktivitas di website, mulai dari username dan password, hingga data yang lebih sensitif lagi, seperti alamat tempat tinggal, nomor identitas, bahkan hingga nomor kartu kredit.

Dengan pemasangan SSL, berbagai data sensitif di website akan terenkripsi, sehingga pihak ketiga tidak akan bisa membaca, apalagi mencurinya. Misalnya, jika Anda membuka layanan dompet crypto berbasis web, maka fitur SSL menjadi keharusan dalam menjaga keamanan transaksi pengguna.

2. Meningkatkan Kepercayaan Pelanggan

Pada era serba teknologi ini, salah satu ketakutan terbesar para pengguna internet adalah fenomena kebocoran data personal atau sensitif. Pelanggan tentu akan ragu untuk melakukan transaksi crypto di website yang keamanan datanya tidak terjamin karena berpotensi terkena hack.

Pemasangan SSL secara tidak langsung dapat meningkatkan kepercayaan pelanggan terhadap website Anda. Mereka tidak akan ragu lagi bertransaksi di website jika SSL telah aktif digunakan.

3. Pemenuhan Syarat PCI DSS

Ada sebuah standar kebijakan yang diterapkan untuk melindungi pengguna kartu kredit dan debit, yaitu Payment Card Industry Data Security Standard (PCI DSS).

Kebijakan ini mengatur tentang penggunaan kartu kredit dan debit, agar proses transaksi dapat dilakukan dengan lebih aman. Website yang menerima transaksi online, baik menggunakan kartu kredit maupun debit wajib memenuhi 12 syarat PCI DSS.

Salah satu syarat tersebut adalah pemasangan SSL pada website yang digunakan untuk bertransaksi menggunakan kartu kredit maupun debit. Otomatis, Anda harus memiliki SSL sebagai salah satu langkah pertama untuk dapat melakukan pembayaran debit atau kredit pada website.

4. Membantu Meningkatkan SEO Website

Tidak hanya dari segi keamanan saja, SSL juga dapat membantu menaikkan ranking website di mesin pencarian Google. Website yang telah memasang SSL dianggap lebih aman sehingga akan diprioritaskan oleh Google. Optimasi SEO website Anda akan lebih efektif jika website sudah dipasangi SSL, loh!

Setelah mengetahui berbagai keuntungan penggunaan SSL, apakah Anda semakin yakin untuk berinvestasi crypto pada website trading yang tepat?

Tidak hanya menjadi aspek penting pada website trading, SSL juga harus dimiliki oleh segala jenis website, mulai dari personal hingga bisnis atau e-commerce. Tidak perlu khawatir jika Anda belum memiliki SSL pada website, karena layanan ini dapat dipesan secara mudah dan cepat di Rumahweb Indonesia.

nv-author-image

Melvern Pradana

Melvern Pradana adalah seorang investor yang aktif menanam modal di pasar saham, cryptocurrency, P2P lending, dan reksa dana. Idolanya adalah Warren Buffett dan Peter Thiel.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.