Net Worth: Pengertian, Jenis, Cara Menghitung

  • Pribadi
Kekayaan Bersih

Sudah kerja bertahun tahun tapi masih terasa tidak ada kemajuan dalam urusan finansial, padahal Anda berharap net worth bisa setara Jeff Bezos dan Elon Musk? Sebaiknya Anda mengetahui kekayaan bersih yang dimiliki, guna mengukur kesehatan keuangan yang dimiliki sebagai bekal di kemudian hari.

Apa Itu Net Worth

Net worth (kekayaan bersih) adalah keseluruhan semua aset yang dimiliki dikurangi dengan kewajiban dari sebuah individu atau perusahaan. Net worth sering digunakan sebagai indikator kesehatan keuangan suatu entitas.

Rumus net woth adalah NW = Aset – Liabilitas.

Untuk individu, net worth dihitung dengan menjumlahkan semua aset pribadi kemudian dikurangi dengan kewajiban atau nilai semua utang yang ada seperti cicilan mobil, cicilan rumah, hingga saldo kartu kredit. Tidak perlu repot, Anda bisa menggunakan kalkulator kekayaan bersih yang Investbro sediakan.

Untuk perusahaan, net worth sering disebut sebagai nilai buku atau ekuitas pemegang saham. Dan mengetahui kekayaan bersih sangat penting bagi perkembangan bisnis.

Tidak hanya bagi perusahaan, mengetahui kekayaan bersih secara perorangan nyatanya sangat penting. Meski hal ini terkadang dianggap sepele bagi kebanyakan orang, namun melacak harta bersih yang dimiliki dari waktu ke waktu bisa membantu Anda dalam mengukur kinerja keuangan secara keseluruhan.

Meski idealnya harta bersih tersebut bergerak ke arah atas seiring berjalannya waktu. Namun untuk beberapa kasus, angka negatif net worth yang menunjukkan kewajiban lebih besar daripada aset ternyata menjadi hal yang lumrah bagi individu tertentu. Misalnya untuk orang yang baru memulai karir atau lulus perguruan tinggi negeri.

Net Worth Menurut Usia

Net worth pribadi mungkin akan menghasilkan angka yang terus menurun ketika Anda telah mencapai masa pensiun dan mulai memanfaatkan tabungan yang ada. Oleh sebab itu, memiliki kekayaan bersih yang memadai sebelum masa pensiun tiba akan membantu gaya hidup Anda di kemudian hari. Namun, tidak sehat untuk membandingkan kekayaan dengan teman Anda.

Idealnya pada usia 30 tahun jumlah net worth adalah 1 kali gaji tahunan, usia 40 tahun adalah sebesar 3 kali gaji tahunan, usia 50 tahun adalah sebesar 6 kali gaji tahunan, usia 60 jumlah adalah sebesar 8 kali gaji tahunan, dan usia 67 tahun adalah sebesar 10 kali gaji tahunan.

Pedoman ini tentunya hanya perkiraan semata, sebagai gambaran berapa banyak yang perlu Anda tabung serta memastikan dana emergency selalu tersedia.

Pasalnya tujuan, penghasilan, serta kewajiban yang dimiliki setiap orang tentu tidak sama antara satu sama lain. Sehingga hasil menghitung harta bersih pribadi pun tidak akan sama pada usia tertentu. Kendati demikian, akan lebih baik jika jumlah kekayaan bersih yang Anda miliki sesuai atau mendekati gambaran tersebut guna mendapatkan masa pensiun yang bebas finansial.

Jenis Net Worth

1. Kekayaan Bersih dalam Bisnis

Di dalam bisnis, net worth dikenal pula sebagai ekuitas pemegang saham atau nilai buku, di mana neraca menjadi pernyataan akan kekayaan bersih ini. Dalam membaca neraca, jika ditemukan akumulasi kerugiannya lebih dari ekuitas pemegang saham maka kekayaan bersih dianggap menjadi negatif. Dalam hal ini, net worth didasarkan pada nilai semua aset dan kewajiban atas nilai tercatat.

Rumus menghitung kekayaan bersih perusahaan adalah NWP = Aset – Kewajiban.

2. Kekayaan Bersih Pemerintah

Untuk jenis kekayaan bersih pemerintah, dihitung sebagai jumlah net worth semua perusahaan serta perorangan yang tinggal di suatu negara, kemudian ditambah dengan kekayaan bersih pemerintah negara tersebut. Net worth pemerintah ini adalah milik rakyat yaitu pajak, yang menghasilkan fasilitas dari pembangunan.

3. Kekayaan Bersih dalam Keuangan Pribadi

Cara menghitung net worth pribadi sedikit mirip dengan kekayaan bersih perusahaan, yaitu nilai yang tersisa dari pengurangan antara aset dengan kewajiban. Orang dengan harta bersih yang memiliki nilai substansial dikenal sebagai HNWI (individu dengan kekayaan bersih tinggi), mereka menjadi pasar utama untuk konselor investasi dan manajer kekayaan.

Yang Termasuk Aset Pribadi

1. Aset Cair

Aset cair adalah semua aset milik Anda yang bisa dikonversikan dengan mudah menjadi uang tunai. Sehingga aset cair ini termasuk pula di dalamnya uang tunai serta uang di rekening giro dan tabungan Anda. Selain itu, apabila Anda memiliki investasi seperti saham, rekening pasar uang, sertifikat deposito, obligasi, dan reksa dana, maka ini juga termasuk aset cair.

2. Investasi Pensiun

Tidak hanya aset cair, semua akun investasi pensiun Anda juga akan dihitung sebagai aset. Mulai dari tabungan pensiun yang Anda siapkan secara pribadi, rekening pensiun perorangan, hingga rencana investasi untuk pensiun yang ditawarkan oleh perusahaan.

3. Milik Perseorangan

Cara menghitung net worth pribadi adalah dengan menjumlahkan semua aset dikurangi dengan total kewajiban. Dalam menghitungnya, Anda perlu memasukkan aset pribadi yang berharga dan mempunyai nilai jual kembali seperti perhiasan dan mobil. Namun karena item seperti itu acap kali mempunyai nilai jual kembali yang cukup terbatas, Anda mungkin akan menggunakan estimasi yang konservatif.

4. Perumahan

Perumahan yang dimaksud di sini tidak hanya tempat tinggal utama, tapi juga semua real estate yang Anda miliki, termasuk rumah liburan dan properti investasi. Apabila Anda ingin mendapat gambaran yang akurat terkait dengan nilai real estate, maka bandingkan dengan properti yang serupa di lingkungan sama untuk mengukur nilai pasarnya saat ini.

Yang Termasuk dalam Kewajiban

1. Kartu Kredit

Perhitungan kekayaan bersih bisa berbeda setiap bulannya apabila memiliki kartu kredit. Karena kartu kredit ini adalah utang yang bergulir, di mana Anda mempunyai batas yang bisa dipinjam untuk beberapa kali. Dalam hal ini, gunakan saldo kartu kredit terbaru untuk menghitung kekayaan bersih Anda.

2. Pinjaman

Semua pinjaman yang Anda miliki termasuk sebagai cara menghitung net worth pribadi. Ini termasuk pinjaman pribadi, pinjaman siswa, dan hipotek. Jadi, jangan gunakan jumlah pinjaman semula atau di masa depan untuk menghitung kekayaan bersih saat ini. Melainkan saldo terutang sekarang yang sudah termasuk dengan bunganya.

3. Kewajiban Lain

Semua kewajiban finansial adalah kewajiban sehingga hal ini juga tidak boleh luput dari perhitungan. Contoh yang termasuk pada poin ini yaitu tunjangan anak atau pembayaran tunjangan yang Anda tinggalkan, utang medis, utang yang dibayar dalam bentuk pajak, maupun penilaian terutang terhadap Anda.

Contoh Perhitungan Net Worth

Sebagai contoh menghitung net worth, Ilham memiliki aset meliputi tempat tinggal utama senilai Rp. 350.000.000, mobil Rp. 100.000.000, tabungan Rp. 25.000.000, dan investasi Rp. 10.000.000. Maka total aset yang Ilham miliki sebesar Rp. 485.000.000. Sementara utang yang dimiliki terdiri atas utang hipotek sebesar Rp. 100.000.000 dan utang KTA sebesar Rp. 15.000.000.

Sehingga total kewajiban dimiliki oleh Ilham adalah Rp. 115.000.000. Sebagai cara menghitung net worth pribadi Ilham yaitu dengan mengurangkan kewajiban dari aset, sesuai dengan rumus kekayaan bersih. Sehingga besar kekayaan bersih yang dimiliki oleh Ilham pada periode tersebut adalah Rp. 485.000.000 dikurangi Rp. 115.000.000 sama dengan Rp. 370.000.000.

Tidak hanya dihitung satu kali saja, besar kekayaan bersih yang dimiliki perlu dihitung secara berkala guna melacak kemajuan keuangan seiring berjalannya waktu. Idealnya hitung ulang setiap kuarter. Dengan mengetahui jumlah kekayaan bersih yang dimiliki, Anda bisa membuat rencana lebih matang untuk dana pensiun di kemudian hari dan tidak lebih bijak dalam menggunakan aset di masa sekarang.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *