Lompat ke konten

Review Flexi Cash Jenius, Limit Hingga Rp 200 Juta (2022)

Mendapatkan Pinjaman di Flexi Cash Jenius

Selain produk menabung dan investasi, terdapat juga Flexi Cash Jenius yang memungkinkan pengguna Jenius BTPN untuk mendapatkan pinjaman dana segar langsung lewat aplikasi.

Berikut review Flexi Cash dari Jenius berdasarkan pengalaman pemakaian.

Mengenal Flexi Cash Jenius

Flexi Cash adalah layanan pinjaman uang yang dimiliki oleh Jenius BTPN. Nasabah bisa menggunakan Flexi Cash untuk memenuhi kebutuhan sehari-hari, sebagai dana darurat, hingga modal usaha.

Banyak bank konvensional dan lembaga keuangan lain yang menawarkan pinjaman cepat cair dan bunga rendah via online. Di Flexi Cash Jenius, Anda bisa mendapat pinjaman dengan limit hingga Rp 200 juta.

Jumlah pinjaman minimal di Flexi Cash adalah sebesar Rp 500 ribu. Melalui pinjaman ini, Anda bisa memanfaatkannya untuk kebutuhan pribadi dan bisnis. Bayar tagihan darurat rumah sakit, kebutuhan rumah tangga, belanja smartphone dan transaksi sale.

Flexi Cash tidak tersedia untuk semua nasabah Jenius, hanya nasabah tertentu yang bisa menikmati fasilitas ini. Jumlah limit yang didapat masing-masing nasabah juga berbeda, sesuai dari algoritma yang ditetapkan pihak bank.

Informasi tambahan, Flexi Cash juga bisa dinikmati meski belum punya akun Jenius BTPN. Anda hanya perlu mengajukannya melalui partner resmi Jenius/Bank BTPN.

Cara mengecek status nasabah terpilih bisa Anda lakukan dengan klik menu wealth di aplikasi Jenius, lalu pilih Credit dan pilih Ajukan sekarang.

Anda mungkin tidak menemukan menu Flexi Cash di aplikasi Jenius, jadi pastikan Anda sudah memenuhi ketentuan atau syarat sebagai nasabah terpilih.

Syarat Mendapatkan Flexi Cash Jenius

Cara agar mendapatkan Flexi Cash Jenius adalah dengan melengkapi syarat-syarat berikut:

  • Sudah mendaftar akun Jenius dan install aplikasinya di Smartphone
  • Warga Negara Indonesia, minimal 21 tahun dan maksimal 60 tahun
  • Tempat tinggal di daerah yang dijangkau layanan Jenius
  • Tidak sedang dalam proses hukum dan tidak termasuk daftar hitam BI
  • Punya penghasilan dan pekerjaan tetap

Jika Flexi Cash Jenius tidak bisa digunakan, artinya Anda dianggap pihak bank belum layak untuk mendapatkan pinjaman. Alasannya bisa berupa jumlah tabungan yang terlalu kecil, sejarah kredit yang buruk, maupun persyaratan yang belum dilengkapi.

Menu "Credit" di Jenius di mana nasabah bisa mengakses Flexi Cash
Jika berhasil, halaman “Credit” akan terlihat seperti ini.

Detail Flexi Cash Jenius

Limit Flexi Cash yang Bisa Digunakan Nasabah

Jumlah limit tiap nasabah berbeda-beda, tergantung sejarah kredit serta penilaian terhadap kemampuan nasabah untuk melunasi pinjaman.

Anda bisa melihat limit pinjaman yang bisa diambil dari menu Hitung Penawaran di menu Wealth > Credit > Flexi Cash > Coba Hitung Penawaran.

Pada menu Coba Hitung Penawaran, Anda diminta memberikan informasi seperti :

  • Kepemilikan kartu kredit
  • Limit kartu kredit per bulan
  • Jumlah penghasilan per bulan
  • Jumlah cicilan per bulan

Setelah menjawab pertanyaan di atas, secara otomatis akan muncul estimasi pinjaman yang bisa Anda dapatkan. Misalnya muncul Rp 50 juta, artinya Anda bisa menikmati pinjaman hingga maksimal Rp 50 juta.

Cara Mengajukan Flexi Cash Jenius

Jika syarat di atas telah terpenuhi, Anda bisa mulai mengajukan pinjaman. Pinjaman dilakukan melalui aplikasi Jenius di hp.

  1. Klik menu Wealth > Credit > Ajukan sekarang.
  2. Selanjutnya, lengkapi formulirnya dengan mengisi data diri seperti nama ibu kandung, pendidikan, jumlah tanggungan, informasi pekerjaan, alamat tempat tinggal dan lain-lain
  3. Baca dan klik syarat dan ketentuan
  4. Buat password Jenius (password ini merupakan password transaksi, bukan password login)
  5. Masukkan kode OTP
  6. Silahkan tunggu pengajuan Anda sedang ditinjau selama 1×24 jam
  7. Jika disetujui, Anda bisa lanjut ke proses aktivasi dan proses penarikan dana.

Jika pinjaman anda tidak disetujui, Anda bisa mengajukannya lagi sekitar 4 bulan kemudian.

Cara Aktivasi Pinjaman

Setelah pengajuan Anda disetujui, langkah selanjutnya adalah aktivasi. Sebelum melakukan aktivasi, dana kredit Anda belum bisa ditarik. Berikut langkah-langkah aktivasi pinjaman,

  1. Silahkan buka Halaman Wealth > Credit > Aktivasi Flexi Cash
  2. Akan muncul info limit kredit, suku bunga dan ringkasan perjanjian
  3. Lengkapi empat rincian informasi > Ajukan Flexi Cash
  4. Centang syarat & ketentuan > Aktifkan
  5. Masukkan password transaksi (bukan password login aplikasi)
  6. Selesai, Flexi Cash sudah aktif
  7. Anda bisa melakukan penarikan dana

Cara Menarik Pinjaman

Halaman yang berisi informasi limit dan tombol "Tarik Dari Flexi Cash"

Setelah proses pengajuan Anda disetujui dan telah aktivasi, berikut cara menarik pinjaman:

  1. Buka menu Wealth > Credit > Flexi Cash
  2. Klik Tarik Dana dari Flexi Cash
  3. Masukkan jumlah dana yang ingin ditarik dan keterangan tujuan penarikan
  4. Tentukan tenor cicilan > Lanjut
  5. Akan muncul informasi penarikan, seperti jumlah bunga dan total pembayaran
  6. Jika Anda menyetujui, klik Tarik
  7. Masukkan password transaksi (bukan password login aplikasi)
  8. Selesai, penarikan dana berhasil.

Dana akan segera masuk ke tabungan Anda jika langkah di atas telah diikuti.

Cara Melunasi Pinjaman

Untuk melunasi pinjaman, Pembayaran atau pelunasan tagihan Flexi Cash akan di debet dari Saldo Aktif, pada tanggal jatuh tempo. Jadi pastikan selalu, saldo Anda sudah terisi sebelum pukul 19.00 di tanggal jatuh tempo jika tidak ingin kena penalti.

Untuk informasi, histori pembayaran tidak langsung masuk ke menu In & Out, namun menunggu di akhir hari. Jadi Anda bisa cek di hari berikutnya, untuk melihat status pembayaran.

Cara Menaikkan Limit Flexi Cash Jenius

Untuk mendapatkan limit yang lebih tinggi di Flexi Cash, caranya adalah:

  1. Masuk ke menu Wealth > Credit
  2. Klik “Buka Flexi Cash”
  3. Di bawah menu “Gambaran”, klik tombol “Upgrade limit kredit tanpa dokumen tambahan”
  4. Klik “Upgrade Limit”

Jika berhasil, maka batas peminjaman Anda akan dinaikkan.

Pilihan untuk menaikkan limit kredit

Kelebihan Flexi Cash

1. Bisa tarik dana kapan pun dan di mana pun

Jumlah pinjaman yang telah disetujui adalah batas maksimal limit penarikan dana. Namun proses penarikan bisa dilakukan secara bertahap sesuai kebutuhan Anda masing-masing, jadi tidak harus tarik semua limit pinjaman.

Selain itu, Anda bisa memberikan keterangan tentang tujuan penarikan, berupa judul dan foto. Sehingga secara otomatis keterangan tersebut bisa terlihat pada riwayat penarikan yang sedang berjalan.

Minimal dana dalam setiap penarikan adalah Rp 500 ribu dan Anda bisa mengalihkan dana tersebut untuk Split Pay atau cicilan dan Jenius Pay untuk kebutuhan transaksi online.

2. Tenor cicilan hingga 36 bulan

Pinjaman di Flexi Cash memang banyak disukai karena waktu tenor cicilan sangat panjang yaitu 3 tahun atau 36 bulan. Anda bisa menyesuaikan tenor yang ingin dipilih pada saat penarikan dana pinjaman.

Bunga Flexi Cash Jenius adalah mulai dari 0.99% hingga 3.50%. Hal itu menjadikannya tidak kalah dengan pinjaman online dengan bunga rendah lainnya.

Informasi bunga akan tampil juga saat proses tarik dana.

3. Bisa bayar otomatis tiap bulan

Mengingat semua pinjaman dan waktu cicilan tentu tidak mudah. Namun tidak perlu khawatir karena pelunasan di Jenius bisa dilakukan otomatis penarikan dari saldo aktif. Jadi ada baiknya Anda mencatat tanggal jatuh tempo pada alarm hp, supaya tidak telat dan kena penalti.

Waktu pelunasan otomatis berdasarkan tanggal pada saat Anda menarik dana pinjaman. Misalnya Anda menarik dana tanggal 26 Januari, maka tanggal pelunasan adalah tanggal 26 Februari.

Secara periodik Jenius juga akan mengirim notifikasi waktu pelunasan pada H-5, H-3, H-1 sebelum jatuh tempo, sehingga Anda bisa menyiapkan saldo aktif.

Fitur itu menjadikan Flexi Cash termasuk pinjaman online terbaik yang bisa bayar bulanan.

4. Bisa bayar lebih awal

Punya hutang memang terkadang suka bikin kepikiran, apalagi kalau sudah dekat tanggal jatuh tempo. Namun jika kebetulan Anda punya rezeki mendadak, bisa melunasi pinjaman Jenius lebih awal dari tanggal jatuh tempo.

Berbeda dengan jasa pinjaman lain, Jenius tidak memberlakukan penalti atau denda atas pelunasan di awal ini. Pelunasan ini bisa dilakukan 2 kali setiap pinjaman dan 1 kali dalam 1 bulan.

Kekurangan Flexi Cash Jenius

1. Pengguna terbatas

Seperti di bahas sebelumnya, tidak semua bisa mengajukan Flexi Cash Jenius, bahkan nasaban Jenius sendiri tidak semuanya bisa mendapat fasilitas ini.

2. Aplikasi sering freeze

Dari pengalaman pemakaian kami, aplikasi Jenius sering mengalami freeze. Jika aplikasi stop saat hanya ingin lihat saldo atau tentu tidak jadi masalah, namun akan sangat mengganggu jika sedang buru-buru, seperti ingin transaksi pelunasan pinjaman yang bisa mengakibatkan denda jika terlambat.

Selain freeze, beberapa penguna juga mengeluhkan hanya terjadi loading saat ingin ganti limit per transaksi. Artinya cukup banyak kendala yang terjadi pada aplikasi Jenius.

3. Biaya admin bulanan tinggi

Bank digital selama ini terkenal dengan biaya-biaya terjangkau, bahkan hampir gratis. Sayangnya tabungan Jenius dikenakan Rp 10 ribu per bulan. Sementara untuk menggunakan Flexi Cash kebanyakan nasabah datang dari nasabah Jenius.

4. Penyelesaian kredit sulit

Proses pelunasan atau pembayaran kredit dilakukan secara otomatis dengan menarik dana dari Saldo Aktif di aplikasi Jenius. Nah apa yang terjadi jika dana di Saldo Aktif kurang dari total pinjaman / cicilan yang harus dibayarkan? Tentu nasabah dikenakan denda.

Masih berhubungan dengan eror aplikasi di atas, ada pelanggan yang telah mengisi Saldo Aktif mencukupi, namun masih dikenakan denda Rp 50 ribu (denda hari pertama). Alasa pihak Jenius adalah aplikasi sedang eror, sehingga tidak bisa tarik dana.

Dengan kejadian di atas, ternyata proses pengaduan ke pihak BTPN selaku perusahaan induk sulit, meski telah berulangkali mengajukan tiket bantuan, namun follow up dari pihak Jenius sangat lama, buth waktu berbulan-bulan.

Meski begitu, denda tersebut tetap tidak selesai alias masih dibebankan kepada nasbah.

Bagaimana Jika Telat Bayar Pelunasan?

Jika Anda mengalami telat pembayaran, akan dikenakan penalti sesuai waktu keterlambatan. Namun tidak seperti pinjol di luar sana yang dikenakan denda perhari, denda atau penalti di Jenius dikenakan per bulan. Dengan rincian penalti dimulai dari 1 hari setelah lewat jatuh tempo sebagai berikut.

  • Bulan pertama: Rp 50 ribu
  • Bulan kedua: Rp 75 ribu
  • Bulan ketiga: Rp 150 ribu
  • Bulan keempat: Rp 175 ribu

Biaya penalti di atas akan ditarik langsung dari Saldo Aktif Anda di Jenius. Jadi selama belum ada pelunasan Flexi Cash, Anda tidak bisa menggunakan Saldo Aktif untuk transaksi lain. Pasalnya saldo akan dialihkan otomatis untuk penalti atau pelunasan.

Jika waktu keterlambatan lebih dari 6 bulan, Anda bisa menghubungi CS Jenius untuk menanyakan status pembayarannya.

nv-author-image

Melvern Pradana

Melvern Pradana adalah seorang investor yang aktif menanam modal di pasar saham, cryptocurrency, P2P lending, dan reksa dana. Idolanya adalah Warren Buffett dan Peter Thiel.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.