Lompat ke konten

Review LinkAja: Kelebihan dan Kekurangan

Review lengkap LinkAja

Aplikasi dompet digital LinkAja adalah nama yang cukup tenar dalam dunia finansial modern, terutama mereka yang gemar melakukan transaksi secara cashless atau non-tunai. Sebagai aplikasi uang elektronik, LinkAja bersanding dan bersaing dengan berbagai e-wallet lain seperti DANA, OVO, GoPay, dan sebagainya, dengan keunggulan dan kelemahannya masing-masing.

Mengusung tagline #Apa2Bisa (apa-apa bisa), LinkAja memasarkan diri bukan hanya sebatas dompet digital, tetapi juga aplikasi pembayaran yang mencakup segala lini dan bidang.

Berikut review LinkAja yang membahas fitur, kelebihan, dan kekurangannya.

Apa Itu LinkAja?

LinkAja merupakan aplikasi jasa pembayaran yang dimiliki oleh PT Fintek Karya Nusantara (Finarya). Finarya adalah anak usaha dari PT Telekomunikasi Selular Indonesia (Telkomsel), sebuah perusahaan telekomunikasi di bawah Badan Usaha Milik Negara (BUMN). LinkAja merupakan produk kerja sama Telkomsel dengan anak usaha BUMN lain seperti Bank Mandiri, BNI, BRI, BTN, Pertamina, Asuransi Jiwasraya dan DanaReksa.

Pelanggan lama Telkomsel tentu tidak asing dengan TCASH, aplikasi pembayaran milik Telkomsel yang berfungsi seperti dompet digital, namun dengan peruntukan yang lebih terbatas. LinkAja boleh dibilang menggantikan TCASH. LinkAja mulai beroperasi pada 21 Februari 2019, namun aplikasinya sendiri baru diluncurkan pada 30 Juni 2019. Pengguna TCASH akan otomatis terkonversi ke LinkAja.

Pada Oktober 2020, Grab Pte Ltd masuk sebagai pemegang saham baru Finarya. Menyusul pada Maret 2021, PT Dompet Karya Anak Bangsa yang memiliki produk dompet digital GoPay juga turut menanamkan sahamnya. Bergabungnya dua perusahaan ini memperkuat ekosistem digital LinkAja dalam mengupayakan jasa pembayaran satu untuk semua.

Tampilan halaman utama aplikasi LinkAja.

LinkAja memiliki dua jenis layanan, yakni layanan reguler dan syariah. Tidak ada perbedaan fitur, hanya saja layanan Syariah dijalankan dengan prinsip tanpa riba dengan akad qardh, yakni pinjaman tanpa imbalan. LinkAja Syariah menjadi uang elektronik pertama dan satu-satunya yang tersertifikasi halal oleh Dewan Syariah Nasional (DSN) Majelis Ulama Indonesia (MUI).

Jumlah pengguna LinkAja dan LinkAja Syariah mencapai 83 juta orang per Agustus 2022. Nilai transaksi QRIS melalui LinkAja pada paruh pertama 2022 melonjak 600% dibanding tahun sebelumnya, diiringi pertumbuhan merchant ritel sebesar 280%. Di segmen merchant non profit seperti lembaga amal dan donasi, transaksi yang dilakukan melalui LinkAja Syariah meningkat hingga 50% dibanding tahun 2021.

Saat ini, LinkAja merupakan salah satu aplikasi e-wallet paling baik karena memiliki basis pengguna yang luas.

Sebagai penyedia jasa pembayaran, LinkAja telah mengantongi lisensi dari Bank Indonesia (BI) untuk menerbitkan uang elektronik dan menyelenggarakan layanan keuangan digital berbadan hukum. Finarya sebagai induk LinkAja juga telah menerapkan sistem manajemen keamanan informasi, sehingga aplikasi LinkAja sangat aman dari segi legalitas.

Fitur LinkAja

LinkAja berkomitmen mendukung inklusi keuangan pada berbagai sektor di Indonesia. Hal ini diwujudkan dalam fitur-fitur pembayaran yang padat dan padu sehingga benar-benar memudahkan penggunanya.

Berikut ini adalah fitur-fitur unggulan LinkAja:

1. Pembayaran dengan kode QR

LinkAja sudah mendukung QRIS.

Di era cashless seperti saat ini, kemampuan untuk melakukan pembayaran dengan kode QR mutlak diperlukan pada aplikasi keuangan. LinkAja memiliki fitur pembayaran dengan scan QR code pada ribuan merchant yang bekerja sama, misalnya McDonald dan Chatime.

Anda cukup membuka aplikasi, mengakses menu Bayar, lalu mengarahkan kamera untuk memindai kode QR. Tagihan Anda pada merchant tujuan akan tampil dan Anda tinggal memproses pembayaran.

Kemudahan penggunaannya menjadikan LinkAja sebagai salah satu aplikasi QRIS terbaik.

2. Kirim dan terima uang

Anda bisa mengirim dan menerima uang melalui aplikasi LinkAja. Untuk pengiriman dana, Anda bisa mentransfer uang ke sesama pengguna LinkAja atau ke rekening bank. Sedangkan untuk terima uang, selain melalui nomor HP terdaftar atau rekening bank, Anda juga bisa menunjukkan kode QR aplikasi LinkAja Anda kepada teman yang akan mentransfer dana. Proses transfer hanya sejauh satu scan dan satu ketukan.

3. Pembelian dan pembayaran tagihan

LinkAja memungkinkan Anda melakukan pembelian pulsa, paket data, dan token listrik melalui aplikasi. Selain itu, Anda juga bisa melunasi tagihan keperluan sehari-hari seperti tagihan listrik, air, gas, telepon, internet, gas, koperasi, pendidikan, properti, hingga asuransi.

Menu pembayaran dan pembelian.

4. Pembayaran pajak dan retribusi

Lewat aplikasi LinkAja, Anda bisa mengakses menu pembayaran pajak seperti pajak penghasilan, pajak kendaraan, pajak bumi dan bangunan, bea cukai, retribusi, dan lainnya. Fitur ini memudahkan warga negara yang ingin menunaikan kewajibannya. Tak perlu lagi datang dan mengantre di instansi terkait, cukup beberapa kali klik dari aplikasi.

5. Segmen transportasi

LinkAja benar-benar serius menggarap pembayaran dari segmen transportasi. Di sini, Anda bisa menemukan LinkAja sebagai metode pembayaran pada hampir semua moda transportasi.

Mulai dari kereta, Anda dapat menggunakan LinkAja untuk membeli tiket di KAI Access, KRL Commuter Line dan LRT, Railink, Restaurant Kereta Api (Reksa), dan MRT. Untuk perjalanan dengan bis Anda bisa membayar pakai LinkAja pada DAMRI, Trans luar kota, INairPORT, dan Perum PDD.

Untuk pesawat ada Garuda dan Citilink yang bekerjasama dengan LinkAja. Moda transportasi ojek online pun dirambah dengan adanya Grab, Gojek, dan Okejek. Bahkan untuk pembayaran parkir di Parkee, Reska, dan Sky Parking pun bisa dilakukan lewat LinkAja.

Selain penggunaan transportasi di atas, LinkAja juga bisa Anda pakai untuk memesan taksi, membeli tiket kapal, membayar tol, dan mengisi BBM di SPBU Pertamina.

6. Segmen finansial

Di segmen finansial, LinkAja membekali fitur untuk melakukan investasi, pembayaran asuransi, dan pengajuan paylater.

Investasi dengan jual beli reksa dana dapat Anda lakukan melalui aplikasi setelah Anda menyambungkan LinkAja dengan Bibit. Anda juga bisa mencairkan hasil reksa dana menjadi saldo LinkAja.

LinkAja juga memfasilitasi Anda yang ingin memproteksi diri dengan pembelian dan pembayaran produk asuransi. Selain itu, ada fitur paylater yang dapat Anda ajukan sebagai talangan untuk pembelian barang bernilai besar. Paylater LinkAja menggandeng platform PayLater terpercaya seperti Kredivo, Indodana Paylater, dan BRI Ceria sebagai sumber dana.

7. Segmen hiburan

Pada segmen hiburan, LinkAja memberi Anda kemudahan dalam melakukan booking dan pembelian tiket acara hiburan dan atraksi, karena LinkAja bekerja sama dengan berbagai penyelenggara konten hiburan. Misalnya CGV dan Cinema XXI untuk kategori tiket bioskop serta GoTix untuk tiket musik dan konser.

8. Dana sosial

Bagi Anda yang suka aktivitas filantropi atau gemar beramal, LinkAja menyediakan fitur donasi untuk menyalurkan dana sosial Anda kepada yang membutuhkan. Anda tinggal memilih komunitas atau lembaga yang ingin Anda titipi dana.

9. Pinjaman online

Salah satu fitur menarik dari LinkAja adalah fitur kredit tanpa agunan (KTA) atau pinjaman online. Kredit ini disediakan oleh Mandiri Utama Finance, UKU, Pegadaian, dan Kredit Pintar, dan pengajuannya dapat dilakukan langsung dari aplikasi LinkAja. Anda tinggal memilih salah satu sumber dana di atas untuk pengajuan pinjaman. Prosesnya sepenuhnya online dan tanpa agunan, kecuali untuk dana yang berasal dari Pegadaian.

10. Tarik tunai

LinkAja dilengkapi fitur tarik tunai tanpa kartu sehingga Anda dapat mencairkan saldo Anda ke dalam uang fisik. Tarik tunai dapat dilakukan melalui ATM, Indomaret, atau Alfamart.

11. Lain-lain

Selain semua fasilitas yang disebutkan di atas, LinkAja juga tergabung dengan berbagai layanan lain dari berbagai sektor, mulai dari layanan kesehatan, pesan antar makanan, hingga keperluan rumah tangga.

Fitur-fitur di atas dapat dinikmati oleh seluruh pengguna LinkAja, baik reguler maupun syariah. Khusus untuk pengguna LinkAja Syariah, masih ada beberapa fitur lagi yang dapat Anda manfaatkan, antara lain:

  • Layanan ZISWAF: LinkAja Syariah memberi fitur pembayaran zakat, infaq, shodaqoh, dan wakaf sehingga penggunanya dimudahkan dalam membayar kewajiban dan beramal kepada sesama.
  • Investasi dan pinjaman syariah: LinkAja Syariah menggunakan akad qardh yang mengatur pinjaman tanpa imbalan. Dengan demikian, Anda bisa mengajukan paylater dan pinjaman online di LinkAja Syariah tanpa bunga sehingga bebas riba. Selain itu, juga ada produk investasi dan asuransi syariah yang dapat Anda pilih.
  • Pembayaran haji dan umroh: Merencanakan perjalanan ke tanah suci semakin dimudahkan dengan adanya fitur tabungan haji online dan pembayaran umroh secara aman oleh LinkAja Syariah.

Cara Daftar LinkAja

Kendati menyajikan fitur yang padat, namun pendaftaran LinkAja sangat mudah, semua orang bisa bergabung menjadi pengguna. Namun perlu dicatat bahwa pendaftaran LinkAja membutuhkan nomor telepon dari provider Telkomsel, baik prabayar (Simpati, As, dan Loop) maupun pascabayar (Halo).

Form login sebelum bisa menggunakan LinkAja.

Ikuti langkah-langkah berikut untuk membuka akun di LinkAja:

  • Unduh aplikasi LinkAja dari Play Store atau App Store. Setelah terpasang pada smartphone Anda, buka aplikasi.
  • Masukkan nomor Telkomsel Anda yang aktif. Kode OTP dari aplikasi akan dikirim ke nomor yang Anda daftarkan.
  • Setelah menerima kode OTP melalui SMS, masukkan kode OTP ke aplikasi sebagai verifikasi.
  • Isi kolom nama lengkap dan alamat email, lalu klik ‘Buat Akun’.
  • Jika ingin mengaktifkan layanan syariah, geser tombol biru yang muncul pada laman pembuatan akun.
  • Buat PIN LinkAja. PIN ini berfungsi sebagai salah satu metode login sekaligus verifikasi demi keamanan transaksi.
  • Akun LinkAja Anda telah berhasil dibuat. Lakukan verifikasi email dengan masuk ke email terdaftar Anda, lalu klik tautan yang dikirim oleh LinkAja.
  • Selesai, kini Anda dapat menggunakan LinkAja sebagai metode pembayaran.

Upgrade Akun LinkAja ke Full Service

LinkAja memiliki dua tipe akun, yakni Basic Service dan Full Service. Apa perbedaan keduanya?

Akun Basic dan Full Service sama-sama dapat dipakai untuk berbagai transaksi seperti top up saldo, pembayaran tagihan, pembayaran belanja online, dan pembayaran dengan QR di merchant offline yang bekerja sama.

Perbedaan keduanya, akun Basic maksimal menampung saldo sebesar Rp 2 juta, sedangkan Full Service dapat diisi saldo hingga Rp 10 juta. Selain itu, beberapa fitur seperti transfer dana dan tarik tunai tanpa kartu hanya dapat dinikmati oleh akun Full Service.

Setiap pengguna yang mendaftar LinkAja akan langsung mendapat akun Basic. Untuk mengupgrade akun Basic ke Full Service, berikut langkah-langkah yang perlu Anda lakukan:

  • Buka aplikasi LinkAja, lalu akses ke menu Akun.
  • Klik pada Tipe Akun dan pilih ‘Upgrade Sekarang’.
  • Ambil foto KTP dengan kamera yang telah tersambung otomatis ke aplikasi LinkAja.
  • Lengkapi data diri Anda sesuai kartu identitas.
  • Ambil foto selfie sambil memegang KTP, pastikan wajah terlihat jelas dan keterangan di KTP masih cukup terbaca.
  • Kirim pengajuan akun Full Service Anda. Status pengajuan dapat dipantau melalui menu Akun, dan Anda akan mendapat notifikasi jika akun Full Service Anda telah aktif.

Biaya dan Limit LinkAja

Biaya-biaya yang diberlakukan saat transaksi di LinkAja antara lain:

  • Tidak ada biaya admin bulanan dan tidak ada saldo mengendap di LinkAja, Anda dapat mengisi dan mengosongkan saldo kapan pun Anda mau.
  • Transfer ke sesama pengguna LinkAja gratis.
  • Transfer ke rekening bank Himbara (BRI, BNI, Mandiri, dan BTN) sebesar Rp 1.000 per transaksi.
  • Transfer ke rekening bank BCA sebesar Rp 2.500 per transaksi.
  • Transfer ke rekening bank lain sebesar Rp 6.500 per transaksi.
  • Pembayaran tagihan melalui aplikasi LinkAja dikenai biaya admin Rp 2.500 per transaksi. (Saat ini terdapat promo pembayaran listrik pascabayar dan pembelian token PLN hanya dikenai admin Rp 75, berlaku sampai 31 Oktober 2022)

Sedangkan limit transaksi di LinkAja dapat dilihat secara detail di bawah ini:

  • Saldo untuk akun Basic maksimal adalah Rp 2 juta, sedangkan untuk akun Full Service maksimal Rp 10 juta.
  • Nilai transaksi yang bersifat incoming (setoran awal, top up, dan transferan masuk) dalam sebulan maksimum untuk akun Basic sebesar Rp 20 juta dan Full Service sebanyak Rp 40 juta.
  • Minimal transfer ke sesama pengguna LinkAja adalah Rp 100, maksimal senilai saldo yang dimiliki namun tidak lebih dari Rp 2 juta.
  • Minimal transfer ke rekening bank adalah Rp 10.000, maksimal senilai saldo yang dimiliki namun tidak lebih dari Rp 2 juta.
  • Pengguna LinkAja dapat melakukan cashout (menarik tunai dana dan transfer keluar) paling banyak Rp 2 juta dalam sehari, dengan akumulasi maksimal Rp 20 juta dalam sebulan.
  • Jumlah cashout maksimal dalam sebulan adalah 31 kali.

Cara Bertransaksi di LinkAja

Berikut ini adalah cara-cara menggunakan LinkAja untuk bertransaksi.

Cara top up saldo LinkAja

Pilihan pengisian saldo.

LinkAja menyediakan beberapa pilihan untuk top up saldo, antara lain:

  • Melalui transfer bank, SMS banking, dan mobile banking. Saldo LinkAja dapat Anda isi melalui ATM bank-bank Himbara (Himpunan Bank-bank Milik Negara) seperti BRI, BNI, Mandiri, BTN, dan ATM Bersama. Top up juga bisa dilakukan melalui SMS banking dan mobile banking dari bank-bank tersebut.
  • Melalui GraPARI, yakni di kasir GraPARI dan mesin KIOSK LinkAja dengan menggunakan kode QR.
  • Melalui Virtual Account jaringan ATM Bersama dan BCA, dengan metode transfer VA melalui ATM, mobile banking, dan internet banking.
  • Melalui toko ritel yang bekerjasama dengan LinkAja, yaitu Indomaret, Alfamart, Alfamidi, Pegadaian, Kantor Pos, Circle K, Dan+Dan, FamilyMart, dan mitra LinkAja lainnya.

Cara transfer uang ke sesama pengguna LinkAja

  1. Buka aplikasi LinkAja lalu pilih menu Kirim Uang.
  2. Pilih tipe pengiriman uang ke nomor HP yang terdaftar LinkAja. Anda juga bisa memilih Snap QR di mana aplikasi LinkAja Anda akan memindai kode QR dari akun LinkAja tujuan transfer (khusus jika akun tujuan berada dalam jangkauan).
  3. Masukkan nomor HP tujuan.
  4. Masukkan nominal dana yang akan dikirim.
  5. Input PIN LinkAja.
  6. Selesai. Anda akan menerima notifikasi dan bisa mengunduh bukti transfer.

Cara transfer uang ke rekening bank

  1. Buka aplikasi LinkAja dan akses menu Kirim Uang.
  2. Pilih tipe pengiriman uang ke rekening bank.
  3. Pilih bank tujuan, lalu masukkan nomor rekening. Cocokkan nomor rekening dengan nama pemilik rekening.
  4. Masukkan nominal uang yang akan ditransfer.
  5. Input PIN LinkAja.
  6. Selesai. Jika transaksi berhasil, Anda akan menerima notifikasi dan bukti transfer bisa Anda unduh dan bagikan.

Cara melakukan pembayaran tagihan

Untuk membayar tagihan listrik melalui LinkAja:

  1. Buka aplikasi dan pilih menu Listrik.
  2. Pilih submenu yang sesuai tagihan Anda, prabayar atau pascabayar.
  3. Masukkan nomor pelanggan PLN.
  4. Akan keluar tagihan Anda, klik Bayar untuk memproses pembayaran.
  5. Setelah selesai, Anda bisa mengunduh bukti bayar.

Untuk membayar tagihan lain-lain:

  1. Buka aplikasi, klik menu Lainnya.
  2. Pilih Beli/Bayar Tagihan.
  3. Pilih tagihan yang akan dibayar (air, gas, telepon, internet, dan lain-lain).
  4. Masukkan ID pelanggan atau nomor tagihan.
  5. Akan keluar nominal tagihan yang harus dibayar. Klik tombol Konfirmasi untuk menyetujui pembayaran.
  6. Masukkan PIN LinkAja, dan pembayaran tagihan Anda akan diproses.

Cara membeli tiket KAI Access pakai LinkAja

  1. Buka aplikasi KAI Access, lalu pilih keberangkatan kereta yang Anda inginkan.
  2. Akan keluar harga tiket yang harus dibayar.
  3. Sampai di proses pembayaran, pilih LinkAja sebagai metode pembayaran.
  4. Masukkan nomor HP terdaftar LinkAja dan PIN LinkAja.
  5. Input kode OTP yang akan dikirim melalui SMS ke nomor HP Anda.
  6. Jika pembayaran berhasil, Anda akan menerima pemberitahuan di aplikasi LinkAja dan tiket kereta Anda dapat diakses di aplikasi KAI Access.

Cara mengajukan paylater Kredivo di LinkAja

  1. Pada aplikasi LinkAja, buka menu Akun lalu laman Metode Pembayaran, atau menu Keuangan dan klik ikon Paylater.
  2. Klik Tambah Metode Pembayaran, lalu pilih Kredivo. Perlu diingat bahwa sebelumnya Anda harus sudah terdaftar lebih dulu di Kredivo dengan nomor HP yang sama dengan yang terdaftar di LinkAja.
  3. Hubungkan akun Kredivo Anda dengan cara klik opsi Aktifkan Kredivo.
  4. Masukkan kode verifikasi yang dikirim melalui SMS.
  5. Tunggu aktivasi Kredivo di aplikasi LinkAja. Jika berhasil, Anda dapat menggunakan Kredivo sebagai sumber dana paylater untuk bertransaksi di LinkAja.

Cara mengajukan pinjaman online di LinkAja

  1. Buka menu Lainnya pada laman utama LinkAja.
  2. Klik opsi Pinjaman. Anda akan disodori tiga pemberi kredit yang harus Anda pilih salah satu: Mandiri Utama Finance, UKU, atau Kredit Pintar.
  3. Pilih salah satu pemberi kredit, lalu klik Setuju.
  4. Aplikasi akan menampilkan limit pinjaman, tenor, dan rincian cicilan.
  5. Klik Ajukan Sekarang jika Anda setuju dengan rincian tersebut.
  6. Isi data diri sesuai KTP, data pekerjaan, rekening bank, dan kontak pribadi serta kontak darurat.
  7. Klik Konfirmasi untuk mengirim pengajuan pinjaman.
  8. Pinjaman akan diverifikasi dalam waktu 1×24 jam. Jika diterima, Anda dapat mencairkan pinjaman melalui tarik tunai di ATM. Jika ditolak, Anda dapat mengajukan pinjaman kembali dalam 30 hari ke depan.

Cara tarik tunai saldo LinkAja di ATM

  1. Buka menu Tarik Saldo dari laman utama LinkAja.
  2. Pilih Tarik Tunai di ATM.
  3. Masukkan nominal saldo yang ingin diambil. Jumlah dana yang dapat ditarik paling sedikit Rp 100.000 dan paling banyak Rp 1.200.000.
  4. Klik Buat Kode Penarikan.
  5. Kode penarikan akan muncul di aplikasi dan berlaku selama 5 menit.
  6. Pada mesin ATM Bersama bertanda Link, tekan tombol Accept berwarna hijau.
  7. Pilih Tarik Tunai LinkAja, lalu masuk ke menu Cash Withdrawal.
  8. Masukkan nomor HP yang terdaftar di LinkAja.
  9. Masukkan kode penarikan sebagai pengganti PIN.
  10. Tunggu beberapa saat sampai ATM mengeluarkan uang Anda.

Kelebihan LinkAja

Keunggulan LinkAja yang dapat Anda nikmati sebagai pengguna:

1. Fitur lengkap dan memudahkan

Fitur pembayaran di LinkAja sangat lengkap sehingga mempermudah urusan pembayaran yang semula harus terbagi-bagi ke banyak kanal. Mulai dari bayar online di marketplace, bayar tagihan sehari-hari, beli tiket transportasi, sampai pajak dan retribusi, bisa dilayani.

2. Ada layanan syariah

LinkAja menjadi satu-satunya dompet digital yang layanan syariahnya tersertifikasi halal oleh MUI. Akad qardh yang mengikat LinkAja dengan pengguna sudah pasti bebas riba, sehingga pengguna yang mengutamakan prinsip syariah lebih tenang dalam bertransaksi. Ada pula dukungan pembayaran ZISWAF yang sangat membantu pengguna muslim.

3. Ekosistem digital yang sangat luas

LinkAja sudah menggandeng ratusan ribu merchant dan 1,1 juta UMKM dalam upaya menciptakan keuangan yang inklusif. Ekosistem digital yang sangat luas ini turut berkontribusi terhadap pola transaksi pembayaran masyarakat yang sedang menuju cashless society.

4. Bisa tarik tunai

Ada fitur tarik tunai tanpa kartu sehingga sangat membantu jika Anda butuh saldo dicairkan sewaktu-waktu. Hal ini ditunjang oleh ATM Bersama dan Link yang memiliki jaringan luas di Indonesia.

5. Ada paylater dan pinjaman online

Fitur paylater dan pinjaman online sangat membantu pengguna yang ingin melakukan banyak aktivitas keuangan tanpa perlu berpindah-pindah aplikasi. Paylater dan kredit tanpa agunan merupakan dua produk keuangan modern yang sudah selayaknya jadi fasilitas standar pada aplikasi uang elektronik.

6. Banyak promo menarik

Tiap bulan, LinkAja mengadakan promo menarik yang disebar ke berbagai kategori, produk, dan merchant. Misalnya, pembelian produk tertentu dengan LinkAja akan mendapat diskon 50% atau cashback Rp 50.000.

Kekurangan LinkAja

Kelemahan dari aplikasi LinkAja antara lain:

1. Harus nomor Telkomsel

Syarat pendaftaran LinkAja adalah nomor telepon Telkomsel, sehingga pengguna provider lain terbatasi untuk dapat menikmati fitur-fitur LinkAja.

2. Fitur Merchant tidak aktif

Masih banyak UMKM yang belum bekerja sama dengan LinkAja. Salah satu submenu LinkAja yang disebut Merchant Sekitarmu (menampilkan merchant dan UMKM terdekat dengan lokasi Anda) tidak aktif, sehingga pengguna masih harus mengkonfirmasi ke merchant bersangkutan, apakah menerima pembayaran LinkAja atau tidak.

3. Pinjaman online mengandalkan pihak ketiga

Kredit tanpa agunan yang difasilitasi LinkAja sepenuhnya mengandalkan verifikasi dari penyedia pinjaman. Tidak ada keuntungan khusus dari mengajukan pinjaman melalui LinkAja, sehingga proses verifikasi kadang lama karena prosesnya sama seperti mengajukan langsung dari fintech yang bersangkutan.

Demikian ulasan kami mengenai uang elektronik LinkAja. Semoga bermanfaat.

nv-author-image

Melvern Pradana

Melvern Pradana adalah seorang investor yang aktif menanam modal di pasar saham, cryptocurrency, P2P lending, dan reksa dana. Idolanya adalah Warren Buffett dan Peter Thiel.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.