Lompat ke konten

Review Rekening Ponsel CIMB Niaga: Kelebihan dan Kekurangan

Review Lengkap Rekening Ponsel

Jauh sebelum e-wallet atau dompet digital tenar menjadi alat pembayaran masyarakat, CIMB Niaga telah merintis Rekening Ponsel yang fungsinya kurang lebih sama seperti e-wallet. Sesuai namanya, Rekening Ponsel merupakan rekening yang menggunakan nomor ponsel sebagai identitas, alih-alih nomor rekening seperti tabungan perbankan pada umumnya.

Rekening Ponsel adalah cikal bakal dari uang elektronik, dan boleh dibilang merupakan gabungan konsep dari bank digital dan dompet digital. Meskipun tidak memakai nomor rekening, namun Rekening Ponsel dapat difungsikan untuk bertransaksi seperti produk perbankan pada umumnya.

Berikut review Rekening Ponsel dari CIMB Niaga berdasarkan percobaan pemakaian yang telah kami lakukan.

Sekilas tentang Rekening Ponsel dan OCTO Mobile

Rekening Ponsel pertama kali diluncurkan oleh CIMB Niaga pada Maret 2013. Saat itu, rekening yang menggunakan nomor ponsel sebagai ID, bukannya nomor rekening, merupakan inovasi terbaru dari layanan perbankan dan menjadi yang pertama di Indonesia dan Asia Tenggara. CIMB Niaga sendiri telah malang melintang di dunia finansial tanah air sejak 1955 dan konsisten menjadi salah satu bank swasta dengan kualitas terbaik di Indonesia.

Tampilan apllikasi Rekening Ponsel.

Rekening Ponsel tumbuh dengan menjanjikan. Pada akhir tahun setelah peluncuran, Rekening Ponsel mencatatkan pertumbuhan rata-rata 68% per bulan dan membukukan 1,5 juta transaksi tiap bulan. Per Juni 2014, Rekening Ponsel telah digunakan oleh lebih dari 503.000 nasabah, melonjak 370% dibanding tahun dirilis.

Setahun setelah diluncurkan, Rekening Ponsel menjadi uang elektronik pertama di Indonesia dengan memperkenalkan cara bertransaksi baru di merchant offline tanpa perlu uang tunai, kartu debit, dan kartu kredit. Waktu itu Rekening Ponsel menggandeng 1.300 merchant offline di seluruh Indonesia.

Pada 2017, Rekening Ponsel berkontribusi pada program pemindahan uang antar negara yang digagas oleh Bank Indonesia, yaitu dengan uji coba remitansi, atau memfasilitasi pengiriman uang dari para TKI di Malaysia ke seluruh nomor ponsel penerima di Indonesia. Program remitansi ini menjadi mungkin karena Rekening Ponsel CIMB Niaga telah didukung oleh CIMB Islamic Bank di Malaysia yang memiliki fitur serupa, yakni SpeedSend.

Ketika aplikasi mobile CIMB Niaga, Go Mobile dirilis, Rekening Ponsel tergabung pada aplikasi perbankan ini. Saat ini Go Mobile telah di-rebranding menjadi OCTO Mobile, aplikasi yang digadang-gadang menjadi super app oleh CIMB Niaga. Rekening Ponsel merupakan salah satu fitur yang disematkan pada OCTO Mobile.

Rekening Ponsel boleh disebut “lebih tua” dari Otoritas Jasa Keuangan (OJK) yang baru mengawasi sektor perbankan pada Desember 2013. Karena merupakan produk dari CIMB Niaga yang merupakan perusahaan perbankan resmi dan legal, maka Rekening Ponsel pun sangat aman digunakan oleh nasabah.

Fitur Rekening Ponsel by OCTO Mobile

Untuk mengakses Rekening Ponsel, Anda perlu memasang aplikasi OCTO Mobile terlebih dahulu. OCTO Mobile merupakan payung besar yang menaungi semua produk perbankan CIMB Niaga mulai dari tabungan, Rekening Ponsel, kartu kredit, sampai investasi. Fitur-fitur Rekening Ponsel secara khusus berbeda dengan yang dilekatkan pada OCTO Mobile, yang cenderung memuat fitur aplikasi perbankan secara umum.

Berikut ini fitur-fitur Rekening Ponsel:

1. Transfer ke nomor ponsel dan rekening bank

Rekening Ponsel yang Anda miliki dapat dipakai untuk menerima dan mengirim uang, dari dan ke nomor ponsel maupun rekening bank seluruh Indonesia melalui jaringan ATM Bersama/Prima. Transfer ke nomor ponsel dan rekening CIMB Niaga tidak dipungut biaya.

2. Pembelian pulsa, token dan top up

Anda dapat menggunakan Rekening Ponsel untuk melakukan isi ulang pulsa dari pada semua operator besar di Indonesia. Rekening Ponsel juga bisa top up saldo untuk aplikasi e-wallet seperti GoPay, OVO, Astrapay, LinkAja, dan e-wallet lain. Anda juga bisa membeli token PLN untuk listrik prabayar.

3. Pembayaran tagihan

Pembayaran berbagai tagihan seperti listrik, kartu kredit, telepon, asuransi, dan internet bisa dilakukan melalui Rekening Ponsel.

Selain itu, Rekening Ponsel juga support pembayaran pajak dan donasi ke lembaga filantropi seperti Rumah Zakat, Dompet Dhuafa, Badan Amil Zakat Nasional (BAZNAS), dan Lembaga Amil Zakat Infaq Shodaqoh Muhammadiyah (Lazismu).

4. Tarik dan setor tunai

Bagi pengguna yang ingin mencairkan saldo Rekening Ponsel-nya ke dalam uang tunai, Rekening Ponsel membekali fitur tarik tunai tanpa kartu yang dapat diproses di seluruh ATM CIMB Niaga, Indomaret, dan Alfamart seluruh Indonesia. Untuk pengisian saldo, ada opsi setor tunai pada mesin setor tunai ATM CIMB Niaga, Indomaret, dan Alfamart.

5. Transaksi belanja online dan offline

Rekening Ponsel mendukung pembayaran offline pada merchant-merchant yang telah bekerja sama dengan CIMB Niaga. Prosesnya menggunakan mesin EDC (Electronic Data Capture) namun tanpa kartu dan hanya membutuhkan PIN. Untuk transaksi online, sistem yang dipakai adalah kupon Rekening Ponsel.

Kupon yang bisa digunakan untuk berbelanja.

6. Pembayaran QRIS

Fitur QRIS menginduk pada aplikasi OCTO Mobile. Saat memakai fitur QRIS untuk melakukan pembayaran, pengguna akan diberi pilihan sumber dana yang sudah tersambung pada aplikasi OCTO Mobile mereka, antara tabungan, Rekening Ponsel, atau kartu kredit.

Fitur ini memudahkan bagi pengguna yang ingin memproses pembayarannya dalam sekali klik, tanpa perlu menginput PIN pada mesin EDC.

Biaya dan Limit Rekening Ponsel

Dilansir dari laman Rekening Ponsel di website resmi CIMB Niaga, berikut biaya-biaya transaksi yang diterapkan oleh Rekening Ponsel:

  • Gratis transfer ke rekening sendiri, akun Rekening Ponsel lain, dan rekening CIMB Niaga.
  • Gratis pembayaran dengan QR.
  • Transfer ke rekening bank lain dalam jaringan ATM Bersama dikenai biaya Rp 6.500 per transaksi.
  • Gratis isi ulang paket data prabayar untuk Indosat Ooreedoo dan XL.
  • Isi ulang pulsa prabayar untuk Indosat Ooreedoo, Telkomsel, dan XL, serta paket data Telkomsel, diberlakukan biaya Rp 1.500 per transaksi.
  • Top up e-wallet GoPay, OVO, Doku, IPAYMU, Astrapay, Mbayar, Gudang Voucher, dikenai biaya Rp 1.000 per transaksi.
  • Top up LinkAja dan e-wallet lainnya dibebani biaya Rp 6.500 per transaksi.
  • Biaya admin untuk pembayaran listrik PLN adalah Rp 3.500 per transaksi, BPJS Kesehatan Rp 2.500 per transaksi, perpajakan Rp 5.000 per transaksi, internet Rp 2.500 per transaksi, donasi/zakat/infaq/wakaf Rp 2.000 per transaksi, dan kartu kredit Rp 1.500 per transaksi.

Sedangkan limit atau batasan transaksi Rekening Ponsel adalah:

  • Saldo maksimal untuk akun Partial (belum teregistrasi) adalah Rp 2 juta, sedangkan untuk akun Full Registered Rp 20 juta.
  • Maksimal dana masuk per bulan untuk akun Partial adalah Rp 20 juta dan akun Full Registered Rp 40 juta.
  • Maksimal dana keluar per bulan untuk akun Partial adalah Rp 20 juta dan akun Full Registered Rp 40 juta.

Cara Daftar Rekening Ponsel by OCTO Mobile

CIMB Niaga memberi dua opsi bagi calon pengguna yang ingin mendaftarkan dirinya di Rekening Ponsel. Yang pertama adalah pendaftaran secara langsung ke kantor cabang CIMB Niaga, yang kedua adalah pendaftaran online melalui aplikasi OCTO Mobile. Berikut penjelasan lengkapnya.

Pendaftaran offline

Jika Anda ingin mendaftar Rekening Ponsel secara tatap muka, Anda dapat berkunjung ke cabang CIMB Niaga terdekat dengan membawa KTP yang masih berlaku. Selanjutnya proses pendaftaran dilakukan melalui Customer Service (CS) seperti pembukaan rekening pada umumnya.

Pendaftaran online

Untuk pendaftaran Rekening Ponsel yang dapat dilakukan dari mana saja, ikuti langkah berikut.

  1. Unduh aplikasi OCTO Mobile dari Play Store atau App Store. Anda juga bisa menghubungi langsung melalui kode USSD *141*8# pada aplikasi panggilan di smartphone Anda.
  2. Buka aplikasi setelah proses pemasangan selesai.
  3. Pada laman pertama OCTO Mobile, klik ‘Buka Rekening Pertama Saya’, lalu pilih ‘Rekening Ponsel’.
  4. Akan muncul syarat ketentuan yang perlu Anda setujui sebelum membuka rekening.
  5. Isi formulir pendaftaran, kemudian klik ‘Lanjut’.
  6. Anda akan diarahkan untuk membuat user ID dan PIN OCTO Mobile.
  7. Masukkan alamat email aktif dan nomor ponsel. Harap berhati-hati saat memasukkan nomor ponsel karena ini adalah “nomor rekening” Anda di Rekening Ponsel. Satu nomor HP hanya dapat didaftarkan untuk satu akun Rekening Ponsel.
  8. Setelah mengisi semua data, klik ‘Buat Rekening’.
  9. Anda akan menerima kode verifikasi melalui SMS pada nomor HP terdaftar. Masukkan kode ini ke aplikasi, lalu tekan ‘Lanjut’.
  10. Tunggu hingga muncul pemberitahuan bahwa Rekening Ponsel Anda telah aktif.

Jenis Akun dan Cara Upgrade Akun Rekening Ponsel

Setelah mendaftar di Rekening Ponsel, secara default Anda akan mendapatkan akun level Partial. Akun ini sudah dapat Anda gunakan untuk berbelanja baik online maupun offline. Namun, untuk menikmati keseluruhan fitur, Anda harus meng-upgrade akun menjadi Full Registered terlebih dahulu.

Ini adalah perbedaan layanan antara akun Partial dan Full Registered:

  • Saldo maksimal akun Partial adalah Rp 2 juta, sedangkan Full Registered Rp 20 juta.
  • Dana masuk dan keluar untuk akun Partial masing-masing adalah Rp 20 juta per bulan, sedangkan untuk Full Registered Rp 40 juta per bulan.
  • Akun Partial bisa digunakan untuk transfer ke rekening sendiri dan bank lain, berbelanja online dan offline, membayar tagihan dasar seperti listrik dan internet, serta mengisi ulang pulsa.
  • Akun Full Registered selain juga menikmati semua fitur di atas, masih ditambah fitur khusus yang hanya bisa diakses setelah akun di-upgrade, yaitu transfer ke rekening ponsel lain dan rekening CIMB Niaga, transaksi dengan QR, top up e-wallet, dan berdonasi di lembaga-lembaga amal.

Untuk meng-upgrade akun Anda dari Partial ke Full Registered, langkah yang perlu dilakukan:

  1. Buka aplikasi OCTO Mobile, akses ke fitur Rekening Ponsel lalu klik ‘Upgrade Sekarang’.
  2. Ambil foto KTP dengan kamera smartphone Anda yang telah tersambung ke aplikasi.
  3. Unggah foto selfie sambil memegang KTP.
  4. Pastikan informasi yang muncul sesuai dengan data Anda di kartu identitas.
  5. Masukkan nama ibu kandung, lalu klik ‘Submit’.
  6. Tunggu pihak CIMB Niaga memverifikasi data Anda. Pemberitahuan akan dikirim ke aplikasi jika upgrade Anda berhasil.

Cara Bertransaksi Menggunakan Rekening Ponsel

Cara top up saldo Rekening Ponsel

Untuk mengisi saldo di akun Rekening Ponsel Anda, ada beberapa cara yang bisa dipilih, antara lain melalui teller CIMB Niaga, mesin setor tunai ATM CIMB Niaga, transfer antarbank, dan top up di Indomaret atau Alfamart (khusus kelipatan saldo Rp 20 ribu, Rp 50 ribu, Rp 250 ribu, dan Rp 500 ribu).

Berikut ini cara top up saldo melalui transfer dari rekening bank lain melalui ATM:

  1. Masukkan kartu ATM dan PIN, pilih menu Transfer.
  2. Pilih transfer ke rekening bank lain.
  3. Masukkan kode bank CIMB Niaga (022) diikuti nomor rekening. Untuk transfer ke Rekening Ponsel, maka yang diinput adalah 022 + nomor HP terdaftar.
  4. Masukkan nominal yang akan ditransfer.
  5. Akan muncul konfirmasi berupa nomor Rekening Ponsel tujuan, nama penerima, dan nominal transfer. Jika sudah betul, tekan tombol Benar.

Cara pembayaran offline menggunakan Rekening Ponsel

Membuat kupon baru dengan memasukkan nominal yang ingin diisi.
Proses pembuatan kupon.

Membayar belanja offline dengan Rekening Ponsel dapat dilakukan dengan dua cara:

  • Cukup sebutkan nomor HP terdaftar Anda pada kasir saat akan melakukan pembayaran. Kasir pada merchant yang bekerja sama dengan CIMB Niaga akan membuatkan tagihan melalui mesin EDC, kemudian Anda tinggal memasukkan PIN ke alat pembayaran elektronik tersebut.
  • Buat kupon melalui aplikasi OCTO Mobile atau kirim ke 1418. Untuk membuat kupon, cukup ketik “Kupon(jumlah saldo kupon yang akan dibuat)”, misalnya Kupon200000 untuk membuat kupon senilai Rp 200.000.

Setelah kupon dibuat, sebutkan nomor kupon kepada kasir saat melakukan pembayaran, dan kasir akan memproses transaksi. Jika nilai kupon lebih tinggi dari nominal belanja, maka selisihnya akan langsung kembali sebagai saldo Rekening Ponsel.

Cara pembayaran online menggunakan Rekening Ponsel

Berikut ini cara membayar belanjaan online pada marketplace Bukalapak menggunakan Rekening Ponsel:

  1. Checkout barang yang ingin Anda beli pada aplikasi Bukalapak.
  2. Pada pilihan pembayaran, klik opsi CIMB Clicks/Rekening Ponsel/QR Go Mobile, lalu tekan Bayar.
  3. Anda akan diarahkan ke laman pilihan pembayaran CIMB. Klik Rekening Ponsel.
  4. Masukkan nomor HP terdaftar.
  5. Input PIN Rekening Ponsel Anda, lalu klik Bayar.

Cara tarik tunai saldo Rekening Ponsel melalui ATM

  1. Pada ATM CIMB Niaga, pilih Rekening Ponsel yang ada di pojok kanan bawah.
  2. Masukkan nomor HP Anda, tekan OK atau Enter.
  3. Masukkan PIN Rekening Ponsel Anda.
  4. Anda akan menerima SMS berisi empat digit passcode. Masukkan passcode ini ke ATM.
  5. Masukkan nominal saldo yang ingin Anda tarik.
  6. Silakan tunggu sampai uang dan struk keluar.

Kelebihan Rekening Ponsel by OCTO Mobile

Keuntungan yang Anda dapat dengan menggunakan Rekening Ponsel antara lain:

1. Bebas biaya bulanan

Rekening Ponsel tidak memberlakukan biaya admin bulanan, Anda bisa menikmati fasilitas dompet digital ini tanpa khawatir saldo terpotong tiap bulannya.

2. Seluruh saldo bisa digunakan/ditarik

Tidak ada minimum saldo pada Rekening Ponsel, Anda bisa menggunakan seluruh uang Anda untuk berbelanja atau ditarik tunai.

3. Bisa dipakai non-nasabah CIMB Niaga

Tidak seperti OCTO Mobile yang menaungi nasabah CIMB Niaga di ranah digital, Rekening Ponsel sepenuhnya bebas dipakai siapa saja. Memang Anda perlu memasang OCTO Mobile pada perangkat Anda, namun tidak wajib tergabung sebagai nasabah CIMB Niaga.

4. Banyak promo untuk transaksi pembelian

Merchant-merchant offline yang bekerja sama dengan CIMB Niaga kerap memberi diskon atau cashback menarik untuk pelanggan yang berbelanja menggunakan Rekening Ponsel. Untuk merchant online, promo banyak dijumpai pada pembelian tiket transportasi dan hiburan.

Kekurangan Rekening Ponsel by OCTO Mobile

1. Merchant dan kanal pembayaran terbatas

Merchant online dan offline yang bekerja sama dengan CIMB Niaga masih terbatas. Belum semua marketplace menerima metode pembayaran dengan Rekening Ponsel. Merchant kecil seperti pelaku UMKM juga belum banyak yang digandeng.

2. Fitur disalip e-wallet lain

Sekalipun memegang status sebagai pionir, namun fitur-fitur yang disematkan pada Rekening Ponsel masih tergolong standar dibanding dompet-dompet digital lain yang muncul belakangan. Belum ada fitur Split Bill seperti yang dijumpai di DANA atau fasilitas pembayaran pembelian BBM di SPBU.

Fitur yang ada di Rekening Ponsel juga banyak ditemui di aplikasi bank online lain, sehingga membuatnya tidak memiliki fitur unik.

Secara umum, Rekening Ponsel cukup layak digunakan sebagai alat pembayaran elektronik Anda. Ekosistem yang ditopang oleh jaringan besar CIMB Niaga tentu membuat Rekening Ponsel bisa diterima sebagai alat pembayaran di banyak tempat.

Demikian review Rekening Ponsel by OCTO Mobile CIMB Niaga, semoga bermanfaat.

nv-author-image

Melvern Pradana

Melvern Pradana adalah seorang investor yang aktif menanam modal di pasar saham, cryptocurrency, P2P lending, dan reksa dana. Idolanya adalah Warren Buffett dan Peter Thiel.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.