Lompat ke konten

Review Traveloka PayLater: Mengulik Kelebihan dan Kekurangan

Pengalaman pemakaian Traveloka PayLater

Sebagai aplikasi yang identik dengan layanan booking hotel dan tiket pesawat, terdapat juga layanan Traveloka PayLater menawarkan layanan pembayaran lain. Berikut review Traveloka PayLater berdasarkan pengalaman memakai selama lebih dari setahun.

Apa Itu Traveloka PayLater

Traveloka PayLater adalah layanan keuangan yang merupakan hasil kerjasama antara Caturnusa Sejahtera Finance (CSF) dengan Traveloka. Layanan ini kemudian memungkinkan para pengguna Traveloka untuk mengajukan kredit tanpa kartu kredit.

Pengguna bisa mengakses layanan PayLater standar ataupun PayLater Virtual Number yang mirip kartu kredit digital.

Fitur Traveloka PayLater

1. Aspek Keamanan

Bekerja sama dengan CSF, fitur Traveloka Paylater yang mulai dihadirkan mulai tahun 2018 ini bisa dikatakan aman karena perusahaan tersebut telah terdaftar di Otoritas Jasa Keuangan IOJK). Aspek keamanan juga ditunjang dengan adanya mekanisme one-time-protection pada setiap kali transaksi yang dilakukan pengguna. Selain itu, aspek kepercayaan terkait keamanan juga didukung oleh Pasar Dana Pinjaman (Danamas).

Traveloka PayLater card
Traveloka PayLater card yang bisa dimiliki pengguna.

Melalui layanan ini, pengguna bisa mengakses Paylater yang terbagi ke dalam 2 macam yaitu produk Traveloka Paylater dan Paylater Card. Kedua produk ini dihadirkan untuk tujuan penggunaan yang berbeda pula. Untuk Traveloka PayLater Card, layanan kartu kredit dari Traveloka ini merupakan hasil dari kerja sama dengan Bank BRI.

Pengaturan PayLater Card di Traveloka
Pengaturan PayLater card.

2. Fungsionalitas

Tentu saja fungsi utama dari layanan ini adalah untuk melakukan kredit untuk transaksi tertentu, yang di antaranya ada di dalam Traveloka itu sendiri. Cakupan layanan pembayaran yang bisa dilakukan pengguna Traveloka ini di antaranya adalah;

  • Reservasi kamar hotel, restoran dan bioskop
  • Tiket pesawat, tiket kereta api, tiket atraksi dan aktivitas, tiket bus dan shuttle
  • Rental mobil, transportasi bandara, kereta bandara
  • Tagihan BPJS kesehatan, tagihan listrik (PLN), tagihan Telkom (landline dan IndiHome), tagihan TV kabel (MNC Vision, TransVision, K-Vision, dan Topaz TV)
  • Pulsa pascabayar (Kartu Halo, XL Prioritas dan Indosat Pascabayar)
  • Asuransi (ACA dan Tokio Marine)

Jadi bisa dikatakan bahwa mayoritas layanan di Traveloka dapat dibayar melalui PayLater. Ya, mulai dari booking hotel hingga membeli tiket masuk ke tempat-tempat wisata bisa dibayar melalui fitur PayLater Traveloka.

Daftar transaksi penggunaan
Daftar transaksi bisa diakses di aplikasi Traveloka PayLater.

Untuk layanan yang belum atau memang tidak dapat dibayar melalui PayLater, pulsa prabayar atau tagihan lainnya, kemungkinan akan lebih ideal jika dilakukan melalui Top-Up Traveloka Pay.

3. Biaya

Layanan ini mungkin bisa dikatakan menawarkan cicilan online tanpa mengenakan biaya tahunan yang bisa menarik minat calon pengguna. Selain itu, calon pengguna juga bisa mempertimbangkan opsi cicilan tanpa uang muka. Pengguna juga bisa memanfaatkan momen promo untuk mendapatkan diskon maupun potongan cicilan.

Layanan Traveloka PayLater menerapkan bunga flat per bulannya di kisaran 2,14% hingga 5% yang berlaku untuk pinjaman maksimal 12 bulan. Besaran suku bunga antar pengguna bisa saja berbeda sesuai dengan syarat dan ketentuan penyedia layanan. Sementara untuk Traveloka PayLater Card, dikenakan bunga sebesar 2,25% yang ditagihkan berikutnya. 

Denda Traveloka Paylater bisa dikatakan cukup besar, yaitu sebesar 5% dari nilai cicilan yang belum dibayar. Sementara untuk Paylater Card, besaran denda dihitung sebesar 1% dari total tagihan namun nilai maksimalnya terbatas sebesar Rp 100.000.  

4. Jangka waktu pembayaran

Seperti halnya layanan PayLater lainnya saat ini, Traveloka juga memberikan pilihan jangka waktu yang dapat dipilih oleh penggunanya. Jangka waktu yang bisa dipilih ada di kisaran 1 bulan sampai 12 bulan. Dengan pilihan seperti ini, tentunya pengguna akan lebih dimudahkan untuk membayar sesuai dengan budgeting yang mereka tentukan.

Kelebihan Traveloka PayLater

Sebagai salah satu layanan PayLater yang diperkenalkan oleh salah satu aplikasi populer, tak heran jika Traveloka PayLater menawarkan kelebihan menarik untuk dipertimbangkan para calon pengguna. Nah, beberapa kelebihan yang mungkin bisa dirasakan pengguna antara lain:

1. Proses verifikasi mudah dan cepat

Bila dibanding dengan layanan PayLater lain, bisa dikatakan layanan ini menawarkan proses verifikasi yang mudah dan cepat. Tentu saja selama calon pengguna sudah menyiapkan apa-apa saja yang dibutuhkan, meliputi data diri (KTP, foto diri, dan kontak keluarga yang bisa dihubungi).

Dari pengalaman kami melakukan verifiaksi, waktu yang dibutuhkan untuk verifikasi selesai dalam 1 hari. Jika pun ditolak, Anda juga tidak akan menunggu terlalu lama.

Tak jauh berbeda dengan pendaftaran layanan PayLater lainnya, data yang dibutuhkan memang tak jauh berbeda. Hanya saja, pastikan bahwa kontak keluarga yang dicantumkan tersebut dalam kondisi siap dihubungi. Kemudahan dan kecepatan dalam verifikasi ini memungkinkan layanan ini untuk diandalkan dalam kondisi terdesak sekalipun.

2. Mekanisme pembayaran mudah

Untuk membayar tagihan bulanan atau cicilan, pengguna layanan PayLater ini juga akan dimudahkan oleh pilihan yang disediakan oleh Traveloka. Pembayaran bisa dilakukan tanpa memerlukan kartu kredit. Pilihan pembayaran yang tersedia adalah melalui transfer bank serta menggunakan opsi virtual account (VA) BCA.

Untuk mencegah pengguna lupa melakukan pembayaran tagihan, aplikasi Traveloka dapat diatur untuk mengirimkan notifikasi kepada pengguna. Pengingat yang dikirimkan sebelum tenggat pembayaran tersebut (mulai hitungan hari sebelum hingga jam sebelum) tersebut bisa berupa email dan SMS. Dengan begitu, pengguna bisa terhindar dari segala risiko akibat telat bayar.

Tampilan pembayaran tagihan
Tampilan pembayaran tagihan.

Berdasarkan pengalaman pemakaian, pembayaran tagihan di Traveloka PayLater sangat mudah. Antarmuka  yang ada di aplikasi sangat sederhana dan mudah digunakan untuk menyelesaikan pembayaran.

3. Bunga yang relatif ringan

Besaran bunga yang dibebankan kepada pengguna akan disesuaikan berdasarkan limit yang digunakan dan lamanya cicilan yang dipilih. Namun dengan kisaran antara 2,14% hingga 5% per bulan, kami sangat puas dengan bunga yang ditetapkan Traveloka PayLater. Tentunya pengguna tidak bisa mengesampingkan syarat dan ketentuan berlaku untuk bisa menggunakan layanan ini.

4. Limit yang terbilang tinggi

Jika dibanding dengan layanan sejenis saat ini, maka layanan Traveloka PayLater ini menawarkan limit yang nominalnya bisa paling tinggi. Untuk pendaftaran pertama kali, rata-rata Traveloka menawarkan limit antara Rp 2 juta hingga Rp 10 juta. Tetap saja, penawaran limit ini bisa dikatakan sangat menarik bagi sebagian besar pengguna saat ini.

Halaman utama aplikasi, menampilkan limit yang tersedia
Pada halaman utama, Anda bisa melihat limit penggunaan yang tersisa.

Skema penawaran limit sendiri terbagi ke dalam 2, yaitu limit awal yang ditentukan pada saat pengguna melakukan pengajuan dan limit maksimal, yaitu nominal maksimal yang bisa didapatkan pengguna. Limit awal bisa mencapai Rp 10 juta, sedangkan limit maksimal bisa mencapai Rp 50 juta.

Dibanding PayLater Gojek, limit dari Traveloka PayLater bernilai lebih tinggi, yaitu 3 juta versus 50 juta. Nilai ini juga lebih tinggi dari Shopee PayLater.

5. Masa cicilan yang panjang

Kelebihan selanjutnya ada di pilihan masa cicilan yang juga lebih panjang dibanding dengan layanan sejenis. Kebanyakan layanan PayLater saat ini tidak bisa melakukan pembayaran lebih dari 1 bulan. Namun Traveloka menawarkan pilihan tenor mulai dari 1 hingga 12 bulan.  

Kekurangan Traveloka PayLater

Meskipun memiliki banyak kelebihan yang bisa menarik banyak calon pengguna baru, kami menemukan Traveloka PayLater masih memiliki beberapa kekurangan. Nah, beberapa hal yang juga perlu untuk dipertimbangkan oleh calon pengguna antara lain:

1. Fungsi yang terbatas dalam aplikasi saja

Harus diakui bahwa layanan Traveloka saat ini memang semakin berkembang dan meluas ke berbagai aspek lainnya. Namun demikian, tetap saja untuk saat ini pengguna Traveloka PayLater hanya bisa menggunakan fasilitas tersebut untuk transaksi di aplikasi Traveloka saja. Jadi, meskipun layanannya dapat diandalkan, namun aspek penggunaannya bisa saja terbatas pada apa yang ada dalam aplikasi saja.

Dalam hal ini, Traveloka PayLater masih kalah dengan PayLater Gojek yang bisa digunakan di aplikasi lain seperti Tokopedia.

2. Adanya batasan transaksi

Ternyata PayLater ini juga dikenai batasan syarat dan ketentuan yang menyangkut nominalnya. Pengguna hanya bisa menggunakan PayLater jika transaksinya bernilai di atas Rp 50.000, kurang dari itu tidak bisa. Selain itu, opsi cicilan dengan tempo yang lebih panjang hingga beberapa bulan hanya berlaku untuk transaksi dengan nilai di atas Rp 500.000.

Kesimpulan

Menurut penilaian kami, Traveloka PayLater adalah salah satu layanan PayLater terbaik di Indonesia saat ini. Fitur yang ditawarkan sangat lengkap dengan kemudahan pemakaian bagi pengguna.

Dengan karakteristik, kelebihan dan kekurangannya tersebut, bukan tidak mungkin layanan pembayaran ini akan terus berkembang dengan lebih baik sehingga segala keterbatasannya dapat dikompensasi dengan hal lainnya di kemudian hari.   

nv-author-image

Pratomo Eryanto

Pratomo Eryanto memiliki motto "Investasi tidak harus membosankan". Sebagai penggiat dunia pasar saham, Pratomo memiliki misi meningkatkan literasi finansial masyarakat Indonesia.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.