Lompat ke konten
Daftar Isi

Syarat Pinjaman KUR Mandiri dan Cara Mengajukannya

KUR Mandiri

Bagi Anda yang memiliki usaha, tentu salah satu hal yang harus dilakukan adalah mengembangkan usaha dan terus melakukan berbagai inovasi. Namun, tentunya tidak semua pengusaha memiliki tambahan modal untuk melakukan hal tersebut. Apalagi usaha mikro kecil menengah yang masih dalam tahap merintis, masalah modal jadi hal yang sulit didapatkan.

Eits, tetapi sekarang para pebisnis tidak lagi perlu khawatir. Sebab pemerintah melalui lembaga penyalurnya sudah memberikan sokongan berupa pinjaman dana yang bisa digunakan untuk melakukan inovasi dan pengembangan sehingga meningkatkan perekonomian masyarakat Indonesia. 

Salah satu lembaga yang dapat menyalurkan pinjaman usaha adalah bank. Anda bisa mengajukan pinjaman Kredit Usaha Rakyat di bank Mandiri lho. Penasaran bagaimana syarat, cara mengajukan pinjaman KUR, dan tips mengajukannya. Simak berikut ini!

Syarat Pinjaman KUR Mandiri 

Untuk diketahui Bank Mandiri membuka kesempatan sebesar-besarnya pebisnis dan pemilik UMKM memperoleh pinjaman dana. KUR yang diberikan oleh Mandiri memiliki suku bunga sebesar 6 % efektif p.a. Suku bunga ini sangat terjangkau untuk pinjaman yang produktif. 

Namun untuk mendapatkannya, Anda perlu memenuhi syarat dan ketentuan berlaku. Berikut syarat dan ketentuan pinjaman KUR Mandiri yang harus Anda tahu. Simak selengkapnya berikut ini!

Syarat umum 

Syarat umum untuk mengajukan Kredit Usaha Rakyat (KUR) Mandiri adalah:

  1. Usia minimal calon debitur adalah 21 tahun atau bisa juga apabila sudah menikah, sedangkan untuk calon debitur penempatan TKI minimal usianya adalah 18 tahun dengan catatan menyerahkan surat izin dari orang tua sebagai pekerja di luar negeri.
  2. Debitur yang mengajukan pinjaman KUR wajib memiliki usaha produktif 
  3. Diperbolehkan memiliki kredit atau pembiayaan lain yang digunakan untuk diri pribadi, seperti KPR, kredit motor dan masih banyak lagi
  4. Tidak memiliki hutang Kredit Usaha Rakyat di bank lain

Ketentuan jenis kredit 

Untuk diketahui, ketentuan jenis kredit Mandiri dibagi menjadi 3 jenis. Berikut jenis kredit KUR Mandiri:

  • KUR Super Mikro, merupakan pinjaman yang diberikan pada usaha kecil dengan limit pinjaman maksimal 10 juta dan jangka waktu Kredit Modal Kerja (KMK) selama 3 tahun, sedangkan Kredit Investasi (KI) selama 5 tahun. 
  • KUR Mikro, diperuntukkan untuk usaha yang lebih besar skalanya. Pinjaman KUR Mikro diberikan dari nominal 10 juta hingga 50 juta. Untuk jangka waktu kredit KMK adalah 3 tahun dan KI 5 tahun.
  • KUR Kecil, adalah pinjaman yang diberikan dengan limit mulai 50 juta hingga 500 juta. Sedangkan tenor pinjaman KMK 4 tahun dan KI 5 tahun. 

Persyaratan dokumen yang dibutuhkan

Saat mengajukan kredit ada persyaratan dokumen yang harus disiapkan. Apa saja? Simak berikut ini!

  • Fotokopi identitas seperti Kartu Tanda Penduduk (KTP), Kartu Keluarga (KK), dan surat nikah atau surat cerai 
  • Pas foto terbaru calon pemohon pengajuan 
  • Aplikasi untuk permohonan kredit 
  • Bukti Surat Izin Usaha Mikro dan Kecil (IUMK), surat keterangan domisili usaha dan surat keterangan usaha lainnya yang setara
  • Apabila pinjaman plafon kredit lebih dari 50 juta, maka wajib menyertakan Nomor Pokok Wajib Pajak (NPWP)

Cara Mengajukan Pinjaman KUR Mandiri 

Setelah mengetahui mengenai informasi lebih lanjut Kredit Usaha Rakyat Mandiri, maka saatnya mengetahui cara mengajukannya. Berikut cara mengajukan pinjaman KUR Mandiri secara lengkap, simak berikut ini!

  1. Pemohon bisa langsung datang ke kantor Mandiri terdekat, tentunya sebelumnya telah memenuhi persyaratan umum dan membawa persyaratan berkas. 
  2. Sesampainya di sana, Anda akan bertemu dengan satpam dan ditanyai mengenai kepentingan yang akan dilakukan, sampaikan saja hendak mengajukan permohonan pinjaman KUR. Anda akan diarahkan oleh satpam untuk mengambil nomor antrean, tunggu beberapa saat hingga nomor antrean Anda dipanggil.
  3. Saat nomor sudah dipanggil, sampaikan niat Anda pada customer service atau petugas bank Mandiri. Anda akan diminta mengisi formulir terlebih dahulu. Sambil menyerahkan persyaratan dokumen yang dibutuhkan.
  4. Jika Anda memilih pinjaman KUR yang menggunakan jaminan, maka sekalian serahkan jaminan yang sudah dipersiapkan. 
  5. Setelah proses administrasi selesai, pihak bank akan menjadwalkan untuk melakukan survey pada usaha Anda.
  6. Usaha atau bisnis disurvei pihak bank sekaligus wawancara mengenai usaha yang sudah dibangun. 
  7. Semua data dan hasil survey dijadikan pertimbangan pihak bank mencairkan pinjaman KUR. Proses persetujuan biasanya sekitar 3 hingga 7 hari di jam kerja. Baru setelahnya, Anda bisa melakukan pencairan. 

Tips Mengajukan Pinjaman KUR Mandiri 

Terakhir, tips yang harus dilakukan supaya pengajuan pinjaman disetujui oleh pihak bank Mandiri bisa diperhatikan di bawah ini!

Pastikan tidak ada kredit usaha di bank lain

Salah satu persyaratan wajib yang harus dipenuhi ketika mengajukan pinjaman KUR Mandiri adalah Anda tidak boleh punya kredit usaha di bank lain. Ini harus dipatuhi, sebab setiap bank bisa mengecek nasabahnya dan riwayat pinjaman. Jika masih ada pinjaman yang tersisa, pihak Mandiri akan mempertimbangkan lagi untuk mencairkan dana Anda. 

Terbebas dari catatan kriminal

Selanjutnya, salah satu tips lain supaya pengajuan diterima adalah Anda harus memiliki riwayat berkelakuan baik. Artinya tidak pernah melakukan catatan kriminal yang tercatat dan membuat Anda masuk ke dalam jeruji besi.

Sebab hal ini akan menurunkan nilai dan kredibilitas Anda sebagai debitur. Kepercayaan bank kepada Anda menjadi lebih kecil. Waspadai hal ini supaya bisa mencairkan dana pinjaman untuk pengembangan usaha.

 Omzet usaha melebihi angsuran pinjaman

Terakhir, selain memenuhi persyaratan yang ada dan memenuhi ketentuan berlaku, Anda juga harus memastikan bahwa omset bulanan yang diterima melebihi jumlah angsuran yang harus dibayarkan. 

Secara logika, pihak bank pasti akan memikirkan apakah Anda mampu untuk membayar angsuran setiap bulannya, supaya tidak ada kredit macet atau gagal bayar. Jadi mengurangi risiko tersebut dengan memastikan omzet bulanan melebihi angsuran pembayaran setiap bulannya. 

Selain itu, dengan omzet yang lebih besar dari angsuran artinya Anda terus bisa mengembangkan usaha yang dipegang, dan kelangsungan usaha masih baik. Tentu ini akan jadi penilaian yang baik dari pihak bank untuk terus memberikan Anda pinjaman untuk pengembangan usaha hingga menjadi perusahaan besar yang mempekerjakan banyak karyawan dan memajukan perekonomian masyarakat sekaligus Indonesia. 

Nah, berikut di atas merupakan cara mengajukan KUR Mandiri beserta syarat dan informasi lainnya. Anda sebagai pebisnis harus memanfaatkan peluang ini dengan baik untuk mengambangkan usaha. 

Sebab usaha yang tanpa ada inovasi dan kreativitas di dalamnya, tentu akan lebih mudah tergerus oleh persaingan dunia pemasaran yang semakin ketat, di mana saat ini semua orang berlomba-lomba untuk melakukan strategi iklan terbaik dan branding untuk menjual produknya. Jadi Anda juga harus ikut dalam persaingan tersebut, dengan menyiapkan bisnis terbaik Anda untuk konsumen sehingga usaha bisa terus berjalan. Selamat mencoba!

nv-author-image

Clean Qurrota Ayun

Clean Qurrota A'yun adalah mahasiswa Ekonomi di UPN Veteran Yogyakarta yang senang menulis topik-topik seputar literasi finansial.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *