Apa itu Airdrop Crypto dan Cara Mendapatkannya

Mengenal Airdrop pada Crypto

Salah satu cara untuk mendapatkan crypto tanpa membayar adalah melalui berburu coin airdrop. Tak sedikit pemula pencari gratisan yang mengawali langkahnya dengan mencari airdrop lalu mengumpulkan koin sedikit demi sedikit. Nah, airdrop di dunia kripto sendiri dikenal sebagai salah satu sarana bagi pengembang project blockchain untuk memperkenalkan dan mendistribusikan produk kripto mereka.

Apa itu Airdrop Crypto

Airdrop crypto adalah pemberian cryptocurrency secara cuma-cuma kepada sejumlah orang atau anggota komunitas pengguna namun disertai syarat dan ketentuan dari pihak developer. Sejumlah kecil mata uang virtual akan dikirim ke dompet digital jika penerima melakukan hal yang diminta oleh pengembang proyek.

Manfaat Airdrop bagi Pengguna dan Perusahaan Crypto

Beberapa manfaat airdrop antara lain:

1. Token kripto gratisan   

Dari penjelasan di atas, airdrop bisa disebut sebagai upah atas suatu tindakan yang dilakukan, misalnya me-retweet unggahan perusahaan yang merilis kripto. Kemudahannya membuat metode ini bisa menjadi salah satu cara main crypto yang mudah dilakukan.

Upah yang diterimakan ini umumnya berupa token berbasis blockchain seperti Bitcoin, Ethereum, TRON, ENS, atau yang lain. Inilah alasannya mengapa berburu airdrop bisa dikatakan sebagai aktivitas menjanjikan bagi pemula dengan keterbatasan modal.

Airdrop juga bisa didapat melalui game yang menghasilkan crypto, dimana pemain bisa mendapat hadiah berupa coin jika menyelesaikan tugas yang diberikan dalam permainan.

2. Strategi pemasaran yang efisien

Di lain sisi, bagi pihak perusahaan atau pengembang, airdrop juga bisa menjadi strategi pemasaran. Mengadakan event airdrop bisa menjadi cara efisien untuk menggaet pengguna produk yang dirilis. Perusahaan dapat mempromosikan produk mereka dengan biaya yang lebih murah dengan cara mendistribusikan kripto gratis melalui airdrop.

3. Efektif sebagai promosi

Tak hanya efisien, cara ini juga menjadi cara promosi yang efektif karena secara tidak langsung, event airdrop yang dilakukan tersebut kemudian membentuk suatu komunitas pengguna produk kripto perusahaan tersebut.

Lebih lagi, para pegiat airdrop yang jadi peserta event airdrop tersebut juga ikut membantu aktifitas promosi yang sedang dilakukan perusahaan. Hasilnya, upaya untuk meningkatkan awereness, eksistensi dan proses adopsi dari aset kripto rilisan perusahaan tersebut menjadi lebih mudah.  

Jika dilihat lagi, baik antara pemburu airdrop maupun perusahaan, keduanya sama-sama diuntungkan dari kegiatan airdrop ini. Tak mengherankan jika kini semakin banyak perusahaan yang ikut melakukan teknik marketing ini dalam mengenalkan kripto mereka. Sementara kriptokurensi pertama yang dibagikan melalui airdrop ini adalah Auroracoin (AUR) di mana setengah dari total ketersediaan dibagikan pada warga Islandia yang bersedia memasukkan data kependudukannya.

Risiko di Balik Airdrop

Ternyata tak semua hal gratis itu tidak ada ada bayarannya. Nyatanya, airdrop pun juga memiliki risikonya sendiri yang harus dibayar jika Anda sebagai pemburu airdrop lengah.

Hal yang perlu untuk selalu diingat oleh para pemburu adalah, airdrop kripto yang legit tidak akan mengejar penanaman modal untuk kriptokurensinya. Ingat juga bahwa, tujuan utama dari event airdrop adalah promosi, bukan meminta Anda menjadi investor.

Risiko yang perlu dipertimbangkan bagi pengejar airdrop di antaranya:

1. Tak selalu menjanjikan

Meskipun yang diminta perusahaan atau developer dibilang sebagai hal yang receh, Anda tetap harus menghargai apa yang sudah Anda alokasikan untuk melakoninya. Terlebih fakta bahwa tak ada jaminan bahwa kripto baru yang jadi sasaran airdrop bakal bernilai mahal saat dijual. Bagaimanapun, ia tetap terikat pada faktor yang mempengaruhi harga kripto lain pada umumnya.

2. Bisa jadi hanyalah skema pump-and-dump belaka

Risiko lain yang juga perlu diwaspadai adalah, bisa saja event airdrop dari sebuah perusahaan hanyalah skema penggelembungan harga shitcoin belaka. Dengan jumlah pengguna yang seakan banyak, maka developer crypto jelek yang licik pun bisa mendapatkan keuntungan signifikan dengan cepat.   

3. Rawan scam

Bagi para pemain kripto berpengalaman, tentunya gerak-gerik mencurigakan bisa diketahui sejak awal. Namun bagi pemula, airdrop yang berisi scam masih menjadi ancaman serius. Penipuan berkedok airdrop sendiri biasanya menjanjikan keuntungan yang terlalu menarik dengan cara yang juga terlalu mudah.

Jenis-jenis Airdrop

Meskipun terkesan sederhana, nyatanya airdrop bisa dibedakan menjadi beberapa macam. Pembedaan ini berdasar cara mendapatkan hadiah atau tugas yang harus dilakukan oleh pemburu, antara lain

1. Standard

Airdrop jenis standard adalah yang paling umum dengan tingkat kesulitan tugas yang paling rendah. Untuk mendapatkan hadiah, peserta airdrop ini diminta untuk mendaftar dan belangganan newsletter dari situs perusahaan atau pengembang airdrop. Dengan kata lain, Anda hanya perlu menyiapkan nama dan alamat email untuk ikut.

2. Bounty

Tingkat selanjutnya juga terbilang tak terlalu sulit untuk diikuti, di mana peserta hanya perlu menggunakan akun media sosial mereka. Untuk mendapatkan hadiah, peserta dengan akun media sosial, Twitter biasanya, bisa melakukan tweet link dari situs perusahaan atau developer penyedia airdrop. Sederhana bukan?

3. Holder

Airdop berjenis holder meminta peserta untuk ikut ambil bagian dengan cara membeli aset kripto dalam jumlah spesifik kemudian menyimpannya ke wallet mereka. Anda bisa mendapatkan hadiah berdasar rasio atau persentase tertentu sesuai dengan pembelian aset. Tentunya besaran hadiah akan disesuaikan dengan syarat dan ketentuan yang diberikan.

4. Exclusive

Airdrop exclusive biasanya dijalankan oleh sebuah situs atau media sosial yang memiliki followers signifikan. Tak ada salahnya jika Anda mengikuti akun resmi atau situs web favorit jika memang mereka memberikan manfaat bagi Anda. Sebagai bonus, Anda pun bisa mendapatkan hadiah berupa koin, token dan berbagai macam barang menarik lainnya.

Cara Mendapatkan Airdrop

Anda bisa memilih airdrop jenis mana yang layak Anda ikuti sesuai dengan preferensi, mengingat tak semua orang rela melakoni tugas-tugas yang bisa saja berisiko di atas.

Terdapat dua cara mendapatkan airdrop:

1. Promosional

Melakukan tugas ringan sesuai yang disyaratkan oleh penyedia, yang tujuan utamanya adalah mempromosikan aset digital baru. Jadi yang mungkin perlu Anda lakukan yaitu bergabung ke platform yang ditunjuk oleh penyedia, memperkenalkan lewat media sosial Anda, join ke grup Telegram official dan sebagainya. Bisa dikatakan, airdrop jenis standard dan bounty adalah pilihannya.

2. Kepemilikan Aset 

Sisanya, ada tugas yang sedikit lebih demanding yang mewajibkan peserta event airdrop untuk memiliki aset kripto tertentu, juga dalam jumlah tertentu terlebih dahulu. Aset kripto tersebut kemudian disimpan sendiri oleh peserta di wallet pilihan mereka dan tidak dititipkan kepada pihak lain. Jadi pada airdrop holder ini, Anda tidak harus menginvestasikannya ke pihak lain.

Selanjutnya yang mungkin juga masih membuat Anda penasaran adalah, bagaimana cara mengetahui event airdrop ini?

  • Mudah saja, Anda bisa memanfaatkan search engine seperti halnya saat mencari berbagai informasi lainnya di internet. Cari saja dengan kata kunci Airdrop Terbaru atau Latest Airdrop di kolom pencarian untuk mendapatkan daftar event airdrop kripto terkini.
  • Sementara untuk hasil pencarian yang lebih spesifik, Anda juga bisa berkunjung ke situs seperti airdropalert.com ataupun airdrops.io untuk mendapatkan event-event dari startup blockchain.
  • Atau jika Anda ingin mengetahui respons pengguna komunitas terlebih dahulu sebelum bergabung event, bisa memilih untuk mencari airdrop di forum atau group airdrop media sosial. Sementara media sosial yang paling banyak digunakan komunitas kripto saat ini misalnya telegram, facebook dan lain-lain.

Kesimpulan

Airdrop kripto memang menjadi salah satu alternatif yang menjanjikan bagi para pemula yang ingin memiliki aset digital namun terbatas pada modal. Event airdrop juga menjadi strategi marketing yang efektif dan efisien bagi perusahaan atau developer dalam mempromosikan kripto baru mereka. Walau begitu, Anda sebagai pengguna tetap harus waspada agar tak tertipu oleh scam berkedok airdrop.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.