Apa Itu Dogecoin, Dari Meme Hingga Meroket

dogecoin shiba inu

Dogecoin (DOGE) memulai debutnya 2013 lalu sebagai salah satu jenis cryptocurrency berbasis blockchain yang hanya sebagai “mata uang lelucon” namun akhirnya meroket. Dogecoin di awal kehadirannya cuma meme parodi sarkasme untuk menyindir mata uang kripto seperti Bitcoin. Koin dengan logo DOGE, sangat mirip dengan spesies anjing Shiba Inu dan berasal dari meme internet yang menyertainya.

Namun dalam perkembangannya, Dogecoin bisa dibilang salah satu komunitas terbesar dan paling fanatik di komunitas Cryptocurrency, dengan sekitar 92.000 pelanggan subreddit.

Apa itu Dogecoin?

Dogecoin adalah mata uang kripto yang dimulai pada 6 Desember 2013 sebagai “mata uang lelucon”. Dikembangkan oleh Billy Markus bersama dengan programmer Jackson Palmer yang terinspirasi oleh Bitcoin, mata uang berbasis blockchain ini pun akhirnya terwujud.

Dua bulan setelah dimulainya Dogecoin, lelucon itu berubah menjadi koin yang serius. Pada Januari 2014, pasar sudah mencapai 60 juta dolar, namun kini telah mencapai lebih dari 1 miliar dolar atau lebih dari 14 triliun rupiah. Mata uang ini didasarkan pada Luckycoin, yang berasal dari Litecoin.

Dogecoin adalah koin PoW, yang artinya dapat ditambang untuk mendapatkan koin. Saat ini, lebih dari 112 miliar DOGE beredar dan 5,2 miliar ditambahkan setiap tahun. Tidak ada maksimalnya.

Keunikan DOGE

DOGE terkenal dengan komunitas media sosialnya yang aktif. Itu juga sebagai alasan mengapa mereka memiliki fitur “tip” pada sejumlah platform utama. Misalnya, Anda dapat memberi tip kepada pengguna di Reddit atau dalam chat ketika mereka memposting konten yang bagus. Itu dilakukan oleh bot dan secara otomatis mentransfer jumlah Dogecoin yang Anda tunjukkan.

Dengan cara ini komunitas Dogecoin sudah beberapa kali menjadi pemberitaan, karena mereka juga melakukan croud funding untuk tujuan tertentu misalnya:

  • Pada tahun 2014 di suatu pertandingan musim dingin, ada aksi penggalangan dana untuk tim bobsleigh Jamaika. Mereka telah memenuhi syarat, tetapi tidak mampu untuk terbang ke Rusia. Pada hari kedua pendanaan kotor, $36.000 telah terkumpul.
  • Yayasan Dogecoin, bekerja sama dengan Charity: Water, telah memulai proyek di Kenya untuk membangun sumur untuk sumber air di sana. Lebih dari $30.000 dolar juga dikumpulkan untuk ini.
  • Pada Maret 2014, komunitas DOGE mensponsori tim NASCAR. Lebih dari $55.000 terkumpul dan pembalap pun berkeliling dengan pakaian Dogecoin/reddit.

Dogecoin memiliki komunitas besar di mana banyak informasi dibagikan. Anda dapat menemukan berita DOGE di berbagai media sosial seperti Reddit, twitter, dan halaman Bitcointalk.

Wallet Dogecoin Terbaik

Wallet mana yang ingin digunakan tentu saja terserah pengguna. Itulah mengapa ada beberapa wallet Dogecoin terbaik yang tersedia diantaranya:

  • Dogecoin sendiri menawarkan berbagai dompet digital berbasis desktop untuk sistem operasi yang bermacam-macam. Itu dapat diunduh dari situs web DOGE.
  • Selain itu, Dogecoin dapat digunakan dalam kombinasi dengan Ledger Nano S. Itu adalah dompet perangkat keras tempat koin disimpan secara offline dengan aman. Dompet tersebut adalah cara paling aman untuk menyimpan DOGE karena dengan dompet perangkat keras, koin tersebut tidak terhubung ke internet. Juga dapat menampung Bitcoin, Ethereum, Litecoin dan kriptokurensi lainnya.

Harga Dogecoin

Harga Dogecoin, seperti kebanyakan kripto lain, sangat bergantung pada jumlah orang yang membeli. Semakin banyak orang membelinya, semakin tinggi harganya. Yang mencolok ketika kita melihat harga DOGE saat ini adalah volatilitasnya. Harganya naik beberapa kali setahun dan kemudian turun lagi. Pada 28 Januari 2020 pagi, harga Dogecoin berada pada nilai sekitar €0,006 per DOGE. Dalam sehari, harga meroket sangat tinggi ke puncak €0,064. Peningkatan lebih dari 10x lipat.

Sejarah harga DOGE 2013-2021. Sumber: coinmarketcap.com

Waspadai kenaikan harga tinggi Dogecoin seperti itu, karena seringkali tidak ada kaitannya dengan nilai fundamentalnya. Dalam kasus tersebut, tampaknya ada aksi berbarengan atau setidaknya peningkatan minat yang tiba-tiba. Dalam kasus terburuk, aksi yang dilakukan juga dikenal sebagai Pump & Dump. Jangan pernah hanya berinvestasi dalam koin yang naik 500% dalam beberapa jam. Karena sudah bisa ditebak bahwa harga pasti akan turun dengan cepat.

Kebanyakan orang tidak memiliki ekspektasi tinggi tentang Dogecoin dan aplikasinya di dunia nyata. Jelas bahwa koin tersebut dibuat dari lelucon dan tidak dimaksudkan untuk menaklukkan dunia keuangan. Namun sangat mengejutkan bahwa harga Dogecoin naik di setiap pasar bullish.

Hal ini terutama disebabkan oleh banyaknya pendukung yang dimiliki proyek tersebut. Semua orang ingin memiliki DOGE untuk mengikuti hype. Oleh karena itu, ekspektasi nilai tukarnya positif untuk masa yang akan datang. Itu telah terbukti selama bertahun-tahun. Berikut prediksi harga Dogecoin dari tahun 2021-2026:

  • Tahun 2021: $0,021
  • Tahun 2022: $0,026
  • Tahun 2023: $0,029
  • Tahun 2024: $0,033
  • Tahun 2025: $0,037
  • Tahun 2026: $0,042

Cara Mendapatkan Dogecoin

Konsumen dapat mendapatkan DOGE dengan cepat di banyak bursa karena memang kripto ini sudah sangat populer. Salah satu tempat exchange itu adalah Litebit. Sama seperti membeli Bitcoin, konsumen dapat dengan mudah membeli Dogecoin di sini dengan menggunakan iDeal, kartu kredit, dan banyak metode pembayaran lainnya. Langkah-langkah yang harus dilakukan adalah sebagai berikut :

  • Masuk ke situs Litebit dengan login.
  • Bila belum punya akun silahkan melakukan registrasi terlebih dulu.
  • Setelah akun dimiliki, klik “Buy” di menu dan temukan kripto yang diinginkan.
  • Tentukan seberapa banyak ingin membeli dan kemudian pilih metode pembayaran yang ingin dilakukan.
  • Kripto berhasil dibeli dan masuk ke saldo.

Prospek Dogecoin

Sebagaimana kripto lain seperti Bitcoin dan Litecoin, Dogecoin pun memiliki prospek yang cukup menjanjikan untuk dikoleksi. Bahkan orang paling kaya di dunia, Elon Musk pun beberapa kali mempromosikan Dogecoin menjadi bagian dari “mata uang internet”. Elon berpendapat bahwa diantara yang menghambat Dogecoin menduduki posisi sebagai mata uang utama sebab terkonsentrasi hanya di beberapa pemilik akun kakap. Bila hanya dikuasai sedikit pihak otomatis mengakibatkan harga kripto ini dapat dimainkan pemilik mayoritas.

Untuk diketahui, saat ini tersedia lebih dari 36 miliar Dogecoin yang ada di pasar dimana valuasinya mencapai sekitar US $2 miliar. Ada 19 wallet yang menyimpan sekitar 25% total Dogecoin yang beredar. Yang terpenting ketika membeli koin DOGE, yaitu koin ini dapat diproduksi secara mudah dan unlimited sehingga bisa menyebabkan inflasi. Sebab melakukan penambangan DOGE itu benar-benar mudah, cuma memerlukan daya komputasi yang cukup rendah atau PC berspesifikasi terbatas pun sudah bisa jalan.

Untuk para pemula yang memang tertarik untuk berinvestasi dalam Dogecoin tentunya harus cermat. Jangan melakukan pembelian sebelum mempelajari segala sesuatu tentangnya. Pemula harus rajin banyak membaca informasi dan memahami teknologinya. Berikutnya pemula pun dapat menonton banyak video terkait investasi blockchain dari Youtube yang sangat lengkap.

Selanjutnya yang juga penting, seorang pemula pun harus menentukan dulu berapa dana yang hendak disiapkan untuk membeli Dogecoin. Umpamanya memiliki dana investasi sebesar Rp10 juta, untuk itu dapat dialokasikan sebesar 10%, atau Rp1 juta untuk membeli uang kripto tersebut. Tren harga pun merupakan poin penting yang harus dipelajari saat akan melakukan investasi. Pastinya pemula harus memperbanyak membuat penelitian sederhana terkait tren Dogecoin. Oke, selamat berinvestasi di mata uang masa depan!

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *