Cara Membeli Bitcoin Dengan Mudah

membeli btc

Berinvestasi dalam BTC mungkin tampak rumit untuk dijalankan, tetapi jauh lebih mudah jika Anda memecahnya menjadi beberapa langkah. Cara membeli Bitcoin semakin mudah dari hari ke hari dan legitimasi pertukaran dan dompet juga tumbuh dengan baik.

Poin Penting

  • Nilai Bitcoin berasal dari pengadopsiannya sebagai penyimpan nilai dan sistem pembayaran, serta pasokannya yang terbatas dan penurunan inflasi.
  • Meskipun hampir tidak mungkin Bitcoin sendiri diretas, tetapi ada kemungkinan dompet atau akun pertukaran Anda bisa berbahaya. Inilah sebabnya mengapa mempraktikkan penyimpanan yang tepat dan langkah-langkah keamanan sangat penting.
  • Berinvestasi atau memperdagangkan Bitcoin hanya membutuhkan akun di bursa, meskipun praktik penyimpanan aman lebih lanjut disarankan.

Sebelum Anda Berinvestasi di Bitcoin

Setiap calon investor perlu memperhatikan hal-hal penting, yakni akun pertukaran mata uang kripto, koneksi internet yang baik, dan metode pembayaran. Dalami dahulu juga apa itu Bitcoin. Anda juga disarankan untuk memiliki dompet pribadi Anda sendiri di luar akun pertukaran. Metode pembayaran yang resmi untuk menggunakan metode ini adalah rekening pribadi, credit card, dan debit card. Selain itu, dengan pertukaran Peer-to-Peer, Anda juga dapat memperoleh Bitcoin di ATM tertentu. Namun, di awal tahun 2020 silam, ID yang dikeluarkan oleh pemerintah sangat dibutuhkan oleh ATM Bitcoin. ATM tersebut masih belum tersedia di Indonesia sayangnya.

Berbicara tentang Bitcoin, keamanan dan privasi merupakan masalah utama sekaligus yang paling penting bagi setiap investor di Bitcoin. Walau pun tidak ada Bitcoin yang berbentuk fisik, tidak disarankan untuk menyombongkan kepemilikan diri dalam Bitcoin. Pihak mana pun yang punya akses pribadi ke alamat yang bersifat publik di blockchain Bitcoin dapat melakukan otorisasi perpindahan uang. Meskipun tentu kunci privat mesti dirahasiakan, akan tetapi orang yang jahat dapat mencoba mengambil alih kunci privat jika mereka mengetahui kepemilikan yang besar. Ketahuilah bahwa siapa pun dapat melihat alamat publik yang Anda pakai. Karenanya, sebaiknya Anda mengalihkan investasi yang jumlahnya besar ke alamat publik yang langsung terhubung ke dompet yang digunakan untuk transaksi.

Semua orang bisa melihat semua riwayat transaksi yang orang lakukan di blockchain, bahkan Anda sendiri. Akan tetapi, meskipun transaksi tercatat secara publik di blockchain, mereka tidak menunjukkan informasi pengguna. Dalam blockchain Bitcoin, yang muncul berdampingan dengan transaksi hanyalah kunci publik pengguna yang membuat transaksi tetap rahasia tetapi bukan anonim. Dalam arti tertentu, transaksi Bitcoin lebih transparan dan dapat dilacak daripada uang tunai, tetapi Bitcoin dapat digunakan secara anonim.

Hal ini merupakan perbedaan penting. Beberapa ahli kemanan siber telah mengklaim bahwa mereka dapat melacak transaksi yang dilaksanakan di blockchain Bitcoin ke akun dompet digital mereka. Misalnya, jika seseorang membuat akun di Indodax, mereka harus memberikan identifikasi mereka. Sekarang, ketika orang itu membeli Bitcoin, maka akan terkait dengan nama mereka. Jika mereka mengirimkannya ke dompet lain, itu masih dapat ditelusuri kembali ke pembelian Indodax yang terhubung ke identitas pemegang akun. Ini seharusnya bukanlah menjadi kekhawatiran sebagian besar investor karena Bitcoin legal di Indonesia dan beberapa negara lainnya di seluruh penjuru dunia.

pemenasanan bitcoin

Langkah Satu: Pilih Exchange

Mendaftar untuk pertukaran kriptokurensi akan memungkinkan Anda untuk membeli, menjual, dan menyimpan uang kripto. Umumnya praktik terbaik untuk menggunakan pertukaran yang memungkinkan penggunanya juga menarik kripto mereka ke dompet pribadi mereka sendiri untuk penyimpanan yang lebih aman. Ada banyak platform bursa dan perantara yang tidak mengizinkan hal ini. Bagi mereka yang ingin berdagang Bitcoin atau kriptokurensi lainnya secara konsisten, fitur ini mungkin tidak masalah.

Ada banyak jenis pertukaran kriptokurensi yang ada. Dengan ciri Bitcoin yang terdesentralisasi dan menghargai kedaulatan individu, beberapa pertukaran memungkinkan pengguna untuk tetap anonim dan tidak mengharuskan pengguna untuk memasukkan informasi pribadi. Pertukaran yang memungkinkan ini beroperasi secara otonom dan biasanya terdesentralisasi yang berarti tidak ada titik kendali pusat. Dengan kata lain, tidak ada CEO dan tidak ada orang atau grup untuk dikejar oleh badan pengatur jika ada kekhawatiran tentang aktivitas ilegal yang sedang terjadi.

Meskipun jenis sistem ini berpotensi digunakan untuk aktivitas jahat, sistem ini juga memberikan layanan kepada dunia yang tidak memiliki rekening bank. Orang-orang seperti ini mungkin termasuk pengungsi atau mereka yang tinggal di negara-negara di mana hanya ada sedikit atau bahkan tidak ada infrastruktur pemerintah atau perbankan untuk memberikan identifikasi negara yang diperlukan untuk rekening bank atau investasi. Beberapa percaya kebaikan dalam layanan ini lebih besar daripada potensi penggunaan ilegal karena orang-orang yang tidak memiliki rekening bank sekarang memiliki cara untuk menyimpan kekayaan dan dapat menggunakannya untuk keluar dari kemiskinan.

Hal penting yang perlu diperhatikan saat membuat akun pertukaran mata uang kripto adalah menggunakan praktik internet yang aman. Ini termasuk menggunakan otentikasi dua faktor dan menggunakan kata sandi yang unik dan panjang, termasuk berbagai huruf kecil, huruf kapital, karakter khusus, dan angka.

Langkah Kedua: Hubungkan Exchange Anda ke Opsi Pembayaran

Setelah Anda memilih exchange, Anda sekarang perlu mengumpulkan dokumen pribadi Anda. Tergantung pada perusahannya, ini mungkin termasuk foto SIM, nomor KTP, serta informasi tentang pekerjaan dan sumber dana Anda. Informasi yang mungkin Anda perlukan dapat bergantung pada wilayah tempat Anda tinggal dan undang-undang di sana. Prosesnya sebagian besar sama dengan menyiapkan akun pialang biasa.

Setelah exchange memastikan identitas dan legitimasi Anda, Anda sekarang dapat menghubungkan opsi pembayaran. Dengan pertukaran yang tercantum di atas, Anda dapat menghubungkan rekening bank Anda secara langsung atau Anda dapat menghubungkan kartu debit atau kredit. Meskipun Anda dapat menggunakan kartu kredit untuk membeli kriptokurensi, itu umumnya sesuatu yang harus dihindari karena volatilitas yang dapat dialami kriptokurensi.

Meskipun Bitcoin legal di Indonesia, akan tetapi beberapa bank tidak menerima gagasan tersebut dengan baik dan mungkin mempertanyakan atau bahkan menghentikan setoran ke situs atau bursa terkait kripto. Meskipun sebagian besar bank mengizinkan setoran ini, sebaiknya periksa untuk memastikan bahwa bank Anda mengizinkan setoran di bursa pilihan Anda.

Ada berbagai biaya untuk setoran melalui rekening bank, debit, atau kartu kredit. Coinbase, misalnya, yang merupakan tempat yang solid untuk pemula, memiliki biaya 1,49% untuk rekening bank dan 3,99% biaya untuk kartu debit dan kredit. Penting untuk meneliti biaya yang terkait dengan setiap opsi pembayaran untuk membantu memilih pertukaran atau untuk memilih opsi pembayaran mana yang paling sesuai untuk Anda.

Langkah Tiga: Lakukan Pemesanan

Setelah Anda memilih pertukaran dan menghubungkan opsi pembayaran, Anda sekarang dapat membeli Bitcoin dan kriptokurensi lainnya. Selama beberapa tahun terakhir kriptokurensi dan pertukarannya perlahan menjadi lebih utama. Pertukaran telah tumbuh secara signifikan dalam hal likuiditas dan keluasan fiturnya. Apa yang dulunya dianggap scam atau dipertanyakan telah berkembang menjadi sesuatu yang dapat dianggap, dapat dipercaya, dan sah.

exchange kripto

Sekarang, pertukaran kriptokurensi telah mencapai titik di mana mereka memiliki tingkat fitur yang hampir sama dengan rekan pialang saham mereka. Setelah Anda menemukan pertukaran dan menghubungkan metode pembayaran, Anda dapat menggunakannya.

Selain dari berbagai jenis pesanan, pertukaran juga menawarkan cara untuk mengatur investasi berulang yang memungkinkan klien untuk memasukkan rata-rata biaya dolar ke dalam investasi pilihan mereka. Coinbase, misalnya, memungkinkan pengguna mengatur pembelian berulang untuk setiap hari, minggu, atau bulan. Mendapatkan akun di bursa benar-benar semua yang perlu Anda lakukan untuk dapat membeli Bitcoin atau kriptokurensi lainnya, tetapi ada beberapa langkah lain yang perlu dipertimbangkan untuk lebih banyak keselamatan dan keamanan.

Langkah Empat: Penyimpanan Aman

Dompet Bitcoin dan kriptokurensi adalah tempat untuk menyimpan aset digital dengan lebih aman. Memiliki crypto Anda di luar bursa dan di dompet pribadi Anda memastikan bahwa hanya Anda yang memiliki kendali atas kunci privat ke dana Anda. Ini juga memberi Anda kemampuan untuk menyimpan dana jauh dari pertukaran dan menghindari risiko pertukaran Anda diretas dan kehilangan dana Anda.

Catatan Penting: Meskipun banyak sekali perusahaan pertukaran menawarkan dompet untuk penggunanya, keamanan bukanlah tujuan utama bisnis mereka. InvestBro tidak menyarankan penggunaan dompet berjenis itu untuk kepemilikan kriptokurensi besar atau jangka panjang.

Beberapa dompet memiliki lebih banyak fitur daripada yang lain. Beberapa hanya Bitcoin dan beberapa menawarkan kemampuan untuk menyimpan berbagai jenis altcoin. Beberapa dompet juga menawarkan kemampuan untuk menukar satu token dengan yang lain.

Saat memilih dompet Bitcoin, Anda memiliki sejumlah opsi. Hal pertama yang perlu Anda pahami tentang dompet kripto adalah konsep dompet online dan dompet kertas atau perangkat keras.

Hot Wallets

Hot Wallets atau dompet online adalah dompet yang berjalan di perangkat yang terhubung ke internet seperti komputer, ponsel, atau tablet. Ini dapat membuat kerentanan karena dompet ini menghasilkan private key ke koin Anda di perangkat yang terhubung ke internet ini. Meskipun dompet panas bisa sangat nyaman dalam cara Anda mengakses dan melakukan transaksi dengan aset Anda dengan cepat, menyimpan private key Anda di perangkat yang terhubung ke internet membuatnya lebih rentan terhadap peretasan.

Ini mungkin terdengar tidak masuk akal, tetapi orang-orang yang tidak menggunakan keamanan yang cukup saat menggunakan dompet online ini dapat membuat dananya dicuri. Ini bukan kejadian yang jarang terjadi dan bisa terjadi dalam berbagai cara. Sebagai contoh, membual di forum publik seperti Twitter tentang berapa banyak Bitcoin yang Anda pegang saat Anda menggunakan sedikit atau tanpa keamanan dan menyimpannya di dompet panas bukanlah tindakan yang bijaksana. Konon, dompet ini bisa dibuat aman selama tindakan pencegahan diambil. Kata sandi yang kuat, otentikasi dua faktor, dan penjelajahan internet yang aman harus dianggap sebagai persyaratan minimum.

Dompet ini paling baik digunakan untuk sejumlah kecil kriptokurensi atau kriptokurensi yang Anda perdagangkan secara aktif di bursa. Anda bisa menyamakan dompet online ini dengan rekening giro. Kebijaksanaan keuangan konvensional mengatakan untuk menahan hanya mengeluarkan uang di rekening giro sementara sebagian besar uang Anda ada di rekening tabungan atau rekening investasi lainnya. Hal yang sama bisa dikatakan untuk dompet online. Dompet online mencakup dompet seluler, desktop, web, dan akun pertukaran.

Seperti yang disebutkan sebelumnya, dompet pertukaran adalah akun kustodian yang disediakan oleh bursa. Pengguna jenis dompet ini bukanlah pemegang kunci privat mata uang kripto yang disimpan di dompet ini. Jika suatu peristiwa terjadi di mana pertukaran diretas atau akun Anda disusupi, dana Anda akan hilang. Ungkapan “bukan kunci Anda, bukan koin Anda” adalah konsep yang sangat berulang dalam forum dan komunitas kriptokurensi.

Cold Wallets

Deskripsi paling sederhana dari dompet ini adalah dompet yang tidak terhubung ke internet, oleh karena itu memiliki risiko yang jauh lebih rendah untuk terjadinya peretasan. Dompet ini juga bisa disebut sebagai dompet offline atau dompet perangkat keras.

Dompet ini menyimpan kunci pribadi pengguna pada sesuatu yang tidak terhubung ke internet dan dapat dilengkapi dengan perangkat lunak yang bekerja secara paralel sehingga pengguna dapat melihat portofolio mereka tanpa membahayakan private key mereka.

Dompet ini dimaksudkan untuk keamanan tinggi dan investasi jangka panjang karena Anda tidak dapat dengan cepat menjual atau memperdagangkan Bitcoin yang disimpan dengan cara ini.

Jenis dompet ini yang lebih umum digunakan adalah dompet perangkat keras. Dompet perangkat keras biasanya adalah perangkat drive USB yang menyimpan kunci pribadi pengguna secara offline dengan aman. Ini memiliki keuntungan serius dibandingkan Hot Wallets karena tidak terpengaruh oleh virus yang mungkin ada di komputer seseorang. Dengan dompet ini, kunci pribadi tidak pernah bersentuhan dengan komputer Anda yang terhubung ke jaringan atau perangkat lunak yang berpotensi rentan. Perangkat ini juga biasanya open source, memungkinkan komunitas untuk menentukan keamanannya melalui audit kode daripada perusahaan yang menyatakan bahwa itu aman untuk digunakan.

Dompet dingin adalah cara paling aman untuk menyimpan Bitcoin Anda atau mata uang kripto lainnya. Namun, sebagian besar, mereka membutuhkan sedikit lebih banyak pengetahuan untuk menyiapkannya.

Cara yang baik untuk mengatur dompet Anda adalah memiliki tiga hal: akun pertukaran untuk membeli dan menjual, dompet panas untuk menyimpan kripto dalam jumlah kecil hingga menengah yang ingin Anda perdagangkan atau jual, dan dompet perangkat keras dingin untuk menyimpan kepemilikan yang lebih besar dalam jangka panjang.

Cara Membeli Bitcoin Lainnya

Meskipun pertukaran seperti Coinbase atau Binance tetap menjadi beberapa cara paling populer untuk membeli Bitcoin, ini bukan satu-satunya metode. Di bawah ini adalah beberapa proses tambahan yang digunakan pemilik Bitcoin.

ATM Bitcoin

ATM Bitcoin bertindak seperti pertukaran Bitcoin secara langsung. Individu dapat memasukkan uang tunai ke dalam mesin dan menggunakannya untuk membeli Bitcoin yang kemudian ditransfer ke dompet digital yang aman. ATM Bitcoin menjadi semakin populer dalam beberapa tahun terakhir. Meskipun sudah tersedia banyak di negara lain, sayangnya belum tersedia di Indonesia.

Pertukaran P2P

Tidak seperti pertukaran desentralisasi, yang mencocokkan pembeli dan penjual secara anonim dan memfasilitasi semua aspek transaksi, ada beberapa layanan pertukaran peer-to-peer (P2P) yang menyediakan koneksi yang lebih langsung antara pengguna. LocalBitcoins adalah contoh dari pertukaran semacam itu. Setelah membuat akun, pengguna dapat memposting permintaan untuk membeli atau menjual Bitcoin, termasuk informasi tentang metode pembayaran dan harga. Pengguna kemudian menelusuri daftar penawaran beli dan jual, memilih mitra dagang dengan siapa mereka ingin bertransaksi.

LocalBitcoins memfasilitasi beberapa aspek perdagangan. Meskipun pertukaran P2P tidak menawarkan anonimitas yang sama dengan pertukaran desentralisasi, mereka memungkinkan pengguna memiliki kesempatan untuk berbelanja dan mendapatkan kesepakatan terbaik. Anda juga dapat membeli Bitcoin dan Altcoin di sini. Pelajari dahulu perbedaan Bitcoin dan Altcoin agar tidak salah beli. Banyak dari bursa ini juga menyediakan sistem peringkat sehingga pengguna memiliki cara untuk mengevaluasi calon mitra dagang sebelum bertransaksi.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *