Apa Itu Passive Income?

passive income

Jika Anda orang yang berorientasi ke depan, maka impian untuk meninggalkan sebuah dunia kerja dan menikmati kehidupan di masa pensiun lebih awal menjadi pilihan yang menarik. Mimpi tanpa sebuah perencanaan hanyalah sebuah keinginan semata.

Lalu perlu adanya tindakan untuk mewujudkan mimpi tersebut, yaitu dengan mempertimbangkan passive income. Terdapat beberapa opsi passive income dan penjelasan bagaimana memperolehnya. Namun jika baru mengenal ide tersebut, maka saya akan menjelaskan dasarnya dibawah ini untuk Anda.

Pengertian Passive Income

Passive income adalah uang yang di peroleh dengan cara membutuhkan sedikit atau tidak sama sekali usaha untuk memperolehnya. Beberapa ide pendapatan pasif — seperti memiliki kos-kosan atau menjadi seorang YouTuber — sangat membutuhkan kerja keras untuk menikmati pekerjaan tersebut, akan tetapi pada akhirnya dapat menghasilkan uang saat Anda tidak melakukan apapun.

Mengapa Perlu Mencapai Passive income?

Penghasilan adalah alat pembangun kekayaan terbesar — sebuah alat yang biasanya membutuhkan partisipasi aktif dalam bentuk bekerja. Bahkan ketika Anda menyukai sebuah pekerjaan, saya berani bertaruh bahwa Anda tidak akan keberatan jika memperoleh penghasilan tanpa perlu bekerja keras. Berikut yang dapat dilakukan untuk mengembangkan passive income untuk Anda:  

  • Sempurnakan rencana dalam mengembangkan kekayaan Anda
  • Ciptakan kesempatan untuk pensiun dini
  • Lindungi diri Anda dari kebangkrutan jika suatu saat Anda kehilangan pekerjaan
  • Dapatkan sumber pendapatan tambahan saat Anda tidak lagi bisa bekerja

Berapa Banyak Uang yang Dapat Saya Hasilkan?

Passive income umumnya tidak membuat kaya dalam waktu semalam, maka lupakan skema cepat kaya yang sering di dengar. Namun, dengan memilih pendapatan pasif yang berorientasi jangka panjang Anda dapat membangun kekayaan yang tidak main-main, baik yang ratusan ribu rupiah hingga milyaran rupiah.

Bagaimana Mendapatkan Pendapatan Pasif

Pendapatan pasif dapat dibangun dengan berbagai cara, ini adalah beberapa cara yang bisa Anda lakukan:

Berinvestasi

Ketika mengatakan kata “passive income”, maka sebagian orang cenderung berfikir untuk berinvestasi karena akan dapat menghasilkan keuntungan yang cukup banyak. Akan tetapi rencana pensiun dan pendapatan pasif perlu disikapi sebagai dua hal yang terpisah.

Ide utama investasi jangka panjang adalah menciptakan pendapatan untuk masa depan. Ingat bahwa perbedaan investasi dan spekulasi perlu diketahui agar anda tidak terjebak dalam spekulasi.

Ide utama di balik investasi jangka panjang adalah menciptakan pendapatan untuk masa pensiun. Anda perlu memastikan bahwa Anda telah berinvestasi dalam rencana pensiun perusahaan Anda, atau Anda memiliki tabungan pensiun di bank pilihan Anda. Banyak sekali bank dan jasa keuangan yang menawarkan berbagai pilihan.

Pilihan ini merupakan pilihan yang cukup bagus jika akan di pergunakan untuk masa pensiun, namun terdapat kekurangan pada pilihan ini yaitu akan dikenai pajak dan denda untuk tiap penarikan sebelum memasuki masa jangka waktu tersebut. Akan tetapi, dengan melakukan perencanaan pensiun, maka Anda akan membuat keputusan untuk melakukan tabungan jangka panjang dan uang tersebut tetap berada di bank. 

Sisi lain dari passive income ialah sebuah pendapatan dengan usaha seminimal mungkin dan dapat diakses kapanpun. Berikut dibawah ini beberapa opsi yang dapat dipertimbangkan.

Jual Produk Digital

Jika telah berhasil membuat konten dan menghasilkan traffic yang cukup sehingga sudah mulai adanya iklan, maka Anda bisa membuat produk yang mampu menarik pelanggan. Produk tersebut bisa dalam bentuk apapun seperti e-book sederhana hingga aplikasi yang mampu menghasilkan pendapatan dalam jangka panjang setelah dirilis. 

Properti

Salah satu cara untuk mengembangkan passive income ialah dengan membeli sebuah unit perumahan lalu menyewakan kepada penyewa.

Properti sewa ini bisa menjadi sumber penghasilan tambahan yang cukup bagus, tetapi bukan pilihan yang tepat untuk kategori pendapatan pasif karena dengan menyewa maka akan mengeluarkan banyak waktu dan tenaga untuk mengelola properti tersebut kecuali jika menyewa perusahaan pengelola properti.

Saran dari penulis ialah membeli properti tersebut yang mampu diawasi oleh diri sendiri. Temukan agen properti yang bisa mengetahui lokasi mana saja yang cukup baik sehingga dapat menarik penyewa untuk menyewa properti tersebut.

Jika opsi rute sewa properti menjadi pilihan Anda, maka Anda harus mengendalikan properti Anda sendiri. Namun saya tidak merekomendasikan opsi investasi real estat – seperti perwalian investasi real estat (REIT) – karena uang tersebut akan digabungkan ke dalam properti, sementara orang lain dapat membuat keputusan akan properti Anda.

Tips terakhir, sebelum membeli properti sewaan, maka bisa melunasi rumah untuk diri sendiri terlebih dahulu lalu membeli properti investasi dengan membayar langsung. 

Jangan pernah berhutang untuk membeli properti sewaan!

Jasa Penyimpanan Barang

Sebagian orang memiliki banyak barang dan mencari cara agar bisa menyimpan barang mereka. Namun adakah cara mudah untuk menyimpan barang? Tentu ada, yaitu membayar orang atas jasa penyimpanan barang tersebut. Passive income dengan menawarkan jasa penyimpanan barang dapat mempengaruhi investasi skala besar seperti halnya membeli fasilitas penyimpanan dengan cash atau cara sederhananya ialah menawarkan gudang untuk dijadikan tempat penyimpanan barang. Pelanggan hanya perlu memastikan bahwa jasa penyimpanan tersebut aman dan terjamin.

Penyewaan Barang

Apakah Anda memiliki barang yang sudah tidak digunakan namun ingin disewakan oleh orang lain? Seperti halnya truk, kamera, laptop atau halaman rumah dapat memberikan peluang untuk passive income sebagai barang sewaan. Inipun termasuk dengan menyewakan kamar cadangan di rumah dengan melalui situs web seperti Airbnb. Kunjungilah situs media sosial favorit Anda, tunjukkan gambar barang Anda, beri caption bahwa barang tersebut siap disewa.

Blog / Channel YouTube

Jika Anda orang kreatif maka Anda bisa membuat sesuatu seperti blog tips trik atau tutorial Youtube dalam bentuk konten apapun dan menghasilkan grafik yang cukup tinggi. Jika konten Anda menarik maka Anda akan mendapatkan traffic yang cukup tinggi, sehingga dapat menjadi sarana tempat iklan atau adanya ruang iklan pada blog/youtube milik Anda. Jika Anda sudah bekerja keras membangunnya, maka Anda bisa menikmati waktu untuk bersantai dan menikmati hasil dari kerja keras tersebut.  

Tips Passive income

tips pendapatan pasif

Ide passive income masih banyak lagi selain daftar di atas. Tentunya anda mencari cara mengubah ide menjadi bisnis. Ketika mencari yang paling cocok, perhatikan ide yang menunjukkan rekam jejak positif dalam jangka panjang. Perlu pertimbangan seperti, apakah orang lain memperoleh uang dari ide tersebut? Apakah orang lain akan mencoba peruntungan kembali berdasarkan ide tersebut? Sebagian orang bertanya kepada saya akan opsi pendapatan pasif seperti menjual minuman, atau menyewakan mesin jual otomatis. Perlu digaris bawahi, jangan mudah tergoda pada suatu ide passive income yang menjanjikan pengembalian cepat atau membutuhkan uang di muka dalam jumlah besar. Mereka akan mencoba untuk mengalihkan tujuan keuangan Anda yang lain. Carilah ide yang munguntungkan dan dapat dipercaya. Lakukan riset secara sederhana. Dan jangan pernah berhutang!

Bangun Kekayaan yang Berkelanjutan

Apakah salah satu ide mampu menarik minat Anda untuk membangun passive income? Ingin gambaran yang lebih jelas mengenai sumber pendapatan yang berbeda dan kemungkinan cocok dengan strategi pembangunan kekayaan Anda? Jika demikian, sering-seringlah membaca situs InvestBro.id untuk mendapatkan tips-tips menarik tentang cara membangun kekayaan serta pengetahuan finansial lainnya. Tips-tips yang kami berikan sangat aplikatif serta sederhana sehingga dapat diimplementasikan oleh semua orang!

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *