Lompat ke konten

Apakah Debt Collector Shopee Paylater Datang ke Rumah?

Debt collector shopee paylater datang ke rumah

Salah satu e-commerce penyedia layanan paylater adalah Shopee. Shopee Paylater cukup terkenal di kalangan masyarakat Indonesia, khususnya kalangan milenial dan ibu muda. Layanan ini sangat mempermudah para pekerja yang membutuhkan barang segera di akhir bulan, namun terkendala pendapatan yang baru masuk di awal bulan.

Namun dibalik kemudahannya, sama seperti pemberi pinjaman lainnya, Shopee juga memiliki aturan dalam melakukan pinjaman. Seperti denda saat Anda telat melakukan pembayaran cicilan, atau pihak debt collector yang menghubungi Anda ketika terjadi gagal bayar.

Yang menjadi pertanyaan banyak orang, apakah Shopee Paylater ini sama dengan pinjaman lainnya yang apabila sudah berkali-kali gagal bayar kemudian debt collector akan mendatangi rumah tinggal? 

Nah, bagi Anda yang penasaran, berikut penjelasan lengkap mengenai sistem penagihan Shopee Paylater termasuk pembahasan juga mengenai debt collector yang datang ke rumah.

Apakah Debt Collector Shopee Paylater Datang ke Rumah?

Debt Collector Shopee PayLater akan datang ke rumah Anda hanya apabila seluruh prosedur penagihan telah dilakukan namun Anda tak kunjung meresponnya. Kunjungan ke rumah merupakan proses terakhir apabila seluruh metode penagihan tidak membuahkan hasil. Penjelasan ini sebenarnya sudah dituliskan secara transparan di situs Shopee Paylater. 

Sebagai salah satu perusahaan pada bidang P2P Lending yang telah terdaftar secara resmi sehingga legal dan sudah mengantongi izin dari Otoritas Jasa Keuangan (OJK), pihak Shopee sebagai salah satu penyedia layanan belanja online terbaik dan penyedia layanan paylater tidak bisa sembarangan dalam melakukan penagihan. Harus ada kode etik penagihan yang sesuai dengan Asosiasi Perusahaan Pembiayaan Indonesia (APPI) dan OJK sehingga kepentingan dari konsumen tetap terpenuhi dan terlindungi.

Prosedur Penagihan Shopee PayLater

Prosedur penagihan Shopee Paylater yang perlu Anda ketahui adalah sebagai berikut:

1. Pemberian informasi mengenai prosedur pembayaran

Prosedur yang pertama dari penagihan Shopee Paylater adalah pemberitahuan melalui pesan, sms atau email ke kotak debitur sebelum tanggal jatuh tempo telah disepakati. Tujuannya adalah mengingatkan debitur cara membayar Shopee paylater beserta informasi cicilan dan jatuh tempo supaya tidak telat atau gagal bayar. 

Pada tahapan ini biasanya, pemberitahuan masih dilakukan oleh customer service dan belum masuk ke debt collector, karena belum terdapat pelanggaran yang dilakukan oleh konsumen. Jadi Anda tidak perlu khawatir, karena jika disiplin tidak ada penagihan  berlebihan.

2. Peringatan karena sudah telat bayar

Selanjutnya adalah pemberian peringatan karena sudah telat bayar. Artinya konsumen melanggar perjanjian jatuh tempo yang sudah ditentukan sebelumnya. Biasanya tenggat waktu paling lama keterlambatan adalah 3 hari, setelah waktu tersebut pesan peringatan akan dikirimkan ke debitur.

Surat peringatan dilayangkan kepada debitur yang berisi jumlah hari keterlambatan beserta denda harus dibayarkan. Beserta bunga yang terutang dan informasi tambahan lain yang harus disampaikan kepada debitur.

3. Penagihan via telepon

Jika surat peringatan yang sudah dilayangkan tak juga digubris, maka tahapan selanjutnya adalah debt collector menghubungi debitur yang telat membayar melalui telepon. Sebab telepon menjadi salah satu cara komunikasi paling tepat untuk menjangkau konsumen.

Memang untuk beberapa debitur dengan risiko gagal bayar yang tinggi, maka semakin tinggi pula. Penagihan ini juga menjadi bukti bahwa pihak Shopee Paylater sudah melakukan mediasi untuk debitur melakukan pembayaran yang tertunggak.

Jika yang bersangkutan tidak bisa dihubungi, maka debt collector juga akan menghubungi nomor kerabat, atau teman yang dicantumkan saat melakukan pengajuan pinjaman. Jadi Anda tidak boleh sembarangan, karena itu akan menjadi nomor yang dihubungi ketika Anda gagal bayar. 

4. Penagihan lapangan

Terakhir, prosedur yang dilewati saat menagih hutang adalah mendatangi rumah debitur. Biasanya ini dilakukan jika sudah banyak kali gagal bayar yang terjadi, dan debitur tidak menggubris semua peringatan  telah diberikan. 

Prosedur di atas merupakan aturan tetap dari OJK, jadi Anda tidak perlu khawatir ketika meminjam online karena takut rumah didatangi. Sebab untuk debt collector mendatangi rumah tinggal Anda tentunya ada peraturannya tersendiri. Tidak tiba-tiba saja datang jika Anda baru gagal bayar 1 atau 2 hari.

Jika sampai ke prosedur ini, pahami hal yang perlu diperhatikan dalam menghadapi debt collector agar tidak kelabakan dan terintimidasi.

Tips Menghindari Didatangi Debt Collector

Setelah mengetahui prosedur debt collector mendatangi rumah Anda, selanjutnya akan dibahas bagaimana tips menghindari supaya hal tersebut tidak terjadi.

1. Membayar cicilan tepat waktu

Tips utama yang bisa dilakukan supaya Anda tidak didatangi debt collector adalah membayar cicilan Shopee Paylater dengan tepat waktu. Karena hanya dengan begitu, Anda tidak akan berurusan dengan debt collector, hal ini juga dapat diterapkan pada pinjaman di Shopee Paylater.

Anda bisa membayar cicilan dengan cara mengalokasikan pendapatan yang didapat. Jadi saat pertama kali memperoleh gaji, Anda langsung menyisihkan berapa persen dari penghasilan Anda untuk ditransfer langsung ke Shopee Paylater sebagai cicilan. 

2. Menyalakan pengingat atau reminder waktu membayar hutang

Ketika melakukan pinjaman, jangan lupa sekalian memasang pengingat atau reminder untuk kapan waktu Anda membayar hutang. Sehingga Anda tidak akan terlewat batas waktu yang sudah ditentukan.

Karena terkadang, dengan berbagai kesibukan, Anda bukan tidak mau membayar cicilan namun lupa batas waktu yang telah ditentukan. Jadi untuk menghindari hal tersebut terjadi, Anda cukup memasang pengingat di tempat-tempat yang mudah dijangkau.

Jadi tidak ada lagi alasan telat membayar atau gagal bayar, dan Anda tidak pernah ada urusan dengan penagih utang. Melakukan pinjaman atau cicilan boleh saja, asal tepat waktu saat membayarnya.

3. Pindah rumah

Tips terakhir untuk menghindari debt collector datang ke rumah adalah dengan pindah rumah. Jika Anda memang tidak mampu untuk membayar cicilan, namun sangat takut penagih datang ke rumah tinggal Anda, maka solusi yang tepat adalah pindah dari rumah tinggal yang sekarang ditempati.

Tentu untuk melakukan tips yang ini, perlu banyak sekali pertimbangan. Anda juga harus pastikan bahwa dari pihak Shopee Paylater tidak mengetahui dimana Anda berpindah tempat sehingga Anda tetap aman.

Memang berurusan dengan penagih hutang tidak pernah ada habisnya, jadi jika Anda tidak sanggup menerima berbagi risiko yang akan ditimbulkan oleh layanan paylater lebih baik tidak menggunakannya.

Nah, berikut di atas merupakan penjelasan mengenai sistem penagihan Shopee Paylater beserta informasi lainnya mengenai layanan Shopee Paylater. Tentu Anda sendirilah yang dapat menilai kapasitas diri Anda, sehingga bisa lebih bijak dan rasional dalam melakukan segala sesuatu. Pikirkan matang-matang segala dampaknya sebelum meminumnya.

nv-author-image

Clean Qurrota Ayun

Clean Qurrota A'yun adalah mahasiswa Ekonomi di UPN Veteran Yogyakarta yang senang menulis topik-topik seputar literasi finansial.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.