Lompat ke konten

6 Aplikasi Jual Beli Barang Bekas (2022)

Aplikasi jual beli barang bekas

Aplikasi untuk jual beli barang bekas sudah banyak sekali saat ini. Memang, kecanggihan teknologi membawa kita pada kemudahan segala aktivitas manusia. Mulai dari berbelanja, membeli tiket transportasi, membeli makanan hingga menjual barang bekas pakai bisa dilakukan menggunakan aplikasi dalam genggaman.

Pasti sering bukan ketika Anda membersihkan rumah, kemudian menemukan barang yang sebenarnya masih dalam kondisi yang baik namun sudah tidak lagi dibutuhkan dan hanya memenuhi ruangan di rumah. Nah, solusinya adalah menjualnya di aplikasi barang bekas cepat laku.

Nah, berikut daftar aplikasi untuk jual beli barang bekas yang dijamin cepat laku. Penasaran apa saja? Yuk simak sampai akhir!

1. OLX

Siapa yang belum pernah mendengar nama OLX? OLX merupakan salah satu situs jual beli barang bekas pakai yang sudah banyak digunakan oleh masyarakat Indonesia secara luas. Memiliki kantor pusat di Amsterdam, situs ini kemudian banyak dipergunakan oleh orang Indonesia melakukan berbagai transaksi yang menguntungkan kedua belah pihak dengan menjual barang yang sudah tidak terpakai.

Salah satu fitur terbaik yang dimiliki aplikasi satu ini adalah fitur geotagging, yaitu metode penjualan yang mempertemukan penjual dan pembeli dengan wilayah terdekat. Sehingga Anda bisa dengan mudah melihat secara nyata barang tersebut terlebih dahulu sebelum memutuskan melakukan transaksi.

Kebanyakan yang diperjualbelikan pada situs OLX adalah motor, mobil dan juga rumah. Sistem transaksi yang biasa digunakan adalah sistem CoD (Cash on Delivery) setelah pelanggan melihat dan mempertimbangkan barang yang telah dilihatnya.

Untuk berjualan di OLX supaya cepat laku, pastikan Anda mencantumkan informasi lengkap mengenai barang yang hendak dijual, pastikan juga foto yang Anda ambil menarik dan dapat merepresentasikan produk secara keseluruhan. Jangan lupa juga cantumkan nomor kontak yang bisa dihubungi dengan cepat agar barang bekas yang hendak dijual cepat laku.

Download di Play Store atau App Store.

2. Carousell

Rekomendasi selanjutnya adalah Carousell, yang juga merupakan salah satu situs jual beli barang bekas favorit masyarakat Indonesia. Berkantor pusat di Singapura, situs ini menjadi favorit khususnya bagi para perempuan. Sebab mereka menjual barang-barang kosmetik dan fashion mereka.

Keunggulan dari situs ini adalah dapat digunakan tidak hanya untuk kosmetik dan fashion saja, tetapi juga menyediakan lapak untuk penjualan gadget, perabot rumah, hingga barang otomotif bekas. Sehingga lengkap bisa menampung barang yang hendak Anda jual apa saja jenisnya.

Carousell menyediakan fitur rekber atau CoD supaya menghindari penipuan, Anda bisa memperoleh uang setelah konsumen yang hendak membeli menerima barang Anda dan cocok dengan spesifikasi barangnya.

Saat hendak menjual benda yang sudah tidak dipakai, Anda bisa jujur kepada calon konsumen. Kejujuran penjual dengan menampilkan foto asli, spesifikasi barang secara rinci juga kondisi barang sejujurnya lebih disukai daripada foto yang terlihat bagus tapi diedit atau foto barang saat kondisi baru. Jadi pertimbangkan hal ini agar barang Anda segera laku.

Download di Play Store atau App Store.

3. Facebook Marketplace

Meski sudah banyak ditinggalkan dan beralih ke media sosial lainnya, Facebook tetap memiliki tempat tersendiri bagi para penggunanya. Facebook marketplace adalah fitur yang disediakan khusus untuk melakukan jual beli barang bekas bagi para pengguna Facebook.

Hebatnya, situs ini bisa merekomendasikan produk-produk berdasarkan history atau sejarah penggunanya baik di pencarian Facebook maupun Google. Jadi Anda tidak perlu khawatir sebab benda yang Anda tawarkan pasti akan sampai para orang-orang yang mencari preloved Anda.

Sayangnya, situs penjualan preloved  yang satu ini tidak menyediakan fitur rekber, jadi Anda harus berhati-hati ketika hendak melakukan transaksi supaya Anda tidak mudah ditipu. Untuk penjualan yang lebih laris di Facebook Marketplace, Anda bisa memperbanyak teman supaya lebih luas jaringan yang bisa dijangkau.

4. Prelo

Tak mau kalah dengan rekomendasi aplikasi sebelumnya, Prelo juga menjadi salah satu aplikasi jual beli barang preloved yang cukup dikenal di kalangan masyarakat. Ya memang sih, pada awalnya aplikasi atau situs ini hampir mirip dengan Carousell yang kebanyakan menjual fashion wanita.

Namun seiring banyaknya penggunanya, situs ini kemudian berkembang menjual berbagai jenis benda bekas. Mulai dari handphone, furniture, hobi hingga kebutuhan bayi baru lahir hingga balita.

Salah satu keunikan dari Prelo adalah adanya jasa titip, yaitu memberi kewenangan kepada pihak lain untuk membelikan barang preloved, fitur ini dapat digunakan untuk sesama pengguna Prelo, sehingga jenis barang yang hendak dijual menjadi lebih cepat laku.

Jangan khawatir akan penipuan online di media sosial atau pun situs penjualan, sebab situs Prelo sudah menyediakan layanan rekber atau CoD. Dapatkan uang setelah konsumen melihat barang Anda. Supaya segera laku, Anda bisa melakukan foto produk yang menarik. Pastikan gambarnya jelas, jika memiliki motif Anda bisa menambahkan foto detail dari dekat supaya motif dan teksturnya jelas.

5. Bukalapak

Anda pasti sudah tahu salah satu marketplace terbesar satu ini, ya Bukalapak. Selain menjual barang baru, Bukalapak juga dapat digunakan sebagai platform menjual barang-barang bekas. Sehingga Anda bisa memanfaatkan kesempatan ini dengan baik.

Untuk situs yang satu ini mungkin Anda akan lebih percaya, karena sudah memiliki banyak testimoni dari pengguna. Jika tidak ingin ditipu, Anda bisa menyerahkan barang setelah konsumen melihat barang dan jelas akan membayar barang bekas yang Anda tawarkan.

Hebatnya, Bukalapak bisa menjangkau pangsa pasar yang lebih luas karena sudah dipakai oleh seluruh masyarakat di Indonesia. Supaya barang Anda cepat laku, Anda bisa memberikan spesifikasi produk yang lengkap beserta gambar yang asli supaya membangun kepercayaan konsumen.

Download di Play Store atau App Store.

6. Tokopedia

Selain Bukalapak, Tokopedia aplikasi belanja terbaik dan marketplace besar di Indonesia juga dapat digunakan sebagai lapak jual beli barang pre-loved. Ya, selain bisa menjual barang baru, situs atau aplikasi ini juga dapat digunakan menjual barang-barang bekas.

Tentunya barang Anda akan lebih cepat laku karena pengguna Tokopedia yang sudah banyak datang dari seluruh penjuru negeri. Apalagi dengan segala kemudahan sistem pembayaran yang ada, sehingga Anda bisa memilih rekber jika tidak ingin terkena penipuan. 

Tokopedia bisa menjual apa saja jenis barang bekas Anda, mulai dari fashion, pre-loved make up dan skincare, kebutuhan bayi, barang elektronik hingga barang otomotif seperti spion dan knalpot semua bisa ditawarkan di Tokopedia.

Untuk meningkatkan penjualan Anda supaya lebih cepat, Anda bisa menggunakan kata kunci produk yang mudah ditemukan. Misalnya Anda hendak menjual keperluan bayi baru lahir seperti baju—baju bayi, nah bisa menggunakan istilah new born sebagai tambahan keterangan supaya saat orang mencari segera ditujukan pada produk Anda.

Download di Play Store atau App Store.

Nah, berikut di atas merupakan 6 aplikasi atau situs yang dapat digunakan untuk melakukan jual beli barang bekas. Daripada memenuhi ruangan di rumah, lebih baik barang yang sudah tidak dipakai namun masih layak dijual saja. Selain rumah menjadi terasa lebih luas, Anda juga bisa mendapat penghasilan tambahan. Selamat mencoba!

nv-author-image

Clean Qurrota Ayun

Clean Qurrota A'yun adalah mahasiswa Ekonomi di UPN Veteran Yogyakarta yang senang menulis topik-topik seputar literasi finansial.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.