Review Bank Jago: Fitur, Kelebihan, dan Kekurangan (2021)

Ulasan Lengkap bank jago

Tidak banyak orang yang tahu bahwa Bank Jago sebenarnya telah ada sejak 1992, namun baru mulai populer dan dikenal banyak orang sejak tahun 2020. Alasannya, di tahun tersebut, Gojek mengakuisisi saham Bank Jago sebesar 20%. Dengan Gojek lewat anak usahanya, lahirlah sebuah bank digital dengan konsep kekinian dan modern. 

Setiap aplikasi tentu mempunyai kelebihan dan kekurangannya. Berikut review Bank Jago berdasarkan pengalaman kami untuk menentukan apakah app ini bisa menjadi pilihan Anda!

Apa itu Bank Jago?

Bank Jago adalah sebuah aplikasi bank digital berstatus BUKU 3 yang memudahkan pengguna mengelola keuangan secara kolaboratif dan inovatif. Dulunya bernama Bank Artos Indonesia, berubah nama menjadi Bank Jago sejak diakuisisi oleh Gojek.

Aplikasi Jago dapat dipakai pengguna dengan berbagai jenis pilihan perangkat, baik ponsel berbasis Android maupun iPhone. Jadi, Anda bisa mengunduhnya di Google Play ataupun Apple Store.

halaman utama aplikasi Bank Jago
Tampilan halaman utama aplikasi.

Mengenal Aplikasi Bank Jago Lebih Dalam

Ada beberapa alasan mengapa aplikasi Bank Jago jadi lebih diminati dibandingkan aplikasi serupa yang lain. Berikut pembahasannya. 

Kemudahan mengunduh aplikasi 

Aplikasi yang satu ini mudah sekali untuk dimiliki serta diakses pada setiap ponsel pintar masyarakat. Aplikasi ini bisa secara mudah untuk didapatkan dengan mengunduhnya lewat Google Play Store. 

Caranya pun mudah, Anda cukup untuk cari nama aplikasi Bank Jago di Google Play Store. Aplikasi ini mempunyai ikon dengan bentuk huruf J dan mempunyai 3 titik bulatan yang warnanya kuning. Setelah aplikasi ketemu, Anda tinggal install aplikasi. 

Cara daftar akun Bank Jago

Untuk pemula yang belum mempunyai akun, cara untuk buat akun pun mudah sekali. Hal yang pertama perlu Anda lakukan yaitu dengan masuk ke aplikasi Jago, lalu tekan ikon atau tombol buat akun.

Setelahnya, Anda isi email serta nomor HP. Jika email dan nomor HP sudah valid, aplikasi akan kirimkan kode verifikasi. Setelah verifikasi berhasil, Anda lalu membuat password dan isi data diri sesuai KTP. Jangan lupa untuk Anda cek syarat serta ketentuan.

Terakhir verifikasi, pihak dari bank akan hubungi Anda. Berdasarkan pengalaman kami, pihak verifikasi akan segera meminta video call dalam waktu kurang dari 5 menit. Bahkan dari percobaaan yang kami lakukan di tengah malam, tetap tersedia customer service yang siap melayani Anda.

Tarik tunai yang mudah lewat ATM terdekat

Cara untuk tarik tunai di Bank Jago ini tak bisa untuk dilakukan hanya dengan aplikasi, tapi harus untuk dihubungkan pada Kartu Debit. Setelah dihubungkan, penarikan tunai bisa untuk dilakukan seperti biasanya lewat ATM yang terdekat. 

Cara menambah uang lewat aplikasi

Untuk tambahkan uang atau saldo yang dimiliki, Anda bisa melakukannya lewat aplikasi. Caranya juga mudah, cukup dengan Anda buka aplikasi, lalu pilih Tambah Uang. Kemudian salin nomor kantong Jago sesuai aplikasi. Terakhir, lakukan transfer dengan pakai m-banking dari kartu debit yang akan berikan uang tambahan. 

Tidak ada biaya admin

Bank Jago tidak menerapkan biaya admin. Untuk buka rekening, tutup rekening, saldo awal, administrasi bulanan, serta biaya akun dormant tak dipungut atau diambil biaya.

Untuk mengirim uang lewat aplikasi untuk sesama nasabah tak ditarik biaya admin, tapi jika ke rekening bank lain ditarik biaya per transaksi jika sudah melebihi kuota gratis yang diberikan.

Bunga simpanan besar

Tiap bank pastinya fasilitasi menu menyimpan uang atau menabung untuk jangka waktu panjang. Untuk kantong menabung, Bank Jago menawarkan 3,5% bunga simpanan tiap bulan. Nilai bunga ini masih di atas yang ditawarkan Jenius dan Blu by BCA yang berkisar antara 2,5-3%.

Fitur Bank Jago

Aplikasi Bank Jago hadir dengan berbagai macam pilihan fasilitas serta fitur yang cukup lengkap dan menarik. Para pengguna bisa untuk manfaatkan berbagai macam pilihan fitur tersedia untuk pastikan dapat nikmati seluruh layanan keuangan yang ditawarkan. 

Berikut adalah beberapa fitur Bank Jago yang bisa Anda nikmati jika menggunakannya.

1. Kirim dan bayar

Menu ini dapat dipakai Anda untuk lakukan proses transfer dana dan juga lakukan pembayaran tagihan serta lain-lainnya. Anda pun bisa untuk lakukan transaksi transfer pada sesama bank maupun rekening bank yang lain. Sedangkan pembayaran dapat untuk dilakukan membeli atau membayar tagihan seperti tagihan listrik dan pulsa. 

fitur pay & send
Pilihan Pay & Send yang bisa Anda pilih.

2. Fitur kontak

Anda bisa untuk manfaatkan dan pakai layanan kontak yang ada untuk dapat dikategorikan sejumlah orang serta pemilik rekening pada sebuah kontak. Proses kategorisasi ini tentunya akan memudahkan sekali bagi Anda terutama dalam mengatur akun semua teman pada satu buku telepon. 

3. Personalisasi

Anda bisa untuk lakukan personalisasi mengatur sesuai keinginan. Tampilan pada menu Dasbor Bank Jago dapat Anda sesuaikan mulai dari atur foto profil, edit nama, atur jago id, pemilihan Bahasa, atur warna kantong dan lain sebagainya. 

4. Shortcut

Fitur ini pun membantu sekali dikarenakan akan memudahkan transaksi rutin yang Anda lakukan dengan lebih praktis. Hal ini pastinya akan membantu Anda untuk dapat atasi lupa bayar dan masalah-masalah lainnya, dikarenakan secara otomatis bisa dilakukan lewat aplikasi. 

5. Kartu debit Visa

Fitur yang selanjutnya adalah kartu debit. Kartu debit dari Bank Jago bisa untuk Anda gunakan dalam bertransaksi pada berbagai jenis ATM ataupun EDC untuk Alto atau ATM Bersama. Selain itu pun ada banyak keuntungan seperti Anda dapat untuk lakukan personalisasi yang juga atur limit sendiri.

kartu debit Visa
Kartu debit Visa Bank Jago yang kami terima.

Kartu debit Visa dari Bank Jago juga bisa Anda gunakan untuk membayar Spotify dan Netflix. Caranya cukup masukkan nomor kartu, masa kadaluarsa, dan 3 nomor CVV ke menu pembayaran aplikasi.

pengaturan physical card di Jago
Semua informasi CVV dan expiry date hanya bisa diakses melalui aplikasi sehingga lebih aman.

6. Fitur Plan Ahead

Bank Jago memungkinkan Anda merencanakan sebuah transaksi di masa depan dengan fitur “Plan Ahead”. Misalnya, Anda bisa mengatur untuk mengisi pulsa setiap tanggal 20, atau menjadwalkan transfer uang ke sebuah rekening setiap minggu.

fitur plan ahead
Halaman plan ahead.

Tidak ada namanya lupa isi pulsa atau lupa bayar listrik jika Anda menggunakan fitur ini! Kami merasa sangat terbantu dengan fitur ini karena sangat memudahkan pengaturan keuangan.

Fitur perencanaan transfer ini belum ada di aplikasi lain seperti Jenius atau Digibank.

Kelebihan Bank Jago

Berikut beberapa kelebihan yang dimiliki oleh aplikasi Bank Jago:

1. Aplikasi yang ringan

Keunggulan yang dipunyai oleh aplikasi yang dimiliki Bank Jago yang pertama adalah besaran atau ukuran aplikasi yang kecil serta cukup ringan yaitu sekitar 88 MB saja. Meski begitu, performa aplikasi tetap maksimal dan pastinya ukuran aplikasi tak akan membuat ruang penyimpanan ponsel pintar Anda cepat habis.

Dari tes yang kami lakukan, Bank Jago merupakan aplikasi digital banking yang memiliki loading paling cepat. Dibandingkan Jenius, Blu by BCA, maupun Digibank, Jago masih menjadi aplikasi yang paling responsif dan ringan.

2. Personalisasi

Kelebihan lainnya adalah kemudahan untuk lakukan personalisasi. Hal ini merupakan fitur yang belum ditemui di Jenius BTPN.

Pada aplikasi Bank Jago ini, Anda dapat untuk lakukan berbagai proses pengaturan kustomisasi mulai dari menu hingga tampilan pada dashboard, ataupun hal-hal lainnya. Beberapa hal lain itu seperti Anda bisa untuk lakukan pengaturan limit dana sendiri untuk minimum transfer, minimum penarikan, serta lainnya. 

3. Ada beberapa kantong

Jika di dalam aplikasi yang lain ada fitur Saving, pada aplikasi Bank Jago ini mempunyai fitur Kantong. Bank Jago punya berbagai macam pilihan kantong yang sudah bisa untuk dipakai, yang mana itu pastinya mempunyai sejumlah istilah berbeda. Di dalam menu yang ada, beberapa kantong yang dapat untuk Anda pilih, seperti:

  • Saving Pocket
  • Main Pocket Number
  • Spending Pocket
  • Lock Pocket
  • Share Pocket
  • Ada Kartu Debit Virtual Maupun Fisik

Hampir sama dengan Jenius, Bank Jago pun menyajikan dua pilihan kartu yang ada. Anda bisa untuk pilih buat kartu debit secara fisik ataupun kartu virtual. Untuk kartu fisik, hampir sama xCard pada Jenius yang memungkinkan untuk Anda buat sejumlah kartu secara sekaligus. 

Pengaturan pockets
Pengaturan Pockets.

4. Transfer tanpa ada biaya admin

Untuk nasabah di luar negeri, mungkin saja kerap untuk transfer atau berkirim uang ke keluarga, teman, maupun kerabat yang ada di Indonesia. Nah, dengan Anda memakai aplikasi Bank Jago, Anda tak perlu untuk keluarkan biaya tambahan kirim uang atau transfer. Pasalnya pada aplikasi ini bebas biaya untuk admin. Jadi saldo Anda dan nasabah lainnya tak akan terpotong saat melakukan transfer. 

5. Dapat terhubung ke akun PayPal

Anda bisa menghubungkan Bank Jago dengan PayPal menggunakan kartu debit Visa yang disediakan. Jadi untuk Anda yang kerap transaksi dengan rekening bank luar negeri memakai PayPal dapat untuk menghubungkan akun pada rekening Bank Jago Anda. 

Pengaturan cards
Pengaturan physical card.

6. Adanya fitur sub rekening

Pada aplikasi Bank Jago ada juga fitur sub rekening yang dikenal dengan nama fitur Kantong. Fitur yang satu ini sama-sama memungkinkan Anda dan nasabah untuk mempunyai 2 rekening secara sekaligus, tapi dengan 1 ATM sama.

Jadi, Anda dan nasabah dapat untuk kelompokkan saldo pada dua rekening. Contohnya rekening yang utama dipakai kebutuhan transaksi. Sementara, sub rekening untuk saldo tabungan.

Dengan fitur ini, misalnya jika ATM anda dicuri, maka saldo yang bisa diambil hanyalah uang yang ada pada kantong tersebut, sementara uang yang berada di kantong lain tetap aman. Karenanya, usahakan membagi dana ke berbagai sub rekening demi alasan keamanan.

Kekurangan Bank Jago

Dibanding bank digital lainnya, terdapat beberapa kekurangan dari aplikasi Bank Jago:

1. Masih memakai kartu

Konsep dari keuangan digital atau digital banking pastinya memang “cardless”, yang mana artinya tak memakai kartu fisik yang khusus. Dengan begitu, proses penarikan dana atau hal yang lainnya memang sebaiknya dapat dipakai secara virtual dengan aplikasi yang ada saja.

Konsep cardless ini sudah dipakai oleh blu by BCA. Tetapi, nyatanya masih banyak orang yang menyukai memiliki kartu fisik karena lebih bisa diandalkan di berbagai situasi.

2. Inovasi aplikasi yang masih terbatas

Mungkin mengenai inovasi hampir sama dengan aplikasi serupa lainnya. Bahkan ada sejumlah pilihan fitur yang fungsinya hampir sama, tapi penamaannya berbeda. Di masa ke depannya, mungkin pihak Bank Jago bisa untuk cari ide yang lainnya untuk ciptakan fitur baru yang dibutuhkan pengguna aplikasi. Lalu yang tidak kalah penting adalah adanya keunikan di mana konsep berbeda jauh atau tak sama dengan yang sebelumnya sudah ada.

Beberapa fitur yang masih belum dimiliki adalah belum adanya fitur investasi deposito seperti yang dimiliki Digibank, blu, dan Jenius. Namun, Bank Jago sudah terintegrasi dengan aplikasi Bibit sehingga aktivitas investasi bisa Anda lakukan menggunakan fitur tersebut.

3. QRIS

QRIS atau yang diketahui sebagai pembayaran dengan cara lakukan scan QR Code ini masihlah belum didukung aplikasi Bank Jago. Untuk sebuah aplikasi keuangan atau Bank digital, meskipun tak sering digunakan oleh pengguna, memiliki fitur QRIS adalah hal yang penting. 

4. Belum ada forex

Bagi sebagian orang, mungkin saja membutuhkan uang di dalam bentuk mata uang asing. Pada aplikasi Bank Jago, fitur untuk tukar mata uang rupiah pada mata uang asing masih belum tersedia. Dalam hal ini Jago masih kalah dengan Digibank yang sudah menyediakan fitur tabungan Dolar.

5. Tidak ada pinjaman 

Kekurangan yang lainnya dari aplikasi Bank Jago adalah fitur pinjaman yang belum tersedia. Seperti yang diketahui, di jaman yang serba digital saat ini, banyak hal dilakukan secara online, termasuk pinjam sejumlah dana.

Dalam hal ini Jago belum bisa mengimbangi Digibank KTA dan Jenius BTPN yang memiliki fitur Flexi Cash di mana pengguna bisa mengajukan pinjaman dengan bunga kompetitif.

6. Swift Code atau Swift BIC

Bagi Anda pengguna dari Google Adsense akan memerlukan ini sebagai metode pembayaran, tapi aplikasi Bank Jago masih belum mempunyai fasilitas satu ini. 

Selain kekurangan-kekurangan di atas, ada beberapa kekurangan lain dari Bank Jago, seperti:

  • Kode verifikasi pada nomor HP serta email kadang-kadang terlambat hingga Anda perlu untuk menunggu dalam waktu yang cukup lama. 
  • Fitur bayar belum terlalu lengkap, misalnya saja fitur untuk bayar belanja online seperti akun virtual pun belum tersedia.
  • Belum terintegrasi ke marketplace populer seperti Tokopedia.
  • ATM ataupun mesin EDC dan yang sejenis lainnya belum begitu banyak tersedia sehingga untuk transaksi tarik tunai masih andalkan ATM bank yang lainnya. Namun untungnya, aplikasi Bank Jago berikan bebas biaya atau gratis tarik tunai pada ATM bank lain walaupun sekarang dibatasi hanya 5 kali transaksi tiap bulannya. 

Kesimpulan

Aplikasi Bank Jago memanglah cukup menarik baik dari segi fitur yang sudah ada maupun fitur lainnya yang mungkin akan ada di masa yang akan datang. Bebas biaya atau gratis administrasi bulanan serta gratis biaya transfer uang antar bank pun tampak cukup menggoda dan menguntungkan.

Menurut penilaian kami, Bank Jago merupakan bank online terbaik di Indonesia saat ini. Meskipun terdapat beberapa kekurangan yang masih dimiliki, kelebihan yang dimiliki membuatnya tetap unggul dibanding pesaingnya. Karenanya, Bank Jago tetap kami tempatkan sebagai nomor 1 di daftar rekomendasi bank digital yang kami ulas.

Untuk Anda yang ingin atau penasaran untuk coba buka rekening pada Bank Jago, tapi Anda khawatir dengan transaksi tarik tunai atau karena Anda belum mempunyai kartu debit, Anda bisa mengakalinya dengan simpan dana yang tak terlalu besar pada Bank Jago sementara waktu. Simpan uang Anda hanya seperlunya sembari Anda menantikan pembaruan atau update ke depannya dari Bank Jago. 

1 tanggapan pada “Review Bank Jago: Fitur, Kelebihan, dan Kekurangan (2021)”

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *