Lompat ke konten
Daftar Isi

Bank Jago vs Jenius, Mana Yang Lebih Baik?

Perbandingan Bank Jago dan Jenius

Bank Jago dan Jenius saat ini adalah dua aplikasi perbankan digital yang banyak digunakan di Indonesia. Hingga tulisan ini dibuat, kedua bank digital ini sudah diunduh oleh lebih dari 10 juta pengguna Google Playstore di seluruh Indonesia. 

Namun, diantara keduanya mana sih yang lebih baik? Berdasarkan pengalaman pemakaian selama setahun terakhir, Investbro akan membahas perbandingan Bank Jago dan Jenius agar untuk Anda!

Mengenal Bank Jago

Bank Jago adalah aplikasi perbankan digital yang berdiri pada tahun 1996 dengan nama PT PT. Bank Artos Indonesia Tbk. Bank ini sudah menjadi perusahaan publik dengan listing di Bursa Efek Indonesia (BEI) pada tahun 2016 dengan nama ARTO. 

Seiring dengan maraknya perbankan digital di Indonesia dan covid19, Bank Artos pun berganti nama menjadi Bank Jago dan mengalihkan fokusnya dari perbankan konvensional menjadi perbankan digital pada tahun 2020. Sejak saat itu, perusahaan ini dapat tumbuh dengan cepat dan menjadi perusahaan perbankan terkemuka di Indonesia. 

Jika Anda ingin mengetahui ulasan bank ini secara terpisah, Anda bisa mengklik tautan di bawah ini:

Review Bank Jago

Mengenal Jenius

Boleh dibilang kalau Jenius adalah pionir industri perbankan digital. Aplikasi ini pertama kali diterbitkan oleh Bank BTPN pada 11 Agustus 2016 dan sejak saat itu hingga kini, Jenius selalu menghadirkan fitur-fitur yang menarik nasabah. Tidak heran jika saat ini Jenius sudah diunduh oleh jutaan orang. 

Di Jenius, Anda bisa punya 2 akun keuangan yaitu personal untuk kebutuhan transaksi dan tabungan pribadi, dan akun bisnis untuk kebutuhan bisnis seperti transaksi keuangan bisnis dan BisnisKit (platform kelola bisnis dari Jenius).

Jika Anda ingin mengetahui ulasan bank ini secara terpisah, Anda bisa mengklik tautan di bawah ini:

Review Jenius

Fitur Bank Jago vs Jenius

Fitur Transaksi

Bank Jago dan Jenius memungkinkan Anda untuk kirim uang dan bayar tagihan (kartu kredit, listrik, air, internet, infak dan sedekah), top up e wallet dengan mudah. Anda cukup masukkan nomor tagihan dan dana akan dikirim secara otomatis.

Jenius menghadirkan fitur Jenius Pay yaitu fitur untuk pembayaran dengan memasukkan $Cashtag jadi nggak perlu memasukkan info kartu debit dan kartu kredit. Selain itu ada juga Jenius QR yang bisa bayar hanya dengan scan barcode.

Bank Jago dan Jenius memungkinkan Anda untuk kirim uang dan bayar tagihan (kartu kredit, listrik, air, internet, infak dan sedekah), top up e wallet dengan mudah. Anda cukup masukkan nomor tagihan dan dana akan dikirim secara otomatis.

Jenius menghadirkan fitur Jenius Pay yaitu fitur untuk pembayaran dengan memasukkan $Cashtag jadi nggak perlu memasukkan info kartu debit dan kartu kredit. Selain itu ada juga Jenius QR yang bisa bayar hanya dengan scan barcode.

Sementara di Bank Jago Anda memiliki ID yang dapat digunakan oleh nasabah lain untuk keperluan pengiriman uang.

Di Bank Jago Anda bisa melakukan transaksi terjadwal seperti pengisian pulsa pada tanggal tertentu setiap bulannya. Sementara di Jenius, fitur transaksi terjadwal tidak tersedia.

Auto top-up dan Schedule a payment di Jago.
Menu Plan Ahead di Jago.

Fitur Kelola Keuangan

Kedua aplikasi bank digital ini menyediakan fitur kelola keuangan, di mana pengguna bisa memisahkan dana untuk jenis transaksi tertentu atau membuat dompet/tabungan khusus. Misalnya ada dompet untuk liburan, renovasi rumah, dana darurat, perbaikan kendaraan dan kebutuhan Anda masing-masing. Anda bisa membuatnya sendiri sesuai dengan keinginan.

Adanya tabungan atau dompet khusus ini dianggap bisa memudahkan Anda untuk mengecek jumlah kebutuhan terbanyak dalam periode tertentu. Fitur ini oleh banyak orang dimanfaatkan untuk audit pengeluaran bulanan. Jadi nggak perlu lagi ribet, cari histori pengeluaran lewat berita transfer di masing-masing transaksi.

Fitur Tabungan

Meski fungsi bank adalah untuk menyimpan atau menabung uang, namun baik Bank Jago dan Jenius punya fitur tabungan khusus. Fitur tabungan ini banyak dimanfaatkan untuk keperluan dan target tertentu, seperti renovasi rumah, liburan ke negara lain dan sebagainya.

Bank Jago menyediakan fitur kantong nabung yang juga memiliki fitur autosave. Jadi tabungan Anda akan ditambahkan dari saldo secara rutin pada tanggal yang sudah Anda tentukan. Kantong ini juga menampilkan jangka waktu tabungan, jadi pengguna bisa tahu kapan total tabungannya bisa terkumpul.

Pembuatan kantong di Bank Jago
3 pilihan Save It yang bisa dipilih di Jenius
Pilihan Save It di Jenius.

Jenius BTPN punya beberapa opsi tabungan seperti Flexi Saver, Dream Saver dan Maxi Saver. Masing-masing opsi tabungan punya keunggulan seperti:

  • Flexi Saver merupakan tabungan seperti deposito, dimana penggunaan mendapat 2.5% bunga. Kelebihannya, Anda bisa setor berapapun saldo awal dan bisa bebas tarik tabungan tanpa penalti.
  • Dream Saver adalah tabungan yang bisa autodebet, jadi pengguna bisa atur tanggal pengisian saldo yang otomatis diambil dari saldo Jenius. Tabungan ini juga memiliki bunga 2.5%.
  • Maxi Saver adalah jenis tabungan deposito yang bisa Anda pakai untuk investasi yang menguntungkan. Anda bisa dapat bunga maksimal 4% dan pilih jangka waktu hingga 12 bulan. Tidak ada penalti saat melakukan penarikan sebelum jangka waktu berakhir.

Di Jenius, Anda hanya bisa membuat 3 kantong simpanan berencana ini, namun pada Bank Jago, Anda bisa membuat sebanyak apapun yang Anda mau.

Fitur Keuangan Bersama

Maksud fitur keuangan bersama ini, Anda bisa melakukan transaksi keuangan melibatkan teman, keluarga dan sahabat. Misalnya untuk keperluan jalan-jalan, sedang menjalankan proyek bersama, dan tagih pinjaman teman tanpa sungkan.

Fitur Request Money
Meminta uang melalui aplikasi

Fitur ini cocok banget buat yang suka nongkrong dengan circle, jadi nggak perlu repot ngumpulin cash buat bayar makan, belanja dan kebutuhan lain.

Jenius memiliki fitur Pay Me untuk tagih hutang via aplikasi dan bisa atur reminder jika teman Anda lupa transfer. Kelebihannya, Anda bisa kirim tagihan hanya dengan memasukkan nomor handphone, lalu masukkan jumlah tagihan dan berita tagihan.

Bank Jago juga punya fitur Kantong Bersama, Kantong Berbagi, dan Minta Uang.

  • Kantong bersama adalah fitur untuk mengumpulkan orang terdekat yang punya keinginan bersama. Anda bisa buat dan undang orang terdekat Anda supaya bisa lihat jumlah uang yang terkumpul, supaya makin termotivasi untuk menabung.
  • Minta uang untuk kirim permintaan uang ke teman.
  • Kantong berbagi adalah fitur untuk kirim uang dan kartu ucapan ke teman dekat.

Kartu Debit dan Kartu Kredit

Bank Jago dan Jenius sebagai bank digital juga mengeluarkan kartu debit fisik dan kartu kredit virtual. Seperti yang kita tahu, kartu debit banyak dipakai saat bayar bill ketika belanja di mall atau makan di resto.

Bank Jago punya Kartu Debit Jago Visa yang bisa Anda gunakan untuk pembayaran online dan transaksi mesin ATM dan EDC yang terdapat logo ATM Bersama. Jenis kartu Visa juga memungkinkan Anda untuk transaksi di luar negeri, di ATM berlogo Visa.

Untuk mendapatkan kartu debit di Bank Jago, Anda bisa buat kartu dan melengkapi data melalui aplikasi Jago di Smartphone. Kartu debit fisik akan dikirim ke alamat yang diinginkan. Setelah kartu tersebut sampai, silahkan aktivasi kartu via aplikasi, supaya kartu debit Jago Visa bisa digunakan.

Form pembuatan kartu debit di Jenius.
Pembuatan kartu debit/VISA di Jenius

Jenis juga menyediakan kartu fisik dengan 3 tipe, yaitu Kartu Debit Utama, Kartu Debit Virtual dan Kartu Debit Tambahan.

  • Kartu Debit Utama untuk keperluan tarik tunai di ATM Bersama, dengan minimal saldo Rp 500 ribu.
  • Kartu Debit Virtual untuk keperluan pembayaran belanja online. Kartu ini juga bisa untuk pembayaran yang membutuhkan kartu kredit.
  • Kartu Debit Tambahan adalah jenis kartu untuk pembayaran tertentu seperti belanja dan transportasi. Kartu ini juga bisa untuk tarik tunai.

Anda bisa menggunakan Bank Jago untuk berlangganan Netflix, begitu juga dengan Jenius yang kartunya bisa Anda gunakan untuk berlangganan layanan online.

Fitur Paylater

Terbaru, Jenius menghadirkan fitur paylater atau fitur yang memudahkan pelanggan untuk belanja sekarang dan membayarnya kemudian. Fitur ini terintegrasi dengan aplikasi Jenius dan bisa diakses menggunakan metode pembayaran QRIS, sehingga tidak seperti fasilitas paylater lainnya, Jenius paylater bisa digunakan untuk transaksi online maupun offline. 

Di sisi lain, Bank Jago tidak memiliki fitur paylater yang terintegrasi secara langsung dengan aplikasi perbankannya. Menurut pemberitaan dari Bisnis, Paylater Bank Jago hanya bisa diakes melalui aplikasi-aplikasi marketpklace yang terafiliasi dengan GOTO Group.

Fitur Investasi

Dua aplikasi ini menawarkan kemudahan investasi dengan cara yang berbeda. Di Jenius BTPN, Anda bisa langsung berinvestasi reksa dana secara langsung dengan tanpa harus berpindah ke aplikasi lain. Adapun di Bank Jago, Anda bisa menyimpan dana Anda ke kantong Investasi dan menggunakan dana yang di simpan di kantong investasi tersebut untuk berinvestasi dengan lebih mudah menggunakan aplikasi mitra, seperi Bibit dan Stockbit.

Dengan memiliki rekening di Bank Jago, Anda bisa mencairkan beberapa jenis reksa dana secara instan di aplikasi Bibit, membeli berbagai instrumen investasi dengan tanpa biaya admin dan berbagai kemudahan lainnya. 

Kelebihan dan Kekurangan Bank Jago

Kelebihan

  1. Aplikasi yang ringan. Bank Jago termasuk aplikasi perbankan digital yang menyediakan layanan lengkap tapi dengan tanpa aplikasi yang berat. Menurut data terbaru, berat aplikasi ini hanya sebesar 77.89 MB saja. Akibatnya, aplikasi ini juga dapat digunakan oleh pengguna dengan ringan. 
  2. Biaya transaksi yang murah. Dengan Bank Jago, Anda bisa menarik uang melalui ATM secara gratis sebanyak 5 kali dalam 1 bulan, 25 kali mengirim dana secara gratis ke bank lain, dan biaya top up e-money hanya 3.000 rupiah saja. Tidak hanya itu, biaya admin Bank Jago juga gratis setiap bulannya. Hal ini tentu berbeda dengan bank konvensional yang membebankan Rp7.000 untuk biaya admin. 

Kekurangan

  1. Tidak bisa digunakan investasi secara langsung kecuali untuk deposito. Namun demikian, bunga Bank Jago untuk deposito lebih besar dibandingkan dengan bank konvensional. Jika bank konvensional menawarkan bunga hanya sebesar 3%-4% saja, maka bunga Bank Jago berada di level 5%. 
  2. Tidak memiliki fitur paylater. Hal ini tentu disayangkan, mengingat aplikasi pesaing jago, yaitu Jenius memiliki fitur ini. 

Kelebihan dan Kekurangan Jenius

Kelebihan

  1. Memiliki fitur keuangan yang lengkap. Mulai dari paylater, hingga investasi reksa dana semua ada di Jenius. Dengan menggunakan aplikasi ini, Anda tidak perlu mengunduh aplikasi lain untuk berinvestasi. Selain itu fitur paylater-nya juga bisa digunakan untuk pembayaran secara online. 
  2. Kelola dana bisnis dan pribadi hanya dengan satu aplikasi. Hal ini tentunya akan membuat pengelolaan uang bisnis dan individu Anda menjadi lebih mudah dan tidak tercampur. 

Kekurangan

  1. Apabila dibandingkan dengan Jago, biaya admin Jenius relatif lebih mahal. Untuk biaya top up e-wallet hingga Rp5.000 untuk satu kali transaksi, sementara biaya admin Jenius bulanan hingga Rp10.000. 
  2. Aplikasi yang berat. Dengan beban unduh lebih dari 110 MB, aplikasi Jenius memang memiliki fitur yang lengkap, namun aplikasinya berat, sehingga tidak jarang aplikasi ini nge-lag jika digunakan. 

Jenius vs Jago : Mana yang Lebih Baik?

Kedua aplikasi perbankan digital ini memiliki kelebihan dan kekurangan masing-masing. Namun, apabila disimpulkan dari pembahasan di atas, tampak bahwasannya Jago memiliki fitur transaksi yang sedikit kurang, namun aplikasi yang ringan dan mudah digunakan. Lebih dari itu, biaya admin Bank Jago juga lebih rendah dibandingkan dengan biaya admin Jenius. 

Nah itu tadi review bank jago vs jenius untuk Anda. Jadi, Anda akan menggunakan aplikasi yang mana?

Melvern Pradana

Melvern Pradana

Melvern Pradana adalah seorang investor yang aktif menanam modal di pasar saham, cryptocurrency, P2P lending, dan reksa dana. Idolanya adalah Warren Buffett dan Peter Thiel.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *