Lompat ke konten

Bank Jago vs Neobank: Lebih Baik Yang Mana?

Jago vs Neobank

Bank Jago dan Neobank merupakan dua bank digital yang cenderung diminati di Indonesia. Berdasarkan survei yang dilakukan oleh DailySocial, keduanya masuk dalam 5 besar bank digital yang paling dikenal oleh konsumen Indonesia, dengan Bank Jago berada di peringkat kedua (38,4 persen) dan Neobank di urutan keempat (27,5 persen). Keduanya banyak dipilih nasabah karena menghadirkan fitur yang sangat dibutuhkan di era keuangan modern sekarang ini.

Jika Anda tertarik dengan dua bank digital ini namun belum bisa memutuskan akan memilih yang mana, silakan simak ulasan perbandingan Bank Jago vs Neobank dari kami berikut ini.

Sekilas Mengenal Bank Jago

PT Bank Jago Tbk merupakan perusahaan perbankan yang dulu bernama PT Bank Artos Indonesia, didirikan pada 1992 dan melantai bursa pada 2016. Tiga tahun setelah memperdagangkan sahamnya, Bank Artos diakuisisi oleh PT Metamorfosis Ekosistem Indonesia (sebesar 37,65%) dan Wealth Track Technology Ltd (sebesar 13,35%), keduanya terafiliasi dengan Bank BTPN.

Nama perusahaan diubah menjadi Bank Jago pada 2020. Di tahun yang sama, Gojek Indonesia di bawah nama PT Dompet Karya Anak Bangsa membeli 22,16% saham perusahaan, sehingga secara resmi Bank Jago dimiliki oleh tiga perusahaan tersebut.

Antarmuka aplikasi Bank Jago
Antarmuka aplikasi Bank Jago.

Aplikasi bank digital Bank Jago diluncurkan pada April 2021, disusul oleh Jago Syariah pada Februari 2022. Per Juni 2022, jumlah nasabah yang terdaftar pada Bank Jago dan Jago Syariah mencapai lebih dari 3 juta orang. Bank Jago mencatatkan aset Rp 12,31 triliun pada akhir 2021, dengan pendapatan Rp 696,5 miliar.

Bank Jago terdaftar dan diawasi oleh Otoritas Jasa Keuangan (OJK) serta menjadi anggota Lembaga Penjamin Simpanan (LPS), sehingga keamanan dana nasabah dapat dipertanggungjawabkan. Dalam review lengkap Bank Jago, kami telah mengupas lengkap fitur, kelebihan, dan kekurangannya.

Sekilas Mengenal Neobank

Neobank adalah aplikasi bank digital yang bernama resmi Bank Neo Commerce (BNC). Semula BNC adalah bank konvensional dengan nama PT Bank Yudha Bhakti yang berdiri sejak 1990. Bank ini berganti nama menjadi BNC setelah diakuisisi oleh PT Akulaku Silvrr Indonesia pada September 2020.

Aplikasi Neobank dirilis pada Maret 2021. Saat ini BNC berstatus bank buku II dengan modal inti perseroan sebanyak Rp 1 triliun. Total asetnya sendiri mencapai Rp 12,5 triliun dengan pendapatan Rp 448 miliar per kuartal pertama 2022.

Menu dan fitur pada aplikasi Neobank.
Tampilan aplikasi Neobank.

Neobank juga terdaftar dan diawasi OJK serta dijamin oleh LPS, namun ada beberapa produk perbankan Neobank yang tidak termasuk ke dalam penjaminan karena suku bunga yang melebihi ketentuan LPS. Dalam review Neobank, kami telah membahas apa saja fitur-fitur yang membuatnya layak dipertimbangkan calon nasabah.

Bank Jago vs Neobank: Pembukaan Rekening

Bank Jago dan Neobank sama-sama menyediakan layanan online untuk pendaftaran dan pembukaan rekening. Anda cukup siapkan identitas diri berupa KTP, lalu mengisi formulir pembukaan tabungan. Secara umum formulir yang perlu diisi hampir sama, yaitu informasi diri, informasi pekerjaan, dan data-data rekening yang akan dibuka.

Perbedaan Bank Jago dan Neobank ada pada verifikasi pendaftaran. Bank Jago menghendaki verifikasi berupa video call sehingga calon nasabah perlu menyiapkan jaringan internet yang stabil agar proses verifikasi lancar dan berhasil. Sedangkan Neobank hanya butuh face recognition atau pengenalan wajah sebagai verifikasi, sehingga yang Anda butuhkan hanya kamera depan yang cukup jernih.

Meskipun demikian, Bank Jago lebih cepat dalam proses approve rekening, rata-rata hanya 10-15 menit, paling lambat 30 menit. Sementara pendaftaran Neobank diproses dalam 20-30 menit sampai 1 jam.

Bank Jago vs Neobank: Produk Tabungan

Produk perbankan yang ditawarkan Bank Jago dan Neobank hampir sama, yaitu tabungan, deposito berjangka, dan pinjaman online. Perbedaannya terletak pada jenis, fasilitas, dan peruntukan produk tersebut.

Tabungan Bank Jago dinamai dengan nama Kantong Jago, terdiri dari tiga pilihan yang bisa dibuka sekaligus oleh nasabah: Kantong Utama untuk rekening tabungan utama (menyimpan uang, menerima dan mengirim dana, dan sebagainya), Kantong Bayar untuk melunasi tagihan-tagihan, dan Kantong Nabung untuk pembelian deposito dan pembuatan tabungan custom sesuai keinginan nasabah. Kantong Utama dan Kantong Bayar mendapat bunga 0,5% per tahun.

Neobank memiliki dua jenis tabungan, yakni Neo Account dan Tabungan Neo atau Neo WOW. Neo Account merupakan akun tabungan standar dari Neobank dengan peruntukan yang basic seperti penyimpanan uang dan transfer. Neo WOW merupakan versi lebih tinggi dari Neo Account dengan bunga yang lebih tinggi pula, yaitu sampai 6% per tahun.

Nasabah yang butuh manajemen tabungan yang terkategorisasi akan lebih terbantu dengan Kantong Jago ketimbang Tabungan Neo. Ditambah lagi Bank Jago memiliki opsi tabungan berbunga 0% yang menyasar nasabah dengan prinsip syariah. Neobank sayangnya belum mempunyai ini.

Namun, Neobank lebih unggul dari segi bunga tabungan, faktor yang membuatnya cukup banyak dilirik calon nasabah.

Bank Jago vs Neobank: Produk Deposito

Deposito di Bank Jago diwadahi oleh Kantong Nabung dengan saldo minimal Rp 100.000. Jangka waktu paling singkat untuk penguncian kantong adalah 14 hari dan paling lama 12 bulan. Bunga per tahunnya 3,5% hingga 4% tergantung nominal saldo dan lama penguncian. Suku bunganya aman karena masih dalam batas ketentuan LPS. Jika Anda membuka kunci kantong sebelum waktunya, Bank Jago akan menagih biaya tambahan buka kunci.

Produk deposito Neobank ada dua macam, yaitu Neo WOW Instant dan Neo WOW Extra. Saldo minimum keduanya cukup terjangkau, hanya Rp 200.000 dan bebas biaya admin. Neo WOW Instant adalah deposito berjangka pendek dengan pilihan 7 hari, 1 bulan, dan 3 bulan, bunga 6,5%-7,5% per tahun. Sedangkan Neo WOW Extra berjangka lebih panjang antara 6 bulan atau 12 bulan dengan bunga per tahun 7,75%-8%.

Bunga deposito Neobank melebihi ketentuan Bank Indonesia yang berada di angka 3,5%. Sehingga produk deposito Neobank tidak dapat dijamin oleh LPS.

Bank Jago vs Neobank: Produk Pinjaman Online

Bank Jago dan Neobank sama-sama menjawab kebutuhan keuangan modern abad 21: kredit tanpa agunan (KTA) yang sepenuhnya digital, alias pinjaman online. Perbedaannya terletak pada limit, pinjaman minimal, dan suku bunganya.

Pinjaman online Bank Jago bekerja sama dengan Kredit Pintar, memberikan pinjaman minimal Rp 600.000 dan maksimal sesuai dengan profil kreditur, dengan pilihan tenor 1 bulan hingga 12 bulan. Bunga yang berlaku 5% per bulan.

Neobank baru membuka produk pinjaman online pada awal 2022. Kredit diberikan mulai dari Rp 500.000 sampai Rp 10 juta. Tenor yang dapat dipilih antara 3 bulan hingga 12 bulan. Pinjaman dibebani bunga 3% per bulan atau maksimal 36% per tahun.

Bank Jago vs Neobank: Fitur

Fitur-fitur dasar Bank Jago dan Neobank hampir seragam seperti layaknya yang ditemukan pada bank-bank digital lain, seperti pembukaan rekening yang sepenuhnya online, fasilitas top up, transfer dana, kanal pembelian dan pembayaran tagihan, sampai tarik tunai tanpa kartu.

Namun, ada beberapa fitur unggulan yang dimiliki masing-masing bank ini namun belum ditemukan pada bank lainnya, yaitu:

Kantong dan kunci kantong (Bank Jago)

Fitur kantong pada Bank Jago memungkinkan pengguna untuk memisahkan tabungan sesuai keperluan mereka. Kantong-kantong ini dapat ditambah sesuai keinginan. Ditambah fitur kunci kantong yang membuat tabungan Bank Jago sekaligus berfungsi sebagai deposito berjangka.

Arisan (Bank Jago)

Fitur ini cukup unik, Indonesia banget, dan belum banyak ditemukan pada bank-bank lain. Fitur Arisan pada Bank Jago berfungsi layaknya arisan di dunia nyata, Anda dapat bergabung bersama beberapa rekanan yang juga menggunakan Bank Jago untuk kemudian mengatur jumlah uang yang harus disetor dalam arisan. Aplikasi akan “mengocok” arisan ini dan uangnya akan ditransfer ke pemenang.

Arisan dilengkapi sub-fitur tagih uang yang dapat disetel otomatis, sehingga Anda tidak perlu repot mengingatkan kawan-kawan yang belum membayar arisan.

Instant messenger (Neobank)

Aplikasi Neobank memfasilitasi nasabahnya untuk bercakap-cakap satu sama lain melalui fitur Instant messenger. Anda bahkan dapat mengirim uang melalui fitur obrolan ini. Fitur ini tidak ada di Bank Jago.

Jurnal keuangan (Neobank)

Semua transaksi yang dilakukan melalui aplikasi otomatis akan tercatat ke dalam jurnal keuangan pribadi Anda yang disebut Neo Jurnal. Dari sini Anda bisa mengatur keuangan, membagi pos-pos pengeluaran, dan merencanakan tabungan.

Pesan kartu debit secara online (Bank Jago)

Di aplikasi Bank Jago Anda dapat memesan kartu debit ATM secara online, dan kartu ini akan dikirim ke alamat Anda.

Kartu VISA dari Bank Jago.
Kartu visa yang dikirim ke alamat saya.

Bank Jago vs Neobank: Biaya

Bank Jago dan Neobank termasuk jajaran bank digital yang memberikan banyak gratis biaya kepada nasabahnya. Secara umum, perbandingan biaya-biaya kedua bank tersebut dapat dilihat di bawah ini:

  • GRATIS biaya pembukaan rekening online, biaya pembukaan tabungan dan deposito, biaya administrasi bulanan, saldo awal, biaya transfer ke sesama nasabah pengguna, dan biaya dormant (jika rekening tidak aktif selama 6 bulan), baik untuk Bank Jago maupun Neobank.
  • Baik Bank Jago maupun Neobank menggratiskan biaya transfer ke bank lain dalam negeri hingga 25 kali transfer tiap bulan, selanjutnya dikenakan Rp 2.500 per transfer. Khusus Bank Jago, peraturan terbaru yang berlaku mulai September 2022 adalah gratis biaya transfer ke bank lain hingga 150 kali per bulan, tergantung level akun Anda.
  • Bank Jago memberi gratis top up untuk e-wallet maksimal 25 kali per bulan, selanjutnya dikenakan Rp 3.000 per transaksi. Aturan terbaru Bank Jago adalah gratis top up dompet digital bisa sampai 150 kali per bulan disesuaikan dengan akun pengguna.
  • Gratis tarik tunai 5x untuk rekening Bank Jago pada ATM domestik, selanjutnya ada biaya Rp 7.000 jika melakukan penarikan di ATM Bersama.

Bank Jago vs Neobank: Ekosistem

Karena sebagian sahamnya dimiliki oleh Gojek Indonesia, maka Bank Jago terafiliasi sepenuhnya dengan aplikasi ojek online dan pesan antar makanan ini. Rekening Bank Jago dapat langsung disambungkan ke akun Gojek dan berfungsi sebagai dompet digital yang disebut Gopay Jago.

Gojek memberi keistimewaan untuk nasabah Bank Jago yang menyambungkan kantong tabungannya ke Gojek, yaitu dengan berbagai voucher, promo, dan cashback yang hanya dapat dinikmati oleh pengguna Gopay Jago. Misalnya, ada cashback Rp 100 ribu khusus untuk pengguna baru Gopay Jago.

Bank Jago juga terintegrasi dengan platform investasi Stockbit dan Bibit. Ini membuat Anda bisa membuka rekening Bank Jago melalui Stockbit dan Bibit, demikian pula sebaliknya. Anda tidak akan dikenai biaya transaksi jika melakukan pembelian saham di Stockbit dan reksadana di Bibit menggunakan pembayaran dari akun Bank Jago.

Selain itu, Bank Jago memiliki kartu debit virtual yang bekerja sama dengan Visa, sehingga dapat digunakan untuk online payment seperti Paypal dan Apple Pay.

Sedangkan Neobank yang berada di bawah payung perusahaan Akulaku, terafiliasi dengan Alibaba Group yang menjalin kolaborasi dengan banyak perusahaan fintech, sehingga ke depannya nasabah akan semakin mudah dalam memproses kredit. Neobank juga bekerjasama dengan iGrow untuk mempermudah petani memperoleh modal melalui pinjaman produktif berbunga kompetitif.

Bank Jago vs Neobank: Referral

Ada program referral menarik bernama member get member pada Bank Jago dan Neobank. Jika nasabah Bank Jago atau Neobank berhasil mengajak orang lain untuk bergabung dan membuka rekening, maka nasabah lama yang mengajak dan nasabah baru yang diajak sama-sama mendapat bonus.

Bank Jago memberi cashback Rp 25.000 masing-masing untuk yang mengajak dan yang diajak. Syarat pemberian cashback ini adalah saldo tabungan minimal Rp 200.000.

Cashback yang diberikan Neobank kepada nasabah yang mengajak adalah Rp 25.000, ditambah benefit menarik jika orang yang diajak mau membuka deposito. Nasabah yang diajak ini mendapat cashback Rp 23.900 sekaligus kupon undian untuk memenangkan Rp 10 juta.

Bank Jago vs Neobank: Kesimpulan

Bank Jago dan Neobank masing-masing memiliki kelebihan dan kekurangan tersendiri. Bank Jago unggul dengan fitur-fiturnya yang lebih lengkap, biaya gratisan yang lebih banyak, serta ekosistem yang lebih luas. Neobank lebih baik dalammembantu ketahanan finansial serta lebih menjanjikan dalam hal kredit produktif dan konsumtif.

Menurut penilaian saya, secara umum Bank Jago masih lebih unggul daripada Neobank untuk penggunaan sehari-hari.

Baik Bank Jago maupun Neobank secara fitur dan antarmuka aplikasi mampu bersaing dengan bank digital terbaik lain di Indonesia.

nv-author-image

Melvern Pradana

Melvern Pradana adalah seorang investor yang aktif menanam modal di pasar saham, cryptocurrency, P2P lending, dan reksa dana. Idolanya adalah Warren Buffett dan Peter Thiel.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.