Lompat ke konten

Review Neobank by Bank Neo Commerce: Kelebihan dan Kekurangan

Review Lengkap Neobank

Jaringan bank digital di Indonesia yang semakin semarak mengakibatkan semakin banyaknya pilihan dan semakin ketatnya persaingan. Semua bank digital berlomba-lomba menyajikan pelayanan dan pengalaman perbankan paling mengesankan bagi nasabahnya. Setelah Bank BTPN meluncurkan Jenius, Bank DBS mengeluarkan Digibank, dan Bank UOB memiliki TMRW, kini yang terbaru adalah Bank Neo Commerce (BNC) dengan aplikasi bank digitalnya yang bernama Neobank.

Di awal kemunculannya, Neobank dijanjikan akan memberikan pengalaman baru (neo experience) dalam bidang perbankan. Neobank diklaim menjadi bank digital terbaik dan paling menghasilkan bunga tertinggi di tahun 2022.

Apakah benar seperti itu?

Berikut review Neobank berdasarkan pengalaman pemakaian selama setahun terakhir yang membahas kelebihan dan kekurangannya.

Sekilas Tentang Neobank

Neobank adalah aplikasi bank digital dari Bank Neo Commerce (BNC). Sebelum menjadi bank digital pada Maret 2021, awalnya BNC adalah bank konvensional dengan nama PT Bank Yudha Bhakti (kode saham BBYB), yang sudah melayani nasabah selama 30 tahun. Sejak diakuisisi oleh PT Akulaku Silvrr Indonesia pada September 2020, bank ini berganti nama menjadi BNC dan berpindah haluan menjadi bank digital.

Tidak hanya berganti nama, BNC juga merombak diri dari segi tampilan dan layanan. Segmen yang disasar BNC dengan Neobank adalah kawula muda yang tergolong kelompok tech-savvy (fasih dalam teknologi). Neobank kemudian membranding diri dengan visi terbaru manajemen: “Banking, Above and Beyond”, dan berjanji akan menghadirkan pengalaman perbankan yang unik, menyenangkan, dan anak muda banget.

Tampilan UI aplikasi Neobank
Tampilan awal aplikasi

Aplikasi Neobank di Playstore telah diunduh lebih dari 18 juta kali dan menjadi aplikasi bank online paling populer 2 tahun terakhir.

Apakah Neobank Aman Digunakan?

Neobank aman digunakan karena Bank Neo Commerce telah terdaftar di dan diawasi oleh Otoritas Jasa Keuangan (OJK). Karenanya, bisa dipastikan bahwa Neobank bukan penipuan.

BNC juga menjadi peserta Lembaga Penjamin Simpanan (LPS), meskipun LPS belum dapat menjamin tabungan nasabah yang disimpan di BNC karena Neobank menawarkan bunga tabungan di atas ketentuan LPS.

Tab profile di app dari BNC
Menu Account dan Security bisa diakses lewat tab “Profile”

Anda tidak perlu khawatir soal aman tidaknya tabungan Anda di Neobank. Ada dua hal yang menjanjikan hal ini.

Pertama, BNC memiliki sumber daya pendukung yang sangat kuat dengan sumber dana yang besar, sehingga jika terjadi kerugian, kemungkinan nasabah mendapatkan dananya kembali sangat tinggi.

Kedua, bunga di atas ketentuan LPS yang ditawarkan BNC ini hanya bersifat sementara. Jika target nasabah telah tercapai, kemungkinan BNC akan menurunkan suku bunganya sesuai aturan LPS. Ini merupakan strategi yang wajar diambil oleh bank digital yang baru mempromosikan diri. Bank digital lain yang juga berani memberi bunga simpanan besar adalah Bank Jago dan Sea Bank.

Saat ini BNC memiliki status bank buku II dengan modal inti perseroan sebanyak Rp 1 triliun. BNC terus berupaya meningkatkan modal intinya dengan memperbanyak penerbitan lembar saham, untuk menarik sebanyak mungkin investor dalam beberapa tahun ke depan.

Produk dan Layanan Neobank

Ada tiga produk tabungan utama yang diberikan Neobank kepada nasabah, yakni Neo NOW, Neo Wow Instant, dan Neo WOW Extra. Berdasarkan jangka waktunya, produk ini masih dibagi menjadi Neo WOW Instant 7 Hari, Neo WOW Instant 1 Bulan, Neo WOW Instant 3 Bulan, Neo WOW Extra 6 Bulan, Neo WOW Extra 12 Bulan.

Berikut penjelasannya masing-masing.

1. Neo WOW

Neo WOW adalah tabungan di Neobank yang menawarkan bunga cukup tinggi, yaitu sebesar 6% dalam setahun. Keuntungan Neo WOW adalah gratis transfer antar bank dan tidak ada minimum saldo mengendap. Perhitungan bunga di Neo WOW dibayarkan tiap hari.

2. Neo WOW Instant

Neo WOW Instanst adalah produk deposito NBC. Ada tiga pilihan tenor Neo WOW Instant, yakni 7 hari, 1 bulan, dan 3 bulan. Ketiganya mensyaratkan saldo minimal yang sangat terjangkau, yaitu Rp 200.000 saja, serta bebas biaya admin. Perbedaannya ada pada bunga yang ditawarkan. Tenor 7 hari menghasilkan bunga 6,5% per tahun, 1 bulan bunganya 7% per tahun, dan 3 bulan sebanyak 7,5% per tahun.

3. Neo WOW Extra

Hampir sama seperti Neo WOW Instant, Neo WOW Extra merupakan produk deposito dengan minimum saldo sangat murah, namun dengan tenor yang lebih panjang. Neo WOW Extra 6 bulan menawarkan bunga 7,75% per tahun dan Neo WOW Extra 12 bulan memberi bunga 8% setahun. Menabung di Neo WOW Extra bisa mulai dari Rp 200.000 dan bebas biaya admin.

Bunga dan Biaya Rekening

Neo Bank membebaskan biaya administrasi alias gratis. Biaya admin Rp0 ini meliputi biaya penarikan, buka tabungan/deposito, transfer ke rekening BNC, transfer antar bank dalam negeri, dan buka rekening online.

Suku bunga yang diberikan Neobank berada antara 6% hingga 8%, suku bunga disesuaikan dengan tenor. Pembayaran bunga deposito akan dilakukan pada saat jatuh tempo sesuai dengan tenor deposito.

Promo Neobank

BNC dengan Neobank-nya masih tergolong baru di dunia perbankan digital, untuk itu mereka masih gencar menggelontor promo untuk menarik sebanyak-banyaknya nasabah, terutama dari kalangan muda. Berikut promo Neobank yang masih dapat dinikmati:

Hadiah harian

Promo berhadiah tunai ini dikhususkan untuk pengguna baru. Nasabah diharuskan menjalankan dan menyelesaikan misi sesuai petunjuk. Jika berhasil, hadiah tunai akan diberikan dalam bentuk saldo.

Neo Fortune

Promo ini mengajak nasabah untuk mencari dan memenangkan hadiah selama 7 hari berturut-turut. Jika beruntung, pada hari ketujuh pengguna akan mendapat hadiah tunai Rp 999 ribu. Peraturan lama mensyaratkan harus ada saldo minimal Rp 100 ribu untuk dapat mengikuti promo ini, namun sekarang terbuka untuk semua nasabah tanpa minimum saldo.

BNC x Akulaku

Promo kerjasama Neobank dengan Akulaku ini memberi bonus Rp 10 ribu kepada nasabah yang membayar tagihan Akulaku-nya dengan metode pembayaran virtual account BNC. Untuk Anda yang belum punya akun Akulaku dan ingin mendaftar Akulaku melalui Neobank, Anda masih diberi bonus voucher senilai Rp 115 ribu.

Jika Anda adalah pengguna Akulaku, maka Neobank lebih mudah diintegrasikan dengan bank digital lain seperti Bank Jago maupun Jenius.

Bonus referral

Program referral Neobank menawarkan bonus Rp 25.000 tiap kali ada pengguna baru yang mendaftar Neobank menggunakan kode Anda. Jika orang yang Anda ajak ini ikut program deposito, Anda berhak atas cashback 1% dari deposito pertama yang dilakukan teman Anda.

Lalu jika Anda sebagai pihak yang diajak dan menginstall aplikasi Neobank melalui kode referral teman, Anda berkesempatan mendapatkan kupon experience Rp 10 juta (tidak dapat dicairkan dalam bentuk tunai, namun bunganya dapat Anda nikmati selama 30 hari), uang tunai Rp 18.900, dan kupon bunga ekstra 1,8%.

Fitur Neobank

Sebagai aplikasi perbankan modern, Neobank tidak hanya berfungsi sebagai tabungan digital, tetapi juga melengkapi diri dengan berbagai fitur yang berguna menunjang gaya hidup modern. Beberapa hal unik yang menjadi fitur khas Neobank antara lain:

1. Bunga harian dan dapat dipantau melalui aplikasi

Tidak seperti bank lain yang bunganya dikumpulkan tiap bulan, BNC memberikan bunga per hari kepada nasabahnya. Bunga ini bisa dipantau langsung melalui aplikasi Neobank.

2. Free transfer antar bank

Nasabah BNC tidak perlu pusing biaya admin antar bank yang nominalnya lumayan untuk setiap transaksi, karena aplikasi Neobank menjanjikan transfer bebas biaya admin untuk semua rekening bank dalam negeri, baik rekening pribadi maupun virtual account. Transaksi pun lebih longgar karena batasan transfer hingga Rp 300 juta.

3. Instant messenger

Sesuai namanya, Instant Messenger dapat digunakan untuk percakapan sesama pengguna Neobank. Selain itu, bagi Anda yang kerap nongkrong bersama teman dan ingin split bill atau patungan saat membayar, Instant Messenger Neobank bisa dipakai untuk menagih teman sekaligus dengan perhitungannya.

4. Neo Jurnal

Salah satu kendala generasi muda adalah sulitnya mengatur keuangan. Neo Jurnal membantu hal ini dengan mencatat transaksi pemasukan dan pengeluaran agar kondisi keuangan dapat lebih terukur. Pengguna dapat mengetahui performa pemasukan dan pengeluaran dalam bentuk grafik, serta meneliti pos-pos mana yang paling banyak terlihat dari dua hal tersebut.

Selain itu, nasabah dapat membuat berbagai buku catatan untuk membedakan pencatatan keuangan pada masing-masing keperluan. Misalnya, catatan keuangan kuliah, catatan keuangan hobi, catatan pemasukan dan pengeluaran bisnis online, rencana keuangan liburan, dan sebagainya.

Cara Daftar Neobank

Ada dua cara mendaftar akun rekening Neobank, yaitu melalui aplikasi Akulaku dan aplikasi Neobank (BNC) sendiri.

Keuntungan mendaftar melalui aplikasi Akulaku adalah prosesnya lebih singkat karena data-data Anda telah terekam di aplikasi, sehingga tidak perlu melakukan unggah identitas, verifikasi wajah, dan sebagainya.

Namun jika Anda bukan pengguna Akulaku, pembukaan rekening bisa dilakukan di aplikasi Neobank langsung. Sedikit lebih rumit, namun sebenarnya tidak memakan waktu terlalu lama. Berikut cara mendaftar rekening di aplikasi Neobank:

  1. Unduh aplikasi Neobank: BNC Digital Bank melalui Play Store atau App Store, lalu pasang di smartphone Anda.
  2. Klik “Daftar”, lalui setujui “Syarat dan Ketentuan”.
  3. Masukkan nomor HP, lalu input kode OTP yang dikirim ke ponsel Anda. Klik “Daftar Sekarang”.
  4. Anda sudah terdaftar di aplikasi Neobank, kini saatnya membuka rekening BNC. Klik “Buka Rekening Sekarang”.
  5. Langkah pertama adalah foto KTP. Siapkan KTP lalu potret menggunakan kamera belakang yang sudah terhubung ke aplikasi, kemudian klik “Kirim”.
  6. Isi data-data pribadi dan pekerjaan Anda, jika sudah lengkap klik “Lanjutkan”.
  7. Langkah terakhir adalah verifikasi wajah. Ambil swafoto wajah Anda dengan kamera depan yang terhubung ke aplikasi, kemudian klik “Konfirmasi”.
  8. Setelah semua tahap dilakukan, Anda tinggal menunggu proses verifikasi yang membutuhkan waktu paling lama 24 jam.
  9. Jika tabungan telah berhasil dibuka, Anda akan mendapat pemberitahuan melalui aplikasi dan nomor ponsel. Kini Anda dapat menabung dan membeli deposito secara online.

Kelebihan Neobank

Berdasarkan penilaian kami, berikut beberapa kelebihan Neobank yang membuatnya lebih diminati dibanding para pesaingnya:

1. Aplikasi yang user friendly

Dengan dominasi warna kuning, maskot kucing yang lucu, serta desain dan ilustrasi kekinian, Neobank menjadi aplikasi yang mudah dioperasikan, sekaligus memenuhi selera kaum muda yang simpel dan minimalis.

Menurut penilaian kami, aplikasi Neobank sama mudahnya digunakan dengan Bank Jago.

Neo Daily
Ada juga berita dan tips harian

2. Pendaftaran anti ribet dan 100% online

Membuka akun sangat mudah, tidak perlu menyiapkan berkas-berkas terlalu banyak seperti layaknya pembukaan rekening bank konvensional, serta sepenuhnya dapat dilakukan secara online dengan jaringan internet yang memadai. Hal ini sangat menunjang kebutuhan perbankan modern yang memang dinamis dan tak bertele-tele.

3. Bunga yang ditawarkan cukup tinggi

BNC memberi bunga hingga 6% per tahun, jauh lebih tinggi dibanding bunga acuan dari Bank Indonesia yang sebesar 3,5% tiap tahun. Bunga ini lebih tinggi dibanding pesaingnya yaitu blu by BCA Digital dan Jenius.

4. Minimal deposito sangat murah

Dengan Rp 200 ribu, Anda dapat melakukan deposit di Neobank.

Penawaran deposito dengan bunga 7% mulai 200 ribu rupiah.
Buka deposito di menu “Savings”

5. Banyak gratis biaya

Gratis biaya admin dan gratis biaya transfer antar bank dalam negeri merupakan fitur unggulan Neobank yang membuatnya banyak dilirik sebagai bank digital pilihan. Selain itu, pembukaan rekening juga tidak membutuhkan biaya.

Dalam hal ini, Neobank unggul dari Jenius dari BTPN yang membebankan biaya administrasi sebesar Rp10.000 setiap bulannya.

6. Banyak promo menarik

Hadiah harian, cashback, dan referral merupakan beberapa jenis promo yang dapat Anda nikmati di aplikasi Neobank. Promo-promo ini bukan cuma gimmick, artinya Anda berkesempatan mendapat bonus “sungguhan” jika memenuhi ketentuan promo.

7. Fleksibel pengisian dan penarikan uang

Pengisian dan penarikan saldo dapat dilakukan secara fleksibel tanpa terbatas waktu. Tidak hanya tabungan, produk deposito pun dapat diperlakukan serupa tanpa dikenai denda.

Kekurangan Neobank

Beberapa kekurangan Neobank yang ditemukan pada aplikasi dan layanannya, antara lain:

1. Simpanan di Neobank tidak dijamin LPS

Karena BNC menawarkan bunga yang jauh melebihi bunga acuan standar, maka simpanan di Neobank tidak dapat dijamin oleh LPS.

Hal ini kadang menjadi keberatan bagi sebagian pihak. Namun di sisi lain, simpanan di Neobank sebenarnya cukup terpercaya karena yang menaungi bank ini adalah Akulaku, perusahaan keuangan yang cukup ternama dengan modal besar di Indonesia.

2. Top up dana ke Neobank sering tertunda

Selama pemakaian dalam setahun terakhir, pengisian saldo Neobank terkadang mengalami delay, baik transferan dari bank lain maupun dalam bentuk e-money, dan baru masuk ke aplikasi setelah beberapa waktu. Hal ini kurang menguntungkan bagi nasabah yang butuh top up dalam kondisi darurat.

3. Customer service tidak tersedia di aplikasi

Belum ada layanan CS di aplikasi merupakan masalah tersendiri jika pengguna mengalami kendala saat bertransaksi di aplikasi Neobank. Jika ada keluhan, opsi yang disediakan adalah melalui email customercare@bankneo.co.id atau ke media sosial mereka. Untuk pelayanan yang lebih cepat, bisa melalui telepon ke 1500-190, namun dengan biaya pulsa.

4. Tidak ada layanan e-wallet dan pembayaran tagihan

Neobank belum menyediakan layanan e-wallet dan opsi pembayaran tagihan, sebagaimana umumnya yang ditemui pada bank-bank digital dewasa ini. Padahal ini merupakan fitur yang cukup penting dan berguna.

5. Belum bisa tarik tunai langsung

Mengingat masih baru diluncurkan, jaringan BNC belum seluas bank-bank lain, sehingga tarik tunai tidak bisa dilakukan langsung melalui ATM. Untuk sementara, fasilitas tarik tunai yang disediakan Neobank adalah dengan mengirimkan dana ke bank lain yang memiliki fasilitas ATM.

6. Belum ada rekening valas

Jenis rekening yang disediakan oleh Neobank baru sebatas dalam mata uang Rupiah, sehingga pengguna belum dapat mengirim dana ke rekening luar negeri atau melakukan transfer valas secara online.

Dalam aspek ini, Neobank masih kalah dari Digibank yang sudah menawarkan rekening valas.

7. Belum ada fasilitas pinjaman

Fasilitas pinjaman online atau kredit merupakan fitur yang cukup krusial dalam perbankan digital saat ini. Pada awal kemunculannya memang Neobank belum menyertakan fitur ini, namun dijanjikan pada 2022 fitur pinjaman online sudah dapat diakses melalui aplikasi. Apalagi, Neobank digawangi oleh Akulaku, perusahaan finansial yang salah satu produknya adalah pinjaman online.

Demikian ulasan kami mengenai Neobank dari Bank Neo Commerce. Semoga bermanfaat.

nv-author-image

Melvern Pradana

Melvern Pradana adalah seorang investor yang aktif menanam modal di pasar saham, cryptocurrency, P2P lending, dan reksa dana. Idolanya adalah Warren Buffett dan Peter Thiel.

1 tanggapan pada “Review Neobank by Bank Neo Commerce: Kelebihan dan Kekurangan”

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.