Apa itu Binance Coin (BNB), Kripto Dengan Fitur Unik

BNB

Banyak pilihan mata uang kripto beredar saat ini. Bukan hanya Bitcoin dan Dogecoin, para investor pun punya pilihan menarik lain. Salah satunya adalah Binance Coin (BNB).

Binance Coin semula dikembangkan sebagai semacam bursa tempat berlangsungnya jual beli mata uang kripto. Tujuannya untuk mendorong ekosistem yang berkelanjutan. Namun akhirnya platform itu pun mengeluarkan mata uangnya sendiri.

Mata uang BNB dapat digunakan untuk berbagai tujuan, termasuk membayar pencatatan, pertukaran, perdagangan, atau biaya lain yang mungkin dikenakan pengguna di bursa. Binance menawarkan diskon perdagangan 50% di tahun pertama, yang akan turun setengahnya setiap tahun dengan diskon yang berakhir di tahun kelima. Koin tersebut pun dapat digunakan untuk investasi IEO yang terdaftar di bagian Launchpad Binance.

Pengertian Binance Coin

Binance Coin (BNB) adalah uang kripto yang dulunya didasarkan pada blockchain Ethereum dan menggunakan token ERC20, namun sekarang berada di Binance Chain. Namun, pengguna tidak dapat menambang token, karena telah dimenangkan sebelumnya dan didistribusikan melalui ICO.

Token yang beredar digunakan untuk diskon perdagangan di bursa Binance. Tingkat diskonto dimulai dari 50% di tahun pertama, dan dipotong setengahnya setiap tahun. Di tahun kelima, tidak ada lagi diskon yang mempengaruhi nilai token.

Untuk mengatasi depresiasi, Binance membeli kembali mata uang dan menghancurkan token (melakukan burn) untuk mengurangi pasokan. Dari keseluruhan, akan ditarik setengah dari token yang beredar untuk mencegah terjadinya depresiasi.

Apakah Binance Coin Uang Nyata?

Tujuan utama BNB adalah untuk mendorong aktivitas pertukaran mata uang kripto dan memperkuat ekosistem Binance seperti disebutkan di atas.  Binance Coin dapat digunakan untuk membayar layanan perjalanan dan perhotelan, meski sejauh ini penerimaannya sebagai mata uang dalam bertransaksi masih rendah.

Oleh karena itu, setidaknya untuk saat ini, belum dapat dianggap sebagai uang sungguhan. Untuk transaksi sehar-hari, kebanyakan orang masih lebih nyaman menggunakan Stablecoin.

Saat ini, Binance Coin bukanlah pengganti mata uang yang layak bahkan masih jauh dari Bitcoin atau Ethereum dalam hal penerimaan pasar. Jadi jika Anda mencari likuiditas tinggi untuk diperdagangkan atau untuk tujuan lain, lebih baik Anda membeli mata uang digital lain.

Biaya yang Melekat pada Binance Coin

Karena Binance Coin terutama dikembangkan untuk penggunaan pertukaran internal, dan koin telah ditambang sebelumnya, tidak ada biaya yang terkait dengan jaringan.

Namun, ketika Anda membeli token BNB atau melakukan perdagangan lain di bursa Binance, Anda harus membayar 0,1% dari jumlah perdagangan sebagai biaya. Jika Anda membayar untuk transaksi Anda dengan BNB, Anda akan menerima diskon 25-50%. Misalnya, jika Anda akan membeli BNB senilai 100 dolar melalui pertukaran Binance dengan koin atau uang fiat lain, Anda akan dikenakan biaya 0,10 dolar. Namun, jika Anda membayar dengan token BNB, Anda hanya perlu membayar setengahnya, yaitu 0,05 dolar.

Konsumen juga dapat menggunakan mata uang tersebut untuk berbagai layanan, termasuk untuk membayar layanan perjalanan dan di industri perhotelan. Biaya layanan atau komisi mereka kemudian ditentukan oleh masing-masing pemasok atau penyedia layanan.

Keuntungan Menggunakan Binance Coin

Meski terbilang masih baru, seperti mata uang digital lain, BNB pun banyak direspon positif oleh para pengguna. Hal ini karena Binance Coin banyak menawarkan kelebihan yang cukup menarik diantaranya adalah:

1. Transaksi cepat

Jika Anda menggunakan Binance Coin untuk berdagang di bursa, Anda akan memiliki akses ke “mesin pencocokan” milik platform yang dapat mendukung hingga 1,4 juta pesanan setiap detik. Anda selalu dapat menemukan transaksi yang tepat dengan proses yang bekerja lebih cepat dan lebih dapat diandalkan.

2. Aman dan terpercaya

Binance sudah memiliki jutaan pengguna dan juga pedagang mata uang kripto yang mengandalkan platform serta mempercayai fitur keamanan dan perlindungan pertukaran. Pertukaran tersebut menggunakan kerangka kerja sistem multi-cluster dan multi-tier serta Secure Assets Fund for Users (SAFU) untuk menjaga keamanan uang dari para pengguna.

3. Memperdagangkan Banyak Cryptocurrency

Dengan Binance Coin, Anda dapat memperdagangkan lebih dari 150 mata uang kripto di bursa berdasarkan sistem pencocokan perdagangan yang cepat, aman, dan terjangkau. Selain itu, Binance Coin menawarkan pasangan perdagangannya sendiri untuk memenuhi persyaratan perdagangan yang spesifik.

4. Diskon perdagangan

Dengan Binance Coin, Anda juga dapat menikmati diskon 50% untuk biaya perdagangan. Jika Anda membeli koin senilai $10.000, Anda akan dikenai biaya $10 untuk ini dengan opsi pembayaran konvensional. Namun, jika Anda menggunakan Binance Coin, biaya perdagangan akan dipotong setengahnya. Itu artinya Anda hanya perlu membayar 5 dolar.

5. Alat pembayaran

Selain dari pengalaman yang efisien dalam ekosistem Binance dan diskon biaya transaksi, Anda juga dapat menggunakan BNB dengan banyak cara berbeda lainnya. Mata uang ini diterima oleh banyak penyedia layanan, terutama di industri perjalanan dan perhotelan. Bahkan membeli makanan pun bisa dilakukan dengan Binance Coin.

6. Berpartisipasi dalam ICO/IEO

Binance Launchpad juga mengatur penjualan token baru di mana pengguna dapat menggunakan token Binance Coin untuk membeli saham dalam mata uang baru dan yang sedang berkembang. Mata uang digital baru tersebut kemudian ditambahkan ke pertukaran Binance, di mana Anda dapat memperdagangkannya dalam mekanisme perdagangan yang lengkap dan efisien.

Anonimitas Binance Coin

Mempertahankan anonimitas saat menggunakan Binance Coin adalah sebuah tantangan. Karena token sebagian besar digunakan dalam ekosistem Binance, pengguna memerlukan akun terverifikasi di bursa untuk menggunakan mata uang tersebut.

Binance mematuhi peraturan Know Your Customer (KYC) dan Anti Money Laundering (AML), yang berarti pengguna akan diminta untuk memberikan informasi pribadi untuk memverifikasi identitas mereka sebelum membuat akun. Anda tidak dapat menggunakan BNB tanpa akun di platform.

Karena itu, untuk para pengguna yang memang membutuhkan  privasi, disarankan untuk mencoba cryptocurrency lain seperti ZCash, dimana mata uang digital itu sudah mengadopsi fitur untuk menyembunyikan identitas blockchain pengguna dan data transaksi terkait.

Selain itu, aktivitas digital apa pun yang menggunakan Binance Coin dapat dilacak oleh Binance itu sendiri, pemerintah, dan peretas yang ahli. Faktanya adalah, jika Anda meninggalkan jejak digital, selalu ada kemungkinan orang lain menemukan Anda, terutama jika Anda sering melakukan jual beli mata uang kripto.

Tingkat Keamanan Binance Coin

Binance Coin menggunakan enkripsi kriptografi untuk mencegah pelanggaran dan intersepsi data. Karena blockchain terdesentralisasi, tidak ada satu pun hub pusat yang dapat diretas untuk membahayakan data.

Selain itu, pertukaran mata uang kripto BNB memiliki nama yang dapat diandalkan di dunia kripto, dengan semua fitur keamanannya menambahkan lapisan keamanan ekstra untuk menjaga informasi pribadi dan uang pengguna tetap aman. Itu termasuk otentikasi dua faktor dan enkripsi bersertifikat SSL. Pengguna juga dapat menggunakan dompet digital atau e-wallet untuk menjaga keamanan Binance Coin milik mereka.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *