Lompat ke konten

Cara Beli Binance Coin (BNB)

Cara Beli BNB

Binance Coin (BNB) merupakan salah satu cryptocurrency terbaik di dunia dengan kapitalisasi pasar terbesar. Mata uang digital ini menjadi pilihan populer oleh para investor karena digunakan di platform exchange terbesar, Binance.

3 Cara Beli Binance Coin (BNB)    

Saat ini, BNB dijual di berbagai wilayah di dunia. Transaksi Binance Coin juga didukung oleh ratusan broker dan exchange yang harusnya tak akan menyulitkan Anda dalam mendapatkan BNB.

Namun jika Anda belum menentukan pilihan, berikut ini 3 opsi membeli Binance Coin (BNB) bisa dipertimbangkan.

1. Membeli Binance Coin Melalui Broker

Broker merupakan pihak yang melakukan transaksi atas nama pihak lainnya. Broker sendiri biasanya berupa perorangan dan perusahaan khusus. Keuntungan yang didapat oleh broker adalah dari komisi (biaya) yang mereka kenakan pada investor yang hendak melakukan jual beli aset.

Apabila Anda ingin membeli BNB dari broker, pastikan bahwa Anda sudah memahami bahwa Anda akan mempercayakan identitas pribadi karena adanya prosedur Know Your Customer (KYC) oleh regulator keuangan setempat. Data yang perlu disiapkan untuk membuat akun ke layanan broker antara lain alamat email, nomor telepon, nama lengkap dan beberapa data penunjang misalnya salinan KTP ataupun laporan mutasi kartu kredit.  

Untuk dapat melakukan transaksi melalui layanan broker ini, biasanya seorang pengguna harus melakukan deposit terlebih dahulu. Nominal paling sedikit untuk setoran awal ini bisa berbeda pada masing-masing broker. Jika sudah melakukan setoran awal, pengguna sudah bisa menjual dan membeli Binance Coin melalui broker.

Prosedur untuk melakukan pembelian BNB melalui broker pun tidak begitu sulit. Anda cukup mempelajari tampilan situs atau aplikasi yang digunakan oleh broker. Tentukan detail pembelian yang ingin Anda lakukan, pastikan jumlah yang masuk sesuai kemudian segera pindahkan ke wallet. Salah satu broker sosial terkemukan yang menyediakan BNB adalah eToro.

2. Membeli Binance Coin Melalui Exchange

Tidak jauh berbeda dengan layanan broker di atas, prosedur yang perlu Anda lakukan untuk membeli BNB dari layanan exchange juga tak jauh berbeda. Yang perlu Anda lakukan hanya menemukan tombol yang tepat untuk melakukan pembelian dan tentukan jumlah pembelian. Selanjutnya, pastikan jumlah yang diterima sesuai kemudian segera pindahkan BNB tersebut ke wallet.

Exchange merupakan suatu badan pertukaran yang memungkinkan para penggunanya untuk memperdagangkan aset. Jadi untuk membeli BNB dari layanan exchange, Anda perlu membuat akun terlebih dahulu lalu melakukan deposit, baru melakukan pembelian.

Saat ini sudah ada sejumlah layanan exchange crypto legal yang tercatat di BAPPETI seperti Indodax, Luno, Rekeningku, dan Tokocrypto yang semakin layak dipertimbangkan.

Membeli BNB menggunakan layanan exchange mungkin bisa menjadi pilihan alternatif bagi pemula. Ini karena biaya yang cenderung lebih murah dengan risiko yang lebih mudah untuk diterima. Namun sayangnya, Anda hanya bisa mengakses aset crypto saja dan tidak bisa mengakses jenis aset lain seperti saham, forex, komoditas dan sebagainya.

3. Membeli Binance Coin di Binance

Pilihan lainnya, Anda juga membeli BNB langsung di exchange yang memperkenalkannya, yaitu Binance. Ya, akses ke layanan ini memang diblokir oleh pemerintah sejak Oktober 2020 dengan alasan tidak memiliki izin sebagai exchange dari BAPPETI. Lalu bagaimana Anda bisa membeli BNB dari Binance?  

Gunakan Aplikasi Binance

Ya, meskipun akses ke web telah diblokir, nyatanya versi aplikasi mobil masih bisa diunduh secara resmi dari platform penyedia terpercaya, yaitu di Google PlayStore dan Apple AppStore. Jadi, Anda yang tidak bisa membeli BNB di binance.com tetap bisa mengakses berbagai fitur dan layanan dari aplikasi versi mobile.

Gunakan Situs Alternatif

Meskipun binance.com tidak bisa diakses tanpa bantuan VPN, nyatanya masih ada sejumlah situs alternatif yang mengantar ke layanan Binance. Sebut saja seperti binance.me, binance.us atau bnbchain.world.

Gunakan VPN

Cara lain yang juga bisa Anda pertimbangkan adalah menggunakan Virtual Private Network (VPN). Teknik ini membuat koneksi internet Anda terlihat dilakukan dari negara lain, sehingga terhindar dari pemblokiran. Anda bisa menggunakan aplikasi VPN pilihan Anda sebelum membuka browser ke Binance.

Gunakan DNS Aman

Cara yang keempat dilakukan untuk mengubah DNS komputer menjadi DNS Cloudflare. Cukup masuk ke setelan browser, kemudian masuk ke bagian Privasi dan Keamanan lalu pilih opsi gunakan DNS aman. Pilihlah opsi Cloudflare (1.1.1.1).  

Membeli BNB di Binance pun bisa dilakukan melalui berbagai metode pembayaran. Yang jelas, prosedur yang perlu dilakukan tak jauh berbeda dari kedua pilihan yang sudah dijelaskan sebelumnya. Pembelian Binance Coin bisa dilakukan dengan metode pembayaran kartu kredit, transfer bank, deposit crypto maupun dengan PayPal.

Namun ada beberapa hal yang perlu dicatat dari masing-masing opsi tersebut

  • Pembelian Binance Coin menggunakan kartu kredit memang didukung di berbagai platform. Kelebihan transaksi ini ada pada kecepatan transaksinya. Di lain sisi, biaya yang dikenakan juga bisa sangat tinggi.
  • Beli Binance Coin dengan transfer bank menjadi pilihan yang paling umum karena dapat diakses di lebih banyak wilayah. Transfer ke rekening exchange atau broker bisa dilakukan dengan cepat dengan biaya yang mungkin lebih rendah.
  • Beli Binance Coin melalui deposit crypto juga bisa dilakukan, tentu saja selama platform yang digunakan mendukung. Biasanya waktu yang dibutuhkan untuk melakukan transaksi ini tak lebih dari 30 menit dengan prosedur yang sederhana.  
  • Beli Binance Coin menggunakan PayPal bisa dikatakan sebagai opsi yang paling murah dan praktis. Namun tentu saja, untuk melakukannya, Anda memerlukan akun PayPal yang berstatus terverifikasi. Sayangnya, beberapa negara sudah melarang penggunaan PayPal sehingga Anda mungkin perlu mempelajarinya terlebih dahulu

Setelah Anda melakukan pembelian BNB, segera pindahkan koin yang barus Anda beli tersebut ke wallet pribadi. Atau jika Anda memang berencana untuk menggunakan binance kembali, bisa menyisakan sedikit di exchange tersebut. Namun jika tujuan Anda membeli BNB adalah untuk investasi, pindahkan aset tersebut ke wallet terpercaya Anda.

Anda bisa mempertimbangkan penggunaan wallet digital berbasis web yang bisa diakses secara online karena memang di-host secara daring. Atau, Anda juga bisa menggunakan dompet digital seluler yang semakin populer belakangan ini seperti Digital Trust Wallet maupun Enjin.

Untuk pilihan lebih aman, Anda bisa menggunakan dompet digital desktop atau bahkan hardware wallet yang lebih bebas dari jangkauan peretas.

Akhir Kata

Bagaimana, sudah siap membeli Binance Coin Anda sendiri? Popularitas BNB memang tak lepas dari nama besar layanan yang menaunginya. Ini menjadikan aset yang satu ini menarik untuk diperdagangkan maupun dijadikan sebagai instrumen investasi.

Terlepas dari apapun alasan Anda membeli BNB, Anda tetap harus selalu memastikan bahwa pembelian tersebut sudah melalui pertimbangan yang matang. Pastikan pun Anda memiliki wallet pribadi yang terpercaya untuk menampung aset tersebut.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.