Lompat ke konten

12 Cryptocurrency Terbaik Serta Menjanjikan (2022)

Rekomendasi crypto terbaik

Jadi, saat ini Anda sudah lebih yakin untuk memantapkan investasi ke mata uang berbasis blockchain? Jika demikian, langkah selanjutnya adalah mencari tahu apa saja cryptocurrency yang bagus untuk dijadikan investasi. Karena seperti yang kita tahu, tentu Anda tidak ingin terjebak salah membeli crypto yang memperlihatkan performa yang kurang bukan? 

Menurut analisis kami, berikut daftar cryptocurrency terbaik dan menjanjikan untuk dijadikan sebagai aset investasi:

1. Bitcoin (BTC)

Cryptocurrency terbaik adalah Bitcoin. Jelas, keunggulannya sebagai crypto pertama dan memiliki kapitalisasi pasar paling besar menjadikannya berstatus raja di dunia blockchain.

Tren ini sepertinya masih belum banyak berubah untuk beberapa waktu mendatang. Permintaan BTC sangat tinggi, sementara jumlahnya terbatas (21 juta). Sehingga, kemungkinan untuk mengalami kenaikan harga di masa mendatang masih terbilang tinggi. 

Harga Bitcoin memang pernah anjlok tahun 2018 silam. Namun kini, BTC memperlihatkan performa yang terbilang menjanjikan. Tak salah pula jika banyak orang yang menjadikannya sebagai salah satu kripto terbaik untuk dikoleksi di tahun 2022 ini. Terlebih saat ini, harganya juga sudah lebih bersahabat dibanding beberapa waktu lalu.

Dibanding coin lain, Bitcoin memiliki fundamental yang paling kuat berdasarkan white paper yang mendasarinya. Investor sebaiknya paham dasar dan sejarah Bitcoin sebelum melakukan pembelian BTC.

Untuk membeli Bitcoin, pastikan Anda melakukan transaksi melalui aplikasi jual beli cryptocurrency terbaik agar tidak tertipu perusahaan bodong.

2. Dogecoin (DOGE)

Coin crypto yang paling menjanjikan adalah Dogecoin karena memiliki harga yang murah serta potensi kenaikan harga yang tinggi. Proyeksinya, Dogecoin merupakan cryptocurrency yang akan booming dalam satu dekade ke depan. Alasannya, mata uang ini sangat mudah dimiliki serta memiliki sejarah yang menarik.

Crypto ini mungkin hanya berawal dari guyonan meme yang dibuat oleh Billy Markus pada 2013 silam. Sebelum saat ini, DOGE ini sendiri berhasil mencapai performa terbaik pada tahun 2017 karena viral di internet. Belakangan, terlihat bahwa koin ini memperlihatkan salah satu dukungan eksternal yang mampu membuat harganya kembali melejit.

Cuitan Twitter CEO Tesla Elon Musk menjadi salah satu coverage bagi DOGE yang kemudian menjadikannya layak untuk Anda pertimbangkan. Ya, koin yang tak memiliki utilitas ini mungkin cenderung sulit untuk mengalami kenaikan harga. Namun faktor seperti cuitan Twitter di atas mampu membantu DOGE untuk mencapai harga yang stabil meskipun memperlihatkan volatilitas yang sangat tinggi.

3. Cardano (ADA)

Meskipun tidak memiliki kapitalisasi psar terbesar, Cardano merupakan aset kripto terbaik dari segi teknologi yang digunakan. ADA berpotensi menyalip ETH sebagai crypto terbesar yang mendukung sistem smart contract.

Cryptocurrency dari Swiss ini dibuat oleh Charles Hoskinson pada 2017. Ia adalah co-founder dari Ethereum dan BitShares. Karena dianggap sebagai penyempurnaan Ehtereum, ADA dianggap sebagai salah satu pilihan terbaik untuk dikoleksi investor.

Sirkulasi Cardano tercatat sebanyak sekitar 31 juta di mana jumlah maksimal suplai ada di 45,000,000,000. Koin ini juga dinilai menjanjikan karena digawangi oleh pengembang kelas atas yang diketahui tengah merancang kripto generasi baru. Tentu Anda ingin ikut ambil bagian bukan?

4. TRON (TRX)

Meskipun tergolong sebagai salah satu aset pendatang baru, TRON berhasil memperlihatkan perkembangan pesat sehingga menjadikannya sebagai crypto yang menjanjikan. TRX sudah memiliki lebih dari 300.000 akun, sehingga diyakini bahwa aset yang satu ini akan terus naik harganya.

Tron adalah alat pembayaran untuk akses layanan premium. Fungsi utilitas dari koin ini menjadi salah satu aspek menarik untuk disimak. Dan lihat saja, bukankah saat ini sudah semakin banyak orang yang mau membayar demi bisa menikmati konten premium bukan?

Karena fitur yang menarik, ada potensi TRON akan menjadi crypto yang akan naik harganya dalam beberapa tahun ke depan. Akan tetapi, sulit melihat skenario TRON melampaui raksasa seperti Bitcoin dan Ethereum.

5. EOS

Cryptocurrency yang satu ini disebut-sebut memiliki komunitas pengguna yang paling besar dibanding mata uang lainnya. EOS memiliki keunggulan dengan menggabungkan fitur esensial yang dibutuhkan oleh kriptokurensi, yaitu keamanan dan pemrograman. Kelebihan ini menjadikan EOS terus diminati dan didanai agar terus eksis dan berkembang.

EOS dapat mempermudah developer dalam membentuk database dan pengelolaan akun meskipun mereka tak berbekal latar belakang ilmu pemrograman yang tinggi. Adalah Daniel Larimer yang membuat EOS.IO pada tahun 2017. EOS.IO merupakan protokol blockchain yang berdasar pada mata uang kripto EOS.  

6. NEO

Crypto yang dulunya bernama Antshares ini disebut identik dengan Ethereum karena sama-sama sebagai platform blockchain yang terdesentralisasi. Tak sedikit orang yang menyebut NEO sebagai Chinese Ethereum karena memang didukung oleh pemerintah China. Mata uang digital ini didirikan oleh Da Hongfei dan Erik Zhang dan memiliki potensi yang bagus di pasar China atau bahkan Asia.

Banyak pengamat yang meramalkan bahwa NEO akan meningkat harganya di masa depan. Namun untuk saat ini, kripto ini cenderung banyak digunakan sebagai dasar pembuatan aset digital, smart contract maupun aplikasi blockchain.

7. VidyCoin

Vidycoin adalah kriptokurensi yang dipakai di platform Vidy, di mana pengguna bisa mendapatkannya cukup dengan menonton iklan. Berbeda dengan koin lain pada umumnya, VidyCoin memiliki teknologi unik yang juga menjadi bagian dari platformnya. Salah satu dari teknologi ini adalah Video Layers for Ads yang juga disebut-sebut sebagai inovasi iklan digital.

Sebagai aset kripto, koin ini memiliki potensi yang menjanjikan dari berbagai aspek yang memungkinkannya untuk mencapai performa terbaik. Terlebih dengan berbagai inovasi dan teknologi unik yang diusungnya.

8. Binance Coin (BNB)

Binance Coin diperkenalkan oleh perusahaan Binance dengan profil yang menjanjikan. Dibuat oleh Changpeng Zao, BNB memiliki kelebihan pada diskon spesial jika digunakan bertransaksi di platformnya.

Bagaimanapun, nilai utilitas ini menjadi cara Binance dalam meningkatkan pengguna koinnya untuk memfasilitasi transaksi harian yang terjadi di platformnya yang memang sudah banyak digunakan. Tak heran jika kemudian BNB juga layak untuk dikoleksi tahun ini.

9. Basic Attention Token (BAT)

Pengembang aplikasi Brave browser memperkenalkan Basic Attention Token (BAT) sebagai hadiah bagi para kreator dan lainnya. Perusahaan pengembang ini memberikan subsidi bagi para pembuat konten dengan besaran sesuai dengan nilai atau informasi yang diberikan. Semakin berkualitas sebuah konten, tentu akan semakin bernilai pula.

Kecenderungan haus konten saat ini mungkin bisa menjadi dasar mengapa BAT memiliki nilai plus dibanding koin lain saat ini. BAT memiliki proyeksi harga yang menjanjikan keuntungan besar.

10. NEM

Berbeda dari kripto lain pada umumnya, NEM tidak bisa didapat melalui mining, melainkan dengan cara harvest. Perbedaan signifikan antara kedua cara ini terletak pada sumberdaya yang dibutuhkan, dimana memanen lebih hemat dibanding menambang. 

NEM menjadi salah satu kripto menarik tak hanya karena cara mendapatkannya yang unik, tetapi juga kemudahan dan kecepatan dalam proses transaksinya. Untuk membuat transaksi, dibutuhkan waktu mulai dari 6 sampai 20 detik hingga transaksi terkonfirmasi.

11. Litecoin (LTC)

Merupakan pecahan dari Bitcoin, Litecoin memiliki kapitalisasi pasar yang besar dengan likuiditas tinggi, menjadikannya sebagai salah satu koin terbaik saat ini dan mungkin beberapa waktu mendatang. Peredaran LTC sendiri adalah 84 juta di pasaran.

LTC diperkenalkan oleh Charlie Lee yang merupakan mantan pekerja Google dan Coinbase. Tak heran jika LTC didasarkan pada kode Bitcoin dengan kelebihan dalam hal kecepatan membuat blok dengan tetap mempertahankan efisiensi biaya. Inilah alasannya masih banyak trader dan investor yang menyukai LTC.

12. Ethereum (ETH)

Sebagai pionir teknologi smart contract, Ethereum merupakan koin yang bagus dimiliki oleh investor yang ingin mencari alternatif selain Bitcoin. Koin ini tercatat menjadi salah satu dari aset yang paling banyak diperjualbelikan dengan proses pencairan yang mudah.

ETH memiliki kelebihan pada smart contract yang mendukung penggunaan oleh instansi seperti perusahaan asuransi, sistem kesehatan, penyimpanan data pemilu, bisnis, crowdfunding dan sebagainya.

Dengan kelebihan tersebut, tak mengherankan jika ETH memiliki tingkat permintaan yang tinggi. Namun dengan likuiditasnya yang juga tinggi, ia pun juga bisa menjadi pilihan ideal untuk investasi jangka pendek. Dengan kata lain, ETH masih layak menjadi kripto terbaik saat ini.

nv-author-image

Pratomo Eryanto

Pratomo Eryanto memiliki motto "Investasi tidak harus membosankan". Sebagai penggiat dunia pasar saham, Pratomo memiliki misi meningkatkan literasi finansial masyarakat Indonesia.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.