Lompat ke konten
Daftar Isi

9 Aplikasi Trading Crypto Terbaik di Indonesia (2024)

Aplikasi untuk trader crypto

Trend investasi aset crypto kembali menguat pada awal tahun 2024 ini. Hal ini dibuktikan dengan trend penguatan harga cryptocurrency terkemuka, seperti BTC, ETH dan LTC dalam 3 bulan terakhir. Nilai BTC bahkan menanjak naik lebih dari 50% hanya dalam waktu 3 bulan dari sekitar 45.000 USD per unit menjadi 68.000 per unit, nilai tertinggi cryptocurrency ini dalam beberapa tahun terakhir. 

Anda ingin turut menikmati keuntungan trend kenaikan harga crypto ini? Well sebelum membeli aset crypto, penting bagi Anda untuk memilih aplikasi trading crypto terbaik. Pasalnya, kualitas dan legalitas aplikasi ini turut mempengaruhi besar kecilnya keuntungan trading yang bisa Anda miliki. Simak selengkapnya berikut ini:

1. TokoCrypto

TokoCrypto

Tokocrypto adalah platform trading crypto legal yang beroperasi di Indonesia sejak tahun 2017.  Aplikasi trading crypto gratis ini merupakan hasil kerjasama antara PT Crypto Indonesia dangan Binance Cloud, salah satu pelaku industri crypto terbesar di dunia. Maka dari itu tidak heran jika aplikasi ini kini menjadi salah satu market leader di industri crypto Indonesia.

Sampai saat Tokocrypto  tercatat memiliki lebih dari 2.000.000 orang pengguna. Hal ini karena aplikasi ini memiliki kelebihan dan kekurangan yang membuatnya kompetitif di pasaran. Untuk informasi lebih lengkap mengenai kelebihan dan kekurangan tersebut, Anda bisa membaca ulasan aplikasi ini di review Tokocrypto.

Untuk Anda yang ingin mencoba, cara trading crypto di tokocrypto sangat mudah. Anda bisa mendapatkan aplikasi ini di Google Play Store maupun App Store, serta bisa mengaksesnya via website resmi aplikasi.Proses pendaftarannya juga cukup mudah, sebab TokoCrypto sudah menggunakan teknologi e-KYC, sehingga Anda tinggal memasukkan nomor NIK dan melakukan liveness detection.

Download Tokocrypto di Play Store atau App Store.

2. Pintu

Pintu

Aplikasi trading crypto yang terdaftar BAPPEBTI yang kedua adalah PINTU . Desain aplikasinya sangat sederhana dan mudah digunakan, bahkan oleh investor yang belum berpengalaman sekalipun.

Platform ini dikelola oleh PT Pintu Kemana Saja dan mudah digunakan oleh siapa saja. Dalam penggunaannya, deposit yang dibutuhkan pun cukup ringan sehingga semua kalangan bisa mencoba untuk melakukan pembuatan akun pintu ini.

Yang membuat Pintu menjadi aplikasi crypto terbaik adalah karena memiliki UI/UX yang sangat intuitif, pilihan coin/token yang beragam, dan proses deposit serta withdrawal yang mudah.

Tak hanya itu saja, pintu juga dikenal sebagai salah satu platform penjualan berupa aset digital yang mana dalam prosesnya tidak menggunakan sistem komisi. Sehingga dalam melakukan transaksi crypto, jangan khawatir karena Anda bisa saja tidak mengeluarkan banyak biaya. Menarik bukan untuk dicoba?

Jika tertarik mencobanya, baca terlebih dahulu review aplikasi Pintu yang telah kami ulas.

Download Pintu di Play Store atau App Store.

3. Indodax

Indodax

Karena memiliki reputasi baik dan fitur melimpah, Indodax adalah aplikasi trading crypto terbaik untuk trader profesional. Reputasinya sebagai platform jual beli mata uang digital terbaik belum pudar sejak mulai beroperasi.

Legalitas Indodax terjamin secara resmi karena sudah tercatat di BAPPEBTI. Aplikasi ini memiliki fitur analisa chat yang mana al ini berbeda dengan aplikasi lain dan sangat bermanfaat untuk Anda para pengguna aplikasi ini.

Dalam penggunaanya, aplikasi Indodax juga dilengkapi dengan variasi aset crypto yang sangat banyak mulai dari 1INCH, AAVE, DAO, ADA, dan masih banyak lagi. Aplikasi crypto ini dikenal dengan kelebihannya dalam penggunaan beberapa perangkat untuk 1 akun. Tak hanya itu, pada aplikasi ini Anda bisa melakukan trading 24 jam tanpa henti tiap harinya.

Fitur chat yang ada di Indodax juga merupakan salah satu daya tarik tersendiri bagi trader profesional yang ingin berdiskusi dengan sejawatnya. Jadi, Anda bisa memantau sentimen pasar terhadap koin yang diperbincangkan.

Dari pengalaman saya menggunakan Indodax selama 5 tahun, cara trading crypto di indodax sangat mudah digunakan meskipun fitur yang dihadirkan cukup lengkap dan kompleks. Proses transfer koin ke Bitcoin wallet juga tidak memakan waktu lama.

Namun begitu, aplikasi ini meminta deposit yang cukup tinggi yakni sekitar 500 ribu rupiah dan tidak menyediakan fitur coin filler. Hal inilah yang kemudian menjadi pertimbangan banyak orang untuk menggunakan aplikasi ini.

Seperti yang kami bahas di review Indodax, yang membuatnya menjadi salah satu aplikasi crypto terbaik adalah kemudahan dalam bertransaksi serta kayanya fitur yang diberikan.

Download Indodax di Play Store atau App Store.

4. Bitget

Didirikan pada tahun 2018, Bitget bisa menjadi salah satu opsi untuk pengguna pemula hingga berpengalaman. Bitget merupakan aplikasi trading terbesar dalam skala global dengan salah satu produk terbaiknya yaitu copy trading.

Terdapat 20.000.000 pengguna yang telah tergabung lebih dari 100 negara, memiliki lebih dari 590 koin serta 660 pasangan trading.

Dalam hal keamanan, melalui Bitget Protection Fund, Bitget memiliki dana cadangan untuk mengamankan dana pengguna hingga USD300 juta serta rasio Proof of Reserves sebesar 199% hampir dua kali lipat rasio minimum sebesar 100%.

Bagi Anda yang baru ingin mencoba investasi aset kripto, mungkin Bitget cocok untuk Anda gunakan karena selain menyediakan fitur trading kripto, Bitget juga menyediakan fitur Bitget P2P bagi Anda yang ingin melakukan pembelian aset kripto tanpa biaya. Terdapat produk lainnya yaitu Bitget Earn dan cocok untuk pemula yang ingin memiliki pendapatan pasif.

Terakhir, jika Anda ada kendala atau ingin penjelasan lebih lanjut tentang produk, Bitget menyediakan fitur live chat 24 jam serta artikel edukasi yang akan membantu Anda.

Download Bitget melalui Play Store dan App Store.

5. Reku

Reku

Didirikan pada tahun 2018 dengan nama rekeningku.com, perusahaan ini beralih nama menjadi Reku pada akhir tahun 2022 lalu setelah mendapatkan pendanaan serie A dari AC Ventures sebesar $11 juta. Reku dikenal dengan beberapa keunggulan misalnya seperti one stop service untuk setiap aset digital investornya dan biaya investasinya yang rendah. Aplikasi ini juga sudah hadir dengan lebih dari 40 jenis aset yang berbeda-beda. Mulai dari Ethereum, Bitcoin, Stellar, dan lain sebagainya.

Aplikasi ini menawarkan tingkat keamanan yang tinggi dengan implementasi autentikasi dua faktor dan persyaratan deposit minimum yang cukup tinggi, yang memudahkan pengguna dalam mengoperasikannya. Namun, harus diperhatikan bahwa aplikasi ini memiliki proses verifikasi yang bisa jadi sedikit kompleks dan belum menyediakan layanan proteksi asuransi.

Download Reku di Play Store atau App Store.

6. Triv

Triv

Aplikasi trading crypto yang terdaftar BAPPEBTI adalah Triv. Aplikasi Triv dikelola oleh pihak PT. Tiga Inti Utama yang mana dikenal sebagai salah satu platform jual beli mata uang crypto di Indonesia. Aplikasi ini berjalan setiap saat selama 24 jam dengan real time.

Untuk dana yang masuk biasanya akan selalu dikonversikan ke dalam bentuk mata uang rupiah sehingga tak perlu lagi untuk menghitung ulang berapa konversinya. Proses withdrawal atau penarikan aset crypto ke rupiah di aplikasi ini juga terbilang cepat. 

Adapun hal yang membuat aplikasi ini unik dibandingkan dengan platform trading crypto lainnya adalah adanya coin-coin yang tidak diperdagangkan di exchange lain di Indonesia, seperti Solana dan adanya fitur staking crypto. Sama seperti deposito, staking crypto adalah proses “mengunci” sebagian aset crypto investor dalam jangka waktu tertentu. Sebagai gantinya, investor akan mendapatkan bunga. 

Namun, salah satu kekurangan yang kerap kali membuat masyarakat berpikir dua kali untuk memilih aplikasi Triv ini adalah aplikasinya yang kurang ramah pengguna sehingga tidak cocok untuk pemula. Tak hanya itu, pihak Triv juga tidak memberikan adanya informasi lengkap seperti total aset pada masing-masing akun.

Download Triv di Play Store atau App Store.

7. Luno

Luno

Luno adalah aplikasi exchange aset crypto dunia yang sudah ada sejak tahun 2013. Di Indonesia sendiri, aplikasi ini dikelola oleh PT. Luno Indonesia yang berkantor di Tanah Abang, Jakarta Pusat. Luno sudah memiliki lisensi dari BAPPEBTI dengan nomor lisensi 007/BAPPEBTI/CP-AK/03/2020.

Kelebihan Luno adalah dengan aplikasi ini, Anda bisa trading crypto dengan modal yang murah yaitu hanya sebesar Rp50.000 saja. Namun karena masalah teknis, seperti bug, penarikan dana dari platform trading crypto ini terbilang susah.Belum lagi biaya penarikan yang terbilang mahal, yaitu sebesar Rp15.000 per transaksi. 

8. Pluang

Berbeda dengan platform trading crypto sebelumnya, Pluang adalah aplikasi investasi multi aset (banyak aset sekaligus). Di aplikasi ini, Anda tidak hanya bisa berinvestasi crypto, tetapi juga saham-saham Amerika Serikat, reksa dana dan emas. 

Meskipun demikian, aset crypto yang dihadirkan aplikasi ini cukup komprehensif yaitu sebanyak 200 coin yang terdiri dari coin-coin dengan market capt besar, seperti BTC, ETH dan USDT, hingga alternative coin yang menarik lainnya. Investasi aset crypto melalui aplikasi ini juga dapat dimulai dengan cukup mudah, yaitu hanya sebesar Rp5.000 saja. 

Anda tidak perlu khawatir, sebab Pluang sudah terdaftar di BAPPEBTi dengan nama PT Bumi Santosa Cemerlang dan nomor registrasi 012/BAPPEBTI/CP-AK/4/2022. Ini artinya, secara resmi aplikasi ini tunduk dengan peraturan perundangan yang berlaku di negeri ini. 

9. Nanovest

Nanovest

Sama seperti Pluang, Nanovest juga merupakan aplikasi investasi multi aset. Selain cryptocurrency, aplikasi ini juga menyediakan peluang investasi saham Amerika Serikat dan emas digital. Aplikasi Nanovest terdaftar di BAPPEBTI dengan nama PT. Tumbuh Bersama Nano dengan nomor registrasi 007/BAPPEBTI/CP-AK/03/2022. 

Nanovest menyediakan 120 aset crypto dengan berbagai tingkat kapitalisasi pasar, mulai dari yang paling populer, seperti BTC, Ripple dan BNB (Binance Coin), hingga aset crypto khusus seperti Axie Infinity. Tidak hanya itu, platform trading crypto ini juga menyediakan fitur staking dengan keuntungan hingga 5%-7% per tahun dan bisa dimulai dengan deposit sebesar 1.000.000 IDDR (sekitar 1.000.000 rupiah). 

Tips Memilih Aplikasi Trading Crypto Terbaik

Pemilihan aplikasi trading crypto terbaik juga berperan penting dalam menentukan apakah investasi yang Anda lakukan akan menghasilkan keuntungan atau tidak. Hal ini mengingat bahwa platform trading crypto adalah kendaraan Anda untuk mendapatkan keuntungan dan sampai ke tujuan keuangan Anda.  Sederhananya, tentu Anda tidak akan segera sampai ke tujuan apabila kendaraannya macet bukan?

Oleh karena itu, penting untuk memilih aplikasi trading crypto terbaik. Berikut ini beberapa faktor yang harus Anda pertimbangkan saat memilih aplikasi crypto:

  1. Legalitas. Di Indonesia, lembaga yang berhak untuk memberikan sertifikasi platform cryptocurrency adalah Badan Pengawas Perdagangan Berjangka Komoditi (BAPPEBTI), bukan OJK. Jadi, pastikan platform yang Anda pilih mendapatkan izin dari lembaga ini. Ketika terjadi masalah pada platform yang Anda gunakan, BAPPEBTI bisa jadi tidak bisa mengembalikan dana Anda sepenuhnya, sebagaimana LPS dalam pasar deposito. Namun, BAPPEBTI bisa memberikan pengawasan, teguran dan bantuan kepada platform legal yang sedang bermasalah.
  2. Fitur yang disediakan platform. Sebagai seorang trader atau investor crypto, tentunya Anda tidak hanya perlu menganalisis harga, tetapi juga membaca whitepaper crypto dan menarik dana (tidak semua aset crypto bisa langsung dicairkan dalam bentuk rupiah). Maka dari itu, pastikan Anda memilih platform dengan fitur lengkap.
  3. Kapabilitas aplikasi. Termasuk kapabilitas aplikasi adalah user interface/ user experience yang ditawarkan, koin yang tersedia, berat atau tidaknya aplikasi tersebut dan lain sebagainya. Hal ini karena biasanya semakin kompleks sebuah aplikasi, maka semakin berat dan mudah nge-lag juga aplikasi tersebut. Informasi mengenai kapabilitas aplikasi ini bisa Anda baca di review aplikasi crypto di Investbro maupun di Google Play Store dan platform lainnya.
  4. Likuiditas. Masalah likuiditas tidak hanya menghantui aset crypto saja, tetapi juga platform yang digunakan untuk membelinya. Hal ini terjadi pada salah satu aplikasi trading crypto di Indonesia. Platform tersebut memberikan pinjaman dalam jumlah besar kepada sebuah perusahaan yang kemudian merugi. Hal ini berakibat pada ketidakmampuan platform tersebut mengembalikan uang investor dan bahkan membayar gaji karyawannya. Kabar terbaru dari platform ini adalah adanya penghentian operasional. Lalu, bagaimana cara mengetahui likuiditas ini? Karena masalah ini adalah hal yang cukup rahasia bagi perusahaan exchange tersebut, maka cara satu-satunya adalah terus update berita crypto, khususnya yang terkait dengan platform tersebut.
  5. Fasilitas keamanan yang ditawarkan. Berulang kali pasar crypto di dunia diguncang dengan adanya pencurian aset ini. Alih-alih karena adanya masalah pada blockchain, hal ini disebut lebih karena keamanan crypto exchange terkait yang lemah. Jadi, pastikan Anda menggunakan platform crypto yang dilengkapi dengan keamanan digital tingkat tinggi.
  6. Biaya transaksi. Biaya transaksi jual beli crypto tentunya akan mempengaruhi jumlah keuntungan yang bisa Anda peroleh dari investasi pada aset tersebut. Maka dari itu, sebelum memilih platform yang paling cocok untuk Anda, pastikan Anda memeriksa biaya transaksinya terlebih dahulu.
  7. Fasilitas edukasi untuk trader. Sebuah platform trading crypto yang baik tentu ingin meningkatkan kemampuan trader-nya untuk mendapatkan keuntungan. Maka dari itu, pilihlah platform trading crypto yang dilengkapi dengan fasilitas edukasi yang lengkap, seperti akun demo, artikel mengenai investasi dan crypto hingga berbagai macam webinar. 
  8. Pilih platform sesuai dengan kebutuhan. Dari pembahasan diatas dapat ditarik kesimpulan kalau setiap aplikasi crypto memiliki kelebihan dan kekurangan tersendiri. Alih-alih memaksakan diri untuk menggunakan aplikasi yang populer, sebaiknya Anda memilih aplikasi yang menawarkan produk sesuai dengan kebutuhan Anda. 

Selain pemilihan coin dan platform, faktor penting lain dalam menghasilkan keuntungan investasi crypto adalah memilih crypto wallet terbaik. Baca informasi mengenai hal ini di sini.

investasi crypto adalah memilih crypto wallet terbaik. Baca informasi mengenai hal ini di sini.

Farichatul Chusna

Farichatul Chusna

Setelah lulus dari Ilmu Ekonomi Universitas Gadjah Mada, Farichatul Chusna aktif sebagai penulis artikel ekonomi, investasi, bisnis, dan keuangan.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *