Cara Melaporkan Pinjaman Online Ilegal ke OJK

Laporkan Pinjol Ilegal ke OJK!

Pinjaman online merupakan layanan pinjaman uang yang menawarkan berbagai kemudahan dalam proses pinjaman, yaitu bisa diajukan melalui online. Hanya dengan mengisi formulir dan verifikasi data diri seseorang bisa melakukan pinjaman dengan mudah, bahkan tanpa jaminan. Hal inilah yang menyebabkan masyarakat banyak yang tergiur dan beralih dari pinjaman di bank dan penyedia pinjaman lain.

Sayangnya, banyak pinjol yang akhir-akhir ini muncul namun statusnya belum terdaftar atau diakui oleh OJK (Otoritas Jasa Keuangan). Dengan kata lain, berbagai jenis pinjaman online ini dianggap ilegal.

Dampak buruk fintech ilegal sangat berbahaya karena bisa menyalahgunakan data pribadi nasabah, melakukan intimidasi, atau tidak transparan dalam perhitungan biaya pinjaman dan lain sebagainya. Sehingga jika kita menemukan pinjaman online ilegal ini sebaiknya segera melaporkannya ke pihak berwenang.

Cara Melaporkan Pinjaman Online Ilegal

Jika Anda menemukan indikasi adanya pinjaman online bermasalah Anda bisa melaporkannya ke pihak kepolisian dan penyampaian informasi ke OJK.

Pinjaman online ilegal merupakan pinjaman online yang tidak resmi terdaftar. Mereka menggunakan praktik bisnis yang membuat resah seperti menggunakan cara kerja debt collector yang tidak etis.

Anda bisa melihat statusnya di web resmi OJK di menu daftar Pelaku Usaha Jasa Keuangan (PUJK) di halaman Perusahaan Fintech Lending yang berizin dan terdaftar di OJK. Silakan klik link berikut.

Jika pinjaman online yang Anda curigai tidak terdaftar di halaman tersebut, maka perusahaan tersebut memang merupakan layanan pinjaman online ilegal. Silakan lakukan langkah pelaporan ke Polres atau Polda di daerah Anda. Bisa juga melalui situs pengaduan resmi Patroli Siber di patrolisiber.id pada menu Laporkan atau kirim email ke info@cyber.polri.go.id.

Lalu bagaimana jika resmi terdaftar? Jika layanan pinjaman online telah terdaftar di OJK namun memiliki masalah, silakan lakukan pengaduan ke OJK melalui APPK (Aplikasi Portal Perlindungan Konsumen). Terdaftar bukan berarti akan memberikan layanan terbaik. Simak tips dalam memilih pinjol terbaik yang pernah Investbro ulas.

Aplikasi Pengaduan dan Pelaporan dari OJK

Saat ini layanan layanan pinjaman online semakin banyak bermunculan sehingga terkadang menimbulkan permasalahan yang bisa disebabkan oleh kesalahan informasi, salah paham, kesalahan sistem hingga yang paling parah adalah sampai pada tindakan penipuan.

Namun saat ini konsumen/nasabah tidak perlu bingung untuk melaporkan pinjaman online atau meminta solusi atas permasalah yang Anda alami. Anda bisa melayangkan pengaduan dan pelaporan melalui APPK dari OJK.

APPK atau Aplikasi Portal Perlindungan Konsumen merupakan program website yang dibuat untuk melayani penanganan pelaporan dari konsumen dan penyelesaian sengketa. Anda sebagai konsumen dari jasa keuangan seperti pinjaman online, bisa menggunakan Aplikasi ini untuk mendapat perlindungan bantuan dan hukum.

Berikut gambaran proses pelaporan dalam APPK:

Dari sisi konsumen

  • Konsumen menyampaikan pengaduan terkait permasalahan atas produk atau layanan jasa keuangan seperti pinjaman online.
  • Konsumen melengkapi data berupa kronologi permasalahan dan identitas diri.
  • Konsumen akan mendapat tiket untuk memantau pengaduannya.

Dari pihak PUJK (Pelaku Usaha Jasa Keuangan)

  • PUJK menerima pengaduan dari konsumen.
  • PUJK akan memberikan penjelasan dan tanggapan atas pelaporan tersebut
  • PUJK akan diberi tenggat waktu oleh OJK untuk menyelesaikan permasalahan

Dari pihak LAPS (Lembaga Alternatif Penyelesaian Sengketa)

  • Apabila tidak terjadi kesepakatan antara konsumen dan PUJK, maka konsumen bisa meminta bantuan LAPS untuk penyeelsaian masalahnya.
  • Konsumen meneruskan pengaduan ke LAPS
  • LAPS akan menerima dokumen dan informasi pengaduan dan memfasilitasi penyelesaian masalah.

Cara Melaporkan Pinjaman Online Yang Bermasalah ke OJK

Jika menemui perusahaan nakal, misalnya ingin melaporkan pinjol yang sebar data atau mengakses kontak HP, ikuti cara melaporkan perusahaan nakal melalui kontak pengaduan OJK. Pengaduan dengan telepon silahkan hubungi nomor 157.

Selain itu melaporkan pinjaman online ke OJK juga bisa dilakukan melalui website pengaduan ke OJK di https://kontak157.ojk.go.id/appkpublicportal/Pengaduan. Di sana tersedia formulir yang berupa penyampaian pengaduan, pertanyaan dan permintaan informasi:

Berikut langkah-langkah untuk mengisi formulir pengaduan pinjaman online ilegal di OJK:

  • Pilih permasalahan yang dialami. Akan muncul pilihan berbagai permasalahan seperti tindak pidana penipuan, ketidaksesuaian perhitungan, keberatan atas perlakuan penagihan.
  • Pilih produk yang bermasalah, misalnya produk asuransi, surat kredit, kredit kendaraan dsb.
  • Pilih perusahaan yang bersangkutan dengan produk yang bermasalah tersebut.
  • Jika perusahaan yang dicari tidak ada, maka silakan centang kotak.
  • Anda akan diminta melengkapi data permasalahan, mulai dari cerita kronologi, tanggal kejadian, lokasi, tempat atau daerah kejadian dan keterangan kerugian yang Anda alami dalam format rupiah.
  • Klik tombol Lanjut
  • Selanjutnya akan muncul informasi apakah pengaduan diwakilkan atau tidak. Jika diwakilkan silakan centang kotak namun jika melaporkan sendiri silakan dilewati atau di kosongkan.
  • Silakan isi biodata diri, mulai dari Nama, Alamat, Kota, No telepon, Provinsi dan Email.
  • Kemudian unggah identitas diri menggunakan Kartu Tanda Penduduk (KTP).
  • Silakan unggah file yang berisi informasi atau kronologi kejadian produk yang bermasalah dalam bentuk tulisan di word.
  • Kemudian unggah Surat Pernyataan Bermaterai 6.000 yang sudah ditandatangani.
  • Centang kolom konfirmasi dan isi captcha
  • Kemudian klik tombol Kirim Pengaduan.
  • Setelah mengirim pengaduan, Jangan buru-buru menutup tab atau browser, pasalnya Anda akan mendapat Nomor Layanan dan PIN. Fungsi nomor dan PIN adalah untuk melihat perkembangan laporan aduan yang telah Anda layangkan.
  • Anda juga bisa mengecek email yang Anda daftarkan untuk melihat nomor layanan dan PIN ini.

Cara Mengecek Status Pengaduan Pinjaman Online di OJK

Setelah Anda mengirim pengaduan, informasi atau pertanyaan, laporan Anda akan ditindaklanjuti dan diproses oleh pihak OJK. Jika Anda ingin melihat perkembangan atau status pengaduan Anda, silakan kunjungi halaman ini, kemudian masukkan nomor pengaduan dan PIN, lalu klik tombol Masuk. Jika lupa nomor dan PIN silakan buka email yang Anda daftarkan dalam proses pengaduan.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *