Lompat ke konten
Daftar Isi

Cara Membuka Blokir ATM Tanpa Ke Bank

Cara Membuka Blokir ATM Tanpa Ke Bank

Kartu ATM atau kartu debet adalah salah satu fasilitas perbankan yang akan memudahkan Anda untuk melakukan transaksi, entah itu transaksi penarikan tunai, pembayaran hingga transfer, semua bisa dilakukan menggunakan bantuan kartu ATM. 

Namun demikian, ada kalanya kartu yang satu ini tidak bisa digunakan atau diblokir oleh bank atau atas kehendak Anda sendiri. Pemblokiran kartu ATM ini bertujuan untuk menjaga keamanan transaksi nasabah. Masalahnya adalah, untuk membuka blokir ini, nasabah diminta untuk mengisi beberapa formulir yang hanya bisa diakses di bank langsung.

Tapi tahukah Anda kalau ada cara lain untuk membuka blokir ATM dengan tanpa ke bank? Berikut ini beberapa caranya. 

Penyebab ATM Di Blokir

Sebelum masuk ke cara membuka blokir ATM tanpa ke bank, alangkah baiknya jika Anda tahu mengapa kartu ATM Anda sampai terblokir berikut ini:

1. Salah memasukkan nomor PIN sampai 3 kali

Penyebab kartu ATM terblokir pertama adalah karena Anda salah memasukkan nomor PIN sampai 3 kali. Nomor PIN ATM adalah serangkaian angka keamanan yang harus dihafal di luar kepala dan jaga kerahasiaannya. Bahkan sebaiknya nomor PIN bukan angka-angka yang terkait dengan diri Anda, seperti tanggal lahir atau tahun lahir. Kesalahan memasukkan PIN hingga tiga kali baik karena lupa atau disengaja akan membuat sistem mengira bahwa yang memasukkan kartu tersebut bukan Anda, sehingga sistem akan memblokir aksesnya supaya saldo dalam kartu tersebut tidak hilang. 

2. Anda meminta blokir ATM

Salah satu cara untuk mengamankan saldo ATM ketika dompet atau kartu ATM Anda hilang atau diretas orang adalah dengan memblokir akses ke ATM tersebut. Proses pemblokiran ini dapat dilakukan dengan pergi ke kantor cabang bank terkait atau menghubungi call center-nya. Dengan demikian, oknum yang memegang dompet dan ATM tersebut tidak akan dapat menguras saldo Anda. 

3. Kartu ATM jarang digunakan atau perlu diganti

Dalam beberapa kasus, kartu ATM tidak dapat digunakan karena kartu tersebut jarang Anda pakai untuk transaksi, sehingga dibekukan oleh bank. Ada juga kasus nasabah Bank BRI yang tidak dapat menggunakan ATM-nya karena selain jarang dipakai, kartu tersebut juga perlu diganti dengan kartu ATM versi terbaru yang dilengkapi dengan chip dibelakangnya. Kasus seperti ini umumnya terjadi pada orang tua yang jarang menggunakan ATM untuk transaksi, sehingga tidak tahu perkembangan kebijakan bank terkini.

4. Saldo ATM kurang dari batas minimum

Menurut pengalaman penulis, salah satu penyebab ATM khususnya kartu ATM Mandiri diblokir adalah karena saldonya kurang dari batas minimum. Perlu Anda ketahui bahwasanya pihak bank menerapkan biaya administrasi bulanan. 

Biaya administrasi bulanan ini diambil langsung dari saldo tabungan Anda, sehingga ketika saldo tabungan tidak memenuhi batas minimum, bank tidak bisa menagihkan biaya administrasi ini. Blokir kartu adalah cara bank untuk memberitahu nasabah kalau saldonya kurang. Cara untuk mengaktifkan kembali ATM yang diblokir karena alasan ini adalah dengan ke bank secara langsung atau menghubungi call center dan menambah isi saldo tabungan Anda. 

Cara Membuka Blokir ATM Tanpa Ke Bank

Anda malas mengantri di bank, tapi ingin membuka blokir ATM? Maka cara berikut bisa jadi referensi Anda:

1. Menghubungi call center

Cara mengatasi atm bri terblokir tanpa ke bank adalah dengan menghubungi call center. Saat menghubungi call center ini, Anda harus menyiapkan beberapa hal, yaitu:

  • Nomor call center. Pastikan Anda menghubungi nomor call center bank yang benar. Sebab saat ini banyak kasus penipuan dengan mengaku-ngaku sebagai call center bank. Perlu diingat bahwasanya tidak ada call center bank yang akan menghubungi Anda secara pribadi, sebelum Anda menghubungi mereka terlebih dahulu. 
  • Kartu ATM. Pastikan kartu ATM Anda terletak disamping Anda. Pasalnya, pihak bank akan bertanya mengenai rincian dari kartu ini, mulai dari 16 digit nomor depannya, 3 nomor di bagian belakang kartu (nomor CVV atau CVC) dan lain sebagainya. 
  • KTP. Selain bertanya mengenai rincian kartu ATM, pihak bank juga akan bertanya mengenai beberapa data diri Anda. Data diri ini adalah data-data yang Anda daftarkan untuk membuat kartu ini sebelumnya. Tujuannya adalah untuk memastikan kalau yang menghubungi bank adalah benar-benar Anda.
  • Pulsa. Meskipun sederhana, tapi pastikan juga Anda memiliki pulsa yang mencukupi untuk dipakai dalam proses pembukaan blokir ini. Sebab, proses pembukaan akun yang terblokir ini biasanya membutuhkan waktu beberapa menit. Tentu akan sangat menyebalkan rasanya apabila proses ini terputus gara-gara Anda kehabisan pulsa. 

Setelah beberapa hal di atas siap, silahkan menghubungi call center bank terkait dan mengikuti prosedur yang telah disiapkan. 

2. Menggunakan aplikasi

Beberapa bank, seperti Bank BCA memudahkan nasabahnya untuk membuka kartu ATM mereka yang terblokir menggunakan aplikasi. Berikut ini cara membuka blokir ATM BCA dengan memakai aplikasi BCA Mobile:

  1. Buka aplikasi BCA Mobile.
  2. Masukkan username dan password. 
  3. Pilih menu about.
  4. Pilih verifikasi ulang.
  5. Tuliskan nomor kartu ATM BCA Anda (yang jumlahnya 16 digit). 
  6. Tunggu SMS verifikasi.
  7. Masukkan kode verifikasi. 
  8. Selesai. 

Selain menggunakan BCA Mobile, Anda juga bisa membuka blokir ATM BCA menggunakan aplikasi HaloBCA. Berikut ini caranya:

  1. Buka aplikasi HaloBCA.
  2. Masukkan username dan password.
  3. Pilih menu call.
  4. Pilih menu perbankan.
  5. Ceritakan kendala yang dialami setelah terhubung dengan admin.
  6. Diktekan nomor PIN Anda. 
  7. Admin akan melakukan proses verifikasi, dan Anda diminta untuk menjawab pertanyaan-pertanyaan yang diajukan dengan baik dan benar. 
  8. Jika proses tanya jawab telah selesai dan jawaban Anda benar, admin akan mereset kembali nomor PIN Anda dengan menggunakan PIN baru versi admin.
  9.  Ganti PIN versi admin tersebut dengan versi Anda diri Anda sendiri di ATM BCA terdekat. 
  10. ATM BCA sudah siap digunakan kembali. 

Sebagai kartu yang dibutuhkan untuk memenuhi kehidupan sehari-hari, kartu ATM adalah barang penting. Ketika kartu ini terblokir, Anda tidak akan dapat melakukan pembayaran, transfer atau penarikan tunai. Hal ini bisa terjadi karena, Anda lupa pin, kartu ATM memang sengaja Anda blokir, jarang digunakan atau saldo kurang dari batas minimum. 

Untuk mengatasi hal ini, Anda bisa menghubungi pihak customer service di kantor cabang terdekat bank terkait. Namun jika Anda enggan mengantri, Anda bisa membuka blokir ATM dengan cara menghubungi call center bank tersebut atau dalam beberapa kasus bisa menggunakan aplikasi.

nv-author-image

Farichatul Chusna

Setelah lulus dari Ilmu Ekonomi Universitas Gadjah Mada, Farichatul Chusna aktif sebagai penulis artikel ekonomi, investasi, bisnis, dan keuangan.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *