Lompat ke konten
Daftar Isi
ForexIMF leaderboard banner ads.

Cara Menabung dengan Cepat, Bisa Terkumpul 20 Juta dalam Setahun

Cara Menabung dengan Cepat

Cara menabung 20 juta dalam setahun terutama bagi yang pendapatannya pas-pasan bukanlah hal yang susah dilakukan, asalkan paham bagaimana harus mengatur pendapatan. Semua bisa dimulai dengan cara mengubah kebiasaan serta pola pikir dalam mengelola keuangan agar terbiasa berhati-hati dalam menggunakan uang.

Bukanlah hal sulit untuk melakukannya. Begini cara menabung dengan cepat agar terkumpul 20 juta dalam satu tahun!

1. Buat Prioritas Lebih Besar untuk Menabung

Cara menabung uang supaya bisa terkumpul lebih cepat yang pertama adalah membuat prioritas lebih besar untuk tabungan. Mungkin selama ini Anda membuat prioritas kebutuhan sehari-hari sebesar 50% pendapatan, kemudian menabung 30%. Cobalah menukar persentasenya, yakni alokasikan 50% untuk tabungan, sedangkan sebesar 30% untuk sehari-hari.

Membuat prioritas lebih besar untuk tabungan mungkin kedengarannya susah jika mempunyai banyak tanggungan dan kebutuhan. Namun cara menabung uang seperti ini termasuk efektif karena mengumpulkan uang 20 juta dalam setahun bisa lebih cepat.

Supaya dapat membuat prioritas menabung yang lebih besar terutama bagi yang mempunyai gaji pas UMR (misalnya 4 juta), usahakan sebelumnya tak mempunyai cicilan apapun. Hal ini termasuk kredit, paylater, maupun hutang lainnya. Apabila dapat menyisihkan setidaknya 1,7 juta per bulannya, maka dalam setahun sudah bisa mengumpulkan sebanyak 20,4 juta.

2. Kurangi Pengeluaran yang Tidak Perlu atau Konsumtif

Salah satu alasan susah menabung yaitu karena terlalu banyak mengeluarkan uang untuk hal-hal tidak perlu atau konsumtif, misalnya demi gaya hidup, keinginan, dan gengsi. Tips menabung supaya cepat memperoleh 20 juta satu tahun, usahakan sebisa mungkin mengurangi kebiasaan boros.

Mengurangi kebiasaan boros bisa dimulai dengan cara sederhana. Misalnya jika selama ini sering hang out lalu menghabiskan sebanyak 700 ribu dalam sebulan. Cobalah menekan alokasi biaya untuk hangout cukup sebesar 200-300 ribu saja dalam sebulan, tujuannya supaya lebih hemat dan uang terkumpul lebih cepat.

Tak hanya hang out atau nongkrong yang mungkin selama ini banyak mengeluarkan uang, kebiasaan berbelanja barang-barang kurang penting juga merupakan faktor lainnya. Kurangi kebiasaan mudah mengeluarkan uang untuk sesuatu yang sebenarnya tidak terlalu diperlukan, apalagi hanya keinginan sesaat akibat termakan jebakan diskon.

3. Cari Pendapatan Tambahan

Tips menabung agar cepat mengumpulkan 20 juta setahun, cobalah mencari pendapatan tambahan di luar pekerjaan pokok. Apabila mempunyai cukup banyak waktu luang, Anda dapat mencari pekerjaan freelance maupun part time yang kemudian disesuaikan dengan waktu pekerjaan utama.

Selain freelance dan part time, tak ada salahnya pula coba memulai bisnis tanpa modal seperti dropship, affiliate di e-commerce, menulis blog, membuka jasa les, dan lain sebagainya. Hasil dari sampingan cukup menguntungkan, apalagi jika dilakukan dengan tekun.

4. Alokasikan Pendapatan ke Investasi

Cara menabung dengan cepat lainnya adalah mengalokasikan sebagian pendapatan ke investasi. Tak perlu langsung memilih produk yang terlalu berisiko seperti kripto ataupun saham, bagi pemula yang ingin mencoba investasi bisa memulainya di reksa dana. Risikonya cenderung rendah, tetapi reksa dana termasuk menguntungkan meski untungnya tak sebesar saham dan kripto.

Ingin mencoba investasi tapi bingung bagaimana cara memulainya? Rekomendasi aplikasi investasi terbaik dapat Anda lihat ulasannya di InvestBro. Semua aplikasi tersebut tentunya sudah diawasi oleh OJK, sehingga keamanan dan legalitasnya pun terjamin!

Cara menabung uang dengan investasi, Anda bisa mengalokasikan dana sebesar 10-20% saja dari pendapatan utama. Jika takut lupa menyetor sebagian gaji untuk investasi, pakailah fitur auto-debet yang dapat diatur setiap tanggal gajian supaya secara otomatis saldonya terpotong.

5. Pisahkan Rekening untuk Kebutuhan dan Tabungan

Cara menabung uang yang efektif bisa dengan memisahkan rekening untuk kebutuhan sehari-hari dan tabungan. Membuat rekening sendiri untuk tabungan, bertujuan agar saldo di dalamnya tidak mudah diusik. Sebelum menjalankannya, tentukan terlebih dahulu jumlah dana pasti yang harus ditabung dan untuk biaya hidup harian.

Tips menabung dengan memisahkan rekening sangat cocok dijalankan bagi siapapun yang sering kesusahan dalam menyimpan uang, apalagi jika mempunyai kebiasaan konsumtif. Pilihlah jenis tabungan yang tidak dikenakan biaya administrasi agar saldonya tidak terpotong setiap bulan dan tak memakai kartu ATM supaya tidak mudah ditarik.

Jika sudah mempunyai rekening terpisah, selanjutnya buatlah kesepakatan dengan diri sendiri supaya tak dengan mudah mengusik tabungan sebelum terkumpul sebanyak 20 juta atau sesuai tujuan finansial awal. Cukup gunakan rekening khusus kebutuhan untuk memenuhi kehidupan sehari-hari. Apabila ada sisa saldo, Anda dapat menambahkannya ke tabungan supaya lebih cepat terkumpul.

6. Ikuti Saving Challenge

Tips menabung 20 juta dalam setahun dengan cepat bisa coba mengikuti saving challenge, yaitu cara menabung uang yang unik sekaligus menyenangkan. Tantangan pada saving challenge sangat ampuh memotivasi siapapun untuk mengumpulkan tabungan.

Saving challenge paling sederhana yang dapat dicoba, salah satunya 52 Weeks Saving Challenge. Pada tantangan ini, mengharuskan Anda mengumpulkan uang satu minggu sekali selama 52 minggu. Jadi jika target finansial Anda 20 juta setahun, maka setiap minggunya harus mengumpulkan sebanyak Rp385.000.

Saving challenge sebenarnya tidak berat dilakukan, tetapi justru sangat membantu dalam membangun kebiasaan positif agar lebih berhati-hati dalam mengeluarkan uang sekaligus membentuk sikap disiplin finansial. Saving challenge dapat dipadukan dengan tantangan lainnya agar lebih hemat pengeluaran, misalnya tantangan untuk selalu makan di rumah, satu hari tanpa pengeluaran, dan sebagainya.

7. Tabung Uang Recehan

Jangan pernah meremehkan uang recehan, berapapun jumlahnya! Recehan bagi sebagian orang mungkin sepele, padahal jika rutin dikumpulkan hasilnya pun lumayan banyak. Anda bisa memulai dengan mengumpulkan setiap kembalian dari berbelanja ke dalam botol atau kaleng tertutup.

Mengumpulkan recehan mungkin rasanya sangat lama karena jumlahnya kecil, namun sewaktu-waktu dapat digunakan untuk menambah tabungan walau sedikit. Simpanlah recehan di botol, kaleng, atau galon bekas yang sudah dibersihkan. Kemudian buatlah komitmen agar tak membukanya sampai waktunya tiba, misalnya baru akan dibuka saat awal tahun berikutnya.

Tak hanya recehan, apabila memperoleh uang bonus dan THR sebaiknya ditabung saja daripada dihabiskan. Jumlah bonus apalagi THR biasanya cukup besar, sehingga dapat digunakan untuk menambah saldo pada tabungan.

8. Buat Strategi Menabung yang Efektif

Bagaimanapun juga, cara menabung dengan cepat berarti harus bisa membuat strategi yang efektif. Setiap orang punya caranya sendiri dalam menabung disesuaikan kebutuhan serta pendapatan masing-masing. Apapun strateginya, kuncinya adalah mengurangi kebiasaan hidup boros atau konsumtif.

Misalnya, Anda bisa menetapkan jumlah dana yang harus ditabung setiap bulan adalah 20 juta dibagi 12 bulan. Maka, didapatkan sebanyak 1,7 juta per bulan untuk dialokasikan ke tabungan. Gunakanlah fitur auto-debet supaya bisa langsung masuk ke rekening tabungan secara otomatis.

Membuat strategi menabung juga dapat dengan cara mengevaluasi pengeluaran pada bulan sebelumnya, setelah itu melakukan eliminasi atau pemangkasan pengeluaran tidak perlu. Dengan begitu, akan diketahui berapa alokasi untuk tabungan serta kebutuhan hidup sehari-hari.

Cara menabung dengan cepat agar terkumpul 20 juta setahun, kuncinya adalah niat dan konsisten. Kurangi kebiasaan konsumtif, fokuslah pada tujuan dan jangan mudah tergoda mengeluarkan uang untuk hal yang tidak perlu.

nv-author-image

Zahrah Firyal Salma

Zahrah Firyal Salma adalah seorang yang memiliki minat pada informasi edukasi tentang finansial, maupun memberikan informasi penting lainnya seputar produk keuangan.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *