12 Cara Mendapatkan Banyak Uang dalam Sehari

uang cepat

Sedang butuh uang cepat, tetapi tak kunjung mendapatkan pekerjaan tetap? Kondisi finansial yang tak menentu sering kali mendorong orang-orang untuk mencari pekerjaan yang walau sifatnya sementara namun bisa menghasilkan uang. Tapi, tahukah Anda bahwa uang bisa diperoleh dalam waktu singkat melalui kegiatan sehari-hari yang mungkin terlihat begitu mudah dilakukan?

Ya, kenyataannya, dengan keterampilan yang dimiliki, Anda bisa menjadikan kesempatan tersebut sebagai sumber penghasilan alternatif. Kejelian Anda dalam menangkap peluang pun dibutuhkan agar uang yang nantinya diterima sesuai jerih payah yang dikeluarkan.

Tanpa menunggu lebih lama, berikut selusin cara mendapatkan uang dalam waktu sehari saja!

1. Jadi driver ojek atau taksi online

Mendaftar jadi ojol adalah cara dapat uang banyak dalam waktu singkat terbaik. Jangan biarkan kendaraan pribadi Anda menganggur lama di garasi rumah!

Meningkatnya kebutuhan masyarakat Indonesia terhadap ojek dan taksi online dapat Anda manfaatkan sebaik mungkin dengan kemampuan berkendara. Mobil dan sepeda motor pun tak bakal cepat rusak karena bisa dibawa pergi seharian untuk mencari penghasilan.

Ada sejumlah perusahaan layanan transportasi berbasis aplikasi online yang membuka lowongan driver. Dua di antaranya adalah Gojek dan Grab. Dengan mengikuti prosedur yang mereka berlakukan, Anda bisa menjadi mitra ojek atau taksi online maupun pengantar makanan.

Selain dua perusahaan tersebut, layanan ekspedisi atau pengiriman barang pun membuka peluang bagus bagi Anda yang bisa membawa kendaraan. Ketika menjadi kurir mereka, Anda akan ditugaskan mengantarkan paket ke alamat penerima.

Baik jadi driver maupun kurir, Anda harus hafal rute di wilayah yang dicakup. Pasalnya, para pelanggan yang memakai jasa ini sangat mengandalkan kecepatan dan akurasi. Kemudian, Anda juga harus punya surat-surat resmi seperti SIM dan STNK untuk mencegah masalah saat terjaring razia.

2. Mengembangkan bisnis musiman

Bisnis musiman adalah peluang yang umum dilakukan masyarakat Indonesia. Sesuai namanya, jenis bisnis tersebut hanya dilakukan pada periode tertentu karena hanya mengincar target pasar sementara.

Dibandingkan bisnis jangka panjang, peluang mendapatkan uang cepat lebih besar, sehingga cocok buat Anda yang butuh penghasilan kilat. Bahkan Anda bisa mendapatkan 4 juta dalam sehari jika sedang beruntung.

Salah satu contoh bisnis musiman yang bisa Anda kembangkan adalah berjualan takjil di bulan Ramadan. Macam-macam menu seperti kolak pisang, kue kering dan basah, hingga aneka minuman mudah dibuat dan memiliki target pasar luas. Modal awal yang dikeluarkan pun cukup terjangkau.

Menjadi reseller busana muslim adalah bisnis musiman lain yang mampu menghasilkan keuntungan melimpah. Berbeda dari jualan takjil, Anda tak perlu mendesain dan menjahit pakaian, sebab supplier yang nantinya mengirimkan stok barang untuk dijual di area tersebut.

Sifat bisnis musiman memang sementara, tetapi praktiknya tetap membutuhkan strategi. Kalau Anda ingin menggeluti bidang kuliner, carilah makanan yang disukai masyarakat sekitar dan berjualan di lokasi strategis. Sementara untuk jadi reseller atau dropshipper bisa dimulai dengan menemukan supplier populer yang produknya dicari di mana-mana.

3. Menjual pernak-pernik hasil desain sendiri

Jualan pernak-pernik adalah cara gampang mendapatkan banyak uang dari internet jika Anda telaten menjalaninya.

Optimalkan kemampuan desain Anda dengan jualan pernak-pernik secara online. Peluang usaha ini sudah umum dilakukan berbagai lapisan masyarakat, dari yang masih sekolah atau kuliah, karyawan kantoran, hingga menjadi penghasilan tambahan bagi ibu rumah tangga. Bahkan sudah ada platform seperti Etsy atau Creative Market yang secara khusus menyediakan wadah berjualan desain atau pernak-pernik.

Kemungkinan Anda mendapatkan uang cepat akan lebih tinggi apabila menjual produk di fandom atau fanbase besar. Fandom adalah komunitas penggemar dari kelompok seperti musikus, anime, buku atau komik, hingga olahraga. Mereka biasanya mencari fan art atau aksesori yang berhubungan dengan idola mereka sesuai selera yang harganya terjangkau.

Dalam hal ini, Anda memang harus terjun terlebih dulu ke fandom yang bersangkutan. Akan lebih baik kalau Anda sudah bergabung dengan fandom tertentu dan berteman dengan sesama penggemar. Jadi, Anda akan lebih mudah memasarkan produk dan mendapatkan uang yang diperlukan.

Tentu saja Anda bisa menjual desain kreasi sendiri, entah untuk dijadikan template di media sosial, stiker, dan konten-konten sejenis. Jangan lupa promosikan dan tawarkan potongan harga untuk menarik konsumen yang ditargetkan.

4. Menjual pakaian bekas atau preloved

Salah satu cara mendapatkan uang cepat dalam sehari termudah adalah dengan menjual pakaian yang Anda miliki.

Punya pakaian yang sudah tak muat, tetapi masih layak dikenakan? Daripada dibiarkan menumpuk di lemari, jual saja dengan membuka garage sale di halaman rumah. Untuk jangkauan yang lebih luas, Anda bisa memanfaatkan platform seperti Carousell yang dikhususkan untuk menjual barang preloved.

Supaya pembeli tak merasa dirugikan, cuci terlebih dulu pakaian preloved yang sudah Anda pilah. Memang pakaian tersebut tak akan tampak seperti baru. Namun, membuatnya terlihat rapi dan wangi bakal menciptakan kesan kalau Anda adalah seseorang yang hati-hati merawat barang.

Anda pun harus mencantumkan kekurangan pakaian, misalnya ada bagian yang agak menguning atau harus dijahit untuk menimpa lubang. Jelaskan juga alasan Anda menjual pakaian preloved tersebut. Hal ini, selain mengurangi pengulangan pertanyaan dari calon pembeli, akan membantu mereka untuk mempertimbangkan pembeliannya.

Alangkah baiknya bila pakaian-pakaian preloved yang hendak dikirim dibungkus rapi selayaknya item dari butik atau mal. Selain membuat pembeli terkesan, bukan tidak mungkin mereka kembali ke online shop Anda untuk menemukan pakaian preloved berkualitas dengan harga terjangkau.

5. Menjadi tutor atau mentor di kelas online

Popularitas aplikasi belajar online yang meningkat drastis selama beberapa tahun terakhir membuat profesi tutor dan mentor semakin diminati. Anda yang mempunyai latar belakang di bidang pendidikan atau bekerja sebagai pengajar bisa mengambil peluang tersebut untuk mencari uang cepat.

Setiap platform memiliki masing-masing ketentuan sebelum Anda bergabung jadi tutor atau mentor. Satu hal yang pasti, Anda harus menguasai bidang atau mata pelajaran yang hendak diajarkan. Selain itu, keterampilan Anda dalam public speaking menentukan kelancaran menyampaikan materi meski tidak bertatap muka langsung dengan siswa.

Selain menggunakan aplikasi belajar online, Anda bisa membangun sendiri kelas online di platform seperti Youtube. Tak sedikit guru yang membagikan konten-konten edukatif di sana untuk membantu siswa menemukan solusi saat belajar.

Pilihan kedua mungkin tak akan langsung memberikan uang, sebab Anda harus melakukan monetasi terlebih dahulu. Untuk cara cepat, Anda bisa mendaftar menjadi tutor di aplikasi atau kanal pendidikan. Di sana, Anda bisa bangun audiensi dalam periode tertentu sambil menyiapkan kanal sendiri kalau memang tertarik membuka kelas online.

6. Menjual furnitur atau perabot tak terpakai

Selain pakaian, furnitur atau perabot rumah tangga adalah barang lain yang laku dijual. Anda yang memiliki sofa atau lemari yang sudah jarang dipakai bisa menjualnya ke tetangga atau kerabat yang memerlukan. Bukan hanya menghasilkan uang, langkah ini juga akan membuat rumah terlihat lengang.

Jika Anda tak kunjung menemukan pelanggan dari promosi mulut ke mulut, jual furnitur dengan mengunggah foto-fotonya di media sosial. Bergabung dengan forum jual beli pun kadang membantu penjual menemukan calon pembeli yang membutuhkan.

Anda yang mengambil langkah kedua perlu mencantumkan informasi lengkap terkait furnitur tersebut. Detailnya dapat mencakup usia perabot, cacat atau kerusakan yang dialami, material, harga, dan ongkos kirim apabila pembeli tak bisa datang ke rumah untuk mengambilnya.

Sudah menemukan pembeli yang tertarik? Jangan lupa bersihkan dan ampelas perabot sebelum mengantarnya ke alamat tujuan. Pilih layanan pengiriman terpercaya yang sudah berpengalaman dalam membawa barang berukuran besar seperti furnitur rumah tangga.

7. Membuka layanan delivery food

Hampir sama dengan pilihan pertama, tetapi cara ini lebih difokuskan kepada makanan dan minuman. Delivery food semakin dicari karena membantu konsumen yang tak bisa datang langsung ke tempat makan favorit mereka. Bahkan sejumlah pelaku bisnis kuliner, terutama pemula, mengandalkan jasa ini untuk memperkenalkan produknya.

Anda bisa memulainya dengan menjadi mitra penyedia jasa delivery food, misalnya bersama GoFood. Cara ini memungkinkan Anda mengenal tata cara pesan antar makanan tanpa harus terjun ke dapur. Jika sudah punya bekal, Anda bisa buka layanan delivery food sendiri dan menawarkan jasanya kepada pelaku usaha kuliner.

Kendati terkesan mudah, mengantarkan makanan harus dilakukan dengan hati-hati. Banyak pembeli yang tak mau menerima pesanan karena perubahan tekstur hingga ada bagian yang tumpah. Anda pun bakal merugi karena sudah menalangi pembeliannya.

Oleh karena itu, sebelum pergi ke alamat pembeli, Anda harus pastikan pemilik usaha menempatkan pesanan dalam posisi yang tepat. Kemudian, bawa kendaraan setenang mungkin untuk mencegah guncangan atau risiko lain.

8. Menjual buku dan majalah bekas

Rak buku di rumah sudah penuh? Jual koleksi Anda sebagai cara dapat uang banyak dalam sehari!

Barangkali sudah saatnya Anda melepas sebagian judul yang tak dibaca lagi dan kondisinya masih bagus. Memang terasa berat, tetapi cara ini lebih baik dibandingkan membiarkan tumpukan buku semakin membukit dan memenuhi ruangan.

Seperti menjual pakaian dan perabot rumah tangga, Anda perlu merinci detail seperti judul buku, kekurangan (kertas menguning, sobek, dan lain sebagainya), harga, dan alasan menjual. Anda bisa mempromosikannya di media sosial atau komunitas seperti bookstagram untuk menemukan calon pembeli secara cepat.

Pastikan juga buku-buku yang Anda jual merupakan buku asli atau bukan hasil bajakan. Banyak pembaca yang merasa dirugikan karena buku yang mereka beli ternyata hasil fotokopi. Akun Anda bisa saja diunggah di media sosial hingga berujung pada laporan.

Selain buku, Anda dapat menjual majalah bekas. Namun, berbeda dari cara sebelumnya, barang ini sebaiknya diserahkan kepada tukang loak. Mereka biasanya akan membayar majalah-majalah bekas sesuai berat. Anda pun bakal menerima uang di tempat.

9. Mengambil pekerjaan lepas (freelance)

Menjual kemampuan Anda bisa menjadi cara cepat dapat duit banyak dan tanpa modal. Pekerjaan lepas atau freelance kian diminati dari tahun ke tahun.

Fleksibilitas waktu kerja hingga penghasilan menggiurkan mendorong beberapa orang untuk mengambilnya. Itu alasannya mengapa bekerja lepas bisa menjadi pekerjaan sampingan untuk yang masih kuliah. Beberapa pekerjaan yang ditawarkan pun tak jarang menawarkan fee yang dapat cair dalam waktu cepat.

Sebagai langkah awal, Anda dapat mencari lowongan kera untuk freelancer di situs-situs seperti Freelancer dan Fastwork. Sebutkan kemampuan apa saja yang Anda kuasai. Jika sebelumnya Anda punya karya, unggah portofolio dan prestasi yang pernah diraih.

Perlu diperhatikan bahwa freelance mempunyai masa kontrak yang lebih singkat dan tidak menentu. Kalau Anda membutuhkan penghasilan stabil dari freelancing, ambil lebih dari satu proyek yang dapat dikerjakan dalam satu waktu. Bangun juga relasi yang baik dengan klien agar mereka mau memakai jasa Anda di kemudian hari.

Kemudian, bergabung dengan komunitas freelancer pun membantu Anda menemukan proyek baru. Dengan kesabaran, ketekunan, dan konsistensi, freelancer bakal menjadi profesi menguntungkan dan membantu memperbaiki kondisi finansial.

10. Mendapatkan cashback dari belanja produk

Suka belanja online? Seperti yang diketahui, berbagai marketplace dan e-commerce berlomba-lomba memberikan penawaran menarik seperti potongan harga hingga kupon yang membantu Anda menekan pengeluaran. Namun, tak banyak orang yang memikirkan promosi ini dapat balik menghasilkan uang untuk pelanggan.

Adalah cashback, penawaran yang memungkinkan Anda mendapatkan uang cepat. Dalam promosi ini, calon pembeli biasanya diharuskan mengambil paket pembelian tertentu. Setelah itu, Anda baru menerima sejumlah uang yang dijanjikan.

Perhatikan syarat dan ketentuan yang diberlakukan pihak penjual. Karena cashback hanya ditujukan untuk produk-produk tertentu, pastikan Anda benar-benar membutuhkannya untuk mencegah kerugian. Tanyakan pula prosedurnya untuk memastikan Anda mengambil keputusan yang tepat.

Dibandingkan beberapa cara, mengandalkan cashback untuk memperoleh uang cepat mungkin cuma bisa Anda lakukan sesekali. Jadi, manfaatkan uang yang diberikan penjual lewat promo ini untuk memenuhi kebutuhan.

11. Memainkan gim atau mengisi survei online

Cara mendapatkan uang dalam 1 hari bisa diraih melalui mendapatkan hadiah dari permainan dan survei di dunia maya. Potensi keuntungannya bisa hingga 10 juta dalam 1 minggu.

Mencari penghasilan tambahan kini bisa Anda dapatkan juga dari memainkan smartphone. Sejumlah pengembang gim menghadirkan permainan dengan bonus seperti koin atau reward yang bisa dicairkan menjadi uang. Anda juga bisa mengasah kemampuan bermain dengan gim tersebut.

Survei online adalah kegiatan lainnya yang dapat Anda garap untuk mencari uang cepat. Caranya pun mudah dan cepat. Anda hanya diminta mengisi pertanyaan atau pernyataan seputar bidang tertentu. Lalu kirimkan kepada pihak yang menyediakan survei untuk kesempatan menerima reward.

Salah satu ketentuan utama dalam main gim atau mengisi survei online adalah harus melakukannya secara kontinu. Beberapa pengembang pun mengharuskan Anda mempunyai akun PayPal untuk kirim reward dalam bentuk mata uang asing.

Hal penting lainnya yang tak boleh luput dari perhatian adalah memeriksa kredibilitas pengembang gim maupun penyedia survei. Jangan sampai Anda malah kena tipu karena tergoda dengan iming-iming yang menggiurkan.

12. Mengunggah foto di situs stock photos

Cara terakhir yang memungkinkan Anda memperoleh uang cepat adalah mengunggah koleksi foto di situs stock photos. Situs-situs seperti iStockPhoto, ShutterStock, dan Rawpixel menyediakan tawaran menarik bagi user yang menjual hasil jepretannya di sana.

Jika foto Anda memang berkualitas, Anda bisa mendapatkan uang 2 juta dalam sehari bahkan lebih. Ya, Anda harus mengunggah foto berkualitas tinggi dan tentunya bisa digunakan untuk berbagai keperluan, misalnya pendukung teks pada konten artikel.

Selain itu, situs-situs tersebut biasanya akan melakukan seleksi sebelum menerima foto yang Anda submit. Jadi kalau mendapatkan penolakan, Anda harus kembali mencoba dengan menyediakan kualitas foto yang lebih baik.

Sebagai latihan, Anda bisa mengunggah foto-foto tersebut di situs stock photos gratis seperti Pexels, Pixabay, dan Unsplash. Bahkan ada situs yang mewadahi fotografer untuk mendapatkan proyek dari klien hingga menerima donasi dari user yang merasa diuntungkan.

Kesempatan emas ini sangat menguntungkan bagi Anda yang menggeluti bidang fotografi. Supaya hasilnya lebih memuaskan, latih juga kemampuan Anda dalam mengambil foto dan menyuntingnya agar terlihat menjual di mata klien maupun user. Jika sukses, jualan foto ini bisa menjadi sumber pendapatan passive.

Bagaimana, Anda sudah menemukan cara yang sesuai kemampuan? Imbangi dengan manajemen keuangan yang baik supaya uang yang diterima tak cepat habis. Jadi, Anda juga tak kelelahan mencari penghasilan tambahan.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *