Lompat ke konten

Cara Mendapatkan Pinjaman Tanpa Riba di Bank Islam

Cara Mendapatkan Pinjaman Tanpa Riba di Bank Islam (1200 × 800 piksel)

Mendapatkan pinjaman tanpa riba bisa didapatkan di bank Islam. Selain enjaurnya pinjaman di bank konvensional, saat ini juga eksis di masyarakat bank Islam atau bank syariah yang menawarkan kredit. Keunggulannya di bank Islam ini, kredit yang diberikan tidak memiliki bunga, sehingga tidak menyebabkan riba.

Bagi Anda yang ingin meminjam uang untuk mengembangkan usaha atau keperluan lain, maka meminjam di bank bisa menjadi pilihan yang tepat. Tetapi bagaimana cara mendapatkan pinjaman tanpa riba.

Berikut penjelasan syarat, cara hingga tips untuk mendapatkan pinjaman tanpa riba. Yuk simak artikel ini sampai akhir!

Syarat Mendapatkan Pinjaman Tanpa Riba di Bank Islam 

Mengajukan kredit di bank Islam tidak sama caranya ketika mengajukan pinjaman di bank konvensional. Sama halnya seperti syarat yang harus dipenuhi sebelum mendapatkan kredit. Karena keduanya memiliki jenis atau produk yang berbeda yang bisa dipilih oleh para nasabah. Kemudian setiap produk kredit juga memiliki akad yang berbeda. 

Apa saja syarat mendapatkan pinjaman tanpa riba, berikut daftarnya!

  1. Termasuk Warga Negara Indonesia (WNI), sementara untuk Warga Negara Asing (WNA) belum diperbolehkan.
  2. Telah berusia minimal 21 tahun atau telah menikah.
  3. Memiliki usaha yang telah berjalan minimal kurun waktu 6 bulan.
  4. Sektor usaha yang dijalankan merupakan usaha dalam bidang industry perdagangan, atau pengolahan serta jasa atau sejenisnya.
  5. Memiliki riwayat kredit sebelumnya yang tertib dan lancar.

Berikut di atas merupakan syarat untuk mendapatkan kredit tanpa riba, sebelum mengajukan kredit sebaiknya Anda memastikan bahwa Anda telah memenuhi syarat-syarat di atas.

Jenis Pinjaman di Bank Islam 

Terdapat beberapa produk pinjaman untuk nasabah bank syariah. Apa saja? Berikut nama produk beserta penjelasannya!

Bank Syariah Indonesia (BSI) Usaha Mikro

BSI Usaha Mikro merupakan jenis kredit untuk membiayai atau mengembangkan usaha mikro di industri perdagangan, pengemasan dan jasa dengan plafon kredit dari Rp 5 juta rupiah hingga maksimal Rp 200 juta rupiah. Kredit tersebut bisa dicicil dengan tenor hingga 60 bulan lamanya. Nah, bagi Anda yang memiliki usaha mikro menengah, jenis pinjaman ini bisa menjadi salah satu alternatif pilihan.

Bank Syariah Indonesia (BSI) KUR Petani 

Tidak hanya kredit untuk usaha saja, bank syariah juga menyediakan pinjaman khusus untuk petani. Untuk pengembangan petani dalam menyediakan supply makanan. Pinjaman ini bekerjasama dengan Kementerian Pertanian Indonesia, juga untuk menyukseskan program pertahanan pangan oleh pemerintah.

Bank Syariah Indonesia (BSI) KUR 

Terakhir, bank syariah juga menyediakan Kredit Usaha Rakyat untuk masyarakat secara luas. Kredit ini bisa dimanfaatkan masyarakat untuk modal usaha atau mengembangkan usaha. Plafon kredit cukup besar, mulai dari Rp 500 ribu rupiah hingga Rp 500 juta rupiah. Tenor pinjamannya berjangka mulai dari 48 bulan hingga 60 bulan.

Cara Mendapatkan Pinjaman Tanpa Riba di Bank Islam 

Setelah mengetahui mengenai syarat dan jenis produk tabungannya, maka Anda telah siap untuk mendapatkan pinjaman tanpa riba di bank syariah. Untuk mendapatkannya, berikut langkah-langkah yang bisa Anda lakukan.

1. Datang ke kantor bank syariah terdekat

Langkah pertama adalah mendatangi bank syariah.

Datangi bank syariah terbaik dan terdekat di kota Anda dengan membawa dokumen pelengkap untuk administrasi meliputi identitas seperti KTP dan KK. Juga dokumen pelengkap lainnya yaitu slip gaji Anda dan Nomor Pokok Wajib Pajak (NPWP). 

2. Konsultasikan produk pinjaman Anda

Dari pilihan produk kredit yang ada, Anda hanya bisa mengajukan pinjaman dengan satu jenis produk. Oleh karena itu, sebelum benar-benar mengajukan pinjaman ada baiknya Anda mengkonsultasikan dengan petugas bank mengenai jenis yang cocok.

Sesuaikan jenis kredit dengan  kondisi Anda, termasuk juga dengan kemampuan bayar dan kebutuhan kredit Anda. Jika sudah tepat, Anda bisa mengambil nomor antrian seperti biasa dan menunggu hingga nomor antrian Anda dipanggil.

3. Ajukan pinjaman 

Setelah yakin semua syarat sudah terpenuhi, dan produk pinjaman sudah tepat maka waktunya mengajukan pinjaman. Setelah nomor antrian Anda dipanggil segera datangi petugas bank dan sampaikan maksud dan tujuan Anda. Sebelumnya isi terlebih dahulu formulir peminjaman, dan serahkan lampiran dokumen yang dibutuhkan.

4. Proses verifikasi dan tanda tangan perjanjian

Setelah menyerahkan formulir dan seluruh data pendukungnya, maka langkah selanjutnya adalah menunggu proses verifikasi dari pihak bank. Termasuk juga plafon kredit yang bisa Anda peroleh dalam pinjaman ini.

Setelah melewati proses verifikasi, Anda akan diminta untuk menandatangani perjanjian pinjaman. Pihak bank akan menjelaskan kepada Anda mengenai informasi atas pinjaman mulai dari total angsuran, tenor pinjaman dan peraturan pinjaman lainnya.

Sebelum menandatangani surat perjanjian, Anda bisa bertanya terlebih dahulu segala informasi mengenai akad kredit. Pastikan segala informasi sudah Anda pahami dengan baik supaya tidak ada kesalahpahaman setelahnya. Jika sudah yakin, maka Anda bisa segera menandatangani surat perjanjian pinjaman, agar prosesnya bisa segera.

5. Dana akan ditransfer ke rekening Anda 

Setelah melalui berbagai proses, dan pihak bank sudah benar-benar yakin, maka dana akan langsung diberikan kepada Anda dalam bentuk tunai. Anda bisa mengambilnya di kantor cabang dimana Anda mengajukan pinjaman dengan membawa identitas yang menunjukkan data diri Anda.

6. Membayar  pinjaman tepat waktu 

Setelah memperoleh kredit,  maka tanggung jawab Anda adalah membayar angsuran kredit dengan tertib dan tepat waktu. Dengan kredit yang lancar, maka Anda akan dipercaya apabila kembali mengajukan pinjaman. Namun jika Anda memiliki riwayat pembayaran angsuran yang buruk, seperti telat membayar atau tidak sesuai nominalnya, maka Anda akan dipertimbangkan jika hendak mengajukan pinjaman lainnya.

Tips Mendapatkan Pinjaman Tanpa Riba di Bank Islam 

Berikut tips supaya mendapatkan kredit tanpa riba di bank syariah.

Pastikan semua syarat sudah terpenuhi

Pastikan semua syarat sudah dipenuhi saat mengajukan pinjaman, sebab beberapa pinjaman  dapat ditolak karena terdapat syarat-syarat yang tidak dipenuhi dengan baik. Meski terlihat sepele karena urusan administrasi, namun dokumen Anda sejatinya digunakan untuk pertimbangan.

Sesuaikan besar pinjaman dengan kemampuan bayar 

Ketika mengajukan kredit, maka Anda akan diminta mengisi formulir yang salah satunya Anda harus menyebutkan besar kredit. Nah, untuk menentukan besar pinjaman, Anda harus menyesuaikan dengan kemampuan Anda membayar. Beberapa kredit ditolak karena besaran pinjaman yang diminta tidak sesuai dengan kemampuan bayar berdasarkan besaran gaji yang diterima.

Memiliki riwayat kredit yang baik

Terakhir, usahakan Anda memiliki riwayat kredit yang baik dari segala lini pinjaman. Supaya proses  bisa lebih mudah dilakukan. Anda harus hati-hati dengan pinjaman e-wallet yang sedang marak saat ini, sebab tetap akan mempengaruhi citra kredit Anda. Jadi tetap membayar angsuran tepat waktu agar citra kredit Anda baik.

Nah, berikut di atas merupakan cara mendapatkan kredit di bank syariah yang wajib Anda ketahui. Jika Anda tertarik, Anda bisa mengikutinya langkah demi langkah. Selamat mencoba!

nv-author-image

Clean Qurrota Ayun

Clean Qurrota A'yun adalah mahasiswa Ekonomi di UPN Veteran Yogyakarta yang senang menulis topik-topik seputar literasi finansial.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.