Lompat ke konten
Daftar Isi
ForexIMF leaderboard banner ads.

8 Cara Mengetahui Bank dari Nomor Rekening

Cara Mengetahui Bank dari Nomor Rekening

Setiap nasabah mempunyai nomor rekening yang berbeda-beda meskipun jenis dan akun banknya sama. Bahkan masing-masing bank pun memiliki cara tersendiri dalam menentukan kode unik dalam pembuatan nomor rekening supaya tidak disamakan antara nasabah yang satu dengan lainnya demi keamanan sekaligus kenyamanan selama penggunaannya.

Beberapa orang mencoba mencari cara mengetahui bank dari nomor rekening seseorang karena alasan tertentu, misalnya untuk mengecek validitas pengguna akun, melacak penipu tanpa harus transfer, maupun alasan lainnya. Apalagi akhir-akhir ini banyak sekali modus penipuan online yang meminta korbannya untuk mengirimkan sejumlah uang ke rekening tertentu.

Banyak cara yang bisa dilakukan dengan mudah untuk mengeceknya. Berikut ini merupakan cara mengetahui bank dari nomor rekening yang dapat dilakukan.

1. Hitung Jumlah Digit

Salah satu cara mengetahui bank dari nomor rekening yang pertama adalah dengan menghitung jumlah digit yang tertera. Perlu diketahui bahwa setiap bank pasti punya jumlah digit berbeda-beda yang menunjukkan kode tertentu. Anda bisa coba menghitungnya secara manual, kemudian cobalah cocokkan jumlahnya dengan jenis rekening di bawah ini.

Jumlah DigitNama Bank
10Bank Syariah Indonesia (BSI), BTN Syariah, BNI, BCA, Danamon, Bukopin, Sinarmas Syariah, Muamalat, Maybank
13Mandiri, CIMB Niaga
15BRI
16BTN

Berdasarkan tabel di atas, kebanyakan bank terutama syariah mempunyai angka sebanyak 10 digit, kemudian sebagiannya lagi 13-16 angka. Apabila memungkinkan, cobalah melihatnya pada halaman bagian depan buku tabungan.

Trik menghitung digit untuk mengetahui informasinya dari nomor rekening sangat ampuh karena tak harus melakukan transaksi untuk membuktikannya. Meskipun demikian, deretan angka tersebut hanya bisa ditebak saja jumlah digit belum bisa menentukannya karena terlalu umum. Oleh karena itu, harus diketahui pula kodenya agar lebih spesifik lagi informasi yang ingin diketahui.

2. Perhatikan Kode Bank

Mendukung poin pertama, cara cek nomor rekening bank juga perlu memperhatikan kode yang ditampilkan. Setiap bank mempunyai kode yang berbeda-beda, sehingga jika sudah tahu deretan angkanya maka akan lebih mudah dalam melacak rekeningnya.

Bayangkan apabila kodenya sama, bisa dipastikan bahwa nantinya akan menyulitkan pihak lembaga keuangan tersebut maupun nasabah itu sendiri. Inilah macam-macam kode bank yang perlu diketahui untuk melacak nomor rekening tanpa harus transfer.

Kode BankNama Bank
002BRI
422BRI Syariah
008Mandiri
451Mandiri Syariah (BSI)
200BTN
004BCA
009BNI
022CIMB Niaga dan CIMB Syariah
011Danamon
441Bukopin
031Citibank

Pada tabel di atas, cara tahu nomor rekening Mandiri Syariah kodenya sama dengan BSI (Bank Syariah Indonesia), yakni 451. Sebab saat ini ketiga bank BUMN syariah tersebut merger menjadi satu membentuk BSI.

Awalan nomor rekening bank berisi kode, membantu Anda mencari informasi terkait secara lebih spesifik. Karena jika melihat jumlah digitnya saja masih kurang lengkap informasinya.

3. Mobile Banking

Fasilitas mobile banking mempunyai banyak fitur yang memudahkan para nasabah dalam melakukan transaksi keuangan, mulai dari cek mutasi rekening, transfer uang, dan lain sebagainya. Selain itu, juga dapat digunakan sebagai cara cek nomor rekening bank lainnya dengan mudah asalkan sudah diaktivasi akunnya.

Cara melihat nomor rekening orang lain dari fasilitas adalah dengan mencoba ke menu transfer tanpa dikirim saldonya, bisa juga melihat melalui bukti transfer yang dikirimkan oleh si pengirim. Pada bukti transaksi dalam bentuk screen capture (gambar), biasanya terdapat logo bank dan nomor rekening tujuan.

Sedangkan alternatif cara melihat nomor rekening melalui sistem transfer, cobalah pilih menu transfer lalu masukkan rekening tujuan. Sebelum klik konfirmasi, Anda akan melihat informasi jenis bank tujuan yang dipakai. Sangat mudah, kan?

4. Internet Banking

Sama halnya dengan mobile banking, fasilitas yang ada di internet banking juga sangat memudahkan nasabah melakukan berbagai transaksi keuangan secara online tanpa harus datang ke bank. Selain itu, pada layanannya juga menyediakan cara melihat nomor rekening dengan mudah.

Cara cek nomor rekening bank melalui fasilitas tersebut, yaitu dengan mencobanya pada menu transfer. Pergilah ke menu tersebut dan ketikkan rekening tujuannya, setelah itu akan muncul jenis bank yang digunakan oleh pengguna tujuan. 

Supaya bisa menggunakannya di layanan satu ini, pastikan akun Anda teraktivasi terlebih dahulu sebelum menggunakan fiturnya. Sebab jika tidak dilakukan aktivasi, layanan yang dapat digunakan lebih terbatas.

5. Rekening Koran

Rekening koran biasanya digunakan sebagai bukti apabila Anda hendak melakukan perjalanan keluar negeri. Selain itu, bisa juga digunakan sebagai cara cek nomor rekening untuk mengetahui informasi bank serta identitas diri lainnya.

Cara melakukannya lewat rekening koran harus pergi ke kantor bank sesuai jam operasional. Biasanya pihak bank akan memberikan informasinya secara rutin kepada nasabah, tetapi juga ada yang baru memberikannya apabila diminta oleh nasabah.

Tidak hanya pada nasabah yang akan melakukan perjalanan lintas negara saja yang bisa membuat rekening koran. Pelaku usaha seperti UMKM pun bisa membuatnya dan meminta riwayat transaksi dari konsumen. Nantinya pihak bank akan memberikan informasi tak sebatas nomor rekening konsumen yang bertransaksi di UMKM itu saja, tetapi juga identitas diri mereka.

6. Cek Nomor Rekening Bank Lewat ATM

Cara mengetahui bank dari nomor rekening bisa juga dengan mencoba melakukan transaksi melalui mesin ATM. Alternatif ini dapat dilakukan apabila Anda tidak mempunyai fasilitas mobile/internet banking di smartphone, langkah-langkah dalam melakukannya pun kurang lebih sama.

Pertama, masukkanlah kartu debit Anda ke mesin ATM, masukkan PIN. Pada halaman utama, masuklah ke menu transfer lalu ketikkan rekening tujuan yang ingin dicek, lalu masukkan berapapun jumlah yang ingin dikirimkan. Setelah itu layar akan menampilkan informasi nama pemilik rekening sekaligus macam bank yang digunakan.

Jika tampilan tersebut sudah muncul di layar, langsung batalkan transaksi supaya uang tidak jadi terkirim ke rekening tujuan. Mudah, kan?

7. Tanyakan Langsung ke Pemilik Rekening

Cara mengetahui bank dari nomor rekening selanjutnya adalah dengan bertanya langsung kepada pemilik rekening. Cara ini sudah paling ampuh karena sang pemilik tentu akan langsung menjawab pertanyaan tersebut.

Kebanyakan orang bertanya hal seperti ini karena ingin menghindari biaya transaksi tambahan yang ditetapkan oleh bank ketika melakukan transfer beda bank. Bertanya langsung akan lebih akurat dibandingkan hanya menebak-nebaknya, kan?

Anda bisa melakukan cara seperti ini apabila tujuannya untuk transaksi belanja maupun ketika ingin mengirimkan uang kepada orang yang dikenal. Namun jika sebatas mengecek informasi terkait rekening penipu, sebaiknya bacalah poin berikutnya.

8. Cek Melalui Website Terpercaya

Belanja online merupakan kegiatan yang sudah biasa dilakukan pada zaman serba digital seperti ini karena benar-benar memudahkan konsumen untuk membeli segala macam barang tanpa harus repot pergi ke toko. Namun, belakangan ini semakin marak modus penipuan online yang dilakukan oleh orang-orang tak bertanggung jawab, sehingga menimbulkan kerugian bagi para korbannya.

Apabila Anda sedang ragu ketika melakukan transaksi secara digital, cobalah mengecek rekening tujuannya terlebih dahulu apakah memang penipu atau bukan. Anda bisa melihat informasinya dengan mengakses website cekrekening.id ataupun ke kredibel.co.id saja.

Selalu berhati-hatilah dalam melakukan transaksi, terutama dengan orang tak dikenal. Jika rekening tujuan tersebut terindikasi penipuan karena mendapatkan banyak laporan dari berbagai pihak, segera laporkan rekening penipu agar akunnya diblokir. 

Begitulah macam-macam cara mengetahui bank dari nomor rekening. Banyak orang ingin tahu cara melakukannya karena berbagai keperluan, salah satunya bersikap waspada agar tidak menjadi korban penipuan online. Tetaplah berhati-hati, apalagi ketika sedang melakukan transaksi dengan orang baru atau tak dikenal.

nv-author-image

Zahrah Firyal Salma

Zahrah Firyal Salma adalah seorang yang memiliki minat pada informasi edukasi tentang finansial, maupun memberikan informasi penting lainnya seputar produk keuangan.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *