Lompat ke konten

Cara Trading di Indodax Agar Profit (2022)

Trading di Indodax

Anda yang sudah mulai menjelajah dunia cryptocurrency pastinya sudah tak asing lagi dengan yang namanya Indodax, bukan? Ya, PT. Indodax Nasional Indonesia merupakan perusahaan yang bergerak di bidang jual beli aset digital. Platform yang disediakan untuk mempertemukan antara penjual dan pembeli aset digital.

Seperti yang sudah kami katakan di review Indodax beserta kelebihan dan kekurangannya, tak salah jika Indodax menjadi salah satu platform jual beli crypto terbaik di Indonesia. Di sini, siapa pun tak hanya bisa menjadi investor aset digital, tetapi juga bisa melakukan jual beli (trading) untuk mendapatkan keuntungan yang lebih.

Sayangnya, tanpa pengetahuan dan keterampilan yang cukup, Anda yang masih tergolong pemula mungkin mengalami kesulitan untuk mencapai profit yang diharapkan. Lantas bagaimana sebenarnya cara trading di Indodax, dan bagaimana agar Anda bisa mencapai keuntungan optimal? nah, artikel ini akan membahas cara jual beli crypto di Indodax dan mencapai profit memuaskan.

Cara Trading di Indodax agar Profit Tinggi

Tak jauh berbeda dari cara jual beli aset lainnya, trading cryptocurrency pun memerlukan pengetahuan dan skill yang cukup. Jelas, agar Anda tidak cukup sekedar impas atau malah merugi di dunia trading ini. untuk itu, pertama Anda perlu mengetahui bagaimana cara trading di Indodax terlebih dahulu.

Berikut langkah yang bisa Anda lakukan untuk mulai trading di platform Indodax:

1. Daftar di Indodax

Tentu saja agar bisa menggunakan layanan dalam platform, Anda harus terdaftar sebagai member terlebih dahulu. Prosesnya mudah saja, cukup ikuti instruksi yang ditampilkan. Syaratnya, pastikan Anda sudah berusia di atas 18 tahun dan dibuktikan dengan kepemilikan kartu Tanda Penduduk Elektronik (e-KTP)

2. Verifikasi Akun

Setelah mengajukan pendaftaran dengan mengisi data yang diperlukan dan memenuhi persyaratan, berikutnya Anda perlu menunggu proses verifikasi. Proses validasi data untuk menghindari hal yang tak diinginkan ini bisa cukup memakan waktu. Setelah akun Anda diverifikasi melalui pesan email, silakan kembali ke halaman Indodax untuk melakukan login.

3. Lakukan Deposit  

Setelah berhasil login ke akun Anda, berikutnya Anda perlu melakukan deposit atau penyetoran dana. Deposit tersebut bisa Anda gunakan untuk membeli cryptocurrency yang kemudian kepemilikannya dikaitkan ke akun Indodax milik Anda.

Caranya dengan membuka menu “Wallet” lalu pilih “IDR” dan lakukan deposit sesuai instruksi. Crypto yang Anda beli, nantinya tak hanya menjadi aset untuk investasi saja, melainkan untuk diperjualbelikan di platform. 

4. Membeli Crypto

Untuk tujuan profit, Anda mungkin sudah melakukan riset tentang aset crypto tertentu yang potensial mendatangkan keuntungan. Misalnya, apabila Anda berniat untuk membeli Bitcoin untuk kemudian diperdagangkan. Caranya adalah dengan masuk ke menu “Market” kemudian pilih “Bitcoin” lalu klik “Buy” untuk membelinya.

Pembelian ini juga tersedia dalam 2 metode pembayaran yang bisa dipilih sesuai preferensi Anda. pertama, Anda bisa memilih pembayaran instan untuk mengubah dana deposit Anda langsung ke aset crypto tertentu. Kedua, Anda bisa menggunakan metode limit yang mengeksekusi pembelian saat aset crypto pilihan Anda mencapai nilai yang Anda tentukan sendiri (lebih murah pastinya).

5. Tunggu Kenaikan Harga

Untuk mendapatkan profit, tentu saja Anda harus menjual aset crypto pada saat harga jualnya lebih tinggi dibanding harga pada saat Anda membelinya. Dan untuk mencapai kondisi tersebut, Anda harus menunggu dan rajin mengikuti pergerakan harga maupun tren yang mempengaruhinya. Bisa dikatakan bahwa ini merupakan cara paling sederhana dalam trading crypto.

6. Jual Crypto

Nah, pada saat Anda sampai pada momen menguntungkan tersebut, segera jual aset crypto Anda. untuk melakukan penjualan, pun bisa dilakukan dengan mudah dalam platform Indodax. Cukup ikuti instruksi yang ditampilkan. 

Namun perlu Anda ketahui pula bahwa penjualan ini tak sekedar mudahnya dilakukan saja. Di sini, Anda juga memerlukan keterampilan mengeksekusi penjualan agar profit yang sudah dihitung sebelumnya bisa dicapai. Intinya, Anda harus bisa melakukan penjualan dengan cepat mengingat harga cryptocurrency bisa sangat fluktuatif. 

7. Kembali Invest

Setelah mendapatkan profit, Anda bisa segera mengalihkan keuntungan ke rekening pribadi. Sementara sisanya, bisa digunakan sebagai modal untuk investasi dan melakukan trading kembali. Kunci dari trading cryptocurrency semacam ini adalah kesabaran dan konsistensi Anda dalam mengeksekusi setiap tahapan.

Tips Trading di Indodax agar Menguntungkan

Menerapkan langkah-langkah sederhana di atas, mungkin sudah bisa mendatangkan profit bagi Anda jika trading di Indodax. Namun saat Anda benar-benar terjun untuk menerapkannya, semua sepertinya tak terlihat sesederhana itu. Untuk itu, ada beberapa tips yang bisa menjadi pegangan Anda dalam melakukan trading.

Berikut ini beberapa tips agar Anda bisa memaksimalkan potensi profit trading di platform Indodax:  

1. Perhatikan Volume Transaksi Aset Crypto

Ya, tak sembarang cryptocurrency bisa Anda beli sebagai investasi. Anda perlu memilih uang digital mana yang paling menjanjikan untuk diperjualbelikan di Indodax nantinya. Salah satunya dengan memilih crypto yang memperlihatkan volume transaksi harian yang tinggi.

Tentu saja, pastinya Anda tak ingin membeli aset crypto yang tidak banyak digunakan orang bukan? Oleh karena itu, silakan lihat volume transaksi pada masing-masing pilihan aset crypto yang ada. Pilihan ini ikut menentukan peluang keuntungan Anda nantinya.

2. Perhatikan Fundamental Aset Crypto

Menentukan aset crypto berikutnya adalah dari fundamental yang dimilikinya. Jadi, Anda bisa mempelajari terlebih dahulu nilai apa saja yang ditawarkan aset crypto incaran Anda. Dalam hal ini, aset crypto yang hendak Anda beli dipastikan memiliki dasar yang baik sebagai pilihan investasi.

Jika Anda telah memahami aspek fundamental dari sebuah aset, maka Anda tidak akan terpengaruh pada FUD yang sering tersebar di media sosial.

3. Memahami Nilai Aset Crypto

Nilai atau harga sering kali dijadikan patokan investor maupun trader pada saat memilih aset crypto. Memang penilaian ini ada benarnya juga, namun sebaiknya jangan terlalu. Dengan kata lain, sebaiknya hindari menentukan pilihan crypto hanya karena harganya yang mahal.

Perlu diingat bahwa setiap koin memiliki karakteristik, kekurangan dan kelebihannya masing-masing. Dan untuk mengoptimalkan profit dalam trading, Anda sebaiknya lebih kepada memastikan bahwa koin pilihan Anda memiliki potensi keuntungan yang terbaik. Dan bukan sekedar mahal.

4. Tak Perlu FOMO

Apa itu FOMO? Ini adalah singkatan untuk Fear of Missing Out alias perasaan takut ketinggalan peluang. Ya, pada saat gelisah, cemas dan ketakutan inilah, pengambilan keputusan oleh seorang trader bisa sangat berbahaya.

Padahal, tak sedikit momen di dunia cryptocurrency memang sengaja dimainkan oleh kalangan tertentu. Untuk itu, Anda harus bisa mengendalikan diri dari gejolak yang diperlihatkan pasar atau isu-isu yang muncul. Caranya, Anda bisa menentukan parameter trading atau cara lain yang ideal dengan strategi trading Bitcoin Anda sendiri.

5. Konsisten dan Rajin Ikuti Perkembangan maupun Event

Menerapkan ke-4 hal di atas tidaklah semudah apa yang tertulis dalam artikel ini. Diperlukan niat yang kuat dan konsistensi Anda sebagai trader agar jual beli lebih sering menguntungkan. Anda mungkin bisa berbagi pengalaman dengan trader lain tentang bagaimana mereka mempertahankan konsistensi mereka dalam dunia trading.

Tak hanya sampai di situ saja, Anda juga tak boleh pasif dengan perkembangan dan tren atau berita yang bisa saja mempengaruhi dunia cryptocurrency. Begitu pula dengan berita terbaru seputar event atau promo yang kerapkali mendatangkan potensi keuntungan lebih. Selalu update dan eksekusi dengan cepat dan bijak.

Kesimpulan

Sudah siap memulai profitable trading Anda di Indodax? Sebagian pemula seringkali mengurungkan niatnya melanjutkan trading-nya setelah bertemu dengan kerugian pertama. Dengan langkah di atas, Anda pun bisa lebih siap untuk mengatasi berbagai kondisi, karena trading memang tak selalu menguntungkan bukan?  

nv-author-image

Melvern Pradana

Melvern Pradana adalah seorang investor yang aktif menanam modal di pasar saham, cryptocurrency, P2P lending, dan reksa dana. Idolanya adalah Warren Buffett dan Peter Thiel.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.