Lompat ke konten
Daftar Isi
ForexIMF leaderboard banner ads.

Ciri-ciri Penipuan Akulaku, Jangan Sampai Terjebak

Ciri-ciri Penipuan Akulaku

Akulaku adalah layanan kredit online yang paling populer di Indonesia, bahkan akibat kepopulerannya tersebut banyak oknum tak bertanggung jawab membuat aplikasi Akulaku versi ilegal. Tentunya hal ini sangat merugikan masyarakat, apalagi yang masih awam dalam hal kredit dan mudah tergiur akibat banyak penawaran menarik.

Ciri-ciri penipuan Akulaku wajib diketahui oleh siapapun supaya tidak ada lagi yang terjebak menggunakan aplikasinya. Dampaknya bukan hanya informasi pribadi yang tersebar, tetapi kerugian secara materiil yang ditimbulkan pun cukup besar. 

Jangan sampai terjebak! Begini ciri-ciri penipuan Akulaku yang wajib diketahui.

Sekilas Tentang Akulaku

Akulaku adalah salah satu aplikasi penyedia pinjaman online terbaik yang dapat digunakan tanpa harus memiliki kartu kredit dan tanpa jaminan. Platform keuangan yang telah berdiri sejak tahun 2014 silam ini telah hadir di Indonesia, Malaysia, serta Filipina dengan tujuan memenuhi kebutuhan finansial sehari-hari para penggunanya. Proses pengajuan pinjamannya termasuk mudah dengan suku bunga rendah, cukup bermodalkan KTP saja sudah bisa mengajukan kredit secara online.

Meskipun banyak kemudahan yang ditawarkan, Akulaku aman digunakan karena sudah diawasi oleh pihak Otoritas Jasa Keuangan (OJK). Jadi, Anda tak perlu khawatir ketika mengajukan pinjaman, apalagi limit kreditnya dapat mencapai 15 juta rupiah.

Ciri-ciri Penipuan Akulaku

Kepopuleran Akulaku sebagai aplikasi pinjaman online yang memudahkan siapapun untuk berbelanja menggunakan sistem cicilan, membuatnya justru banyak dipalsukan oleh pihak tak bertanggung jawab yang mengatasnamakan Akulaku. Hal ini benar-benar meresahkan masyarakat karena dampaknya merugikan.

Jangan sampai terjebak dan tergiur mengajukan pinjaman. Inilah ciri-ciri penipuan Akulaku yang harus diketahui!

1. Proses pemberian pinjamannya terlalu mudah

Ciri penipuan Akulaku yang pertama adalah proses pemberian pinjamannya terlalu mudah. Padahal saat mengajukan pinjol, aplikasi manapun yang diawasi oleh OJK pasti akan melakukan verifikasi data terlebih dahulu, seperti KTP, foto diri, dan lainnya. Berbeda dengan aplikasi ilegal yang hanya meminta Anda mengunggah data diri lalu pengajuannya langsung disetujui.

Proses penyetujuan pinjaman terlalu mudah tersebut wajib diwaspadai. Biasanya, aplikasi Akulaku pasti melakukan verifikasi data selama beberapa menit atau mungkin seharian, bahkan harus melalui beberapa prosedur verifikasi. Jadi tidak mungkin langsung disetujui begitu saja.

2. Bunga pinjamannya 0%

Ciri penipuan Akulaku lewat WA biasanya memberikan iming-iming bahwa bunga pinjamannya sebesar 0%. Faktanya, bunga pinjaman di aplikasi legalnya saja sebesar 2,6% per bulan untuk cicilan, lalu sebesar 0% untuk tenor 30 hari.

Aplikasi Akulaku palsu biasanya bunganya cenderung tidak transparan, hanya memberikan informasi menggiurkan dengan mengatakan bahwa pengguna tidak akan dibebani suku bunga per bulan alias 0%. Ini bukanlah kabar baik, justru merupakan mimpi buruk karena justru pengguna dibebankan biaya yang sangat besar dan jauh melebihi jumlah pinjamannya.

Selain itu, Akulaku pun mempunyai kalkulator untuk menghitung simulasi pinjaman di platformnya. Sehingga pengguna dapat memperkirakan berapa rincian kredit sebelum mengajukannya.

3. Biaya yang dikenakan tidak transparan

Segala biaya yang dikenakan oleh aplikasi ilegal sama sekali tidak transparan. Artinya, pengguna tidak diberikan secara rinci mengenai beberapa biaya yang harus dibayarkan, mulai dari beban suku bunga, administrasi, serta lainnya. Lalu pada akhirnya malah harus membayar sejumlah uang dengan nominal sangat tinggi sesuai kemauan dari penyedia aplikasi penipuan pinjol tersebut.

Hal ini berakibat si pihak penipu dapat melakukan teror dan penagihan cicilan sesuka hati kepada pihak peminjam. Tidak seperti Akulaku asli yang pasti menyediakan kalkulator simulasi pinjaman, sehingga dapat diketahui rincian biayanya secara transparan.

4. Alamat kantornya mencurigakan

Ciri penipuan Akulaku lainnya harus memperhatikan alamat kantor yang tertera di platformnya. Apabila alamatnya tidak jelas atau terlihat mencurigakan, sudah jelas bahwa itu adalah pinjaman online penipuan.

Satu-satunya alamat kantor pusat Akulaku adalah di Sahid Sudirman Centre di Jl. Jenderal Sudirman Kav. 86 Karet Tengsin, Tanah Abang, Jakarta Pusat. Selain alamat tersebut sudah dipastikan penipuan. Apalagi jika lokasinya berada di ruko-ruko kecil, apartemen, dan alamat tidak jelas lainnya.

Selain alamat kantor, alamat toko yang tercantum di platformnya pun tidak jelas. Ketika Anda bertransaksi di sana, barang yang dipesan pun tidak akan sampai karena tak mungkin dikirimkan. Guna memastikannya, Anda dapat mencarinya langsung melalui Google Maps. 

5. Cara menagih kasar dan tak beretika

Sama seperti debt collector Kredit Pintar yang datang ke rumah untuk melakukan penagihan cicilan menunggak, debt collector Akulaku pun tidak akan melakukan kekerasan saat menagih. Mereka bekerja sesuai SOP perusahaan (setelah menunggak 2 bulan), bahkan memakai pakaian formal dan tidak akan memperlakukan pihak peminjam secara kasar apalagi sampai mengancam.

Sedangkan ciri penipuan Akulaku, pihak debt collector saat menagih ke rumah akan memperlakukan debitur dengan cara kekerasan, bahkan sampai memakai ancaman. Bahkan tak jarang pula mereka berani mendatangi alamat debitur sebelum waktunya jatuh tempo ataupun baru terlambat bayar beberapa hari saja, kemudian membebankan denda tinggi.

6. Tak punya layanan pengaduan

Ciri-ciri lainnya adalah aplikasi Akulaku ilegal tak mempunyai layanan pengaduan dari pelanggan. Akibatnya, pengguna aplikasi tersebut tidak akan bisa melakukan pengaduan atau meminta bantuan platform ketika terjadi sesuatu karena tidak adanya customer service.

Tidak adanya customer service pada aplikasi pinjol ilegal, yakni supaya keberadaan mereka tidak dapat dilacak. Informasi yang perlu diketahui bahwa Akulaku asli hanya punya kontak pengaduan dengan nomor 1500920.

7. Meminta akses seluruh data pribadi di smartphone

Setiap aplikasi pinjol legal pasti akan meminta izin untuk mengakses kamera, mikrofon, dan kontak namun bukan semata-mata untuk memonitor penggunanya karena tidak akan meminta data pribadi yang sifatnya sensitif. Anda perlu berhati-hati, sebab pinjol ilegal pasti akan meminta seluruh akses data sensitif tanpa izin, seperti kontak HP, galeri, dan sebagainya.

Pinjol ilegal akan meminta data pribadi dan sensitif tanpa seizin pemilik HP, sehingga dampaknya cukup fatal. Dampak yang ditimbulkan, antara lain meneror semua kontak di HP pengguna, menyebarluaskan data diri, serta informasi pribadi lainnya.

8. Selalu menawarkan iming-iming hadiah menarik dan harga murah

Jangan sampai tergiur apabila ada pinjol yang mengatasnamakan Akulaku menawarkan iming-iming hadiah menarik, uang tunai, serta barang dengan harga murah! Tentu saja ini termasuk penipuan.

Pihak Akulaku sama sekali tidak akan menawarkan hadiah menarik dalam bentuk link apalagi memberikannya lewat WhatsApp karena link tersebut hanya ada di aplikasi resmi, bukan di website, SMS, maupun WhatsApp.

Penipuan hadiah Akulaku cukup sering terjadi, bahkan masih banyak orang awam yang gampang tergiur dengan penawarannya. Perlu diketahui bahwa pihak Akulaku tidak pernah meminta siapapun untuk mengklik link serta memaksa mendaftar di luar aplikasi dan platform resminya.

Cara Menghadapi Penipuan Akulaku

Siapapun harus waspada dengan penipuan Akulaku lewat WA, SMS, maupun situs tidak resmi. Sebab dampaknya dapat sangat merugikan jika sudah terlanjur terjebak di dalamnya. Jangan sampai terjebak, begini cara menghadapi penipuan Akulaku!

1. Hubungi call center resmi Akulaku

Apabila Anda menemui kecurigaan karena melihat penipuan hadiah Akulaku atau ada pihak yang menawarkan pinjaman atas nama aplikasi tersebut melalui link di WA maupun SMS, segera laporkan kepada call center resmi Akulaku di 1500920. Nantinya pinjol ilegal tersebut akan dilacak datanya kemudian diblokir oleh pihak aplikasi resmi.

2. Pastikan semua informasi perusahaannya benar

Cara menghadapi penipuan Akulaku yang paling penting sebelum terjebak lebih jauh adalah memastikan bahwa semua informasi yang tertera benar. Lakukan pengecekan secara mendetail mulai dari alamat kantor, nomor telepon, alamat e-mail, dan sebagainya.

3. Laporkan ke OJK

Sedang menemui penipuan hadiah Akulaku dan sejenisnya? Segera laporkan kepada pihak OJK agar segera diproses! Jika sudah melaporkannya ke OJK, pinjol ilegal tersebut akan dilacak keberadaannya dan diblokir supaya tidak lagi dapat beroperasi.

4. Kabur dari pinjol ilegal

Cara lainnya dalam menghadapi pinjol ilegal yang mengatasnamakan Akulaku adalah kabur. Mungkin kabur dari pinjol ilegal kedengarannya tidak baik karena seolah meninggalkan tanggungjawab dalam membayar hutang, namun jika debt collector tersebut sudah meneror secara brutal sebaiknya segera kabur, misalnya dengan pindah rumah, mengamankan aset berharga, lalu mengganti nomor HP.

Perlu diketahui bahwa pinjol ilegal tidak tercatat di OJK. Sehingga meskipun mereka mengancam akan mempolisikan ataupun memberi peringatan tentang riwayat buruk kredit Anda, tak perlu khawatir karena data Anda tidak akan dimasukkan ke blacklist pada BI Checking atau SLIK OJK.

Cara agar Terhindar Penipuan Akulaku

Tidak ingin terlibat pinjol ilegal? Ini cara agar terhindar dari penipuan Akulaku.

1. Jangan mudah tergiur jika ditawari pinjaman bunga 0% dari Akulaku

Sebagai informasi bahwa pihak Akulaku tidak pernah menawarkan pinjaman dengan iming-iming bunga 0% di luar aplikasi. Apabila ada yang menawarkannya lewat WhatsApp dengan mengatasnamakan aplikasi tersebut, patut dicurigai dan sebaiknya jangan sampai klik link yang tercantum.

2. Ganti password

Jika mempunyai akun Akulaku, jangan lupa untuk mengganti passwordnya secara berkala. Hal ini bertujuan agar data pengguna di aplikasi tidak mudah diretas oleh pihak tak bertanggung jawab. 

3. Jangan mudah klik link yang mencurigakan

Pernah ditawarkan untuk mengunduh aplikasi Akulaku lewat link apalagi ada iming-iming hadiah? Penipuan hadiah Akulaku ini marak terjadi, sebaiknya jangan klik link di luar aplikasi resminya karena sudah pasti penipuan.

Hal yang terjadi jika link tersebut diklik, seluruh data Anda akan diambil oleh pihak tak bertanggung jawab. Berhati-hatilah pula apabila menemukan situs mencurigakan, sebaiknya jangan pernah meluangkan waktu untuk membukanya.

4. Periksa sebelum menginstall aplikasinya

Aplikasi Akulaku yang asli hanya tersedia di App Store dan Google Play Store. Selain itu, jangan diunduh karena sudah pasti palsu. 

Apabila menemuinya di luar App Store dan Google Play (misalnya di pencarian Google), sebaiknya periksa keasliannya. Cek website resminya, alamat kantor, nomor call center, dan lain-lain.

Ciri-ciri penipuan Akulaku wajib diwaspadai oleh siapapun pengguna internet, apalagi yang ingin mengajukan pinjaman online. Jangan sampai terjebak, akibatnya fatal!

nv-author-image

Zahrah Firyal Salma

Zahrah Firyal Salma adalah seorang yang memiliki minat pada informasi edukasi tentang finansial, maupun memberikan informasi penting lainnya seputar produk keuangan.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *