Reksa Dana Campuran: Pengertian, Jangka Waktu, Keuntungan, Risiko

Reksa Dana Campuran

Menempatkan uang di investasi reksa dana merupakan salah satu pilihan yang cocok bagi Anda yang menginginkan profit stabil dengan risiko cukup rendah. Jenis investasi memiliki berbagai macam produk yang dapat dipilih. Secara umum, terdapat 4 macam jenis di pasaran yakni, reksa dana pasar uang, pendapatan tetap, reksa dana saham, dan terakhir adalah reksa dana campuran (balanced mutual fund).

Lalu, apakah yang membedakan berbagai jenis reksa dana tersebut? Perbedaan keempatnya adalah pada alokasi portfolio investasinya. Dari hal tersebut nanti dapat dilihat potensi profit dan juga seberapa besar risiko yang dapat dialami. Pada kesempatan kali ini, akan dibahas lebih lanjut satu dari keempat tipe tersebut yakni reksa dana campuran (dana berimbang). Berikut informasi selengkapnya.

Apa Itu Reksa Dana Campuran?

Reksa dana campuran adalah reksa dana yang komposisi investasinya berisi campuran obligasi atau surat hutang, pasar uang atau deposito, dan saham. Semua itu memiliki alokasi tersendiri dengan alokasi yang tidak lebih dari 79%.

Mengapa tidak lebih dari 79%? Hal itu karena jika alokasi sahamnya lebih dari 79%, maka sudah masuk dalam jenis reksa dana saham. Sama halnya jika komposisi obligasi lebih dari 79% maka akan dikategorikan reksa dana pendapatan tetap.

Salah satu reksa dana campuran di Bibit memiliki komposisi dana berupa obligasi sebesar ~30%, pasar uang sebesar ~7%, dan saham sekitar ~62%.
Komposisi salah satu reksa dana campuran yang dijual di Bibit. Terlihat porsi obligasi sebesar ~30%, pasar uang sebesar ~7%, dan saham sekitar ~62%.

Jadi, komposisi reksa dana campuran terdiri atas tiga jenis instrumen investasi di atas. Karena itulah dikenal juga dengan sebutan “dana berimbang”. Untuk urusan pengalokasian investasi, semua kembali lagi tergantung dengan manajer investasi yang mengelolanya.

Jangka Waktu Reksa Dana Campuran

Karena memiliki risiko sedang, maka jangka waktu memegang reksa dana campuran disarankan berkisar 3-5 tahun. Meskipun fluktuasi porsi aset saham didesain untuk diredam oleh obligasi dan pasar uang, namun volatilitasnya masih lebih tinggi dibandingkan RDPT dan RDPU.

Karenanya, anda disarankan untuk membeli reksa dana campuran jika memiliki uang dingin yang akan digunakan dalam 3-5 tahun ke depan. Dengan demikian, keuntungan dapat terealisasi  dan sesuai dengan target yang diinginkan.

Cocok Untuk Siapa?

Reksa dana campuran sangat cocok sekali bagi Anda yang punya keberanian dalam mengambil risiko, namun tidak ingin volatilitas setinggi saham. Risiko yang diambil masih dalam level sedang dengan keuntungan yang relatif tinggi. Tipe investor agresif juga masih cocok untuk reksa dana jenis ini karena tingkat risiko termasuk dalam level menengah ke atas.

Jadi, apabila Anda adalah tipe orang konservatif dalam hal investasi, reksa dana campuran kurang cocok untuk Anda. Hal tersebut karena investasi pada aset ini memiliki fluktuasi yang cukup tinggi sehingga risiko yang harus Anda ambil lumayan besar.

Namun, besarnya risiko tersebut pastinya sebanding dengan keuntungan atau profit yang bisa Anda dapatkan. Jikalaupun Anda menderita kerugian, Anda harus punya mental untuk dapat lapang dada dan kemudian memulai investasi kembali.

Keuntungan Memilih Reksa Dana Campuran

1. Imbal Hasil Lebih Besar Dibanding Reksa dana Pendapatan Tetap

Reksa dana campuran memiliki keuntungan atau profit rate yang lebih tinggi jika dibandingkan dengan reksa dana pendapatan tetap. Dalam kurun waktu satu tahun, jenis ini dapat memberikan Anda return sampai dengan 15%. Namun, besarnya return atau imbal hasil tersebut setara dengan risiko lebih besar yang harus siap untuk Anda tanggung bila merugi.

2. Investasi Anda Sudah Terdiversifikasi

Untuk Anda yang ingin melakukan investasi, kunci paling utama adalah simpan atau sebar investasi Anda di dalam beberapa tempat atau wadah. Jangan pernah untuk mencemplungkan semua investasi Anda di dalam satu wadah saja. Pada investasi di reksa dana jenis campuran, investasi Anda akan dialokasikan dalam beberapa wadah portfolio investasi.

Di dalam reksa dana jenis campuran ini, Anda akan memiliki investasi di obligasi, saham, dan juga deposito. Jadi, bukan hanya satu produk saja yang Anda miliki, tetapi ada beberapa produk. Dalam menentukan ke mana investasi Anda akan dialokasikan, manajer investasi yang akan mengatur strategi diversifikasi yang sesuai.

Oleh karena itu, dengan adanya manajer investasi tersebut, Anda tidak perlu merasa cemas dan khawatir untuk membentuk dan mencari portfolio investasi Anda sendiri. Tugas Anda tinggal menyetorkan modal dan melakukan analisis risiko agar risiko tersebut dapat Anda minimalisir.

3. Relatif Aman

Keuntungan terakhir yang bisa Anda dapatkan dari memilih produk reksa dana campuran ini adalah investasi ini terbilang relatif aman, jika Anda membandingkan dengan jenis reksa dana saham. Hal tersebut karena investasinya tidak hanya masuk ke saham saja, tetapi juga dialokasikan ke deposito dan pasar uang.

Pada saat harga saham sedang mengalami penurunan, manajer investasi akan mulai mengalokasikan dana yang lebih besar ke produk ke pasar uang dan obligasi. Dengan begitu, risiko yang akan Anda terima saat mengambil reksa dana jenis campuran ini relatif lebih rendah. Apalagi jika dibandingkan dengan reksa dana saham yang sangat fluktuatif.

Risiko Reksa dana Campuran

Dalam menjalankan investasi apapun itu, pasti ada potensi untuk mendapatkan kerugian dan juga keuntungan. Bahkan, saat Anda memutuskan untuk investasi deposito pun akan ada potensi mendapatkan keuntungan dan juga kerugian. Sama halnya juga saat Anda investasi pada reksa dana jenis campuran, pasti juga ada potensi keuntungan dan kerugiannya. Berikut ini adalah risiko dari reksa dana campuran.

1. Manajer Investasi

Pada saat Anda memutuskan untuk berinvestasi di reksa dana, pastinya ada risiko yang harus siap Anda terima tentang kinerja dari manajer investasi Anda. Hal tersebut dapat terjadi apabila Anda tidak teliti pada saat memilih manajer investasi yang mengelola alokasi investasi Anda. Untuk itu, sebelum memilih produk reksa dana, ada baiknya jika Anda melihat kinerja dari manajer investasinya.

Potensi risiko kerugian juga dapat terjadi jika sewaktu-waktu manajer investasi Anda pindah. Pastinya hal itu dapat membuat reksa dana jenis campuran Anda mengalami kinerja yang tidak sebaik sebelumnya.

2. Nilai Pasar Fluktuatif

Seperti yang sudah dibahas sebelumnya, di dalam investasi reksa dana jenis ini terdapat komposisi sahamnya, jadi nilai aktiva dan harga dari investasi ini akan mengikuti pasar saham. Jadi, apabila harga saham sedang mengalami kenaikan, maka reksa dana ini juga akan mengalami kenaikan. Sebaliknya, apabila pasar saham sedang mengalami penurunan, maka harga juga akan terpengaruh.

Oleh karena itu, pada saat Anda sudah memutuskan untuk terjun dalam reksa dana jenis ini, Anda harus sudah siap dengan segala risiko yang akan diterima. Satu hal yang dapat Anda lakukan untuk mengantisipasi itu semua adalah dengan melakukan berusaha mengurangi risiko dari investasi ini.

3. Tidak Dijamin Oleh Pemerintah

Reksa dana campuran tentunya berbeda dengan surat hutang negara yang returnnya dijamin oleh pemerintah. Hal itu tentunya akan membuat setiap risiko yang Anda alami akan Anda tanggung sendiri. Seperti disebutkan sebelumnya, reksa dana jenis campuran ini terdapat risiko pada fluktuasi pasar dan pada manajer investasi. Jadi, apabila risiko tersebut datang, Anda harus siap untuk menerimanya.

Meskipun tidak dijamin pemerintah, Anda tetap dapat melakukan investasi dengan tenang. Hal itu karena reksa dana diawasi secara langsung oleh pihak Otoritas Jasa Keuangan (OJK) sehingga regulasi dan pelaksanaannya tidak perlu lagi Anda ragukan.

10 reksa dana campuran terbaik menurut Pasardana.
10 reksa dana campuran terbaik menurut Pasardana.

Itulah tadi beberapa hal penting yang perlu Anda ketahui tentang reksa dana campuran. Bagi Anda yang suka dengan investasi dengan risiko menengah ke atas dengan profit yang cukup tinggi, jenis investasi reksa dana ini adalah pilihan yang tepat untuk Anda pilih.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *