Lompat ke konten

7 Rekomendasi Buku Belajar Saham Terbaik Untuk Pemula

Buku untuk belajar saham

Saat ini siapapun bisa menjadi seorang investor atau trader saham handal. Tidak perlu latar belakang pendidikan atau manajemen, kini semua orang bisa belajar saham dari berbagai sumber. Termasuk diantaranya buku. 

Belajar investasi melalui buku memang tidak gratis karena Anda perlu membelinya. Namun keuntungannya adalah, buku tentang saham umumnya disusun oleh para investor berpengalaman di dalam industri ini sehingga kredibilitasnya tidak diragukan lagi. 

Diantara sekian banyak buku, berikut ini 7 rekomendasi buku tentang saham yang cocok untuk dibaca oleh para pemula:

1. Technical Analysis For Mega Profit by Edianto Ong

Technical Analysis For Mega Profit
Sumber Goodreads

Rekomendasi buku belajar investasi saham yang pertama adalah buku berjudul Technical Analysis for Mega Profit dari Edianto Ong ini. Ong adalah salah satu penulis topik keuangan dan investasi yang cukup terkemuka. 

Dalam buku setebal 368 halaman ini, beliau menjelaskan hal-hal tentang investasi yang cukup praktikal dengan bahasa yang sederhana sehingga pemula yang ingin mempelajari investasi saham secara serius dapat sedikit banyak menjadikan buku ini sebagai panduan. 

Harga buku ini sekitar 200 ribu rupiah. Meskipun terdengar sedikit mahal, namun banyak pembaca yang merasa bahwa harga mahal ini setara dengan ilmu yang mereka dapatkan. Silakan dicoba. 

2. Who Wants To Be A Smiling Investor by Lukas Setia Atmaja and Thomdean

Who Wants To Be A Smiling Investor
Sumber: Goodread

Buku belajar saham yang cocok untuk pemula kedua adalah “Who Wants to Be a Smiling Investor” karya Lukas Setia Atmaja dan Thomdean. Buku ini cocok untuk pemula karena menjelaskan mengenai saham dan dunia investasi secara sederhana dan mendasar mulai dari apa itu saham, bagaimana cara memilih saham dan perusahaan sekuritas dan lain sebagainya. 

Tidak hanya disampaikan dengan bahasa yang sederhana, buku yang disusun oleh dosen mata kuliah investasi Universitas Prasetya Mulya ini juga dilengkapi dengan kartun-kartun yang menarik dan memudahkan pemahaman. Tidak heran jika “Who Wants to Be a Smiling Investor”  sempat direkomendasikan oleh Lo Kheng Hong, Warren Buffet-nya Indonesia.

Kelemahan dari buku ini adalah, buku “Who Wants to Be a Smiling Investor” ini masih berkutat pada hal-hal yang bersifat fundamental dan belum masuk ke dalam ranah teknikal terlalu dalam sehingga kurang cocok untuk Anda yang ingin menjadi trader dan lebih cocok untuk investor jangka panjang saja.

3. Saham Syariah Kelas Pemula by Asep Muhammad Saepul Islam

Saham Syariah Kelas Pemula
Sumber: Goodread

Bagi Anda yang ingin mengeksplorasi saham syariah, buku “Saham Syariah Kelas Pemula” ini adalah buku yang cocok untuk Anda. Disusun dengan bahasa yang mudah dimengerti, buku karya Asep Muhammad Saepul Islam ini menjelaskan banyak hal dasar seperti, apa itu saham syariah, bagaimana hukum saham menurut Islam, metode pemilihan saham syariah dan lain sebagainya. 

Dengan demikian, buku ini sangat cocok untuk investor pemula yang masih ingin berkenalan dengan saham secara umum maupun saham syariah secara khusus. Asep Muhammad Saepul Islam atau Mang Amsi sendiri adalah seorang praktisi investasi yang mengelola komunitas syariahsaham.id sejak tahun 2015. 

4. Smart Trader Rich Investor by Ellen May

Smart Trader Rich Investor by Ellen May
Sumber: Goodread

Ellen May adalah salah seorang trader kenamaan dari Indonesia yang sudah terjun ke dalam dunia trading sejak tahun 2006. Tidak hanya aktif sebagai seorang trader, beliau juga aktif membagikan pengalamannya ke dalam bentuk tulisan dan sudah menerbitkan banyak buku investasi. Salah satu tulisan karyanya adalah “Smart Trader Rich Investor” ini. 

Berbeda dengan bukunya yang lain yang berjudul “Smart Trader Not Gamblers”, buku “Smart Trader Rich Investor” ini lebih fokus pada aspek hard skill yang harus dimiliki oleh seorang investor mulai dari cara memilih strategi untuk meminimalkan risiko dan memaksimalkan keuntungan, hingga berbagai istilah saham.

Penjelasan dalam buku ini dijabarkan dengan bahasa yang cukup sederhana, grafik yang rapi dan kesimpulan per bab yang cukup membantu sehingga buku ini cocok untuk pemula yang masih ingin belajar investasi saham. 

5. #Yuk Belajar Nabung Saham by Investor Saham Pemula

#Yuk Belajar Nabung Saham
Sumber: Goodread

Jika Anda ingin mencari pengalaman dan cerita dari sesama investor pemula, maka buku ini cocok untuk Anda. Buku berjudul “#Yuk Belajar Nabung Saham” ini disusun seperti antologi cerpen yang mana masing-masing bab ditulis oleh penulis yang berbeda. Penulis-penulis dalam buku ini adalah anggota dari komunitas investor saham pemula. 

Meskipun ditulis oleh orang yang berbeda, tulisan ini disunting sedemikian rupa sehingga antara satu bab dengan bab yang lain terasa cukup kohesif dan saling mendukung. Tema yang dibahas didalamnya juga adalah tema-tema yang masih berkisar tentang permasalahan dan pertanyaan para investor pemula. 

Kekurangan buku ini adalah, fokusnya yang masih seputar hal-hal umum mengenai saham dan pasar saham sehingga tidak ada pembahasan mengenai hal-hal teknis secara mendalam. 

6. Yuk Belajar Nabung Saham by Ryan Filbert

Yuk Belajar Nabung Saham
Sumber: Goodread

Yuk Belajar Nabung Saham adalah buku karangan Ryan Filbert khusus untuk para pemula. Dalam tulisan Filbert ini, Anda akan mempelajari hal-hal cukup dasar seperti apa itu saham, bagaimana cara membuka rekening saham di perusahaan sekuritas dan bagaimana cara memilih saham yang bagus. 

Ryan Filbert sendiri adalah seorang investor dan trader yang juga aktif menulis buku da memberikan kursus di savingsaham.com. Buku “Yuk Belajar Nabung Saham ” ini adalah buku ke-15 yang dia tulis. 

7. Investasi Saham Ala Fundamentalis Dunia by Ryan Filbert

Investasi saham ala fundamentalis dunia
Sumber: Goodreads

Buku dari Ryan Filbert lain yang cukup direkomendasikan untuk para investor saham pemula adalah buku “Investasi Saham Ala Fundamentalis Dunia” ini. Sesuai dengan judulnya, buku ini adalah buku analisis fundamental saham yang membahas mengenai cara membaca aspek-aspek keuangan perusahaan mulai dari laporan keuangan, indikator keuangan dan lain sebagainya. 

Cara penyajian dalam buku ini cukup sederhana,runut dan mudah dipahami oleh orang yang tidak memiliki latar belakang pendidikan akuntansi sekalipun. Tidak hanya itu, di dalam buku ini juga sudah ada contoh-contoh penghitungan yang bisa membantu memudahkan pemahaman analisis. 

Cuma kekurangannya adalah, penghitungan indikator dalam buku ini mayoritas masih dilakukan secara manual walaupun kini sudah banyak aplikasi dan software yang bisa membantu penghitungan. Terlepas dari hal tersebut, konsep dasar dan teori keuangan dan fundamental perusahaan yang dijelaskan dalam buku ini masih relevan hingga kini. 

Nah, itu tadi 7 rekomendasi buku belajar investasi saham. Penulis sengaja memilih buku yang ditulis dalam Bahasa Indonesia supaya investor pemula seperti Anda bisa lebih mudah memahaminya. Jangan lupa ketika buku-buku tersebut sudah dibaca dan ilmunya sudah didapatkan, Anda harus mempraktikkan ilmu tersebut supaya lebih terlatih pada kasus-kasus pasar modal di dunia nyata.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.