Lompat ke konten
Daftar Isi

7 Tips Memilih Sekuritas Untuk Investasi Saham

Tips Memilih Perusahaan Sekuritas

Karena merupakan layanan yang sering digunakan investor, memilih sekuritas merupakan hal krusial bagi partisipan pasar modal. Kesalahan dalam menjatuhkan pilihan bisa berakibat buruk, yaitu jika layanan broker yang digunakan ternyata berpengaruh buruk pada kinerja investasi.

Kesulitan dalam menentukan sekuritas terbaik merupakan salah satu masalah umum bagi investor. Ikuti 7 tips memilih sekuritas di bawah ini supaya investasi Anda menguntungkan:

1. Pastikan Perusahaan Tersebut Legal

Tips pertama adalah pastikan legalitas perusahaan tersebut. Sebab, saat ini sudah banyak pihak-pihak yang mengaku dari sekuritas tertentu dan menawari Anda berinvestasi padahal bisa jadi perusahaan yang mereka iklankan bukan perusahaan yang legal.

Baik jika ingin mendaftar sekuritas untuk pertama kali maupun jika ingin pindah sekuritas, pastikan perusahaan yang dituju merupakan legal dan terdaftar resmi.

Untuk mengetahui legalitas sebuah sekuritas, Anda bisa mengecek daftar pada tautan berikut. Saat ini sudah ada sekitar 500 an perusahaan sekuritas yang terdaftar di BEI dan tidak menutup kemungkinan data tersebut akan berubah sewaktu waktu. Jadi, pastikan Anda memeriksa daftar perusahaan sekuritas terbaru. 

Perlu diingat juga kalau perusahaan sekuritas legal tidak akan menghubungi Anda dalam media sosial apapun. Kalaupun Anda mengunjungi laman resmi perusahaan tersebut dan mendaftar sebagai nasabah, maka perusahaan tersebut hanya akan menghubungi Anda melalui email dan bukan media sosial. 

2. Lihat Rekam Jejaknya

Dengan perkembangan internet seperti saat ini, Anda bisa mencari rekam jejak sebuah perusahaan sekuritas dengan mudah. Cara pertama adalah Anda bisa mencari berita apakah perusahaan tersebut pernah ditegur BEI atau tidak dan kalaupun ditegur apakah kasusnya serius atau tidak. 

Cara kedua, Anda bisa membuka website resmi perusahaan sekuritas terkait dan coba lihat bagaimana kualifikasi manajemennya dan perusahaan mana saja yang pernah bekerjasama dengan perusahaan tersebut. 

Perhatikan juga mekanisme pengaduan nasabah di perusahaan tersebut. Perusahaan sekuritas yang kredibel tentunya dipimpin oleh orang-orang yang kredibel juga dan dipilih oleh perusahaan-perusahaan lain yang sama baiknya serta memiliki pelayanan yang baik juga. 

3.Perhatikan Jumlah Setoran Awal

Tips selanjutnya adalah memperhatikan jumlah setoran awal. Saat ini memang reksa dana nasabah dapat diisi mulai dari 100.000 rupiah saja. Tapi, tidak menutup kemungkinan jika perusahaan sekuritas yang Anda inginkan menerapkan kebijakan setoran awal minimum. 

Pilih perusahaan yang jumlah setoran minimalnya sesuai dengan anggaran Anda. Tentunya Anda masih ingin menjajaki bagaimana ‘rasa’ berinvestasi saham menggunakan jasa perusahaan sekuritas tersebut. 

4. Pilih Biaya Investasi Terendah

Perhatikan juga aspek biaya yang ditawarkan. Secara garis besar, biaya investasi saham terbagi menjadi dua yaitu biaya transaksi jual dan biaya transaksi beli yang mana setiap perusahaan sekuritas menerapkan jumlah yang berbeda beda untuk kedua jenis biaya ini. 

Memilih perusahaan yang menawarkan biaya minimum memang menghemat dana, tapi pastikan juga Anda mempertimbangkan aspek-aspek lainnya. 

5. Lihat Fasilitas Online Trading-nya

Kini sudah banyak perusahaan sekuritas yang menyediakan fasilitas online trading. Fasilitas ini biasanya berbentuk aplikasi dan website yang bisa diakses melalui handphone dan laptop. Namun sayangnya, tidak semua sekuritas bagus menyediakan aplikasi yang bagus juga. 

Faktor-faktor di bawah ini bisa menjadi pertimbangan Anda dalam memilih aplikasi jual beli saham yang baik:

  • Tampilan aplikasi yang mudah diikuti bahkan oleh pengguna awam. Jika tampilan terlalu kompleks, maka dapat mengganggu aktivitas investasi, terutama bagi pemula.
  • Indikator teknis dan fundamental yang cukup lengkap. Walaupun Anda bukan trader saham, tapi indikator teknis dan fundamental ini tetap penting untuk menentukan kebijakan jual beli seorang investor. 
  • Jaminan keamanan data investor. Pastikan perusahaan menyediakan aplikasi dengan tingkat keamanan yang tinggi. Tentunya Anda tidak ingin data pribadi milik Anda bocor ke internet bukan?
  • Adanya fitur margin trading. Margin trading adalah transaksi jual beli saham menggunakan dana pinjaman dari broker. Fitur ini penting jika Anda ingin membeli saham di luar batas kemampuan Anda. 
  • Kualitas fasilitas customer care. Fitur ini penting untuk diperhatikan sebab, tentunya Anda tidak ingin transaksi Anda gagal hanya karena masalah aplikasi dan customer care yang disediakan sama sekali tidak tanggap. 
  • Tingkat akurasi data. Saham adalah aset yang harganya dapat berubah hanya dalam hitungan detik. Jadi, pastikan Anda memilih perusahaan yang memiliki aplikasi dan website dengan akurasi data yang tinggi. 
  • Kapasitas handphone Anda. Bisa jadi Anda sudah memiliki aplikasi terbaik, tapi nyatanya saat digunakan aplikasi tersebut terasa lambat. Maka, bisa jadi yang bermasalah adalah kapasitas memori handphone Anda. 

Untuk mengetahui hal-hal di atas, Anda bisa membaca review aplikasi yang dipertimbangkan di Google Play Store dan App Store. Amati masalah apa saja yang biasanya dihadapi oleh pengguna aplikasi tersebut dan bagaimana pihak perusahaan menanggapi keluhan itu. 

6. Punya Analis Yang Mumpuni

Perusahaan sekuritas yang baik adalah perusahaan yang ingin nasabah mereka sukses. Salah satu cara agar nasabah mereka sukses adalah menyediakan fasilitas riset dan berita yang bisa diakses nasabah baik itu melalui aplikasi maupun website. 

Maka dari itu untuk memilih perusahaan sekuritas terbaik, pastikan juga Anda tahu gambaran umum mengenai siapa saja orang-orang yang bekerja dibalik fitur ini dan bagaimana kapabilitas mereka. 

Tentu hasil riset yang akurat dapat membantu Anda, baik investor pemula maupun senior dalam menentukan kebijakan investasi. Karena tentunya tidak semua orang punya waktu dan keahlian yang cukup untuk melakukan analisis secara mendalam. 

7. Fasilitas Belajar

Belajar investasi tidak hanya diperuntukkan bagi investor pemula saja. Investor senior pun perlu terus belajar investasi agar hasil investasinya maksimal. Fasilitas belajar ini semakin penting jika Anda masih baru dalam menggunakan jasa dan aplikasi perusahaan sekuritas terbaik. 

Hal ini karena setiap perusahaan sekuritas memiliki aplikasi dengan desain yang berbeda beda sehingga jika seorang investor hendak berpindah menggunakan aplikasi yang lain, dia harus belajar lagi cara menggunakan aplikasi tersebut. 

Oleh sebab itu, pilihlah perusahaan sekuritas yang menyediakan fasilitas pembelajaran yang komprehensif. Dengan perkembangan internet seperti sekarang ini, beberapa perusahaan sekuritas sudah memiliki fasilitas pembelajaran yang komplit mulai dari artikel, FAQ, software analisis saham, video di YouTube, hingga seminar. 

Perkuat kemampuan investasi Anda dengan menggunakan fasilitas belajar tersebut. Siapa tahu Anda bisa mendapat gratis top up RDN saat Anda mengikuti seminar dari perusahaan terkait. 

Nah, itu tadi tips memilih perusahaan sekuritas yang baik. Jadi, sudahkah Anda menemukan perusahaan sekuritas impian?

nv-author-image

Farichatul Chusna

Setelah lulus dari Ilmu Ekonomi Universitas Gadjah Mada, Farichatul Chusna aktif sebagai penulis artikel ekonomi, investasi, bisnis, dan keuangan.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *